8 Rekomendasi NAS Storage Termurah untuk Kamu yang Ingin Punya Cloud Privat (2022)

8 Rekomendasi NAS Storage Termurah untuk Kamu yang Ingin Punya Cloud Privat (2022)

Kini, hampir semua aktivitas dan pekerjaan yang kita lakukan tidak luput dari data. Semakin banyak yang kita lakukan, tentunya semakin banyak pula data yang dihasilkan. Tahukah kamu, jika penyimpanan data sekarang sudah sangat berkembang di beberapa tahun belakangan? Simak selengkapnya di artikel ini terkait informasi seputar NAS storage, penyimpanan data kekinian yang bukan hanya berfungsi sebagai penyimpanan data saja. Tidak ketinggalan, simak pula rekomendasi NAS storage termurah dari kami.

Kenali Lebih Dekat tentang NAS Storage, Alat Penyimpanan Data Masa Kini

Bekerja dengan banyaknya dokumen, atau sekedar suka menyimpan foto, video dan berbagai jenis data lainnya? Jika demikian, maka kamu harus tau mengenai alat penyimpanan satu ini. NAS atau Network Attached Storage, merupakan solusi untuk kamu bisa selalu melakukan backup data yang berharga.

Tidak hanya dapat diandalkan dalam hal backup data, sesuai namanya, penyimpanan jenis ini juga terhubung ke dalam jaringan. Apa keuntungan dari terhubung ke dalam jaringan? Penyimpanan yang terhubung ke jaringan ini memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan sharing data.

Selain itu, data menjadi mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Kamu juga tak perlu khawatir tentang kapasitas data yang bisa ditampung oleh sebuah NAS. NAS mampu melakukan penyimpanan data hingga terabyte (TB) yang cukup besar.

Diagram Pemasangan dan Cara Kerja NAS Storage

Sumber gambar www.mitra.computa.asia

Pada dasarnya, NAS terdiri dari sebuah hardware dan software. Komponen-komponen utamanya terdiri dari NAS yang dilengkapi dengan RAM, prosesor beserta hard drive. NAS juga dilengkapi dengan sebuah fitur bernama Redundant Array of Independent atau RAID.

Fitur ini memungkinkan penyimpanan dengan menggunakan NAS storage dapat menggunakan lebih dari satu media penyimpanan. Dengan adanya RAID, NAS storage mampu mengubah sebuah hardisk menjadi unit penyimpanan.

Untuk instalasinya, NAS storage biasanya dipasang ke router sehingga mendapatkan jaringan untuk melakukan backup dan sharing data. Dilihat dari cara kerjanya, tak heran jika NAS storage juga dikenal sebagai cloud privat.

Alasan Kamu Harus Mulai Berpindah ke NAS dari Storage Konvensional Lainnya

Jaringan Cloud Namun Privat

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa NAS storage juga dikenal sebagai cloud privat, hal ini jugalah yang merupakan salah satu keunggulan dari sistem NAS storage. Sebagai cloud privat, keamanan data dengan sistem penyimpanan ini juga lebih unggul dibandingkan cloud yang bersifat publik, misalnya Google Drive atau Microsoft One Drive.

Dengan keunggulannya ini, NAS storage menjadi umum digunakan mulai dari skala rumah tangga, bisnis kecil, hingga perusahaan. NAS storage mengurangi resiko adanya pencurian data seperti pada cloud publik, karena hanya bisa diakses oleh siapapun yang memiliki akses saja. Semua dapat berbagi data dan menyimpan data penting bahkan untuk tingkat perusahaan, tanpa khawatir datanya akan bocor.

Kemudahan Setup NAS

Satu hal yang menjadi keunggulan NAS storage lainnya adalah kemudahan setup NAS storage. NAS storage dapat dipasang dengan kabel maupun tanpa kabel. Hal ini karena di beberapa jenis NAS Storage, sudah dilengkapi juga dengan modul wifi.

Jika tidak, maka kamu tinggal menghubungkannya ke jaringan internet dengan menggunakan kabel Ethernet. Selanjutnya, setup bisa dilakukan secara mudah melalui web browser hingga aplikasi di smartphone kamu. Interface yang sangat ramah pengguna ini menambah poin plus pada NAS storage dalam hal kemudahan setup.

Kapasitas Penyimpanan NAS Besar

Keunggulan lainnya yang membuat NAS storage banyak dijadikan pilihan oleh pengguna adalah kapasitas penyimpanannya yang besar. Tidak hanya ratusan gigabyte, sebuah NAS storage mampu menyimpan data hingga terabyte.

Penambahan ruang penyimpanan dalam NAS storage sangat sederhana karena kamu cukup menambahkan hard drive saja sebagai media penyimpanan. Hal ini tentu lebih unggul dibandingkan harus menyimpan data di beberapa harddisk berbeda yang menyebabkan data tercecer dan tidak terpusat.

