Tetap Jaga Kebugaran di Rumah dengan 10 Rekomendasi Treadmill Manual Terbaik Ini (2021)

Tetap Jaga Kebugaran di Rumah dengan 10 Rekomendasi Treadmill Manual Terbaik Ini (2021)

Menjaga tubuh tetap bugar sudah menjadi keharusan jika ingin tetap sehat. Salah satunya dengan rutin berolahraga. Jika malas keluar rumah atau ke pusat kebugaran, kamu bisa latihan di rumah menggunakan treadmill manual.

Treadmill Manual Tidak Dijalankan dengan Mesin

Sumber gambar brickseek.com

Treadmill manual adalah jenis treadmill yang tidak menggunakan mesin untuk menggerakkannya. Cara kerja treadmill manual ini adalah dengan melangkah atau berjalan di atas alasnya. Kecepatan gerak pada treadmill manual tergantung pada kecepatan langkah kaki di atasnya.

Alasnya akan bergerak cepat jika kamu melangkah dengan cepat. Sebaliknya, jika kamu berjalan cukup santai, maka alas treadmill juga akan bergerak santai sesuai dengan langkah kaki kamu. Dibanding treadmill elektrik, treadmill manual ini bisa meningkatkan detak jantung hanya dalam kecepatan rendah.

Kelebihan Treadmill Manual

Dimensi Alas Lebih Luas

Treadmill manual memiliki alas yang lebih luas dibandingkan dengan treadmill elektrik. Ini akan menguntungkan karena kamu bisa bergerak lebih leluasa. Selain itu, alas treadmill manual juga terlihat lebih mewah dibanding treadmill elektrik. Juga, jika kamu ingin mengubah treadmill manual ini ke mode menanjak, kamu bisa menggunakan per secara manual.

Perawatan Lebih Mudah

Meskipun memiliki alas yang luas, kamu tidak akan merasa kerepotan untuk membersihkan treadmill manual ini karena tidak ada mesin yang harus kamu servis dan jaga kebersihannya. Kamu hanya perlu membersihkan debu dari permukaan treadmill terutama pada bagian alas.

Harga Lebih Murah

Karena tidak memiliki mesin, harga treadmill manual menjadi lebih terjangkau. Treadmill manual ini sangat cocok untuk kamu yang ingin tetap berolahraga di rumah tapi memiliki bujet terbatas. Treadmill manual ini dijual pada kisaran harga Rp 2 jutaan sampai Rp 3 jutaan.

Ukuran Lebih Kecil Sehingga Tidak Memakan Banyak Tempat

Treadmill manual akan sangat cocok untuk kamu yang ingin berolahraga di rumah tapi memiliki ruangan yang terbatas. Umumnya, treadmill manual memiliki ukuran yang terbilang kecil sehingga akan menguntungkan kamu karena tidak membutuhkan banyak tempat untuk meletakkannya.

Lebih Awet dan Tahan Lama

Karena tidak menggunakan mesin untuk menggerakkannya, treadmill manual akan lebih bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada mesin seperti pada treadmill elektrik. Kamu hanya perlu menghilangkan debu dengan cara mengelapnya menggunakan kain lembap.

Tips Memilih Treadmill Manual

Periksa Ukuran Sabuk Konveyor

Sumber gambar www.alibaba.com

Ketika membeli treadmill manual, kamu harus menentukan ukuran sabuk konveyor yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pilihlah sabuk konveyor yang lebih panjang setidaknya 10 cm dari langkah kakimu agar kamu merasa nyaman saat melangkah.

Selain menentukan panjangnya, kamu juga perlu memilih sabuk konveyor dengan ukuran lebar yang pas yaitu sekitar 35 hingga 45 cm. Semakin lebar sabuk konveyor, maka akan semakin memberikan kebebasan dan kenyamanan saat digunakan.

Pilih Treadmill yang Bisa Dilipat

Sumber gambar alexnld.com

Jika kamu memiliki ruang yang terbatas tapi tetap ingin berolahraga di dalam ruangan, pilihlah treadmill manual yang bisa dilipat ketika kamu sedang tidak menggunakannya. Ruangan tidak akan menjadi sesak karena alat ini tidak akan memakan banyak tempat.

