Kenali 10 Jenis Kemeja Pria yang sedang Tren di Tahun 2018 dan 4 Rekomendasi Merek Kemeja Pria yang Paling Digemari

Kenali 10 Jenis Kemeja Pria yang sedang Tren di Tahun 2018 dan 4 Rekomendasi Merek Kemeja Pria yang Paling Digemari

Ada anggapan jika pakaian pria tidak terlalu beragam seperti pakaian wanita. Padahal anggapan itu tidak lagi berlaku di era modern ini. Yap, kemeja pria saja contohnya, jenis pakaian ini punya beragam jenis yang pastinya nggak akan bingung lagi kalau harus pergi ke mana pun. Mau tahu kemeja apa saja yang sedang tren? Yuk, simak!

Kemeja Pria Memiliki Bermacam-macam Model Mengikuti Tren yang Ada Sekarang Ini

Sumber gambar pinterest.com

Seperti halnya busana wanita, pakaian pria pun memiliki beberapa ragam model dan jenis. Salah satu yang paling sering dikenakan adalah kemeja. Jenis atasan satu ini memberi berbagai macam kesan dan cukup mudah dipadupadankan bersama berbagai model bawahan.

Kemeja umumnya dipilih untuk gaya pakaian formal karena memberi kesan rapi dan profesional. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk dipakai bersama gaya kasual dalam model lengan pendek dan bermacam-macam motif.

Jika kemeja untuk gaya profesional atau office look didominasi dengan desain polos dan model lengan panjang, maka para pria bisa memilih kemeja lengan pendek dan motif-motif yang lebih segar bila ingin menggunakan kemeja untuk busana kasual.

Kemeja bercorak bebungaan seperti kemeja bergaya hawaii atau kemeja kotak-kotak bisa jadi opsi gaya santai yang nyaman dikenakan sehari-hari atau bahkan saat liburan.

Berbagai Model Kemeja yang Kekinian Tahun Ini

Sumber gambar outfitideashq.com

Meski sekilas tampak busana pria tidak memberi banyak pilihan, bukan berarti kamu tidak punya opsi ketika akan membeli kemeja. Berikut berbagai model kemeja yang ngetren di tahun ini.

Kemeja Flanel

Sumber gambar theidleman.com

Nama kemeja ini sesuai dengan bahan pembuatnya yakni flanel atau disebut juga dengan felt. Bahan satu ini terbuat dari serat wol tanpa tenun dan memiliki kelebihan mudah dibentuk sehingga pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti bahan kain lainnya.

Umumnya, bahan flanel ini dibuat menjadi kemeja bermotif kotak-kotak. Pada awal penemuannya di abad ke-16 di Wales, kemeja ini digunakan para petani yang ingin melindungi tubuh mereka dari udara dingin.

Perkembangan kemeja flanel pun berubah menjadi salah satu atasan modis yang banyak dikenakan oleh kaum pria. Biasanya, kemeja flanel disandingkan dengan kaos oblong atau celana denim untuk kesan yang dinamis dan kasual. Atasan bermotif tartan ini cocok bagi kamu yang ingin kemeja bermotif tapi simpel.

Kemeja Club Col­lar

Sumber gambar www.ratioclothing.com

Kemeja ini juga dikenal dengan kemeja berkerah bulat dan mulai populer pada tahun 1800-an. Jenis atasan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki wajah tirus jika ingin tampak lebih berisi. Kemeja ini juga bisa kamu jadikan pilihan gaya formal atau office look. Sandingkan bersama dasi dan blazer atau jas untuk keseluruhan penampilan yang profesional.

Kemeja Print

Sumber gambar pinterest.com

Jenis yang satu ini mungkin jarang kamu kenakan tapi bagi sebagian orang, kemeja print bisa jadi opsi gaya yang mencolok dan menarik. Kemeja print biasanya mengusung corak-corak yang stand out dan lekas menarik perhatian. Misalnya saja kemeja dengan motif hewan, bunga, atau tribal.

