10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik yang Perlu Ada di Dapur Kamu Sekarang Juga! (2022)

10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik yang Perlu Ada di Dapur Kamu Sekarang Juga! (2022)

Wajan keramik kini banyak digunakan oleh orang-orang karena kelebihan yang dimilikinya dibanding dengan wajan lain. Apa aja kelebihannya? Cek selengkapnya di sini ya!

Wajan Keramik Lebih Unggul Dibanding Wajan Jenis Lain

Peralatan masak yang cukup sering digunakan adalah wajan yang digunakan untuk proses menggoreng dan menumis masakan. Saat ini, telah banyak jenis wajan yang beredar di pasaran, salah satunya adalah wajan keramik.

Wajan keramik dipercaya lebih aman, sehingga tidak mengganggu kesehatan. Selain itu, saat Anda menggunakan wajan keramik untuk menumis dan menggoreng membuat masakan Anda lebih cepat matang secara merata.

Dengan kelebihan yang dimiliki wajan keramik membuat jenis wajan ini menjadi populer. Jika Anda berminat untuk membeli wajan keramik, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih wajan keramik dengan tepat.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara perawatannya agar wajan keramik yang Anda beli tahan lama. Wajan keramik telah diedarkan dengan berbagai merek, berikut ini akan diberikan rekomendasi wajan keramik terbaik sebagai referensi untuk Anda.

Cara Memilih Wajan Keramik Dengan Tepat

Banyak sekali merek wajan keramik yang bisa Anda temukan di pasaran. Setiap merek wajan keramik tersebut memiliki karakteristik dan kualitasnya masing-masing. Agar mendapatkan wajan keramik terbaik, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara memilih wajan keramik dengan tepat.

Pertimbangkan Ukuran Wajan Keramik

Wajan keramik yang dijual memiliki ukuran yang berbeda-beda. Semakin besar wajan keramik maka akan membutuhkan tempat yang cukup luas untuk menyimpannya dan juga semakin berat. Perlu Anda ketahui, bahwa ukuran wajan menggunakan diameter.

Hal ini dikarenakan rata-rata bentuk wajan keramik adalah berbentuk bulat. Oleh karena itu, Anda pilih ukuran wajan keramik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mempertimbangkan ukuran wajan dengan menyesuaikan dengan siapa Anda tinggal.

Jika Anda seorang pekerja atau mahasiswa yang tinggal sendiri, maka Anda bisa membeli wajan keramik berdiameter 16 cm sampai dengan 24 cm. Bagi Anda sudah berkeluarga dan tinggal dengan dua atau tiga orang maka Anda bisa menggunakan wajan keramik berdiameter 26 cm sampai 30 cm.

Jika pertimbangkan dengan porsi memasak, maka bagi Anda yang sering memasak dengan porsi standar, maka pilihlah wajan berukuran 26 cm sampai 28 cm. Sedangkan jika Anda sering memasak dalam porsi besar, maka pilihlah wajan keramik berdiameter 30 cm atau lebih.

Material Bahan Dasar

Bahan dasar wajan keramik sesuai dengan namanya adalah keramik. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua wajan tersebut menggunakan bahan dasar murni keramik.

Ada juga wajan keramik yang menggunakan bahan keramik sebagai lapisan luarnya saja. Oleh karena itu, saat Anda akan membeli wajan keramik Anda akan dihadapkan pada dua jenis material bahan dasar tersebut.

Dari sisi keamanan, kesehatan dan daya tahan, sebaiknya Anda membeli wajan keramik yang berbahan murni keramik. Hal ini disebabkan jika Anda membeli wajan dengan lapis keramik, akan memiliki beberapa risiko.

Misalnya seperti lapisan keramik tersebut yang semakin lama terkikis dan masuk ke dalam masakan Anda. Ini jelas akan menimbulkan masalah kesehatan. Selain itu, jika wajan lapis keramik terus terkikis juga tidak bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Perhatikanlah Bobot Dari Wajan

Hal yang juga perlu Anda pertimbangkan saat membeli wajan keramik selain ukuran diameter adalah bobot. Karena bahan dasar dari wajan ini adalah keramik, maka tentu saja bobotnya lebih berat dibanding dengan wajan jenis lain. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya kesulitan menggunakan wajan keramik saat maka perhatikanlah bobot wajan keramik yang akan Anda beli.

Biasanya wajan murni keramik yang ringan cukup sulit ditemukan, berbeda dengan wajan lapis keramik yang akan terasa lebih ringan. Namun, wajan biasanya memiliki berat ideal 1 kg atau bisa diayun menggunakan satu atau dua tangan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih wajan keramik dengan bobot kurang lebih dari 1,5 kg saja.

Anda bisa mengecek bobot ini pada kemasan wajan keramik atau Anda bisa mengangkatnya terlebih dahulu. Jika dirasa wajan keramik tersebut ringan saat diangkat, maka akan mempermudah Anda ketika memasak.

