10 Rekomendasi Bola Pingpong untuk Main Tenis Meja Lebih Asyik (2020)

10 Rekomendasi Bola Pingpong untuk Main Tenis Meja Lebih Asyik (2020)

Di rumah saja adalah saatnya kamu bergerak dengan aktif. Bangkit dari kebiasaan rebahan dan mulailah gerakkan tubuhmu secara aktif agar sistem imun meningkat dan virus tak mudah menyerang. Nah, kamu bisa pilih tenis meja sebagai salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan. Untuk melakukannya tentu kamu butuh bola pingpong, simak rekomendasinya dari kami!

Tenis Meja jadi Olahraga yang Banyak Disukai Belakangan

Selama social distancing ini kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah atau lingkungan sekitar kita saja. Ada baiknya kita memanfaatkan waktu tersebut untuk menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga. Salah satu olahraga ringan yang bisa kamu pilih adalah tenis meja alias permainan bola pingpong.

Ini adalah jenis olahraga yang mudah dilakukan baik di indoor ataupun outdoor. Untuk melakukannya, kita butuh meja pingpong, net, bet, dan juga bola pingpong. Olahraga ini banyak disukai karena bisa menjadi olahraga yang sangat menyenangkan. Aturan bermainnya mudah dimengerti dan jelas sehingga banyak orang tertantang memainkannya. Bahkan, pemula sekalipun pastinya cepat bisa melakukan permainan ini.

Beberapa orang juga memutuskan untuk membeli meja pingpong mereka sendiri agar mereka bisa memakainya di rumah bersama keluarga atau para tetangga. Saat meja pingpong tidak dipakai maka bisa dilipat dan difungsikan sebagai meja lainnya.

Alasan lain mengapa olahraga ini banyak disukai adalah karena bisa bersosialisasi dengan lebih baik. Apakah itu dengan keluarga, rekan kantor, atau tetangga, hubungan bisa jadi makin dekat dengan bersama-sama main tenis meja. Kita bisa melatih jiwa kompetisi sehat, menguatkan jiwa kekeluargaan, dan bisa saling mengisi waktu luang dengan lebih bermanfaat.

Olahraga yang satu ini juga bisa memberi kita banyak manfaat kesehatan. Simak yuk deretan manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari bermain pingpong.

Manfaat Bermain Tenis Meja/Pingpong untuk Kesehatan

Meningkatkan Refleks Tubuh

Saat bermain tenis meja, seluruh tubuh kita bergerak dengan aktif. Kita akan butuh gerakan yang cepat dan tepat agar bisa memenangkan permainan. Makin cepat kita bergerak maka refleks tubuh kita juga akan semakin terlatih dengan baik. Sifat permainan bola pingpong yang harus dilakukan dalam jarak dekat dan cepat membuat gerakan dari otot motorik dan otot halus akan menjadi lebih baik. Otot tersebut akan makin kuat dan cekatan semakin seringnya kita berlatih.

Tak hanya meningkatkan refleks otot, bola pingpong juga bisa meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan. Ini juga bisa merangsang kewaspadaan mental, konsentrasi penuh, dan strategi taktis kita untuk memenangkan pertandingan.

Menurunkan Berat Badan

Permainan tenis meja juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menurunkan berat badan. Saat kita merasa kelebihan berat badan karena terlalu lama rebahan di rumah, maka ini saatnya kamu mengembalikan bentuk badan idealmu. Kamu bisa rutin melakukan tenis meja bersama siapa saja.

Olahraga ini banyak membakar kalori karena kamu dituntut untuk bergerak lincah. Berbagai gerakan aktif tersebut bisa membakar lemak jahat lebih banyak. Dengan ditunjang makanan kaya nutrisi dan diet yang tepat, tentunya tenis meja akan bisa mengubah bentuk tubuh menjadi lebih ideal dalam waktu yang singkat.

Mengasah Fungsi Otak

Bermain tenis meja membutuhkan banyak tenaga dan juga pernafasan yang stabil. Saat bermain tenis meja, kita tak hanya melatih pernafasan dan otot tubuh saja. Tenis meja juga merupakan permainan olahraga yang mampu mengasah fungsi otak. Olahraga ini bisa merangsang bagian yang mengatur gerak, kemampuan motorik, dan strategi, yakni otak dengan baik.

Kita akan melatih otak untuk mengkoordinasikan mata dan tangan, serta refleks gerakan kita. Saat ada pergerakan bola, maka otak kita secara otomatis akan terpacu memprediksi arah bola dan cara untuk menangkisnya dengan baik.

