Memasak Lebih Cepat dan Mudah dengan 10 Rekomendasi Wajan Anti Lengket Berikut! (2021)

Memasak Lebih Cepat dan Mudah dengan 10 Rekomendasi Wajan Anti Lengket Berikut! (2021)

Memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan. Sayangnya, kebanyakan orang rajin memasak namun malas membersihkan peralatan masaknya. Tidak lain karena peralatan masaknya lengket dengan sisa makanan dan sulit dibersihkan. Jika kamu mengalami hal yang sama, pastikan kamu memiliki wajan anti lengket di rumah, ya. Simak tips memilihnya dan juga rekomendasi terbaiknya dari kami di BP-Guide!

Masak dengan Wajan Anti Lengket Banyak Untungnya

Wajan anti lengket bukanlah barang baru yang kita kenal dalam peralatan memasak. Sejak kemunculannya, wajan anti lengket begitu diminati para ibu. Tak lain tak bukan memang karena sederet keunggulan yang ditawarkannya sehingga membuat para ibu rumah tangga gemar mengoleksi aneka wajan dengan fitur anti lengket.

Wajan anti lengket hadir dengan keunggulan sesuai namanya, meski menggorengnya tidak pakai minyak atau pakai sedikit minyak saja, maka makanan tidak mudah lengket. Ini tentu saja membuat ibu rumah tangga jadi lebih hemat minyak dan juga membuat masakan lebih sehat. Bagi yang sedang diet, memasak dengan wajan anti lengket bikin kamu bisa mengurangi asupan lemak dari minyak dengan maksimal.

Wajan anti lengket juga lebih mudah dibersihkan. Para ibu rumah tangga bisa menghabiskan banyak waktu untuk mencuci peralatan memasak, salah satunya wajan. Pencucian bisa jadi lama jika wajannya lengket dengan masakan dan sulit dibersihkan. Wajan anti lengket memiliki lapisan licin sehingga makanan tidak mudah menempel dan mencuci lebih cepat bersih.

Tips Memilih Wajan Antilengket

Cek Bahan Lapisannya

Tentu saja pemilihan bahan lapisan anti lengket jadi hal penting untuk dipertimbangkan. Ada dua jenis lapisan anti lengket yang diperkenalkan di pasaran. Satu yang paling umum dan populer adalah PTFE atau lapisan teflon. Sementara, lapisan populer lainnya adalah keramik yang dibuat dari gel berbasis silika.

Pelapis jenis PTFE mampu bertahan lebih lama dari keramik. Desainnya juga bagus dan bahannya lebih mudah dibersihkan. Sayangnya, pelapis jenis ini lebih mudah tergores. Maka dari itu, saat memakainya, kamu disarankan memakai spatula dari bahan kayu atau plastik agar tidak mudah gores. Selain itu, jika dipanaskan dengan suhu terlalu tinggi, lapisan wajan PTFE ini bisa lepas dan berbaur dengan makanan yang dimasak sehingga membuat makanan jadi berbahaya untuk dikonsumsi.

Wajan dengan lapisan keramik enamel memiliki keunggulan aman digunakan karena bahannya tidak mengandung bahan zat kimia yang berpotensi merusak kesehatan. Meski demikian, wajannya dibanderol dengan harga tinggi, sehingga kita butuh sedikit lebih banyak dana untuk membelinya.

Kenali Jenis Wajan

Selanjutnya, sebelum membeli wajan anti lengket, kamu wajib tentukan jenis wajan yang kamu butuhkan. Seperti kita ketahui, ada banyak sekali jenis wajan di pasaran yang memakai lapisan anti lengket. Dengan mengenal jenis wajannya, maka kita bisa memilih wajan seperti apa yang akan kita beli.

Wajan saucepan merupakan jenis wajan yang digunakan untuk membuat saus. Ukurannya 14 cm hingga 18 cm saja diameternya. Cekungannya cukup dalam sehingga lebih aman dan nyaman untuk memasak saus.

Berikutnya, ada jenis fry pan. Wajan jenis ini bisa digunakan untuk membuat telur ceplok karena cekungannya tidak terlalu dalam. Wajan juga bisa dipakai untuk menggoreng dengan sedikit tambahan minyak. Ukuran fry pan beragam mulai dari yang kecil hingga besar.

Ada juga jenis wajan grill pan. Wajan jenis ini bisa dipakai memanggang. Permukaannya bergerigi sehingga bisa memberikan tekstur warna cantik pada makanan yang dipanggang, entah itu kentang, daging, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, ada wajan jenis wok. Wajan jenis yang satu ini bentuknya cekung sekali. Ini cocok dipakai untuk memasak tumisan sayur atau masakan yang ebrkuah banyak. Selain itu, kamu bisa juga memakainya untuk menggoreng dalam jumlah banyak.

