10 Rekomendasi Training Pants Bayi Super Nyaman Buat Si Kecil (2022)

10 Rekomendasi Training Pants Bayi Super Nyaman Buat Si Kecil (2022)

Memilih training pants untuk bayi jangan sembarangan. Kulitnya yang sangat sensitif bisa bermasalah jika orang tua tidak memilih training pants yang tepat. Yuk, simak rekomendasi training pants bayi yang super nyaman dari BP-Guide berikut ini!

Memilih Training Pants Bayi Bukan Perkara Mudah, Lho!

Training pants ini digunakan oleh anak pada masa peralihan dari penggunaan popok sekali pakai. Produk ini berfungsi untuk melatih anak toilet training (belajar buang air ke toilet).

Cara kerjanya mirip mirip dengan popok kain atau cloth diaper, dengan bagian tengah yang lebih tebal sehingga dapat menahan bocor apabila anak buang air di dalam training pant ini. Anda dapat mencuci lalu menggunakannya kembali pada anak. Namun, ada pula training pants yang dirancang untuk digunakan sekali pakai saja.

Nah karena kulit anak umumnya sensitif, Anda harus pandai dalam memilih produk yang tepat agar tidak menyebabkan ruam atau iritasi pada kulit anak akibat penggunaan training pants ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Training Pants

Tipe Celana Training

Celana training berbahan kain dapat membuat si kecil peka terhadap sensasi basah di celana ketika dia pipis. Produk ini sangat direkomendasikan untuk anak yang sudah memberikan tanda kesiapan untuk toilet training.

Oleh karena daya serapnya yang rendah dan berisiko bocor, sebaiknya Anda memeriksa ketebalan inner saat memilih celana berbahan kain. Celana berbahan kain juga memiliki berbagai desain dan motif, dan dapat digunakan berulang kali sehingga lebih ekonomis.

Sementara itu, celana training berbahan kertas memiliki karakteristik yang mirip dengan diaper sekali pakai. Celana ini memiliki daya serap yang sangat baik, bahkan bisa menampung hingga 3x buang air, sehingga tidak mudah bocor. Namun, selayaknya diaper pada umumnya, celana berbahan kertas dapat membuat si kecil tidak menyadari bahwa celananya basah

Celana training berbahan kertas juga tidak ekonomis karena bisa digunakan sekali saja. Anda sebaiknya hanya menggunakannya pada saat bepergian jauh sebagai antisipasi buang air si kecil saat berada di perjalanan.

Ketebalan Bagian Dalam Celana

Celana toilet training yang berbahan kain biasanya terbagi dari berbagai macam jumlah lapis inner, mulai dari dua, tiga, hingga enam lapis. Semakin tebal inner-nya, maka akan semakin sulit bocor. Namun, inner yang tebal juga akan membuat celana kering lebih lama sewaktu dijemur. Jadi, pilihlah inner yang tidak terlalu tebal untuk dipakai di rumah, dan inner yang tebal untuk dipakai saat bepergian.

Bahan Pembuat Celana

Material kain yang biasa digunakan pada outer adalah katun. Di sisi lain, bahan yang dipakai untuk inner adalah kain handuk, pile, gauze, dan microfiber. Kain pile akan terasa lembut saat terkena kulit. Sementara itu, kain gauze memiliki sirkulasi udara yang akan membuat kulit tetap nyaman. Pilihlah produk dengan material yang nyaman untuk anak Anda.

Pastikan Ukurannya Pas

Celana training yang terlalu besar akan berisiko mudah bocor. Jadi, sebelum membeli celana, ukurlah terlebih dahulu panjang kaki, lingkar pinggang, serta lingkar paha anak. Lalu, cek detail ukuran yang tertera pada deskripsi boks seller.

Sebaiknya Anda tidak berpatokan pada umur atau berat badan saja karena bisa saja perhitungan ini akan meleset. Pilihlah celana yang ukurannya pas dengan lingkar pinggang dan lingkar paha anak.

Motif yang Lucu dan Menggemaskan

Anda bisa bekerja sama dengan si kecil untuk menjadikan proses toilet training menjadi lebih menyenangkan. Jika menggunakan celana dengan motif yang disukai, anak akan lebih antusias dalam memakainya dan segan untuk mengotori celananya. Jadi, biarkan si kecil memilih celana training dengan motif favorit mereka.

Langkah Sederhana Toilet Training Untuk Orang Tua

Pastikan Kesiapan Anak

Setiap anak membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Namun, saraf dan otot yang mengatur keluarnya tinja dan urine baru matang setelah anak mencapai usia 18-24 bulan. Itulah sebabnya toilet training biasanya dimulai pada anak usia 2 tahun ke atas. Pada anak-anak dengan kondisi khusus, misalnya ada keterlambatan perkembangan, maka toilet training pun dapat dimulai lebih lambat.

Ajarkan Cara Mengungkapkan Keinginan Untuk Buang Air

Secara perlahan, Anda dapat mengenalkan apa itu BAB dan BAK saat anak melakukannya. Kemudian, ajarkanlah anak untuk mengutarakan keinginan BAB dan BAK. Anda bisa menggunakan bahasa yang mudah diucapkan seperti “pipis” dan “pup". Proses ini akan dimengerti oleh anak secara bertahap, jadi kesabaran orang tua juga sangatlah penting demi keberhasilan toilet training.

