10 Mainan untuk Anak Laki-laki Usia 3 Tahun yang Mengasah Kreativitas

10 Mainan untuk Anak Laki-laki Usia 3 Tahun yang Mengasah Kreativitas

Orang tua tidak perlu bingung lagi dalam memilih mainan anak untuk usia 3 tahun. BP-Guide punya 10 mainan rekomendasi yang mampu mengasah kreativitas anak dan membuatnya aktif bergerak. Anak jadi bisa belajar sambil bermain berkat mainan-mainan ini!

Memilih Mainan Anak Lebih Baik Disesuaikan dengan Usianya

Pada usia 0-5 tahun adalah masa usia emas bagi anak-anak. Pada masa ini, fisik dan psikis anak-anak sedang berkembang dengan pesat. Orang tua bertanggung jawab untuk menstimulasi setiap gerakan motorik anak dan kepintaran otaknya dengan berbagai rangsangan dan aktivitas yang disediakan, sebagai contoh dengan memilih mainan yang tepat.

Anak-anak memang gemar bermain. Kita, sebagai orang tua, harus menyediakan permainan yang sesuai dengan umur mereka. Mainan yang tepat akan merangsang kecerdasan dan mengasah kemampuan motorik kasar dan halus mereka.

Untuk menentukan mainan yang tepat bagi anak, Anda bisa melihat label di setiap mainan. Biasanya setiap mainan dilengkapi dengan label usia yang tepat untuk mainan tersebut.

Seperti Apa Mainan yang Cocok untuk Anak Laki-Laki Usia 3 Tahun?

Anak laki-laki biasanya lebih aktif daripada anak perempuan. Anak lelaki cenderung cepat bosan dengan satu permainan dan beralih memainkan permainan lain dalam waktu singkat. Sedangkan anak perempuan lebih senang memainkan 1 permainan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk menyiasatinya Anda perlu menyiapkan beberapa alternatif mainan bagi anak laki-laki. Di usia 3 tahun adalah masa yang tepat untuk mengenalkan permainan yang melatih segi emosi pada anak. Orang tua dan pengasuh harus ikut serta bermain dengan anak dan jangan biarkan anak bermain sendiri.

Sebagai contoh anak bisa bermain dengan mainan berupa hewan-hewan dalam bentuk 3 dimensi. Dari sini Anda bisa bermain dengan mereka dan bercerita difigurkan oleh para binatang. Anak bisa belajar menyimak dan emosinya hanyut bersama cerita yang Anda gulirkan.

Jika anak mulai bosan Anda bisa mengajak anak bermain bola dan tunjuk siapa striker dan kipernya. Dari permainan bola anak akan belajar aturan sepak bola sederhana, seperti gol, cara menendang bola, dan lain lain. Permainan ini akan mengasah daya motorik kasar anak.

Tips Memilih Mainan Anak 3 Tahun Laki-Laki dan Perempuan

Mainan yang Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah

Pada usia 3 tahun anak sudah bisa diajak berkomunikasi dan mengerti cara penyelesaian masalah sederhana. Anda bisa memberikan mainan yang merangsang daya analisis pada anak. Seperti permainan puzzle untuk mengenalkan bentuk dan warna serta melatih kesabaran pada anak.

Anda juga bisa menyediakan beberapa balok dan menyuruh anak menyusun balok menjadi sebuah menara. Siapkan juga kertas dengan gambar buah-buahan dan biarkan anak menempelinya dengan stiker sesuai warna buah tersebut. Cara-cara ini akan membantu anak memiliki kemampuan problem solving yang baik.

Mengenalkan Alat Musik Sederhana

Anak-anak adalah pribadi yang ceria dan menggemari musik, tentu saja. Ketika mendengar alunan musik mereka otomatis bergoyang atau sekedar menggerakkan tangan mereka mengikuti irama. Sejak dini, bahkan sedari masa kehamilan, musik dinyatakan memberi efek yang baik bagi janin di kandungan.

Di usia 3 tahun, Anda mulai bisa mengenalkan musik pada anak dengan memberikan mainan berupa instrumen musik sederhana. Sebagai contoh drum, xylophone, terompet, dan lainnya. Musik menjadi media anak untuk melatih kreativitas, meningkatkan kepercayaan diri, mencerdaskan otak, dan pembelajaran baik lainnya.