Jika kamu seorang content creator yang dalam satu hari mampu menghasilkan ratusan gambar dan video, mungkin NAS storage bisa menjadi pilihan penyimpanan yang tepat untukmu. Seorang graphic designer dengan file-file gambar yang cenderung besar juga akan sangat terbantu jika menggunakan NAS storage.

Begitu juga kelompok bisnis usaha kecil, karena NAS storage dikatakan media penyimpanan yang murah dengan kapasitas besar.

Ini Dia 8 Rekomendasi NAS Storage Termurah

QNAP NAS TS-130

Rekomendasi pertama NAS storage kami jatuh pada brand QNAP. QNAP TS-130 hadir dengan prosesor Realtek RTD1295, sebuah prosesor 64 bit yang kecepatannya mencapai 1,4 GHz dan terdiri dari 4 core. Desainnya yang mungil dengan warna sky blue yang unik menambah nilai plus pada NAS storage ini.

QNAP TS-130 terdiri dari sebuah ethernet port 5 gigabyte, 1 USB port 2.0 dan 1 USB port 3.2 Gen 1. Dengan adanya port USB yang disebut di akhir tadi, QNAP TS-130 tidak hanya menawarkan penyimpanan data, tetapi juga akses berbagi data yang cepat.

QNAP TS-130 juga dilengkapi tiga buah lampu indikator yang menunjukkan status sistem, LAN dan HDD.

Harga Rp. 1.990.000-2.865.000

NAS Synology DS120J

Bagi penyuka NAS storage, pasti sudah tidak asing lagi dengan brand satu ini. Synology merupakan salah satu top brand jika kamu sedang mencari NAS storage.

Rekomendasi kami berikutnya adalah Synology tipe DS120J. Synology DS120J, sama halnya dengan QNAP TS-130 memang diperuntukkan untuk penyimpanan file keluarga. Akan tetapi, Synology DS120J dengan prosesor Marvel A3720 2-core 800 MHz ini sudah dilengkapi fitur ID Quickconnect.

Fitur ini memungkinkan pengguna langsung bisa mengakses data tanpa melalui pengaturan router yang menyulitkan. Synology DS120J hadir dengan sebuah ethernet port dan dua buah port USB 2.0.

Harga Rp. 2.085.000-2.500.000

Asustor AS1102T

Rekomendasi berikutnya adalah Asustor AS1102T. Sama halnya dengan Synology, Asustor juga cukup digemari dalam hal NAS storage. NAS storage dari Asustor ini dilengkapi dengan prosesor Realtek RTD1296 Quad Core 1,4 GHz.

Fitur unggulannya diberi nama Superfast 2,5 Gigabit Ethernet yang memungkinkan untuk mengunduh dan berbagi data dengan cepat. Hadir dengan ukuran yang cukup praktis, Asustor AS1102T memilih untuk menggunakan tipe bay internal.

Konsekuensi tipe ini adalah, kamu perlu ekstra tenaga untuk membongkarnya saat akan melakukan penambahan hard drive atau mengganti hard disk. Asustor AS1102T juga sudah didukung fitur RAID sehingga dapat menyimpan data hingga 20 TB.

Harga Rp. 2.900.000-3.500.000

NAS Private Cloud Storage Home NAS Storage LAN Sharing

Selanjutnya, untuk kamu yang suka desain mungil dengan warna pink yang menggemaskan maka kamu bisa menjadikan NAS storage satu ini sebagai pilihan. NAS Private Cloud Storage Home NAS Storage LAN Sharing tipe A2 ini menawarkan beberapa fitur.

Fitur-fitur tersebut antara lain dapat diakses hingga 10 orang, adanya ruang terenkripsi sehingga memungkinkan berbagi data secara privat dan kompatibel untuk berbagai piranti. NAS Private Cloud Storage A2 kompatibel untuk Windows, Linux, Mac OS, Android 4.2, IOS 8.0 dan di atasnya.

Tipe prosesor yang digunakan adalah Dual Core 1,2 GHz. Meski murah, bahan yang digunakan untuk NAS Private Cloud Storage A2 berkualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak. Tipe ini sangat cocok untuk digunakan di rumah kamu lho!

Harga Rp. 1.500.000-2.550.000

Thecus N2350

Masih dengan rekomendasi NAS storage termurah dari kami, selanjutnya ada Thecus N2350. Murah, akses tanpa terinterupsi dengan fitur Thecus System Failover mungkin merupakan sebagian saja dari berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh NAS storage ini.

