Kamu Butuh 10 Rekomendasi Perlengkapan Renang Ini untuk Berenang Lebih Baik (2020)

Kamu Butuh 10 Rekomendasi Perlengkapan Renang Ini untuk Berenang Lebih Baik (2020)

Berenang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Jangan biarkan berenangmu jadi sia-sia hanya karena kamu tidak memiliki perlengkapan yang memadai. Simak yuk aneka perlengkapan renang penting untuk menunjang olahraga renangmu!

Berenang Memiliki Kelebihan yang Tidak Dimiliki Olahraga Lainnya

Supaya tubuh tetap sehat dan bugar setiap hari maka kita wajib berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang baik dan menyehatkan bagi tubuh. Salah satu yang bisa kamu pilih sebagai olahraga andalanmu adalah berenang. Berenang bisa dilakukan oleh siapa saja karena termasuk olahraga yang universal.

Dari anak-anak hingga dewasa boleh melakukannya. Bahkan anak berkebutuhan khusus pun bisa melakukannya. Olahraga yang satu ini selain menyenangkan juga memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh dan pikiran. Malahan, berenang juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki cabang olahraga lainnya.

Mereka yang mengalami rematik, gangguan muskuloskeletal, hingga mereka yang memiliki kelebihan berat badan bisa merasakan manfaat baik dari berenang. Ketika berada di air, maka tubuh hanya menanggung 50% dari total berat tubuh kita. Ini membuat orang yang sedang mengalami gangguan pada otot dan tulang pun tidak akan merasa kesakitan karena karena daya apung air dapat membantu meringankan nyeri sekaligus meningkatkan kebugaran.

Kelebihan selanjutnya dari berenang adalah bias menguatkan otot di seluruh bagian tubuh. Seluruh tubuh kita akan bergerak aktif saat berada di dalam air. Kaki dan tangan akan berusaha melawan arus air supaya bisa bergerak maju.

Otot-otot pada pinggul, punggung, dan perut juga bergerak dan berusaha menstabilkan kepala, badan, dan tulang belakang. Berenang bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan menguatkan jantung. Selain itu, kesehatan paru-paru juga bisa lebih kuat dan lebih terjaga.

Kelebihan berikutnya dari olahraga renang adalah risiko cederanya lebih kecil. Dibanding olahraga lainnya, berenang memiliki risiko cedera yang rendah karena daya apung air yang membantu mengurangi beban tubuh selama di dalam air. Persendian kaki lebih terlindungi dari stres dibanding jika kamu berlari atau melakukan latihan cardio lainnya.

Ini Loh, Aneka Peralatan Renang yang Pasti Kamu Butuhkan

Baju atau Celana Renang

Ketika berenang kamu akan membutuhkan berbagai peralatan renang. Salah satu yang paling penting adalah pakaian renang. Baju renang akan sanagt mempengaruhi keefektifan kamu saat berenang. Besarnya manfaaat berenang juga bisa kamu dapatkan dari pemilihan baju yang tepat. Jika kamu asal pilih baju biasa saja maka berenang hanya akan menyulitkan kamu dan memberi manfaat yang sedikit saja.

Untuk lelaki, pilih celana renang yang didesain khusus untuk mempermudah gerakan kamu di dalam air. Kamu bisa pilih celana yang dijual terpisah dengan baju. Atau bisa juga memilih yang modelnya menyatu dengan atasan.

Untuk wanita, kamu bisa memilih baju renang one piece atau two piece. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu. Pastikan bahan baju renangnya nyaman dan cepat kering. Selain itu pastikan ukurannya pas dengan tubuh supaya gerakan di dalam air bisa terdukung dengan baik.

Kacamata Renang

Kamu juga akan butuh kacamata renang saat berenang. Perlengkapan yang satu ini kerap diremehkan padahal fungsinya sanagt penting. Kacamata renang membantu kamu untuk melihat di dalam air. Mata kamu jadi tidak mudah pedih saat berenang dengan kacamata. Selain itu kamu juga akan lebih jelas melihat dasar kolam.

Saat membeli kacamata renang, kamu bisa mempertimbangkan fiturnya. Semakin canggihnya zaman, maka kacamata juga semakin berkembang. Ada kacamata renang yang dilengkapi anti fogging sehingga bisa mencegah timbulnya kabut pada lensa kacamata. Ada pula fitur anti UV yang bisa mencegah radiasi ultraviolet.

Swim Cap

Gunakan juga swim cap saat berenang. Jika kita terlalu lama berenang, rambut bisa jadi keras, kaku, dan lengket. Ini karena kandungan kaporit dalam air kolam sangat tinggi. Dengan memakai swim cap maka rambut kita bisa lebih terlindungi.

Swim cap juga sangat dianjurkan untuk dipakai bagi mereka yang memiliki rambut panjang. Ini karena rambut yang panjang bisa mengganggu wajah saat berenang. Dengan memakai topi renang, rambut akan tetap kering dan membuat kita jadi lebih mudah merawatnya usai berenang.

Usahakan memilih topi renang bahan lateks agar nyaman dikenakan dan tidak mudah membuat air masuk ke dalam rambut.

Earplug dan Noseclip

Untuk para perenang profesional tentu saja membutuhkan earplug. Ini adalah pelindung telinga untuk mencegah masuknya air ke dalam lubang telinga. Sumbat telinga ini bisa mencegah terjadinya infeksi pada telinga yang disebut dengan otitis externa.

Infeksi ini bikin telinga rentan mengalami iritasi serta membentuk media yang sesuai untuk bakteri dan jamur hidup. Ini bisa mengurangi kemampuan pendengaran dan bisa membuat telinga jadi sakit bahkan keluar cairan. Pastikan untuk tidak menekan penyumbat telinga terlalu dalam karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Selain earplug untuk berenang, kamu juga membutuhkan nose clip. Yang satu ini berfungsi untuk mencegah air masuk ke dalam lubang hidung. Dengan alat ini maka organ mulut akan langsung mengambil alih proses pernapasan. Nose clip juga mengurangi risiko akan alergi kaporit. Benda yang satu ini juga bisa mengurangi risiko masuknya hewan kecil dalam air masuk ke dalam tubuh.

Kick Board dan Pull Buoys

Kamu juga akan membutuhkan kick board saat berenang. Ini merupakan alat yang biasa terbuat dari busa atau plastik yang mudah mengapung. Ukurannya beragam dari besar hingga kecil. Fungsinya adalah untuk melatih gerakan kaki.

Pemakaian kick board adalah untuk mengistirahatkan tangan namun melatih tendangan kaki saat berenang. Bukan hanya cocok untuk pemula, kick board juga cocok untuk yang profesional karena dipakai untuk melatih kekuatan otot-otot kakinya.

Selain itu, kamu juga akan membutuhkan pull buoys. Ini adalah penjepit kaki yang fungsinya untuk melatih tangan saat berenang. Cara pemakaiannya adalah dijepit di selangkangan atau di kaki. Untuk melaju, kamu hanya bisa mengandalkan tangan. Kemampuan tangan dan otot bagian tubuh atas akan dilatih dengan memakai pull buoys.

Ini Dia Aneka Peralatan Renang untuk Kamu

Nabaiji Celana Renang Basic Pria Navy Orange

Nabaiji Celana Renang Basic Pria Navy Orange ini adalah rekomendasi pertama kami. Produk yang satu ini tahan terhadap klorin sehingga aman dan nyaman digunakan.

Celana renang ini bikin kamu bisa bergerak bebas dan maksimal. Produk juga bisa memberikan dukungan medium pada pinggang. Desain celana ini cocok untuk semua jenis tubuh.

Dilengkapi dengan celana dalam, produk ini bisa menjamin kenyamanan saat berenang. Celana renang ini cepat kering karena terbuat dari bahan polyamide yang tidak mudah menyerap air.

Harga Rp. 100.000-150.000

Delvira Two Piece SwimSuit

Delvira Two Piece SwimSuit menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Baju renang wanita ini modelnya two piece dan mudah digunakan. Terbuat dari bahan yang cepat kering, kamu jadi nyaman memakainya.

Bahan baju renang ini juga anti microbial sehingga lebih terjaga kebersihannya. Produk ini bikin kamu jadi lebih percaya diri memakainya. Bajunya tidak mudah berbau apek karena air cepat kering dari bajunya.

Harga Rp. 370.000-741.000

Ruihe Kacamata Renang Big Frame Anti Fog UV Protection

Ruihe Kacamata Renang Big Frame Anti Fog UV Protection - RH9110 adalah produk selanjutnya yang wajib kamu punya. Kacamata renang ini tersedia dalam pilihan warna hitam, biru, dan putih.

Terbuat dari bahan polikarbonat kombinasi silikon, kacamata ini nyaman digunakan. Frame kacamatanya besar dan memiliki fitur anti fog dan uv protection. Ini membuat penglihatan kamu lebih jelas di dalam air.

Mata jadi nyaman memakainya karena ada bahan silikon yang menutupi bagian belakang frame. Ini juga bisa mencegah masuknya air pada area mata sehingga kamu bisa berenang lebih tenang.

Ikat kepala kacamata ini berbahan karet yang dapat melonggar sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran kepala.

Harga Rp. 57.000-135.000

Finis Axis Buoy Dual Function Pull Buoy

Selanjutnya, jangan lewatkan Finis Axis Buoy Dual Function Pull Buoy. Perlengkapan renang ini bisa mengembangkan kemampuan tubuh untuk menyeimbangkan diri di dalam air. Kamu juga bisa melatih otot dengan alat yang satu ini.