Kamu juga tidak bisa melewatkan stockppot. Jenis wajan yang satu ini hadir dengan ukuran yang tinggi dengan pegangan di kedua sisinya. Pemakaian wajan ini cocok untuk masakan berkuah. Ini bisa juga dipakai untuk menggoreng dalam metode deep fried.

Pilih dari Diameter dan Bobot

Ketika memilih wajan anti lengket penting juga mempertimbangkan diameter dan bobot wajan. Diameter wajan bisa dipilih berdasarkan banyak tidaknya masakan yang akan kamu masak. Makin banyak kebutuhan memasakmu, maka makin besar diameter yang kamu butuhkan.

Bobot juga penting untuk dipilih. Agar tidak memberatkan tanganmu, kamu bisa memilih yang sekiranya tidak terlalu berat. Dengan bobot yang pas, maka kamu makin nyaman memakainya tanpa mudah lelah saat mencucinya atau memakainya untuk memasak.

Pilih yang Mudah Dibersihkan

Pastikan kamu memilih wajan yang mudah dibersihkan. Peralatan masak yang sulit dibersihkan membuat ada potensi sisa makanan pada peralatan tersebut. Sisa makanan bisa menimbulkan bakteri dan membuat masakan yang kita buat jadi kurang higienis. Wajan yang mudah dibersihkan, selain memudahkan kita untuk mencuci juga membuat masakan kita jadi lebih higienis karena tidak ada sisa makanan dan bau yang tersisa.

Ini Dia Deretan Wajan Antilengket yang Wajib Kamu Punya di Rumah

Steincookware Diamond Frypan 24cm

Steincookware Diamond Frypan 24 cm ini bisa kamu coba sebagai andalanmu di rumah. Fry pan ini hadir dalam ukuran yang tidak terlalu kecil sehingga cocok untuk berbagai jenis masakan, bisa untuk menggoreng, menumis, dan lain sebagainya. Dengan 7 lapis granit berteknologi Jerman, produk ini PFOA free, cadmium free, dan lead free, sehingga lebih aman untuk kesehatan. Bahan premiumnya membuatnya lebih terkesan elegan dan bisa mempercantik tampilan dapur. Kualitasnya oke dan pastinya tahan lama digunakan.

Harga Rp. 499.000-724.000

Maspion Wajan Enamel Royal Wok

Maspion Wajan Enamel Royal Wok bisa digunakan untuk memasak hidangan porsi besar dalam sekali waktu. Kamu jadi lebih hemat waktu dan pastinya masakan juga lebih cepat matang. Produk dari Maspion ini hadir dengan lapisan enamel berkualitas. Diameternya 40 cm dengan tinggi 9,5 cm. Kamu bisa memakainya untuk deep frying, menumis, membuat aneka masakan berkuah, dan lain sebagainya.

Produk bisa tahan suhu hingga 250 derajat celcius. Bahan bajanya kokoh dan tahan lama. Ini paling pas untuk kompor gas karena tidak akan mudah berkarat. Wok ini mudah dibersihkan dan tidak mudah tergores lapisannya.

Harga Rp. 123.000-131.920

Wok Pan Keramik 28 cm Super PAN BOLDe granite series

Wok Pan Keramik 28 cm Super PAN BOLDe granite series wajib kamu miliki di rumah. Kualitasnya tidak perlu dipertanyakan. Produk memakai eco green technology karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa meracuni makanan. Pilihan warnanya elegan dan membuatnya terlihat mewah.

Alat masak ini anti lengket dan mudah dibersihkan. Bisa tahan 3 kali lipat dari panci teflon biasa. Ketebalan panci mencapai 3 mm. Bagian handle dilengkapi lubang untuk menggantung. Kamu bisa memakainya untuk kompor gas maupun kompor induksi.

Harga Rp. 219.000-328.000

Cypruz Fry Wok Marble Series 20cm FP-0640

Cypruz Fry Wok Marble Series 20cm FP-0640 merupakan penggorengan yang dilapisi marbel mewah. Ini aman untuk kesehatan karena tidak mengandung bahan yang bisa meracuni makanan. Lapisan marbelnya 3 lapis sehingga tidak mudah terkelupas dan tidak lengket. Kamu jadi lebih mudah membersihkannya. Lapisannya food grade jadi aman untuk mengolah masakan bayi hingga orang dewasa. Kamu boleh memakainya di kompor gas maupun kompor induksi, ya.

Harga Rp. 215.000-283.000

Maxim GRAN24FP – Granito Fry Pan 24 cm

Maxim GRAN24FP – Granito Fry Pan 24 cm menghadirkan kualitas peralatan masak yang jempolan. Produk ini bikin kamu bisa masak dengan lebih menyenangkan. Terbuat dari bahan teflon berkualitas, bahannya anti lengket dan tidak mudah berkarat. Ukurannya pas untuk memasak dalam porsi sedang. Desainnya unik dan bisa mempercantik dapur. Handle fry pan juga nyaman digenggam dan tidak licin. Produk ini mudah dibersihkan.