Kemeja ini bisa jadi pilihan jika kamu tidak ingin tampil monoton. Agar tidak terkesan tumpang tindih, kamu bisa memadukan kemeja prints dengan bawahan polos berwarna senada atau netral. Jika ingin menjauhi kesan norak, kamu juga bisa mengenakan kemeja prints dengan corak yang tidak terlalu besar dan tidak memenuhi seluruh permukaan kemeja.

Kemeja Plaid

Sumber gambar www.royalfashionist.com

Bermotif tartan alias kotak-kotak, kemeja ini terinsipirasi dari kilt alias rok tradisional yang dipakai oleh para pria Skotlandia. Kilt sendiri adalah pakaian selutut dengan bahan dasar wol dan mulai dipakai oleh penduduk Skotlandia secara umum sejak abad ke-19.

Kemudian, seiring perkembangannya, kemeja ini diperkenalkan oleh salah satu perusahaan dari Pennyslvania, Woolrich, yang meluncurkan kemeja buffalo check dengan motif kotak-kotak dalam dua warna.

Meski sekilas mirip dengan kemeja flanel, ternyata kedua kemeja ini memiliki perbedaan yang terletak pada pembuatan serta material yang dipakai. Selain itu, kemeja plaid sendiri adalah kemeja dengan pola yang ditempel ke bahan sedangkan flanel adalah jenis kain yang disatukan hingga memunculkan pola-pola tertentu.

Penggunaan kemeja plaid pun cocok digunakan untuk acara formal, tidak seperti kemeja flanel yang memiliki kesan lebih kasual dan santai.

Kemeja Formal

Sumber gambar www.officesalt.com

Agaknya, jenis yang satu ini pernah atau mungkin kamu miliki di lemari. Kemeja formal dalam warna hitam atau putih sering dijadikan andalan sebagai busana bergaya formal dan kerap dipakai pada acara-acara resmi. Mulai dari wawancara kerja, rapat bisnis, sidang akademik, hingga acara khusus lainnya seperti pernikahan.

Kemeja ini umum dijumpai dalam model berkerah tajam atau bulat berlengan panjang. Biasanya diserasikan bersama celana berbahan poliester atau kain halus lainnya untuk mendukung nuansa resmi plus sepatu pantofel yang berkesan kaku.

Kemeja Batik

Sumber gambar berrybenka.com

Kemeja ini biasanya dijadikan pilihan saat akan mendatangi acara formal atau memberi ciri khas khusus pada penampilan. Corak batik pada kemeja pun bermacam-macam, tergantung dari asal daerah motif batik berasal.

Pemakaian kemeja batik biasanya lekat dengan identitas Indonesia sehingga tidak heran jika kemeja batik diidentikkan dengan busana khas yang menarik minat para wisatawan. Bahkan, kemeja batik juga bisa dijadikan sebagai suvenir terutama bagi pelancong asal luar negeri yang ingin memiliki busana khas Indonesia.

Kemeja Glen

Sumber gambar www.ironheart.co.uk

Nama motif ini dikenal juga dengan istilah motif ‘Prince of Wales’ sebab dipopulerkan oleh Pangeran Edward asal Inggris. Motif ini tidak hanya ditemukan pada kemeja saja melainan juga celana dengan bentuk garis putus-putus yang kemudian saling menumpuk dan dibalut dalam warna-warna kalem.

Motif satu ini biasanya disusun dari 3 benang dalam warna berbeda seperti cokelat, abu-abu, dan hitam atau biru gelap. Tidak hanya itu saja, kemeja glen juga bisa dihias dengan garis dalam warna-warna kontras agar tampilannya lebih menarik. Kemeja ini bisa kamu kenakan dalam berbagai suasana, mulai dari kasual hingga formal.

Kemeja Denim

Sumber gambar mrjunho3.com

Kesan cool, dinamis, dan sporty bisa kamu dapatkan dengan mengenakan kemeja satu ini. Atasan berbahan denim dengan warna khas seperti biru ini biasanya disandingkan bersama berbagai jenis kaos untuk gaya kasual yang dinamis tapi tetap macho. Kemeja denim dipilih banyak pria karena memberi kesan maskulin dan mudah diserasikan bersama berbagai jenis bawahan.