Tunjukkan Tempat Buang Air Pada Anak

Gunakanlah pispot atau potty seat (dudukan kloset) khusus anak sebagai langkah awal mengajarkan toilet training pada anak. Jadi, ketika anak ingin BAB atau BAK, beri tahu bahwa ia dapat BAK dan BAB di pispot atau potty seat tersebut. Beritahukan juga dimana Anda meletakkannya sehingga anak mengetahui kemana arah yang harus dituju jika ia ingin BAB dan BAK.

Rekomendasi Training Pants Bayi Terbaik

Klodiz Training Pants

Klodiz Training Pants merupakan training pants yang didesain agar tahan air dan cocok bagi anak dengan kulit sensitif. Bagian pinggang serta paha terbuat dari karet sehingga akan nyaman untuk digunakan. Produk ini pun memiliki 5 ukuran S,M, L, XL, XXL yang dapat dipakai oleh bayi hingga umur 3 tahun.

Harga Rp. 35.000-50.000

Mothercare White Trainer Pants

Mothercare White Trainer Pants terbuat dari 100% bahan katun yang nyaman dan menyerap keringat secara optimal. Sirkulasi udaranya baik, dan kulit anak pun akan mudah bernapas saat menggunakan training pants ini, sehingga dapat mencegah timbulnya ruam pada bagian selangkangan.

Harga Rp. 300.000-400.000

I am Cotton Training Pants

I am Cotton Training Pants dibuat dari bahan pilihan dan dirancang agar dapat terasa lembut, sejuk, dan nyaman di kulit. Di samping itu, yang terpenting adalah produk I am Cotton ini sudah memiliki sertifikat SNI dan bebas bahan berbahaya. Jika Anda mencari produk yang cocok untuk kulit sensitif anak Anda, produk ini dapat Anda pertimbangkan.

Harga Rp. 50.000-100.000

Carter’s Training Pants

Training Pants dari Carter’s ini cocok untuk si kecil yang senang bereksplorasi, karena uniknya, produk ini memiliki motif lucu yang di-bordir timbul sehingga akan membuat anak tertarik untuk menyentuhnya. Motif timbul ini bisa sekaligus dijadikan latihan sensorik untuk anak. Celana ini juga memiliki empat lapis inner yang mampu menyerap cairan lebih banyak. Cocok untuk Anda andalkan saat bepergian.

Harga Rp. 30.000-50.000

Mom & Bab Training Pants

Mom & Bab Training Pants ini memiliki 3 lapisan, yaitu lapisan kaos 100% katun pada bagian luar, handuk pada bagian dalam untuk menyerap cairan, serta lapisan waterproof dari bahan PVC yang berada di antaranya untuk menahan cairan. Training pants ini juga memiliki 3 ukuran yang bisa disesuaikan dengan si kecil usia 6 bulan hingga 3 tahun. Desainnya cukup menarik karena menampilkan ilustrasi hewan versi cute dengan variasi warna yang kalem.

Harga Rp. 50.000-100.000

Royale Bebe Training Pants

Royale Bebe Training Pants tersedia dalam berbagai motif yang lucu dan menggemaskan. Warnanya pun sangat colorful dan eye-catching. Motif yang lucu dan warna yang memikat, membuat anak jadi tertarik untuk mengenakannya. Minta si kecil untuk pilih karakter yang paling ia sukai.

Harga Rp. 45.000-75.000

Minikinizz Klodiz Training Pants

Minikinizz Klodiz Training Pants didesain agar bagian lingkar paha tidak mudah mengerut agar dapat mencegah bekas merah atau ruam di kulit. Selain itu, lapisan penyerapnya berbahan microsuede yang lebih cepat kering dan mudah dibersihkan. Produk ini juga memiliki motif eksklusif yang di-update sesuai dengan tren saat ini.

Harga Rp. 35.000-50.000

CuddleMe Adjustable Training Pants

Sesuai dengan namanya, CuddleMe Adjustable Training Pants dirancang dengan fitur adjustable waist, sehingga Anda bisa menyesuaikan ukuran celana ini sesuai dengan lingkar pinggang si kecil. Lapisan luar dan dalam celana ini juga terbuat dari katun terry yang terasa lembut saat disentuh. Selain itu, lapisan inner-nya yang tipis tidak akan mudah membuat si kecil menjadi gerah.

Harga Rp. 35.000-50.000

Bambo Nature Training Pants

Bambo Nature Eco-Friendly Training Pants memiliki karakteristik seperti diaper sekali pakai. Jadi, Anda bisa langsung membuang celana ini setelah pemakaian. Bahannya yang tipis mendukung anak Anda untuk beraktivitas lebih leluasa. Menariknya, Anda bisa mengetahui dengan mudah kapan celana harus diganti karena terdapat indikator warna pada bagian depan celana.

Harga Rp. 200.000-350.000

Sobi Training Pants

Sobi Training Pants terbuat dari bahan kain yang lembut. Training Pants ini juga didesain dengan ketebalan yang pas, tidak terlalu tipis atau terlalu tebal. Si kecil yang sedang aktif bermain dan berlarian kesana kemari pun akan merasa nyaman saat menggunakan produk ini, ia pun dapat bergerak bebas saat bermain.

Harga Rp. 75.000-150.000
From our editorial team

Tetap Jaga Kebersihan Bayi Saat Menggunakan Training Pants

Menggunakan training pants yang produknya direkomendasikan oleh BP-Guide di atas memang nyaman, baik bagi bayi maupun orang tua. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan bayi selama memakai training pants ya! Caranya adalah dengan sering-sering mengecek apakah celana sudah sangat basah sehingga perlu diganti, serta memastikan kulit bayi tidak iritasi.