Butuh Lakban Serbaguna? Inilah 10 Rekomendasi Lakban Kain yang Bisa Kamu Pillih (2020)

Butuh Lakban Serbaguna? Inilah 10 Rekomendasi Lakban Kain yang Bisa Kamu Pillih (2020)

Lakban kain adalah jenis lakban yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan tentunya bisa digunakan untuk berbagai jenis permukaan. Sehingga, lakban kain akan sangat membantumu dalam memperbaiki berbagai peralatan. Yuk, cek dulu deh macam-macam lakban kain di sini!

Lakban Kain Merupakan Benda yang Penting dalam Aktivitas Kita Sehari-hari

Isolasi dan lakban menjadi jenis perekat yang dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari di lingkup rumah tangga hingga industrial. Meski umumnya terbuat dari plastik, namun ada juga lakban yang dibuat menggunakan perpaduan dengan kertas, karet, kain, sampai aluminium. Fungsi dasar lakban adalah untuk menempelkan kertas, plastik, atau benda berbahan lainnya agar merekat dengan baik.

Untuk mengirim barang atau hadiah ke kerabat, kita pasti membutuhkan lakban untuk merekatkan pembungkusnya. Apalagi kalau kamu membuka usaha di rumah, maka lakban adalah perangkat terpenting yang bakal memudahkan rutinitasmu mengepak barang. Nggak hanya itu lho, lakban juga menjadi perangkat kreasi bagi orang yang gemar membuat kerajinan tangan.

Kita pasti sudah tahu lakban yang terbuat dari bahan plastik. Nah sekarang, kami akan mengajakmu untuk mengenal lakban kain, jenis lakban yang unik dan punya banyak manfaat. Yuk, cek fakta-fakta mengenai lakban kain di bawah ini!

Fakta yang Berhubungan dengan Lakban Kain

Digunakan Dalam PD II untuk Menjaga Amunisi Tetap Kering

Lakban kain ternyata sudah digunakan sejak dahulu kala, tepatnya di era Perang Dunia ke-2 di tahun 1942. Saat itu, lakban hitam digunakan sebagai alat untuk membuat amunisi perang tahan basah. Amunisi biasanya dibungkus dengan kardus yang direkatkan menggunakan perekat seperti lakban.

Konon cerita, ada seorang ibu tentara Angkatan Laut dan seorang pegawai di kantor Green River Ordnance Plant Illinois yang menulis kepada presiden kala itu yakni Presiden Franklin Roosevelt agar memakai pita kain yang kokoh atau lakban tahan air namun tetap mudah dibuka. Hal ini ditujukan agar paket amunisi mudah dibuka oleh tentara di dalam kondisi mendesak. Berkat surat itu, Dewan Produksi Perang di Washington D.C. pun memproduksi lakban tersebut.

Di masa sekarang, kegunaan lakban semakin mudah ditemukan dalam aktivitas harian kita. Lakban biasa dipakai dalam proses penjilidan, penambalan jok motor, pembungkusan kargo, dan sebagainya. Kini, lakban juga diproduksi dari berbagai material, mulai dari karet sampai kain.

Terbuat dari Kain Katun

Nah, khusus lakban kain atau cloth tape, bahan yang digunakan adalah kain katun. Lebih jelasnya, lakban kain memiliki tiga lapisan, yakni lapisan plastik dari resin polietena di bagian paling luar, diikuti dengan kain katun di bagian tengah. Sementara pada bagian bawahnya, terdapat lapisan dari bahan lem berbasis karet.

Perpaduan tiga lapisan ini bukan sembarangan, lho. Ketiganya menghasilkan lakban kain yang fleksibel, antiair, licin, serta lengket dalam waktu yang lama. Secara umum, lakban kain dapat kamu temukan dalam peralatan ATK (alat tulis kantor), peralatan industri, maupun alat listrik.

Biasa Dipakai untuk Penjilidan

Mungkin kamu familiar kan dengan lakban hitam yang dipakai untuk menjilid buku maupun kertas? Pelajar, mahasiswa, maupun pegawai kantoran pasti pernah memakai lakban hitam untuk menjilid tugas maupun pekerjaannya. Yap, lakban hitam tersebut merupakan lakban kain, yang biasanya digunakan oleh penyedia jasa fotokopi.

Ada beberapa jenis jilid buku, mulai dari lakban hingga jilid spiral. Menjilid menggunakan lakban kain merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh pegawai fotokopi. Sebelum dilakban, biasanya setumpuk kertas tersebut harus disteples agar menyatuh, lalu diberi plastik untuk cover-nya.