Hindari Treadmill dengan Bahan Bermutu Rendah

Sumber gambar homegymzone.blogspot.com

Kamu tidak boleh tergiur dengan treadmill berharga sangat rendah karena biasanya memiliki kualitas bahan yang tidak bagus dan berpotensi cepat rusak. Pilihlah treadmill yang terbuat dari bahan berkualitas baik agar kamu dapat menggunakannya dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, pastikan treadmill yang akan kamu beli memiliki kualitas bahan bagus.

Pastikan Treadmill Mudah Dibersihkan dan Diservis

Hal terakhir yang perlu kamu pastikan adalah kemudahan dalam membersihkan dan menservis treadmill. Jika kamu tahu cara membersihkan dan merawatnya dengan baik, maka daya simpannya akan lebih lama dan tentunya juga lebih awet.

10 Rekomendasi Treadmill Manual Terbaik

Treadmill Manual BM-004

Treadmill Manual BM-004 menjadi salah satu treadmill manual yang memiliki fungsi lengkap dengan tambahan fitur seperti Massager, stepper, dan twister untuk memaksimalkan olahragamu. Terlebih untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Stepper digunakan seperti kamu sedang menaiki dan menuruni tangga, massager dapat menghancurkan lemak bagian perut, dan twister dapat membuat perutmu jadi lebih kencang. Selain itu treadmill ini juga bisa digunakan untuk latihan push up dan rope.

Material treadmill terbuat dari besi yang tahan terhadap goresan. Run area (karpet) berukuran 120 cm x 35 cm dan pengaturan untuk tanjakannya bisa hingga 15%. Pada treadmill juga terdapat digital monitor yang menampilkan timer, speed, distance, calorie, dan heart pulse. Selain bisa dilipat, tradmill ini pun dilengkapi dengan roda agar mudah dipindahkan.

Harga Rp. 2.750.000-3.410.000

Treadmill Manual TL-003

Jika kamu ingin memilki treadmill manual multifungsi, treadmill TL-003 adalah pilihan tepat yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Treadmill TL-003 ini dilengkapi dengan 5 kelebihan di antaranya dapat digunakan untuk berjalan atau jogging, stepper untuk mengecilkan paha, betis, dan bokong, serta twister untuk mengecilkan perut, push up, dan juga ada tali.

Selain itu treadmill ini juga dilengkapi dengan roda untuk mempermudah kamu saat memindahkannya. Juga, treadmill ini bisa dilipat sehingga kamu dapat menyimpannya ketika tidak digunakan. Ditambah lagi, treadmill ini dilengkapi dengan monitor yang bisa meninjau hasil latihan kamu. Kamu juga bisa mengubah alasnya ke dalam mode tanjakan atau incline.

Harga Rp. 2.580.000-2.850.000

Alat Fitness Treadmill Manual 1 Fungsi QN-B214

Bagi kamu yang memilki luas ruangan terbatas, Alat Fitnes Treadmill Manual (Folding Mini) QNB214 adalah treadmill yang cocok untuk kamu miliki. Meskipun berukuran mini, treadmill ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti manual incline, tali pirates, monitor, dan push up. Selain itu, kamu juga bisa mengatur tinggi rendahnya tatakan tangan pada treadmill manual ini.

Harga Rp. 1.300.000-2.145.080

Treadmill Manual Lari FC 8003

Treadmill manual 6 fungsi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berolahraga dengan banyak variasi. Selain untuk jogging, kamu juga bisa menggunakan treadmill ini untuk mengecilkan kaki menggunakan stepper, mengecilkan perut dengan twister, mengencangkan lemak menggunakan massager, menambah otot dada dengan push up, dan menambah kekuatan lengan dengan rope.

Tidak hanya itu, treadmill ini juga dilengkapi dengan monitor yang menampilkan hasil latihan. Karpet treadmill bisa dinaikkan hingga 15 derajat sehingga kegiatan jogging menjadi lebih menantang. Treadmill berukuran 126 cm x 65 cm x 147 cm dengan jogging track area sebesar 120 cm x 35 cm. Treadmill ini juga bisa dilipat yang akan memudahkan kamu untuk menyimpannya.