Harga Rp. 129.000-199.000

Tefal Cook & Clean Wokpan 28cm

Tefal Cook & Clean Wokpan 28cm ini adalah rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Wok pan ini desainnya modern sehingga sangat menarik perhatian. Ini juga bisa mempercantik tampilan dapur kamu. Terbuat dari bahan berkualitas dengan lapisan titanium, wok pan ini anti lengket dan mudah dibersihkan. Teknologi thermosignal pada produk ini bisa membantu kamu mengetahui suhu ideal untuk memasak.

Dengan diffusion base, produknya bisa menyebarkan panas dengan lebih merata. Bentuknya nyaman untuk aneka masakan, entah tumisan, deep fry, atau cocok juga untuk masakan berkuah. Bobotnya ringan sehingga memudahkan kamu untuk memasak. Bebas PFOA sehingga lebih aman digunakan memasak.

Harga Rp. 299.000-309.000

Lock & Lock Ecook Deco Frypan 30Cm

Lock & Lock Ecook Deco Frypan 30Cm merupakan wajan dari bahan aluminium yang berkualitas. Dengan lapisan anti lengket berupa keramik, panasnya bisa lebih cepat merata sehingga masakan lebih cepat matang. Sudah ada sertifikat PFOA sehingga aman untuk kesehatan.

Gagang wajan dilengkapi silikon yang tidak akan menghantarkan panas sehingga kamu lebih mudah mengangkat dan memindahkan wajan. Gagang sampingnya kokoh dan ringan. Produk ini juga berkualitas tinggi sehingga tidak mudah tergores dan lebih tahan lama digunakan.

Harga Rp. 320.000-396.000

GM Bear Wajan Penggorengan Teflon 32cm

GM Bear Wajan Penggorengan Teflon 32cm adalah rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu andalkan. Produk ini diameternya besar sehingga cocok untuk dipakai memasak kebutuhan keluarga besar. Desainnya menarik dan bisa mempercantik dapur. Wajan ini ringan sehingga memudahkan proses masak seperti diangkat, diayun, dan lain sebagainya.

Bahannya dari teflon berkualitas tinggi. wajan mudah dibersihkan jadi lebih awet digunakan. Warna woknya cantik dan sangat elegan.

Harga Rp. 59.900-82.500

Maxim New EZP Wajan Penggorengan Teflon Anti Lengket 30cm

Maxim New EZP Wajan Penggorengan Teflon Anti Lengket 30cm ini bisa kamu andalkan sebagai pilihan. Produk ini hadir dengan 3 lapisan diamond yang kuat, berkualitas, dan awet. Tidak mudah tergores dan pastinya lebih mudah untuk dibersihkan. Bagian eksteriornya dilapisi dengan silikon poliester dengan warna yang eye catching.

Bagian bawah dari wajan ini didesain dengan bentuk silk screen. Fungsinya adalah supaya distribusi panas lebih cepat merata. Handle produk juga sangat ergonomis sehingga memudahkan kita memindahkan wajan, memasak, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 367.000-854.000

Cypruz - Pink Ceramic Series kuali 26cm

Cypruz - Pink Ceramic Series kuali 26cm adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini terbuat dari lapisan keramik yang lebih licin sehingga anti lengket dan mudah dibersihkan. Lapisannya memiliki ketebalan 3 mm, meski demikian tetap ringan digunakan. Tidak ada bahan kimia seperti PFOA, PTFE, cadmium, dan lead sehingga tidak akan memicu munculnya kanker payudara dan juga kanker prostat. Bahannya eco friendly dan sudah food grade. Dilengkapi dengan induction bottom, produk ini cepat menghantarkan panas sehingga masakan lebih merata matangnya. Gagang produk terbuat dari bahan bakelite yang lembuth, tahan panas, dan nyaman digunakan.

Harga Rp. 379.000-441.000
From our editorial team

Tips Membersihkan Wajan Anti Lengket

Saat akan membersihkan wajan anti lengket, pastikan wajannya benar-benar dingin sebelum dicuci. Hindari langsung merendam atau menyiram wajan dengan air. Hal tersebut hanya akan merusak lapisan anti lengket wajan secara permanen. Hindari juga mencuci wajan anti lengket dengan mesin pencuci piring karena bisa cepat rusak. Cuci saja memakai air sabun cuci piring dengan tangan. Hindari memakai pembersih abrasif, sikat kasat, dan spons yang kaku. Gunakan hanya spons halus untuk menjaga permukaan lapisan coating anti lengket tetap awet.