Di toko-toko alat tulis, lakban kain tersedia dalam versi potongan yang pas untuk menjilid buku. Pembeli umumnya membeli lakban kain dan plastik mika lalu mereka dapat dengan mudah memasangnya sendiri di rumah. Lakban kain dipilih karena lebih kokoh disbanding lakban lain, tahan air, sehingga banyak digunakan juga untuk mengepak atau membungkus barang.

Biasanya Berwarna Hitam

Seperti sudah disebutkan, lakban kain yang digunakan untuk mengemas barang atau menjilid tugas sekolah maupun buku pada umumnya memiliki warna hitam. Meski begitu, ada juga lakban kain dengan warna hijau atau biru. Ukurannya pun beragam, ada yang besar dan kecil. Lakban kain juga dikenal awet, namun tetap bisa sobek.

Tahan Terhadap Air

Lakban kain dibuat dari beragam material sehingga menghasilkan perekat yang kuat dan tahan terhadap air. Dalam lakban kain terdapat beberapa lapisan yakni lapisan luar berupa kain yang dilaminasi dan diberi resin plastik serta resin polyethelene sehingga luwes namun tetap kaku. Bahan polyethelene yang bekerja untuk membuatnya tahan air, liat, dan tahan lama.

Selain itu, lapisan terbawah dari sebuah lakban kain dibuat menggunakan lem berbahan karet. Inilah yang menjadikan lakban kain lebih tahan dalam suhu tinggi. Jadi, lakban kain bukan sembarang lakban untuk perekat karena lakban kain punya beragam keunggulan yang tak dimiliki lakban lain.

Cara Memilih Lakban Kain Terbaik yang Harus Kamu Ketahui

Bisa Menempel pada Permukaan Berbeda

Setiap jenis lakban memiliki kegunaan berbeda-beda yang dapat kamu manfaatkan sesuai kebutuhan. Lakban alat tulis atau stationary tape misalnya, dipakai khusus untuk melekatkan kertas. Sementara lakban listrik diaplikasikan pada kabel dan double tape digunakan buat merekatkan dua sisi permukaan. Lalu, bagaimana dengan lakban kain?

Uniknya, lakban kain dapat merekat pada berbagai permukaan berbeda dengan kuat baik pada besi, plastik, kayu, maupun kaca, lakban kain dapat melekat dalam waktu lama. Ini berkat material berbahan plastik pada lakban kain yang membuatnya fleksibel. Makanya, bisa dibilang lakban kain merupakan alat serbaguna yang dapat digunakan untuk merekatkan banyak barang.

Untuk itu, pastikan kamu memilih lakban kain yang asli dan berkualitas bagus. Pastikan bahwa lakban kain yang kamu pilih bisa merekat pada berbagai macam jenis permukaan benda. Jangan ragu buat bertanya pada penjual jika kamu kebinggungan, ya.

Tahan akan Kelembapan

Lakban kain dikenal tahan di dalam suhu yang ekstrem, sehingga banyak digunakan untuk aktivitas industrial maupun pembangunan. Nah, sebaiknya kamu pun memilih lakban kain yang tahan air dan tahan terhadap suhu lembap. Apalagi jika kamu membutuhkannya untuk dipakai di luar ruangan, penting untuk diperiksa apakah lakban kain tersebut tahan terhadap hawa lembap.

Bertahan pada Suhu Rendah

Karena mampu bertahan dalam beragam suhu, itu berarti lakban kain juga mampu merekat kuat meski berada di suhu yang rendah. Artinya, kamu bisa menggunakan lakban kain untuk menempelkan barang pada ruangan dengan suhu lebih rendah dari nol atau pada musim dingin sekalipun. Ketahanan lakban kain tersebut terjadi karena adanya lapisan di bagian bawah lakban yang dibuat dari bahan lem karet.

Rekomendasi Lakban Kain untuk Hasil Perekatan Terbaik dalam Pekerjaan Kita di Rumah

Tachimita Cloth Tape

Lakban kain atau cloth tape dari Tachimita Cloth Tape didesain untuk membantu aktivitas harianmu terutama jika kamu bekerja di bidang pembangunan atau penjilidan buku.

Lakban kain ini memiliki lebar mencapai 48 mm dan panjang hingga 8 meter. Lakban kain berwarna hitam tersebut dibuat dari perpaduan kain katun yang lapisan luarnya ditambahi PE dan lapisan dalamnya diberi natural rubber resin.

Perpaduan bahan-bahan itu menghasilkan bahan berkualitas sehingga lakban kain ini tidak gampang terpotong. Apalagi, kamu bisa menggunakannya untuk menempelkan beragam jenis permukaan, baik itu kayu, plastik, maupun besi. Dijamin, lakban kain ini tahan dalam aneka suhu lingkungan, serta melekat dengan erat.