Memiliki Pegangan Yang Aman dan Nyaman

Hal lain yang juga perlu Anda pertimbangkan saat membeli wajan keramik adalah pegangan wajan tersebut. Seperti yang sudah diketahui bahwa wajan keramik cenderung memiliki bobot yang lebih berat dibanding wajan jenis lain. Oleh karena itu, pada bagian pegangan wajan, sebaiknya Anda memilih pegangan atau handle berbahan bakelit.

Hal ini disebabkan karena bahan tersebut memiliki titik lebur yang sangat tinggi dan tahan panas, sehingga Anda akan merasa nyaman ketika memasak menggunakan wajan keramik. Anda juga bisa menggunakan pegangan bahan lain, namun pastikan pegangan tersebut kokoh, tidak licin dan nyaman saat digunakan.

Tips Agar Wajan Keramik Tahan Lama

Ketika Anda membeli suatu barang, pasti Anda menginginkan barang tersebut tahan lama. Begitu pula dengan alat masak yang sering digunakan setiap hari seperti wajan keramik.

Ada beberapa tips merawat wajan keramik yang perlu diperhatikan, hal ini dilakukan agar wajan keramik Anda tahan lama atau cepat rusak yang bisa saja menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Hindari Spatula Berbahan Logam

Ketika Anda memasak menggunakan wajan keramik, pasti Anda membutuhkan spatula. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih spatula ini. Hal ini dikarenakan meski wajan keramik tampal tebal lapisan permukaannya mudah mengelupas.

Bahan dari spatula cukup bervariasi, namun sebaiknya Anda jangan menggunakan spatula berbahan logam, karena dapat menimbulkan retakan atau lubang pada wajan keramik Anda. Maka direkomendasikan bagi Anda untuk menggunakan bahan spatula yang menjaga bahan keramik dan halus, seperti spatula kayu, plastik dan silikon.

Perlu Anda ketahui juga, untuk menghindari memotong masakan dalam wajan keramik dengan pisau. Hal ini karena bisa menimbulkan retakan atau lubang pada wajan keramik.

Jangan Menggunakan Minyak atau Mentega Berlebihan

Salah satu kelebihan dari wajan keramik adalah mampu menghantarkan panas secara merata. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sedikit saja menggunakan minyak atau mentega. Kemudian ratakan ke seluruh permukaan bagian dalam wajan keramik. Hal ini dilakukan agar proses memasak Anda aman dengan hasil yang nikmat.

Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan minyak zaitun extra virgin, karena akan menimbulkan lapisan karbon pada permukaan wajan keramik. Selain itu, penggunaan minyak atau mentega yang berlebih juga akan cepat cepat menimbulkan gosong.

Bersihkan dengan Air Hangat dan Spons

Dalam melakukan perawatan wajan keramik yang baik, hal penting yang harus Anda lakukan adalah hindari membersihkan wajan keramik dengan asal. Jika Anda asal dalam membersihkannya maka bisa saja merusak lapisan pelindung, sehingga membuat keramik sebagai bahan dasar wajan menjadi mudah retak dan tergores.

Oleh sebab itu, setelah Anda menggunakan wajan keramik maka biarkan wajan tersebut hingga dingin. Kemudian, gunakan air hangat untuk membilasnya lalu bersihkan kotoran dengan sabun dan spons yang lembut.

Anda tidak boleh menyiram wajan yang masih panas atau hangat dengan air keran. Hal ini bisa menyebabkan rusaknya lapisan anti lengket akibat perubahan suhu yang ekstrem.

Jangan Gosok Permukaan Wajan Keramik

Setelah Anda memasak menggunakan wajan keramik, mungkin wajan tersebut akan terkena noda membandel. Jika hal ini terjadi, maka Anda tidak boleh menggosoknya. Ada cara aman untuk membersihkan permukaan wajan keramik yang terkena kotoran yang sulit hilang. Anda perlu mempersiapkan soda kue, air hangat, spon dan tisu.

Taburkan dulu soda kue di atas kotoran tadi dalam keadaan wajan yang basah. Setelah menutupi noda secara merata, diamkan selama 15-20 menit. Kemudian gosok permukaan wajan dengan spons yang lembut. Terakhir Anda bilas permukaan wajan keramik menggunakan air hangat dan keringkan dengan tisu.

Penyimpanan yang Tepat

Hal yang juga perlu Anda perhatikan agar wajan keramik tahan lama adalah cara penyimpanannya. Hindari menyimpan wajan keramik dengan cara di tumpuk, karena ini bisa menyebabkan permukaan wajan tergores dan merusak lapisan pelindung. Bahkan goresan tersebut juga bisa membuat wajan keramik retak.