Permainan yang Meningkatkan Kreativitas

Memberikan permainan dengan benda fisik dan nyata akan meningkatkan daya kreativitas anak. Berbeda dengan permainan pada smartphone, mainan yang dapat dipegang membuat anak bereksplorasi dan memecahkan masalah secara riil. Anak yang kreatif akan selalu mencari jalan keluar untuk setiap masalah yang dihadapinya.

Anda bisa mengasah kreativitas anak sedari kecil dengan memberikan mainan yang tepat untuknya. Sebagai contoh permainan dari tanah liat, mewarnai, atau pun menyusun puzzle dan balok. Anda juga bisa mengajak anak bermain peran seperti dokter-dokteran, bermain rumah-rumahan, atau meniru suara binatang.

10 Rekomendasi Mainan Anak 3 Tahun Laki-Laki, Pilih yang Disukai Anak Ya!

MOMO Electronic Organ Multifunction Mainan Anak

Sumber gambar www.blibli.com

Anak usia 3 tahun memang belum mengerti nada dan ritme musik layaknya orang dewasa. Tapi Anda bisa mengenalkan musik pada anak sedini mungkin agar mereka familiar dengan nada dan irama yang dibuat dari sebuah alat musik.

Sebagai pilihan Anda bisa pertimbangkan MOMO Electronic Organ Multifunction. Berbentuk organ elektronik yang dilengkapi dengan microphone kecil. Anak-anak bisa bereksplorasi dengan 37 key music dan banyak jenis musik lainnya yang tersedia seperti perkusi, cadence, dan tamber.

Selain itu tersedia alat perekam dan demo musik yang tidak akan bosan untuk didengarkan. Anda bisa membelinya seharga Rpp 168.000 di Blibli.

Phidal 0960830021 Disney Pixar Cars 2 Stuck On Stories Mainan Edukasi Anak

Sumber gambar www.blibli.com

Anak laki-laki tentu gemar bermain mobil mobilan. Pasti tidak mudah menghitung jumlah mainan mobil anak Anda. Anda bisa menambah koleksi mainan mobil dengan Play Toy Disney Pixar Cars 2 Parking Garage.

Dengan tokoh Disney terkenal yaitu Cars, mainan ini didesain lengkap dengan denah, 4 jenis mobil berbeda, dan 25 track mobil. Anak Anda bisa membangun track mobil sekreatif mungkin berdasarkan denah yang tersedia.

Anak-anak akan merasa seperti pembalap yang beraksi di area balap mobil dan hanyut dalam dunia imajinasinya. Anda bisa membelinya seharga Rp 190.000 di Blibli.

Mao Electronic Backseat Driver Mainan Anak

Sumber gambar blibli.com

Melihat sang ayah mengemudi mobil seringkali membuat anak penasaran bagaimana menyetir mobil sesungguhnya. Anda bisa memfasilitasi anak dengan memberikan mainan berupa simulasi setir-setiran mobil.

Salah satunya Mao Electronic Backseat Driver Mainan Anak. Terbuat dari material plastik yang pasti aman untuk anak, mainan ini mengeluarkan bunyi yang sangat mirip dengan suara mobil pada umumnya.

Selain itu mainan ini dilengkapi dengan semua aksesoris mobil seperti lampu sen, klakson, gear, kaca spion, dan rem. Mainan yang benar-benar cocok untuk anak lelaki Anda! Dapatkan seharga Rp 328.000 di Blibli.

Solar Robot 6 in 1 Educational Toys

Mainan edukasi pada anak 3 tahun bisa berupa mainan yang dirakit sendiri. Sebagai pilihan adalah Solar Robot 6 in 1 educational toys. Terdiri dari bagian-bagian yang belum dirakit, Anda bisa membuat berbagai kreasi seperti mobil, air boat, kincir angin, dan lain lain. Mainan ini akan mengasah kecerdasan dan kemampuan menyelesaikan masalah pada anak. Dapatkan seharga Rp 47.900 di Jakarta Notebook.

Universal Crocodile Dentist Toys Running Man Games Mainan Gigi Buaya

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Jika Anda mencari mainan ramah anak dan bisa dimainkan bersama seluruh anggota keluarga, Anda bisa mempertimbangkan Universal Crocodile Dentist Toys Running Man (Games Mainan Gigi Buaya).

Mainan ini berbentuk buaya yang menganga lebar dengan barisan giginya. Anda harus cermat memilih gigi yang tepat. Jika Anda memencet gigi yang salah, mulut buaya akan tertutup dan menggigit jari Anda. Tentu saja tidak terasa sakit walaupun jari Anda terjepit. Namun sensasi yang dirasakan sangatlah menegangkan dan seru dimainkan bersama-sama. Dapatkan seharga Rp 70.000 di Blibli.