Lalu, apa saja spesifikasi yang ditawarkan oleh Thecus N2350? Thecus N2350 dilengkapi dengan prosesor Marvell Armada 385 Dual core 1 GHz dan juga sudah memiliki port USB 3.0 sebanyak dua buah.

Menarik bukan? Selain itu, Thecus N2350 memiliki lima buah lampu indikator LED. Indikator LED pada Thecus N2350 menunjukkan status sistem, power, LAN, USB dan HDD. Tak hanya itu, Thecus N2350 juga sudah didukung oleh fitur RAID.

Harga Rp. 2.500.000-3.000.000

Terramaster F2-210

Lebih lanjut lagi, rekomendasi berikutnya yang tak kalah wow adalah Terramaster F2-210. Keunggulan yang ditawarkan oleh NAS storage dari Terramaster ini di antaranya dapat menyimpan data hingga 28 TB. Bagaimana, tertarik untuk cari tahu lebih lagi tentang Terramaster F2-210?

Terramaster F2-210 tidak hanya berperan sebagai penyimpanan dan perangkat untuk sharing data saja, tetapi juga sudah mendukung 4k Transcoding. Fitur ini mungkin akan sangat diminati oleh kalian yang banyak bekerja dan melakukan penyimpanan berkaitan dengan video.

Meski kapasitasnya besar, dengan fitur yang sudah cukup mumpuni, Terramaster F2-210 memiliki sistem pembuangan panas yang sangat senyap. Kamu jadi tidak perlu khawatir jika alat penyimpanan ini bakal berisik karena nyatanya tidak.

Harga Rp. 2.950.000-3.500.000

Synology DS118

Kembali dengan rekomendasi dari Synology, kali ini adalah tipe Synology DS118. Prosesor yang digunakan pada NAS storage ini sama dengan yang ada pada kebanyakan NAS storage yang kami rekomendasikan, yaitu prosesor 64-bit milik Realtek RTD 1296 Quadcore 1,4 GHz. Synology DS118 kompatibel untuk beberapa tipe drive, antara lain 3,5" SATA HDD; 2,5" SATA HDD dan 2,5" SATA SSD.

Dimensi yang dimiliki oleh Synology DS118 adalah tinggi 166 mm, lebar 71 mm dengan ketebalan 224 mm. Synology DS118 tergolong ringan karena beratnya hanya sekitar 700 gram saja. Synology DS118 sudah dilengkapi dengan dua buah port USB 3.0.

Transfer data yang cepat, ditambah juga Synology DS118 sudah dapat digunakan untuk streaming konten dengan kualitas 4K menjadikan poin plus untuk kamu yang sedang mencari pilihan NAS storage. Tentu saja, hal ini juga menjadikannya sebagai salah satu pilihan NAS storage murah dengan kualitas tinggi.

Harga Rp. 2.700.000-3.700.000

Seagate Personal Cloud

Siapa yang tak kenal Seagate? Ya, brand satu ini memang sudah cukup dikenal jika kita membicarakan tentang penyimpanan data. Sebagai rekomendasi terakhir dari kami, ini dia Seagate Personal Cloud, salah satu NAS storage termurah dari Seagate.

Untuk dapat menggunakan Seagate Personal Cloud, kamu harus mengupdate versi browser kamu menjadi versi terkini. Tenang saja, pilihan web browser yang bisa digunakan untuk ini cukup beragam, mulai dari Internet Explorer, Firefox, Google Chrome hingga Safari. Dengan Seagate Personal Cloud, kamu dapat mengakses data kamu dimanapun dan kapanpun.

Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah dengan mengunduh aplikasinya di Play Store, iTunes Apps Store dan bahkan kamu bisa mengunduhnya di Amazon App Store. Seagate Personal Cloud kompatibel untuk berbagai jenis smartphone, mulai dari Android 4.0 ke atas dan iOS 6.0 ke atas. NAS storage ini juga sudah kompatibel dengan beberapa merk smart TV dan media streaming video.

Harga Rp. 3.300.000-3.750.000
From our editorial team

NAS Storage sebagai Pilihan Bijak untuk Penyimpanan Data secara Privat dan Aman.

Tak hanya berfungsi untuk menyimpan data kamu, NAS storage juga memungkinkan kamu dapat mengakses dan berbagi data yang kamu miliki dimanapun dan kapanpun. NAS storage kini banyak digunakan mulai dari keperluan keluarga dan skala rumah tangga, bisnis kecil hingga perusahaan. NAS storage seringkali juga disebut sebagai cloud privat karena memiliki fungsi serupa dengan cloud publik, namun lebih aman karena hanya seseorang dengan akses saja yang dapat menjangkaunya. Hal ini menjadikan NAS storage sebagai pilihan bijak untuk penyimpanan data kamu secara privat dan aman karena meminimalisir resiko kebocoran data.