Sebaiknya Anda menyimpan wajan keramik dengan cara digantung. Apabila Anda tetap ingin wajan keramik disatukan dengan peralatan masak lain, maka Anda perlu menyimpan wajan keramik di atas lap atau serbet. Namun tetap pastikan tidak tertumpuk dengan barang yang terlalu banyak dan bergesakan dengan bahan yang bukan berbahan keramik.

Ini Dia 10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaik

Neoflam Fika Wajan Keramik

Neoflam kini telah mengeluarkan koleksi wajan dengan desain minimalis. Wajan keramik ini memiliki ukuran yang paling umum digunakan yaitu berdiameter 24 cm. Memiliki perpaduan warna putih dengan gagang motif kayu membuat wajan keramik ini tampak manis dan kekinian.

Dengan wajan keramik ini Anda dapat melakukan kegiatan memasak baik itu menumis atau menggoreng. Terbuat dari bahan coating, dengan menggunakan lapisan keramik X-trema. Dengan bahan ini maka wajan keramik ini memiliki kemampuan anti lengket yang optimal dan tahan lama.

Bagian body wajan keramik ini terbuat dari die cast aluminium dengan sistem penyebaran panas yang efisien dan merata. Wajan keramik ini juga diklaim aman bagi Anda dan keluarga, karena bebas dari zat kimia PTFE, PFOA, Cadmium dan Lead. Selain itu, wajan keramik ini dapat digunakan untuk segala jenis kompor yaitu kompor listrik, gas, keramik dan induksi.

Harga Rp. 669.000-1.297.300

GM Bear Wajan Penggorengan

Wajan penggorengan dari GM Bear ini memiliki diameter 32 cm, sehingga cocok digunakan untuk memasak porsi sekeluarga. Wajan ini juga telah dilengkapi dengan handle atau pegangan anti panas, sehingga aman digunakan saat Anda memasak.

Desain dari wajan ini juga tampak ringan yang membuatnya mudah diangkat dan diayun ketika digunakan. Wajan ini memiliki ketahanan suhu hingga 200 derajat. Selain itu, wajan ini juga anti lengket, mudah dibersihkan, awet dan tahan lama.

Harga Rp. 44.925-607.000

Shuma Eco Safe Nonstick Ceramic

Wajan dari HUMA Eco-safe memanfaatkan bahan keramik sebagai bahan dasarnya. Dengan bahan tersebut, membuat wajan ini benasr-benar aman dan ramah lingkungan karena anti lengket serta bebas dari PTFE, PFOA dan kimia berbahaya lainnya. Wajan keramik ini juga memiliki lapisan interior dan eksterior.

Lapisan interior yang merupakan keramik anti lengket dan lapisan interior yaitu lapisan marble yang tahan panas. Wajan keramik ini juga memiliki handle yang terbuat dari material bakelite dan die casting alumunium. Dengan material tersebut maka Anda bisa memegang handle tanpa takut panas dan nyaman saat digunakan.

Harga Rp. 59.000-292.800

Tefal Natura

Tefal Natura merupakan wajan yang memiliki desain modern. Terdapat lapisan Mineralia yang membuat wajan ini anti lengket dan anti gores yang memudahkan Anda dalam pemakaian dan membersihkannya nanti.

Lapisan ini juga diperkaya dengan mineral untuk menghasilkan masakan yang sehat. Wajan ini juga memiliki handle yang ergonomis dan ringan sehingga penggunaanya mudah dan nyaman.

Dengan teknologi terbaru Thermosignal, membuat wajan ini dapat mengetahui suhu ideal untuk memasak. Apalagi dengan adanya diffusion base yang membuat penyebaran panas yang merata dan memudahkan proses pembersihan.

Selain itu, wajan ini dapat digunakan untuk kompor gas, listrik dan keramik. Namun, hindari menggunakan wajan ini pada kompor induksi.

Harga Rp. 1.999.000-318.000

Bolde Wajan

Wajan dari Bolde merupakan produk peralatan masak dengan kualitas bagus. Produk ini juga dibuat dengan Eco Green Technology, sehingga ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Wajan ini memiliki diameter 22 cm yang telah dilengkapi dengan handle berukuran 17 cm.

Handle ini nyaman untuk digenggam, dengan sistem rivet dan telah dilengkapi lubang penggantung. Wajan ini juga telah memiliki perlindungan anti lengket berkualitas tinggi dengan lapisan granit. Selain itu, juga telah dijamin memiliki pemanasan cepat merata ke seluruh permukaan dengan adanya induction bottom.

Wajan ini cocok untuk menggoreng atau menumis aneka masakan dengan higienis. Kompor yang cocok digunakan untuk wajan ini adalah kompor gas atau kompor listrik.