Harga Rp. 8.000-8.000

Nachi Kain Isolasi Tape Lakban

Merek Nachi sudah sangat populer di kalangan pengguna peralatan alat tulis kantor atau ATK. Merek satu ini dikenal memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama saat digunakan. Tak ketinggalan, Nachi juga memproduksi lakban kain yaitu Nachi Kain Isolasi Tape Lakban.

Lakban berukuran 46 mm x 12 m dan 2 inci ini dijual dalam jumlah satuan atau dus yang berisi 72 rol lakban kain berwarna hitam. Bagi kamu yang bekerja di perusahaan pengemas kargo atau penjilidan buku, tentu dibutuhkan banyak lakban kain. Yang jelas, lakban kain Nachi tentu kokoh, tahan dalam semua cuaca, dan tidak gampang robek.

Selain itu, lakban kain Nachi juga bisa kamu tempelkan di beragam permukaan, baik itu kaca, besi, plastik, maupun kayu. Ini karena lakban kain tersebut dibuat dari material kain katun yang lapisan terluarnya dilaminasi menggunakan PE sementara lapisan dalamnya diisi dengan natural rubber resin. Itulah kenapa, lakban kain Nachi berkualitas tinggi tak bisa kamu lewatkan!

Harga Rp. 10.500-12.600

Taruna Lakban Kain

Warna lakban kain yang paling standar adalah warna hitam. Meski begitu, ada banyak pilihan warna lakban kain lainnya yang mungkin jarang ditemui. Kali ini, kami bakal mengajakmu berkenalan dengan lakban kain warna merah dari Taruna Lakban Kain.

Lakban Kain Merah Taruna 2 inci ini memiliki ukuran 7 m x 44 mm. Selain warna merah, terdapat toko yang menjual warna-warna lain seperti hijau, hitam, cokelat, dan putih. Meski berbeda warna, lakban kain ini tetap cocok digunakan untuk melakukan pengemasan barang, penjilidan buku atau makalah, serta aktivitas lainnya baik untuk ukuran sekolah maupun perkantoran.

Sama seperti lakban kain lainnya, Taruna Lakban Kain berwarna merah ini juga dibuat menggunakan kain katun. Bagian luarnya dilaminasi menggunakan PE serta bagian dalamnya terdapat natural rubber resin. Dengan begini, lakban kain Taruna bakal tahan lama dan super kuat. Kamu juga dapat menggunakannya untuk merekatkan berbagai jenis permukaan, baik itu plastik, kayu, besi, maupun kaca.

Harga Rp. 7.300-14.500

Solatape Cloth Tape

Nah, kalau butuh lakban kain yang spesifik berwarna kuning, maka Solatape Clothe Tape ini kudu banget kamu pilih. Hanya berbeda warnanya kok, namun Solatape Cloth Tape ini tetap berkualitas. Lebarnya 48 mm, dengan panjang 8 meter dan ukuran tebal 2 inci.

Yang jelas, lakban kain dari Solatape ini kuat, tahan di berbagai jenis cuaca, dan tidak gampang sobek. Kamu dapat menggunakannya untuk merekatkan berbagai benda, baik itu terbuat dari kayu, besi, kaca, atau plastik. Itulah kenapa, lakban kain yang dibuat dari perpaduan bahan PE dan natural rubber resin ini tepat dipakai untuk mengemas barang, menjilid buku, ataupun mengelem karpet.

Harga Rp. 8.000-8.000

Cloth Tape Lakban Kain Warna Hitam Joyko

Di dunia ATK, Joyko telah dikenal memproduksi berbagai macam alat tulis hingga kertas dengan kualitas produk yang menjanjikan. Bahkan, Joyko telah menjadi perusahaan penyedia ATK paling besar dinegeri ini. Eits, jangan salah, meski namanya berbau bahasa Jepang, namun Joyko asli diproduksi di Indonesia, lho!

Tak ketinggalan, Joyko juga menawarkan Clothe Tape Lakban Kain Warna Hitam Joyko yang dapat menjadi alternatif untukmu. Alat perekat yang kuat ini memiliki ukuran lebar hingga 48 mm dan panjangnya mencapai 10 meter. Selain itu, lakban kain Joyko juga tersedia dalam dua core, yaitu Blue Core dan Orange Core.

Harga Rp. 13.000-18.000

Nanko Cloth Tape

Selain Joyko, merek Nanko juga pasti sudah familiar bagi para pengguna stationery alias alat tulis. Soalnya, Nanko memproduksi beragam jenis alat tulis yang kualitasnya pun tak kalah oke. Salah satu produksi Nanko adalah Nanko Cloth Tape, sebuah lakban kain single side adhesive berwarna hitam.