Harga Rp. 2.850.000-5.467.750

Treadmill Manual TL 004

Treadmill Manual TL-004 sangat pas untuk kamu yang ingin workout di rumah. Dilengkapi dengan 4 fungsi yaitu massager, stepper, twister, dan jogging, akan menyempurnakan aktivitas olahragamu. Selain itu, terdapat juga monitor yang bisa membantu kamu untuk mengetahui hasil dari latihan.

Treadmill ini menggunakan bahan antigores untuk melindungi kerangka alatnya yang akan menghindari dari lecet seperti goresan. Juga, treadmill ini sangat menghemat tempat karena bisa dilipat saat tidak digunakan.

Harga Rp. 2.980.000-3.250.000

Treadmill Manual 3 Fungsi Jezfit Multifungsi

Jezfit adalah treadmill manual yang dilengkapi dengan stepper dan twister yang akan memaksimalkan latihan kamu selama di rumah. Treadmill dilengkapi dengan monitor yang menampilkan scan, timer, speed control, distance monitor, calories monitor, dan pulse yang bisa kamu sesuaikan. Treadmill ini berukuran 182 x 66 x 148 cm dan ukuran karpet 105 cm x 34 cm dengan beban maksimal 110 kg.

Harga Rp. 2.480.000-3.596.000

Treadmill Manual Hanatha HATM004

Treadmill Hanatha adalah treadmill yang harus kamu miliki jika ingin mendapatkan banyak manfaat hanya dengan satu alat. Selain untuk jogging, treadmill ini juga dilengkapi dengan massager, stepper, pulling, twister, dan push up. Terdapat juga monitor yang menampilkan timer, speed, distance, calories, dan heart pulse.

Ukuran treadmill 26 cm x 65 cm x 147 cm dan run area berukuran 120 cm x 35 cm. Meskipun berukuran cukup besar, kamu tidak perlu khawatir ruangan kamu akan menjadi sempit karena treadmill ini bisa dilipat saat tidak digunakan.

Harga Rp. 2.850.000-5.112.000

Okefit TR-02

Treadmill Manual TR-02 adalah treadmill pertama di Indonesia yang ketinggiannya bisa diatur sesuai dengan tinggi penggunanya. Untuk memaksimalkan hasil latihan kamu, treadmill ini dilengkapi dengan 4 fungsi utama, yaitu treadmill, twister, sit-up, dan tali.

Kamu juga bisa memantau kecepatan, waktu, jarak, dan kalori dari monitor yang ada pada treadmill. Selain itu, treadmill ini bisa kamu lipat ketika kamu tidak menggunakannya sehingga akan menghemat ruangan.

Harga Rp. 1.990.000-2.770.000

X2Fit Manual Treadmill Motion Z

Jika kamu menyukai treadmill yang simpel, Treadmill Magnetik / Manual X2FIT Motion Z ini adalah pilihan yang tepat. Didesain dengan warna hitam, treadmill ini dilengkapi dengan layar monitor yang menampilkan waktu, kecepatan, jarak, kalori, pindai, odo, dan detak jantung kamu saat berjalan di atasnya. Karpet pada treadmill jenis ini berukuran 227 cm x 34 cm dengan beban maksimal sebesar 100 kg.

Harga Rp. 2.970.000-3.960.000

Idachi ID 001

Bagi orang-orang yang memiliki anak penyuka olahraga, maka treadmill manual mini Idachi ID001 bisa dijadikan hadiah untuknya. Tidak hanya dalam mode datar, si kecil juga bisa jogging dalam mode tanjakan dengan mengubah secara manual. Selain untuk jogging, treadmill mini ini juga dapat digunakan sebagai alat push up. Treadmill ini juga dilengkapi dengan monitor yang akan menampilkan hasil latihan si kecil. Ukurannya 90 cm x 52 cm x 120 cm dengan beban maksimal yaitu 100 kg.

Harga Rp. 1.250.000-1.500.000
From our editorial team

Treadmill Jadi Pilihan Tepat untuk Menjaga Kebugaran di Rumah

Selama masa pandemi ini sangat dianjurkan untuk tidak memperbanyak kegiatan di luar rumah. Nah, kamu yang terbiasa berolahraga di luar rumah, bisa tetap latihan di rumah menggunakan treadmill. Treadmill manual yang dapat meningkatkan detak jantung lebih cepat patut untuk dipertimbangkan.