Harga Rp. 182.400-795.000

Debellin Grey

Debellin merupakan wajan dengan diameter 24 cm dan kapasitas 2,7 liter. Telah dilengkapi dengan handle dengan ukuran panjang 33,6 cm. Dengan gagang yang memudahkan untuk Anda memasak, wajan ini juga terbilang ringan dengan berat 0,8 kg.

Wajan ini juga memiliki teknologi anti lengket, sehingga Anda bisa masak dengan atau bahkan tanpa minyak sama sekali. Wajan Debellin Grey ini diklaim bisa menghemat 50% waktu memasak.

Selain itu, juga multifungsi dengan cekungan wajan yang dalam sehingga bisa melakukan berbagai proses masak mulai dari menumis, menggoreng, deep fry dan masak berkuah. Desain dari wajan ini juga bagus, sehingga Anda bisa langsung menyajikan makanan di atas meja tanpa perlu dipindah ke piring saji.

Harga Rp. 1.299.000-3.245.000

Wajan Maxim Keramik

Wajan merek Maxim ini merupakan salah satu produk wajan keramik lokal terbaik. Hal ini dikarenakan bahan lapisannya kuat dan tebal serta tampak elegan. Selain itu, wajan keramik ini juga dilapisi lapisan non-stick dengan teknologi capsil, sehingga tidak lengket saat digunakan untuk menggoreng.

Wajan keramik ini diklaim memiliki panas merata yang empat kali lebih cepat dibanding yang lainnya. Tersedia dalam ukuran diameter yang bervariasi yaitu 20 cm, 22 cm, 24 cm, 26 cm dan 28 cm.

Dengan dilengkapi handle yang membuat kegiatan memasak Anda lebih aman dan nyaman. Wajan ini juga bisa digunakan di kompor gas dan kompor listrik.

Harga Rp. 84.900-359.506

TKIS Wajan Penggorengan

Wajan penggorengan merek TKIS memiliki ukuran diameter 26 cm. Dengan ukuran tersebut, maka wajan ini cocok digunakan untuk memasak sehari-hari. Terdapat beberapa keunggulan dari wajan TKIS ini yaitu mudah dibersihkan, tahan lama, dan memiliki desain handle yang ergonomis anti slip dan anti panas sehingga nyaman saat dipegang ketika Anda memasak.

Selain itu, terdapat lubang di bagian handle untuk gantungan dalam penyimpanan alat ini. Wajan ini dapat digunakan pada semua jenis kompor termasuk kompor induksi. Perlu diperhatikan untuk jangan menggunakan spatula yang berbahan metal, karena dapat merusak permukaan wajan.

Harga Rp. 59.900-293.750

Pamosroom Wajan

Wajan merek Pamosroom ini terbuat dari bahan keramik yang berkualitas tinggi. Wajan ini memiliki lapisan anti lengket, namun akan mudah rusak jika Anda mencucinya dengan keras. Selain itu, jangan menggunakan dishwasher atau mesin pencuci piring.

Wajan dengan diameter 29 cm ini tidak boleh digunakan lebih dari 200 derajat celcius. Hindari juga menggunakan peralatan masak yang terbuat dari besi tajam. Sebaiknya Anda menggunakan spatula yang terbuat dari kayu.

Harga Rp. 57.000-464.000

Cypruz Pink Ceramic Wajan

Cypruz telah mengeluarkan wajan pink keramik series. Wajan ini memiliki lapisan keramik yang lebih licin daripada permukaan lapis anti lengket lainnya. Wajan keramik ini juga memiliki gagang kayu berwarna coklat.

Gagang atau handle ini terbuat dari bahan bakelite yang super lembut, nyaman dan tahan panas. Wajan keramik ini juga telah dilengkapi induction bottom, yang membuat wajan ini cepat menghantarkan panas sehingga masakan Anda akan matang dengan rata.

Terjamin menghasilkan kualitas makanan yang baik karena wajan keramik ini ramah lingkungan. Selain itu, wajan keramik ini juga tidak mengandung bahan kimia seperti PFOA, PTFE, Cadmium dan Lead yang dapat memicu kanker payudara dan prostat.

Harga Rp. 173.200-344.000

Itulah rekomendasi wajan keramik yang bisa Anda jadikan referensi. Pilihlah wajan keramik dengan spesifikasi yang memang Anda butuhkan. Meski harga wajan keramik relatif mahal, namun ini sesuai dengan kelebihan yang Anda dapatkan. Selain anti lengket dan anti gores, wajan keramik ini membuat panas lebih cepat merata sehingga makanan yang Anda masak dapat matang sempurna dengan nutrisi yang tetap terjaga.

From our editorial team

Wajan Keramik Memaksimalkan Hasil Masakan

Pemakaian wajan keramik untuk memasak membuat masakan tidak lengket dan matang dengan baik. Beragam pilihan merek yang kami rekomendasikan di atas bisa jadi referensi Anda untuk memilih yang terbaik!

Tag