MOMO Animal World Tabung Dinosaurs Figure Mainan Anak

Sumber gambar www.blibli.com

Memiliki mainan berbentuk 3 dimensi adalah media yang tepat untuk edukasi anak sambil bermain. Salah satunya MOMO Animal World Tabung Dinosaurs Figure. Satu tabung mainan berisi 18 buah dinosaurus mini dengan berbagai jenis mulai dari Brontosaurus, T-Rex, Spinosaurus, dll.

Anak bisa memainkannya dengan peralatan lain seperti pagar dan pohon mainan, yang sudah tersedia dalam satu set. Terbuat dari plastik karet dan dilabeli SNI pastinya aman untuk anak Anda. Dapatkan seharga Rp 25.000 di Shopee.

Igloobook My Book of 3000 Animal Stickers

Sumber gambar www.blibli.com

Menempelkan stiker pada kertas adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bagi buah hati Anda. Anda bisa menyediakan buku gambar dilengkapi stiker sebagai sarana edukasi mereka. Salah satunya Igloobook My Book of 3000 Animal Stickers. Di buku ini tersedia 3000 stiker dengan gambar binatang yang bisa ditempel langsung ke dalam buku.

Buku ini terdiri dari kertas yang tebal sebanyak 24 halaman dan kosakata dalam bahasa Inggris. Anak bisa sekalian belajar bahasa Inggris dan memainkan warna sesuai gambar binatang yang ada di dalamnya. Anak akan bisa bereksperimen dan menguji kreativitas mereka untuk mengenali warna dan jenis hewan di dalam buku. Dapatkan seharga Rp 125.000 di Blibli.

Mobil Remote Control Police - Mainan Mobil Anak 1191 - Ages 3+

Sumber gambar shopee.co.id

Anak anda senang bermain mobil-mobilan? Karena sudah menginjak umur 3 tahun, Anda bisa menghadiahkan mobil remote control saat ulang tahunnya nanti. Salah satunya Mobil Remote Control Police - Mainan Mobil Anak 1191.

Satu set mainan berisi mobil polisi dan remote control. Anak Anda bisa memainkan mobil ini dengan mengendalikannya dari jauh. Mobil dilengkapi dengan suara layaknya mobil polisi sungguhan. Sangat bagus dan aman untuk dimainkan anak-anak. Dapatkan seharga Rp 75.000 di Shopee.

OTOYS Mainan Anak EV-3308 Rangers Sword Usia 3 Tahun - Hitam

Sumber gambar www.tokopedia.com

Usia 3 tahun adalah masa anak-anak sering berimajinasi dan membayangkan dirinya sebagai super hero penumpas kejahatan. Untuk melengkapi role playing anak, Anda bisa memberikan mainan berupa pedang-pedangan layaknya pahlawan sungguhan.

Anda bisa membeli OTOYS Mainan Anak EV-3308 Rangers Sword - Hitam. Pedang ini dilengkapi dengan lampu dan suara dan terbuat dari material plastik. Anak juga dilatih kemampuan motorik kasarnya dengan mengayunkan pedang dan bermain layaknya tokoh utama dalam kartun super hero. Dapatkan seharga Rp 52.700 di Blibli.

Edtoy Mainan Edukasi Transformobile Dump Truck

Sumber gambar www.blibli.com

Mengenalkan jenis-jenis alat transportasi sangat menyenangkan bagi anak-anak. Sebagai orang tua kita bisa mengajarkan mereka berbagai kendaraan dan ciri khas bunyi yang dikeluarkan. Anda bisa memberi mainan berupa Edtoy Transformobile City Builder Dump Truck. Mainan ini berupa truk semen yang terbuat dari kayu.

Kelebihan mainan dari Edtoy ini adalah adanya aksesori tambahan berupa magnetic gear housing yang bisa dibongkar pasang. Anak Anda akan bisa berkreasi dan memainkannya dengan koleksi mobil-mobilan lainnya. Dapatkan seharga Rp 318.000 di Blibli.

From our editorial team

Temani Anak Umur 3 Tahun untuk Bermain

Temani anak laki-laki berumur 3 tahun untuk bermain. Dengan menemaninya, Anda bisa mengajarinya bagaimana mengoperasikan mainan dengan semestinya, sehingga mainannya awet. Setelah selesai bermain, ajari anak untuk membereskan mainannya.