Kemeja denim juga bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin tampil segar dan tampak lebih muda tapi enggan menggunakan kemeja bermotif mencolok. Bahan denim yang berkualitas pada atasan ini juga bisa menghalau udara dingin karena biasanya memiliki karakteristik yang tebal dan tersedia dalam model slim fit atau regular berlengan panjang.

Kemeja Garis-garis

Salah satu motif yang tergolong timeless adalah motif garis-garis. Motif garis-garis pada kemeja bisa menyingkirkan kesan yang terlalu kau tapi juga tidak berlebihan sehingga masih bisa dikenakan pada acara-acara formal. Motif garis-garis pada kemeja juga hadir dalam berbagai warna untuk memberi kesan yang berbeda-beda pada penampilan.

Misalnya, kemeja bergaris-garis dalam warna-warna netral atau kalem seperti hitam-putih atau putih-biru, bisa kamu andalkan sebagai formal look untuk busana kantor . Sementara, motif garis-garis dalam warna lebih ceria seperti merah-putih, oranye-biru, bisa kamu jadikan opsi kemeja santai atau semi formal.

Pilihan motif garis juga bisa memberi siluet berbeda pada tubuh kamu. Jika ingin tampil lebih slim, kamu bisa gunakan kemeja bermotif garis vertikal sementara bila ingin terlihat lebih berisi, kenakan kemeja bermotif garis horizontal.

Kemeja Band Collar

Sumber gambar aliexpress.com

Atasan jenis ini dikenal juga dengan kemeja berkerah shanghai karena bentuknya yang mirip dengan pakaian tradisional Tiongkok, cheongsam. Ada juga yang menyebutnya dengan kemeja mandarin collar. Model kerahnya tidak memiliki sisi runcing dan cenderung tinggi, tidak lebar.

Meski sekilas hanya detail kerah yang berubah, nyatanya kemeja dengan band collar ini juga dipilih banyak pria sebagai busana bergaya formal. Kemeja ini bisa kamu kenakan dalam berbagai suasana bahkan dalam gaya kasual. Kamu juga bisa menyandingkannya dengan jaket, mantel atau blazer untuk kesan yang berbeda-beda.

Berbagai Merek Kemeja Pria yang Paling Digemari

Sumber gambar fanfreakz.com

Mencari kemeja pria berkualitas? Ada beberap brand kemeja pria yang jadi pilihan saat ini. Kamu bisa coba memilih kemeja-kemeja keren lewat referensi berikut.

Executive

Sumber gambar theexecutive.co.id

Dikenal sebagai salah satu merek yang mengusung busana bergaya formal, Executive bisa kamu jadikan pilihan saat ingin tampil profesional. Merek ini merupakan bagian dari kelompok Delamibrands yang dirintis pada tahun 1984 dan saat ini cukup mudah kamu jumpai di berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu kemeja yang bisa kamu pilih dari merek asal Indonesia ini adalah Long Sleeve Shirt 1- LSICRO218G207 warna hitam ini. Kemeja polos ini bisa kamu andalkan menjadi daily outfit atau bahkan dipakai dalam busana bergaya formal. Terbuat dari bahan katun dan poliester, kemeja ini dilengkapi dengan kancing serta bermodel slim fit.

Bisa diperoleh melalui situs theexecutive.co id seharga Rp 349.900. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memilih The Executive Long Sleeves Shirt warna abu-abu yang hadir di Zalora dengan harga Rp 349.900.

Zara

Sumber gambar www.zara.com

Merek ini populer dan banyak disukai mulai dari mereka yang mencari busana santai juga formal. Berasal dari Spanyol, Zara bermarkas di Arteixo, Galicia dan didirikan pada tahun 1975 oleh Armanio Ortega dan Rosallia Mera. Merek ini juga termasuk bagian dari Inditex sebagai merek flagship bersama Bershka, Pull Bear, Stradivarius, Oysho Massimo Dutti, dan Uterqüe.