Lakban kain dari Nanko memiliki lebar 48 mm dan panjangnya mencapai 13 meter. Kualitas bahannya pun terjaga, yakni dibuat dari benang rayon yang dipadukan dengan bahan polyethilen (PE). Cocok dipakai untuk mengepak barang, mengelem karpet ketika akan dipakai untuk pameran, maupun menjilid buku. Penggunaan lakban kain Nanko juga mudah karena hanya disobek saja tanpa mengakibatkan kerusakan pada lakban tersebut.

Harga Rp. 12.012-12.012

Samaru Cloth Tape

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan saat membeli lakban kain adalah faktor kerekatan lakban tersebut saat digunakan pada benda. Tentunya, kita mencari lakban kain yang bisa menempelkan barang di berbagai jenis permukaan dan tahan lama alias tidak mudah mengelupas. Untuk itu, kamu perlu pakai Samaru Cloth Tape.

Lakban kain hitam ini dibuat menggunakan material PE, kain, dan perekat berbahan karet dengan ukuran lebar sepanjang 2 inci 35 mm, dengan panjang 9 meter. Fungsinya masih serupa dengan lakban kain lain, yakni untuk merekatkan kertas, plastik, kardus karton, serta digunakan untuk kebutuhan rumah maupun industri misalnya untuk merekatkan pipa maupun alat listrik. Selain memiliki daya rekat yang baik, lakban ini juga mampu menjaga dari terjadinya abrasi serta dapat bertahan di segala musim, lho.

Harga Rp. 8.075-9.500

Daimaru Cloth Tape

Daimaru Cloth Tape hadir dengan lakban kain yang punya beragam fitur baik untuk mengepak barang maupun menyegel sesuatu. Khususnya, lakban kain ini biasa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, perkantoran, maupun industri. Misalnya, menjaga permukaan agar tidak berkarat atau tergores, menjaga kabel atau kawat, dan fungsi lainnya.

Lakban kain berwarna hitam dengan ukuran lebar 2 inci (48 mm) dan panjang mencapai 12 meter ini juga memiliki pilihan warna lain seperti kuning, merah, hijau, dan biru, yang bisa pilih sesuai kebutuhan.

Lakban kain ini dibuat menggunakan benang rayon yang dileburkan dengan lapisan PE, sehingga terbentuklah lapisan lakban yang tangguh disertai natural rubber adhesive. Dengan begitu, lakban kain ini sangat fleksibel dan mampu melekat kuat.

Harga Rp. 12.513-36.900

Lakban Hitam Kain Shadato

Perlu diketahui, lakban kain tidak hanya bisa dipakai untuk menjilid buku atau makalah, lho. Justru manfaatnya sungguh beragam, antara lain bisa ldipakai untuk membungkus kargo berukuran berat, merekatkan karpet di acara-acara besar, melindungi kabel atau kawat, untuk pembubuhan, maupun sekadar menjaga permukaan suatu benda agar tidak tergores, lembap, atau berkarat.

Nah, Lakban Hitam Kain Shadato ini juga serbaguna. Lakban kain ini dibuat dari bahan kain benang rayon yang dilaminasi menggunakan Polyethilene atau PE. Sudah ada fitur single side adhesive pada lakban ini, sehingga dapat merekat dengan kuat dan tahan lama. Ukuran lakban berwarna hitam ini pun cukup besar, yakni lebar 36 mm dan panjang mencapai 15 yard.

Harga Rp. 8.850-8.850

888 Cloth Tape Lakban Kain

Barang bermutu tinggi nggak harus mahal kok, buktinya lakban kain dari 888 Cloth Tape Lakban Kain ini. Harga murahnya bukan berarti murahan, karena lakban kain ini dibuat dari bahan berkualitas bagus yang serupa dengan lakban kain keren lainnya. Dijual murah karena barang ini diproduksi langsung dari pabrik sehingga harganya super terjangkau.

Nah, 888 Cloth Tape Lakban Kain ini dibuat dari material kain katun yang permukaan terluarnya dilaminasi menggunakan PE. Sementara itu, lapisan di dalamnya diberi natural rubber resin yang membuatnya tahan lama dan tidak gampang mengelupas. Lakban kain dengan pilihan warna biru dan ungu ini punya ukuran lebar 48 mm 2 inci, dengan panjang hingga 10 yard.

Yang jelas, lakban kain 888 ini serbaguna. Soalnya, kamu bisa menggunakannya untuk mengepak kargo atau kardus, menjilid buku, hingga mengelem karpet. Dijamin, bisa melekat sempurna di berbagai jenis permukaan baik itu kaca, plastik, kayu, hingga besi.

Harga Rp. 6.299-8.000
From our editorial team

Gunakan Lakban Kain untuk Berbagai Kebutuhan

Lakban kain punya banyak keunggulan yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari merekatkan berbagai permukaan sampai untuk packing barang. Yuk, langsung aja sediakan lakban kain di rumahmu jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya.