10 Rekomendasi NAS Storage Terbaik Sebagai Perlindungan untuk Keamanan Data (2022)

10 Rekomendasi NAS Storage Terbaik Sebagai Perlindungan untuk Keamanan Data (2022)

NAS atau Network Attached Storage merupakan perangkat penyimpanan cerdas. Dengan menggunakan NAS maka Anda memiliki tambahan penyimpanan, memiliki backup data otomatis dan keuntungan lainnya. Terdapat beberapa cara dalam memilih NAS yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, NAS juga telah dipasarkan dalam berbagai merek. Dalam memudahkan Anda memilih NAS, akan direkomendasikan juga beberapa NAS terbaik untuk Anda.

Apa Itu NAS Storage?

Teknologi kini semakin berkembang pesat, hal ini disebabkan karena setiap hari hampir semua bidang kehidupan memanfaatkannya. Dari penggunaan alat tertentu untuk keperluan kerja, bahkan ada juga perangkat yang sangat berguna untuk keperluan sehari-hari. Apalagi bagi Anda para pekerja kantoran atau seorang freelance yang menekuni bidang pekerjaan seperti penulis, konten kreator hingga membuat video tentu harus memiliki penyimpanan ruangan suatu file yang besar.

Di zaman sekarang tidak perlu khawatir untuk menyimpan data, jika memori internal dari laptop atau PC Anda sudah penuh. Telah hadir sebuah perangkat keras sebagai solusi penambahan untuk data Anda. Perangkat keras yang dimaksud adalah NAS yang merupakan kependekan dari istilah Network Attached Storage.

NAS adalah perangkat penyimpanan cerdas yang terhubung dengan jaringan kantor atau rumah Anda dan memungkinkan penyimpanan maupun pengambilan data dari lokasi terpusat untuk pengguna jaringan dan klien heterogen yang sah. Penyimpanan modern ini cukup andal terhadap perlindungan data yang aman.

Sistem NAS juga fleksibel dan terukur, sehingga saat Anda memerlukan penyimpanan tambahan maka Anda dapat menambahkannya ke perangkat yang Anda miliki. NAS layaknya seperti memiliki cloud pribadi di kantor.

Jika Anda berminat untuk membeli NAS, maka terdapat beberapa cara untuk memilih NAS sesuai kebutuhan. Selain itu, ada beberapa rekomendasi NAS storage terbaik untuk memudahkan Anda dalam memilihnya.

Keuntungan Memiliki NAS

Diantara cloud dan local storage, NAS dianggap sebagai media yang paling banyak diminati. Salah satu penyebab hal ini adalah dilihat dari beberapa keuntungan saat memiliki NAS, yang akan dijelaskan berikut ini.

Sebagai Tambahan Storage

Sebagian banyak orang yang memakai NAS memiliki alasan, salah satunya adalah untuk menambah storage ke komputer masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa NAS dapat mengadopsi metode cloud yang memungkinkan menambah storage berbasis cloud.

Memudahkan Kolaborasi

Coba bayangkan ketika Anda sebagai seorang yang mempunyai bisnis yang perlu mengirim email atau dokumen ke orang banyak. Anda pasti kesulitan jika perlu mengirim satu persatu dalam jumlah saja. Selain itu, mungkin saja hal ini juga akan membuat memori internal penuh. Keuntungan memakai NAS bagi Anda selaku pebisnis adalah dapat berbagi dokumen ke satu folder yang bisa diakses oleh banyak orang.

Jaringan Cloud dan Tetap Privat

Jika Anda sudah nyaman menggunakan cloud, kekhawatiran sebuah dokumen yang mungkin dapat diakses oleh orang lain yang bukan bagian tim kerja Anda tentu saja tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, jika Anda merasa keamanan cloud masih mengkhawatirkan maka sebaiknya Anda menggunakan NAS. Hal ini dikarenakan NAS memungkinkan dokumen Anda terhindar dari akses orang yang tidak berkepentingan atau tidak diizinkan mengakses oleh Anda.

Jaminan Perlindungan Data

Selain privat, keuntungan menggunakan NAS adalah adanya jaminan perlindungan data. Misalnya jika Anda menggunakan media penyimpanan IronWolf dari seagate, ini memberikan fitur rescue data recovery selama 2 tahun. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kehilangan data penting.

Backup Data Otomatis

Keuntungan memakai NAS adalah backup data otomatis dan reguler, sehingga Anda tidak perlu lagi membackup data secara manual yang sedikit merepotkan. Jadi Anda dapat mengatur metode penyimpanan sesuai yang Anda mau. NAS yang menggunakan sistem yang seperti cloud, juga memungkinkan terjadi perubahan di dalam ketika orang lain yang berada pada satu jaringan juga mengubahnya.

Pengaturan yang Mudah

Keuntungan lain dari memakai NAS bagi Anda sebagai pengguna adalah proses pengaturan yang mudah. Hal Ini membuat Anda dapat menyeting dan mengatur NAS sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Memilih NAS Sesuai Kebutuhan Anda

Penting untuk diketahui apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih NAS sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Hal ini dilakukan agar Anda mendapat NAS storage terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Apalagi jika Anda masih merasa bingung untuk memilih NAS yang akan Anda beli, maka berikut ini akan dibahas cara memilih NAS sesuai kebutuhan Anda.

Tentukan Besar Storage

Hal pertama ketika Anda akan membeli NAS, maka Anda harus mengetahui berapa besar storage yang Anda butuhkan. Anda bisa melakukan evaluasi pada size penyimpanan data yang dibutuhkan. Ini bisa dilakukan dengan melihat data yang Anda miliki saat ini. Kemudian perhatikan pertumbuhan data Anda dalam rentang waktu 3-5 tahun ke depan.

Beli NAS Sesuai Kegunaan

NAS bisa digunakan di rumah dan juga bisnis. Oleh karena itu, saat akan memilih NAS Anda perlu memikirkan kegunaan utama NAS yang akan dibeli. Misalnya apakah NAS yang dibutuhkan menjadi tempat backup data, sebagai server multimedia atau hanya untuk penyimpanan saja.

Level Perlindungan yang Anda Butuhkan

Memutuskan level perlindungan data yang diinginkan juga merupakan bagian penting sebelum Anda memutuskan membeli NAS. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih jenis RAID. Dengan tujuan untuk memutuskan berapa banyak harddisk NAS yang Anda butuhkan.

Pertimbangkan Banyaknya Orang yang Akan Mengakses NAS Anda

NAS bisa digunakan untuk pribadi secara khusus dan bisa juga diatur untuk mengizinkan orang lain seperti kolega, keluarga dan teman untuk terhubung ke NAS Anda. Oleh karena itu, dalam memilih tipe NAS terbaik Anda perlu memastikan berapa banyak orang yang akan mengakses NAS Anda, baik secara bersamaan atau sendirian.

Ini Dia Rekomendasi NAS Storage Terbaik

NAS memiliki banyak variasi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keuangan yang Anda miliki. Oleh karena itu, berikut ini beberapa NAS storage terbaik yang direkomendasikan untuk membantu Anda.

QNAP TS-231P3-8G

QNAP TS-231P3 memiliki fitur PSU eksterna. Dengan desain yang sangat ringkas dan memiliki skema warna yang bagus. Dua ruang penyimpanan utama berdesain plastik, serta menampilkan instalasi klik dan muat drive (untuk drive 3,5″, ada lubang sekrup untuk media 2,5″).

Setiap bagiannya memiliki mekanisme penguncian sendiri dan 2 kunci disertakan dengan aksesori NAS Anda. Kunci ini lebih dirancang untuk menjaga drive Anda agar tidak terhapus secara tidak sengaja, daripada sebagai bentuk perlindungan nyata dari pencurian.

Penyertaan port USB 3.0 merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh NAS ini. Dipasang di depan dan tombol salin satu sentuh. Dua port USB 3.0 Type-A lainnya yang terletak di bagian belakang tersedia untuk memungkinkan Anda menghubungkan berbagai perangkat penyimpanan yang didukung.

Misalnya seperti drive USB dan printer USB. NAS QNAP TS-231P3 telah dilengkapi aplikasi manajemen penyimpanan dengan perangkat keras yang akan dibutuhkan pengguna. Misalnya seperti file station, QFiling dan QSirch untuk penanganan file.

Hybrid Backup Sync 3, Snapshots, Qsync, dan Cloud Sync untuk membuat strategi pencadangan. Aplikasi dan konsol multimedia, QuMagie dan Plex untuk media. Server Email, Server VPN, QContactZ, Note Station, dan Office 365 untuk pekerjaan kantor admin.

Harga Rp. 7.880.000-25.100.400

Synology NAS DS220+

Synology NAS DS220+ memiliki desain yang minimalis. Dengan Rancangan bodi yang sangat kokoh dan dimensi ringkas. Pada bagian depan terdapat panel penutup berbahan plastik. Sedangkan di sisi kanan tersedia tombol power, tombol copy, dan satu port USB 3.2 Gen 1.

NAS dari Synology ini juga cukup mudah digunakan, untuk mengakses dua slot bay tempat memasang hard disk bisa dengan cara melepas panel penutup di bagian depan. NAS ini telah menjalankan sistem operasi terbaru DiskStation Manager (DSM) 7.0 yang merupakan sistem operasi yang berbasis web. Oleh karena itu, Anda dapat langsung digunakan lewat web browser di ponsel, tablet atau PC.