Tenis meja juga bisa dilakukan guna mencegah pikun. Saat bermain maka kita akan mengaktifkan beberapa bagian otak dalam waktu bersamaan. Hal ini membuat kita jadi memiliki kesadaran yang lebih meningkat dan otak jadi lebih encer dipakai untuk berpikir. Tentunya hal ini juga bisa mengasah otak sehingga terhindar dari risiko pikun akibat penyakit Alzheimer.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Olahraga tenis meja juga bisa meningkatkan kepadatan tulang kita. Ini karena tenis meja merupakan olahrga dengan intensitas tinggi sehingga bisa memberikan efek osteogenik bagi tubuh. Efek ini maksudnya adalah mampu merangsang pertumbuhan tulang. Ketika bermain tenis meja, tubuh kita akan bergerak menuju arah yang berubah-ubah dengan cepat. Ternyata hal ini bisa merangsang pertumbuhan tulang. Efek osteogenik bisa makin meningkat jika kamu rutin melakukannya sehingga bisa membuat tulang lebih kuat, padat, dan bisa terhindar dari risiko cidera.

Ini Dia Pilihan Bola Pingpong yang Bisa Kamu Pilih

Ping pong ball Dunlop Nitro Glow

Ping pong ball Dunlop Nitro Glow ini adalah rekomendasi bola pingpong yang tepat. Produk ini unik karena bolanya didesain dengan berbagai warna berbeda. Bolanya tampak menarik karena bola ini didesain untuk kegiatan rekreasional. Bola pingpong yang satu ini cocok untuk digunakan bermain bersama teman atau keluarga. Produk ini terbuat dari bahan plastik poly. Dalam satu paket berisi 6 bola dengan diameter masing-masingnya adalah 40 mm.

Harga Rp. 45.000-76.000

BOLA PING PONG TENIS MEJA BUTTERFLY 40 MM

BOLA PING PONG TENIS MEJA BUTTERFLY 40 MM ini bisa menjadi rekomendasi menarik selanjutnya. Produk yang satu ini merupakan bola dengan merek butterfly. Merek ini adalah merek yang bagus untuk produk pingpong. Bola yang satu ini hadir dengan diameter 40mm. Dalam satu kotak berisi 3 buah bola. Produk ini dibuat di Jerman dengan kualitas bagus sehingga cocok dipakai dalam berbagai turnamen.

Bola ini memiliki sambungan yang bagus. Bentuk bolanya bulat sempurna dan tampak glossy. Ini membuat air dan keringat tak akan mudah menempel pada bola dan juga permukaan meja pingpong. Bola ini juga bisa menghadirkan putaran konsisten sehingga bisa menghasilkan kecepatan yang tinggi saat dipukul. Ini yang membuat bolanya cocok untuk latihan speed atau persiapan sebelum menghadapi turnamen.

Harga Rp. 8.000-53.000

DHS Bi Colour D40+ Poly Balls

DHS Bi Colour D40+ Poly Balls ini juga tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini cocok untuk kegiatan latihan, untuk rekreasional atau bersenang senang, hingga cocok juga untuk turnamen. Bola yang satu ini dalam satu paket berisi 10 buah bola dengan diameter masing-masing 40 mm. Bola pingpong ini sudah diakui oleh Chinese Table Tennis Association (CTTA) dan bahkan pernah digunakan pada turnamen China Super League 2015-2016.

Bola ini unik dan juga menarik. Ini karena bolanya memiliki dua warna terpisah. Visual bola pingpong akan berubah makin menarik saat meluncur dengan kecepatan tinggi. Produk ini terbuat dari bahan plastik ABS.

Harga Rp. 52.000-106.000

SANWEI ABS TR 40+ 3 star

SANWEI ABS TR 40+ 3 star ini adalah rekomendasi yang tepat untuk kamu. Produk yang satu ini bisa kamu gunakan untuk tujuan rekreasional dan juga tujuan berlatih untuk turnamen. Bola pingpong ini terbuat dari ABS Plastic yang hanya diakui oleh ITTF. Bolanya tidak melayang namun memiliki pantulan bola yang sangat bagus. Bola yang satu ini cocok untuk dipakai berolahraga bersenang-senang bersama teman dan keluarga.

Harga Rp. 3.500-919.000

Nittaku 3-Star 44+ Large Poly Balls

Nittaku 3-Star 44+ Large Poly Balls ini juga bisa jadi pilihan kamu berikutnya. Bola pingpong yang satu ini ukurannya besar dengan diameter 44mm. Bola ini mendapat sebutan sebagai large ball di Jepang. Jenis bola ini populer di kalangan orangtua karena ukurannya besar dan memiliki pergerakan yang lebih pelan. Jika melakukan pertandingan dengan bola ini maka net yang dipakai harus lebih tinggi 2 cm dibanding dari net biasa.

Bola ini juga bisa dipakai untuk keperluan hiburan. Bola ini sudah diakui Japan Table Tennis Association dan banyak digunakan dalam permainan dengan rally panjang. Bola ini jarang ditemukan di pasaran. Namun bola ini cocok untuk kamu yang ingin berlatih pingpong yang mengutamakan rally panjang.

Harga Rp. 72.000-92.000

Yinhe H40+ 3 Star Ball

Yinhe H40+ 3 Star Ball merupakan rekomendasi selanjutnya yang bisa diandalkan. Kamu bisa memakai bola pingpong yang satu ini untuk aneka turnamen kecil atau untuk bermain bersenang-senang dengan keluarga. Produk yang satu ini terbuat dari bahan plastik ABS. Bola pingpong ini hadir dengan sambungan. Bola warna putih ini dikemas dalam kotak berisi 6 buah. Produk ini memiliki diameter 40 mm. Bola sudah disetujui oleh ITTF.

Harga Rp. 55.000-99.000

Bola Pingpong Tenis Meja Double Fish V40+

Bola Pingpong Tenis Meja Double Fish V40+ ini juga cocok jadi pilihan. Produk yang satu ini diproduksi oleh Cina. Bola yang satu ini bentuknya bulat sempurna dan memiliki daya tahan yang baik. Putaran bolanya juga konsisten sehingga cocok untuk bermain dalam turnamen. Bola ini juga pernah dipakai dalam Team World Cup yang diselenggarakan oleh ITTF tahun 2018 di London.

Produk yang satu ini juga bisa dibilang sedang naik daun, banyak yang mengakui kualitas produk yang satu ini. Kamu bisa memakainya untuk latihan yang serius atau bisa juga digunakan untuk keperluan rekreasional. Bola ini berbahan plastik ABS. Produk ini dalam satu paket berisi 6 bola berdiameter masing-masing 40mm.

Harga Rp. 54.000-80.000

Nittaku 3 Star 40+ Premium Balls

Nittaku 3 Star 40+ Premium Balls menjadi rekomendasi kami berikutnya. Bola pingpong yang satu ini telah banyak digunakan dalam turnamen pingpong internasional maupun nasional. Bola plastik ini hadir dengan daya tahan yang tinggi. bentuknya bulat sempurna sehingga memiliki konsistensi putaran yang baik dan kecepatan yang tinggi. Kamu bisa memakainya untuk latihan dalam keseharian atau bisa juga digunakan untuk menghadapi turnamen resmi. Bola ini terbuat dari bahan poly yang memiliki sederet keunggulan. Produk ini dalam satu paket memiliki 3 buah bola berdiameter 40 mm. Bola buatan Jepang ini kualitasnya bagus.

Harga Rp. 85.000-194.000

Bola Xushaofa Premium 40+ 3star seamless

Bola Xushaofa Premium 40+ 3star menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir tanpa sambungan. Bola ini dibuat di Cina dan sudah diakui oleh ITTF. Bolanya tidak mudah pecah. Bagian permukaan bola tak mudah halus sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama. Produk yang satu ini memiliki putaran bola yang konsisten. Bola juga bisa meluncur dengan kecepatan yang tinggi ketika dipukul.

Spesifikasi bola ini di atas rata-rata. Ini sebabnya, bola bisa digunakan untuk berbagai latihan baik yang serius atau untuk rekreasional. Terbuat dari bahan plastik poly, bola ini dalam satu paket berisi 6 buah.

Harga Rp. 130.000-170.000

Nittaku J-TOP Training Ball 40+

Nittaku J-TOP Training Ball 40+ ini juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini cocok untuk latihan. Bola pingpong ini tidak mudah pecah. Kamu bisa memakai bola ini dalam waktu lama. Produk yang satu ini juga bisa tahan terhadap sesi latihan yang keras. Bola ini terbuat dari bahan plastik poly. Produk ini juga akan bikin kemampuan pingpong kamu meningkat. Dalam satu paket berisi 6 buah bola. Bola buatan Jepang ini dijamin bagus kualitasnya.

Harga Rp. 70.000-144.000
From our editorial team

Tenis Meja Bisa Melatih Stamina

Berolahraga adalah menggerakkan tubuh dengan aktif agar kesehatan kita terjaga. Salah satu manfaat besar dari olahraga lainnya adalah meningkatkan stamina tubuh agar lebih kuat. Tenis meja merupakan olahraga yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan stamina sebab olahraga ini butuh gerak aktif, pernafasan, dan juga otot yang kuat. Kamu tak hanya harus bergerak cepat namun juga harus pandai mengatur pernafasan dengan baik. Jika sudah terlatih maka otomatis kamu bisa meningkatkan stamina tubuh sehingga tubuh tidak cepat lelah.