Dengan lubang yang ergonomis dan desain yang menarik, produk ini bisa berfungsi untuk melatih pergelangan kaki atau bagian paha kaki. Dilengkapi busa EVA yang empuk, perlengkapan ini akan bikin kamu jadi makin nyaman berenang dan melatih otot tubuh bagian atas.

Harga Rp. 370.000-666.000

Speedo EVA Kickboard

Jangan lewatkan untuk memiliki Speedo EVA Kickboard. Pelampung ini desainnya keren dan menarik perhatian. Warnanya bagus dan pastinya bikin kamu semangat berenang. Produk ini motifnya kekinian dan pastinya bikin kamu jadi banyak dilirik.

Dipersembahkan oleh Speedo, papan renang ini memiliki perpaduan warna biru dan kuning. Kickboard ini bisa memperkuat bagian kaki agar dapat berenang lebih jauh. Pelampung ini dirancang untuk meningkatkan kebugaran tubuh bagian bawah dan untuk meningkatkan kecepatan kaki di dalam air.

Harga Rp. 27.000-341.000

Speedo Biofuse Aquatic EarPlug

Speedo Biofuse Aquatic EarPlug menjadi produk yang wajib untuk kamu miliki. Earplug yang satu ini hadir dengan teknologi Speedo Biofuse. Teknologi ini berfungsi untuk memberikan rasa kenyamanan saat dipakai.

Desain alat ini sangat ergonomis sehingga memudahkan kamu untuk memakai dan melepasnya. Konstruksi lekukannya sesuai bikin kita nyaman memakainya. Ada juga tempat plastik untuk memudahkan kita menyimpannya.

Harga Rp. 90.000-143.000

Madwave Nose Clip Ergo

Madwave Nose Clip Ergo tentu tidak bisa kamu lewatkan untuk dimiliki. Ini bisa membantu kamu untuk belajar pernafasan di dalam air. Produk ini juga melatih kamu untuk memperkuat paru-paru kamu.

Terbuat dari bahan kombinasi TPR dan nilon, alat ini nyaman digunakan. Produk dilengkapi dengan karet sehingga mencegah agar tidak mudah lepas saat dipakai. Ada tempat berbahan plastik untuk menyimpannya.

Harga Rp. 65.000-112.000

Topi Renang Swim Cap Merk Exora

Topi Renang Swim Cap Merk Exora menjadi produk selanjutnya yang wajib kamu bawa berenang. Topi ini bisa nyaman dipakai dan mudah untuk dipakai.

Terbuat dari bahan silikon yang nyaman, produk ini dijamin bikin rambut kamu lebih terlindungi dari bahan kimia dalam kolam renang. Ada banyak pilihan warna yang menarik.

Harga Rp. 32.000-52.000

Yon Sub Snorkeling Fins

Yon Sub Snorkeling Fins ini adalah produk berikutnya untuk kamu miliki. Kaki katak ini dirancang untuk membantu kamu membuat tendangan kaki yang kuat di dalam air.

Ini juga bisa meningkatkan fleksibilitas pergelangan kaki. Snorkeling fins ini akan berguna jika kamu berenang di laut. Produk ini bisa membantu kamu berenang gaya bebas dengan nyaman.

Terbuat dari bahan TPR yang kuat dan kokoh, produk ini bisa tahan lama digunakan. Produk bisa disesuaikan besar kecilnya sehingga makin nyaman digunakan.

Harga Rp. 755.276-1.470.000

Hand Paddle Renang Madwave

Hand Paddle Renang Madwave juga wajib kamu miliki. Produk ini digunakan pada tangan perenang. Fungsi alat ini adalah untuk melatih otot tangan, lengan, dan pundak ketika perenang melakukan gaya bebas.

Alat ini banyak dipakai para perenang profesional yang sudah menguasai gaya bebas. Hand paddle ini bisa membentuk otot tangan karena rasanya sama seperti menggunakan barbel di tempat gym. Terbuat dari bahan yang kokoh dan kuat, alat ini tahan lama digunakan.

Harga Rp. 175.000-225.000
From our editorial team

Lengkapi Perlengkapan Renang untuk Mendapatkan Manfaat Berenang

Kita tentu tidak ingin melakukan hal yang sia-sia. Saat berenang, agar kita bisa mendapatkan manfaat sepenuhnya dari berenang, maka sebaiknya kita melengkapi perlengkapan berenang kita. Setiap perlengkapan renang memiliki kelebihan tersendiri dan memiliki fungsi yang tidak tergantikan oleh yang lainnya. Maka dari itu, cek yuk aneka perlengkapan dan fungsinya di atas! Jangan lupa cek rekomendasi produk dari kami juga, ya!

Tag