Synology NAS DS220 + menggunakan prosesor Intel Celeron J4025. Dengan sistem RAM yang dibawanya 2GB onboard dan tersedia satu slot RAM tambahan yang bisa dipasang dengan RAM maksimum 4GB. Fitur menarik lain dari DS220+ adalah hadirnya dukungan USB Copy.

Anda hanya perlu menancapkan flashdisk, hard disk/SSD portable, atau pembaca kartu memori di port USB bagian depan. Kemudian tekan tombol C di atas tombol power dan proses backup akan langsung berjalan.

Fitur ini sangat ideal dalam melakukan backup data. Namun, Synology DS220+ ini belum dilengkapi slot NVMe dan RAM onboard.

Harga Rp. 5.400.000-6.625.000

Yottamaster FS5U3

Yottamaster FS5U3 merupakan kotak penyimpanan RAID USB 5-Bay yang dibangun dengan sangat baik dan luar biasa. Memiliki fitur catu daya internal dan saklar di bagian belakang untuk memilih mode penyimpanan RAID 0, RAID 1/10, RAID 3, RAID 5, span, dan LUN terpisah.

Perangkat keras pengontrol terdiri dari JMicron JMS578+JMB394. Pada bagian belakang terdapat saklar daya, tombol setel mode RAID inset, dan port USB 3.0 Superspeed tipe-B. Terdapat juga kisi untuk kipas 80mm, kipas ini cukup senyap dan membuat kotak tetap dingin bahkan dengan lima hard drive yang berputar.

Tempat drive tersebut dapat diganti dengan cepat, dengan kotak menyembul keluar saat Anda menggeser tombol besar yang tersembunyi ke kiri. Namun, USB 3.0 pada NAS ini membatasi keluaran yang berkelanjutan hingga 250 MBps.

Harga Rp. 3.099.000-4.649.000

TERRAMASTER F2-210

TerraMaster menggunakan teknologi Realtek ARM 64-bit modern dengan konektivitas ke memory DDR4L. TerraMaster memiliki gaya yang relatif sederhana untuk desain kotak NAS.

Bagian depan F2-210 memiliki satu tombol daya di sebelah kiri, dengan empat LED indikator, dan di sebelah kanan adalah dua kotak drive yang dapat menerima drive 2,5 atau 3,5 inci. Bukaannya menggunakan mekanisme pintu berengsel untuk akses, dan drive dipegang dengan sekrup yang disertakan dalam kotak.

Di bagian belakang terdapat saluran masuk daya untuk PSU berdaya laptop kecil, satu port LAN Gigabit, dan dua port USB 3.0. Dengan dua drive dan bandwidth dari satu Gigabit LAN, F2-210 sangat ideal untuk penggunaan di rumah atau kantor kecil.

Hal ini dikarenakan jumlah pengguna kemungkinan kurang dari sepuluh pengguna, dan jumlah ruang drive adalah 20TB atau kurang. Pemasangannya cukup mudah, hanya dalam beberapa menit Anda dapat memasang dan mulai menjalankan perangkat yang dapat menyajikan gambar, musik, dan video semudah menjadi CRM atau server basis data.

Menggunakan teknologi chip saat ini yang dikombinasikan dengan OS berbasis Linux untuk memberikan solusi fleksibel yang dapat dibeli oleh sebagian besar pengguna. Jika Anda memerlukan kotak NAS kecil untuk rumah atau bisnis, maka NAS ini bisa Anda pertimbangkan.

Harga Rp. 3.000.000-6.990.000

WD MY CLOUD EXPERT SERIES EX2 ULTRA 8TB

WD menggunakan drive seri Red dan setiap model yang telah dikonfigurasi sebelumnya dilengkapi dengan dua hard drive dengan ukuran yang sama. Perangkat ini memiliki ukuran tinggi 165mm, lebar 99mm, dan kedalaman 157mm.

Secara ukuran memang sangat ringkas bahkan untuk perangkat dua rongga. Bagian atas dan bawah ditutupi oleh panel plastik berventilasi hitam. Desain panel ventilasi berlubang berlanjut di belakang, meskipun sebenarnya tidak ada ventilasi karena hanya sebuah pola.

Panel I/O kecil yang dilengkapi satu konektor Ethernet gigabit, dua port USB 3.0, dan input DC 12v. Ini adalah awal dan akhir dari konektivitas EX2 Ultra karena tidak ada konektor panel depan. Model pra-konfigurasi dihidupkan segera setelah input DC terhubung dan dengan EX2 Ultra terhubung ke jaringan, DHCP menetapkan detail IP yang diperlukan.

EX2 Ultra menyediakan sejumlah opsi pencadangan yang berguna untuk menyimpan data pada perangkat USB serta penyimpanan internal. Anda juga dapat membuat cadangan jarak jauh yang dapat diakses melalui Internet.

Harga Rp. 5.399.000-6.300.000

ASUSTOR AS1104T NAS

Perangkat NAS Asustor AS1104T 4 Bay adalah salah satu versi yang lebih terjangkau yang tersedia dari Asustor. Memiliki empat kotak HDD/SSD, prosesor Realtek RTD1296, quad-core dengan kecepatan di kisaran 1,0 GHz dan kemampuan turbo hingga 1,4 GHz.

Realtek 1295 menemukan jalannya tidak hanya pada unit NAS tetapi juga kotak TV dan router OpenWRT. Asustor AS1104T merupakan jenis NAS "Personal to Home", oleh karena itu bisa menjadi pilihan Anda untuk menggunakan NAS jenis ini di rumah.

Harga Rp. 4.750.000-4.998.400

Drobo B800I Nas Iscsi

Drobo mengklaim B800i SAN mereka adalah array iSCSI yang paling mudah digunakan di pasaran. Mengaktifkan dan menjalankan B800i semudah menyambungkan kabel data dan daya yang sesuai, menggeser susunan drive Anda, dan menjalankan aplikasi penyiapan pada sistem host Anda.

Fitur lainnya termasuk pembuatan volume yang cepat, dukungan untuk kegagalan drive tunggal atau ganda, dan kit pemasangan rak opsional. Jika terjadi kegagalan unit Drobo, drive dapat ditarik dan dipindahkan ke Drobo lain untuk kembali ke kecepatan dengan cepat.

Harga Rp. 8.500.000-11.900.000

SYNOLOGY DISKSTATION DS920+

DS920+ dirancang untuk kinerja yang cukup baik dari NAS, dilengkapi dengan CPU 4-core Intel Celeron J4125 dan RAM DDR4 4GB yang bahkan dapat diperluas hingga 8GB. Menawarkan solusi tangguh untuk merampingkan data dan produktivitas dalam penempatannya. DS920+ menawarkan empat rongga, sementara juga menampilkan dua slot M.2 bawaan yang memungkinkan perangkat untuk memanfaatkan fungsionalitas Cache SSD Synology.

DiskStation DS920+ didukung oleh Synology DiskStation Manager (DSM). Dengan manajer perangkat ini, memungkinkan untuk berbagai penggunaan termasuk, manajemen multimedia lengkap, streaming, dan pemutaran. Ini memungkinkan untuk berbagai jenis cadangan, manager mesin virtual, atau bahkan stasiun pengawasan.

Harga Rp. 8.830.000-14.999.000

QNAP NAS TS-253D-4G

TS-253D-4G QNAP adalah NAS dua ruang yang dirancang untuk pengguna bisnis dan rumahan yang memerlukan perangkat penyimpanan yang terpasang ke jaringan yang menghadirkan konektivitas dan kemampuan ekspansi berkecepatan tinggi. Didukung oleh prosesor quad-core 2GHz Intel Celeron J4125 yang kuat, TS-253D menghasilkan skor yang solid dalam tes kinerja transfer file kami dan menawarkan pilihan aplikasi yang bagus.

Ini adalah NAS dua rongga yang berukuran 6,6 kali 4,1 kali 8,9 inci (HWD) dan dapat menampung drive 2,5 dan 3,5 inci. Mendukung JBOD tunggal, RAID 0, dan RAID 1, dan mendukung kapasitas total 32TB menggunakan dua drive 16TB. Kapasitas penyimpanan yang lebih besar dapat dicapai dengan menghubungkan NAS ke QNAP SATA atau port ekspansi USB.

Harga Rp. 7.490.000-1.352.700

SYNOLOGY DISKSTATION DS218

NAS Synology DS218+ ini menggunakan casing dengan bahan plastik berwarna hitam. Bagian rangka dalamnya menggunakan bahan metal sehingga mampu menahan dua hard disk secara bersamaan. Tersedia penutup dengan bahan plastik di bagian sisi depannya.

Pada bagian belakangnya terdapat sebuah kipas dengan dimensi 92 x 92 mm yang dapat membuat dua hard disk yang berada di dalam NAS ini tidak kepanasan. DS218+ sudah tertanam sistem operasi buatan mereka sendiri yang memudahkan pengguna untuk melakukan setting NAS mereka.

Sistem operasi ini pun berbasis Linux yang saat ini sudah dipakai di semua perangkat, termasuk smartphone dan tablet.

Harga Rp. 4.350.000-6.376.860
From our editorial team

Penggunaan NAS yang Sesuai

Itulah rekomendasi storage terbaik yang bisa Anda pilih. Disarankan untuk memakai NAS for Home, jika hanya digunakan untuk memenuhi penggunaan kebutuhan sehari-hari. Namun, apabila Anda ingin menggunakan skala besar seperti kebutuhan pekerjaan Anda, maka disarankan untuk menggunakan NAS for Small Business.