Salah satu kemeja yang bisa kamu pilih adalah Ripped Denim Overshirt dalam warna khaki ini. Atasan ini cocok dikenakan sebagai busana kasual yang memberi kesan maskulin. Bisa digunakan dalam aktivitas luar ruang, kemeja ini dilengkapi dengan saku depan dan detail sobek-sobek pada beberapa bagian kemeja. Bisa diperoleh seharga Rp 699.900 di Zara.

G2000

Sumber gambar lazada.co.id

Merek ini berasal dari Hongkong dan sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1997. Mengusung konsep yang tidak terlalu kaku, koleksi busana dari G2000 kini lebih condong pada nuansa smart casual dengan menghadirkan busana yang cocok dikenakan pada iklim tropis seperti di Indonesia.

Salah satu koleksinya yang bisa kamu pilih adalah G2000 Poplin Kemeja Lengan Panjang warna putih ini. Kemeja ini bisa jadi andalan saat kamu ingin menampilkan kesan profesional di depan klien atau atasan. Bermodel lengan panjang yang fit pada tubuh, kemeja ini terbuat dari material katun dan poliester. Bisa didapatkan melalui Lazada seharga Rp 399.000.

Wood

Sumber gambar bukalapak.com

Merek ini berdiri pada tahun 1979 dan jadi merek celana panjang PT. Delami Garment Industries yang berbasis di Bandung, Jawa Barat dengan Johanes Farial sebagai pendiri. Pada waktu itu, Wood hanya dijual di department store hingga perusahaan ini beralih sebagai perusahaan ritel pakaian.

Wood pun berkembang hingga kini bisa menghadirkan berbagai busana pria mulai dari blazer, kemeja, tas, dasi, sepatu, jam tangan dan lain-lain. Berani adu kualitas dengan merek asing, Wood menawarkan aneka produk fesyen dalam harga yang cukup terjangkau.

Salah satu koleksi Wood yang bisa kamu pilih adalah kemeja kotak-kotak ini. Bisa dipilih sebagai busana sehari-hari untuk pergi kuliah atau bahkan dikenakan pada saat-saat santai, kemeja ini memberi kesan unik lewat detail patch berwarna cokelat di bagian lengan. Bisa diperoleh seharga Rp 300.000 di Bukalapak.

H&M

Sumber gambar hm.com

Merek yang satu ini biasanya mudah dijumpai pada mal-mal besar. H&M yang dimiliki oleh keluarga Persson ini memang populer terlebih setelah menggaet berbagai bintang papan atas dunia seperti Madonna dan Beyonce sebagai partner kolaborasi. Dirintis pada tahun 1947, H&M pada awalnya hanya menjual fashion item untuk kaum wanita menilik dari nama yang pada mulanya diusung lewat merek ‘Hennes”.

Sang pemilik, Erling Persson kemudian memutuskan untuk membuka toko pertama di luar negeri, yakni di Norwegia dan selang 20 tahun kemudian menggaet Mauritz Widforss yang merupakan desainer pakaian pria. Nama label pun berubah menjadi H&M, kependekan dari “Hennes and Mauritz” seperti yang kita kenal hingga saat ini.

Gaya busana koleksi H&M disukai karena memberi kesan chic dengan banyaknya pilihan termasuk kemeja. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah Striped Grandad Shirt Slim Fit ini. Kemeja dengan material viscose ini bermotif garis vertikal dengan kerah tinggi dan detail lipatan di bagian belakang. Bisa diperoleh di situs H&M seharga Rp 499.900.

From our editorial team

Sudah Menjatuhkan Pilihan?

Nyatanya, fashion pria tidak sesimpel yang kita duga, bukan? Ada banyak model dan jenis kemeja pria yang bisa dikreasikan tanpa takut membosankan ataupun kehabisan outfit. Berkreasilah dengan pakaian yang dapat membuatnya tampil percaya diri dan nyaman.