Peduli Lingkungan Dan Berhemat Dengan 10 Rekomendasi Sepeda Elektrik Terbaru (2018)

Peduli Lingkungan Dan Berhemat Dengan 10 Rekomendasi Sepeda Elektrik Terbaru (2018)

Bersepeda memang merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk berolahraga. Tak hanya itu, sepeda juga bisa jadi solusi untuk mengatasi polusi udara di perkotaan. Tertarik untuk memilikinya? Cek rekomendasi sepeda listrik dari BP-Guide berikut ini!

Sepeda Elektrik, Solusi Mudah Berkendara Jaman Sekarang

Sumber gambar www.treehugger.com

Bersepeda merupakan aktivitas menyenangkan. Sebagai salah satu alat transportasi sepeda saat ini kurang begitu diminati jika dibanding dengan motor. Demi mengimbangi kepopuleran si motor maka muncullah sepeda elektrik.

Sepeda elektrik bisa jadi trend untuk berkendara di jaman saat ini. Dengan menggunakan sepeda jenis ini, Anda tak harus pusing lagi meski harga bahan bakar minyak terus melambung. Transportasi satu ini sangat ekonomis karena hanya memerlukan charger listrik saja untuk bisa mengaktifkannya. Apalagi sepeda ini juga tidak menghasilkan asap seperti kendaraan bermotor pada umumnya sehingga tentu lebih ramah lingkungan.

Tips Merawat Sepeda Eektrik

Sumber gambar id.pinterest.com

Memiliki sepeda elektrik membuat Anda bisa makin nyaman berkendara tanpa takut ikut mencemari lingkungan. Sepeda elektrik ini seperti yang diketahui bersama tak mengeluarkan emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan. Nah jika Anda sudah mempunyai sepeda elektrik ini pasti wajib tahu cara merawatnya ya. Ini agar sepeda elektrik Anda awet dan tak cepat rusak. Yuk simak bersama tips menjaga sepeda elektrik ini.

Pastikan Sistem Pengereman Tidak Bermasalah

Sumber gambar www.antron.com.au

Rem adalah bagian terpenting sepeda. Saat rem tak berfungsi maka bahaya juga bagi si pengendara. Usahakan agar rem tak aus dengan rutin mengganti kampas rem sepeda.

Yang utama adalah memastikan bahwa sistem rem sepeda elektrik Anda tak bermasalah. Hal ini penting diketahui sebab rem yang bermasalah dan seret bisa jadi memboroskan energi yang ada dalam sepeda tersebut. Untuk itu secara rutin hendaknya memeriksa sistem rem sepeda Anda.

Segera Isi Baterai Jika Daya Hampir Habis

Sumber gambar electricbikereport.com

Karena menggunakan tenaga baterai, maka wajib pula mencharge si sepeda elektrik secara berkala. Usahakan jangan menunggu si aki kosong benar baru mengisinya. Ini bisa membuat aki melembung. Kebanyakan pengguna sepeda elektrik melupakan hal sepele seperti mencharge ulang sepeda. Akibatnya ketika baterai kosong barulah diisi. Hal ini bisa memperpendek usia baterai yang menyebabkan Anda harus beli yang baru loh.

Selain daripada itu, saat mengisi baterai pada sepeda elektrik juga tak perlu harus sampai penuh sekali. Yang baik adalah mengisinya hingga 95 persen saja. Selain itu terlalu lama mengisi daya baterai bisa berakibat kebocoran pada pengisian daya.

Hindari Medan Tanjakan

Sumber gambar www.independent.co.uk

Pada dasarnya sepeda elektrik ini hanya dipergunakan untuk daerah perkotaan. Yang mana kebanyakan jalannya datar saja. Untuk jalan tanjakan, sepeda elektrik ini tidak disarankan. Kalaupun terpaksa sebaiknya tak terlalu sering melewati tanjakan. Selain tanjakan, curaman juga harus dihindari. Ini karena performa baterai pada sepeda akan cepat menurun jika sepeda terlalu sering digunakan pada area menanjak. Sehingga lebih aman jika Anda menggunakan sepeda satu ini di area datar saja ya.

Model Sepeda Elektrik Yang Bisa Dijadikan Pilihan

Sumber gambar www.treehugger.com

Di Indonesia, sepeda elektrik ini baru saja populer. Dulunya model transportasi ini belum begitu dilirik. Namun seiring makin mahalnya BBM, maka model transportasi satu ini mulai diminati. Dengan berbekal charger, produk ini ramah lingkungan dan mudah digunakan. Selain tak menimbulkan polusi, produk ini bisa jadi solusi cerdas banyak orang yang ingin menghindari macet dibanding dengan menggunakan mobil. Nah kalau Anda baru melirik produk satu ini bisa nih lihat-ihat model sepeda elektrik berikut ini sebelum Anda pergi ke toko sepeda untuk membelinya.

Selis Murai

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Sepeda Selis Murai bisa jadi pilihan keren nih. Bannya berukuran besar 16 x 2,50 cm. Ini berarti daya dukung pada beban bisa lebih besar juga. Bannya pun model tubeless hingga tak perlu ban dalam. Meski modelnya elektrik, namun tersedia juga gowesnya sehingga Anda bisa sekalian olahraga nih. Tinggal matikan kunci on dan Anda pun siap bersepeda biasa tanpa listrik.

Bicara soal energy listrik pada sepeda, produk ini dilengkapai 4 aki 12 volt. Jarak yang bisa ditempuhnya adalah 45 km dengan baterai full. Sepeda ini ada kaca spion dan lampu sen juga loh. Bagi Anda yang butuh membawa barang, letakkan saja bawaan Anda di keranjang besi bertutup di bagian depan.

Ada kunci remote juga untuk melengkapi si sepeda listrik ini. Joknya bisa distel sama seperti sepeda biasa. Dengan rem drum brake, sepeda ini bisa membawa beban maksimal 200 kg. Berframe baja, sepeda dibanderol Rp. 6.650.000. Bisa diperoleh di Bukalapak ya.

Selis Thunder

Sumber gambar www.tokopedia.com

Seri sepeda elektrik satu ini juga disertai gowes. Jadi Anda tinggal menyesuaikan saja mau speda gowes biasa atau sepeda elektrik. Untuk bannya, seri Thunder ini diameter bannya sampai 18 cm.

Menggunakan 2 aki yang masing masing 12 volt. Letak akinya ada di bawah saddle kemudi. Jarak tempuh maksimumnya 25 km saja saat baterai dalam kondisi full. Ketika membelinya, Anda akan dibekali charger aki. Sepeda ini memakai rem tangan dengan model pakem yang bisa distel sendiri. Dibanderol Rp. 3.500.000, Anda bisa membelinya di Elevenia.

Selis Butterfly

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Produk Selis memang selalu mengedepankan ukuran bannya yang lebih besar dari sepeda umumnya. Selis Butterfly ini dipasangi 3 buah aki yang totalnya jadi 36 volt. Jarak tempuhnya hingga mencapai 35 km. Ban dari si Butterfly ini tubeless. Ban bisa menampung berat total hingga 150 kg.

Untuk motornya, sepeda Butterfly ini menggunakan daya 500 watt. Motor sepeda ini tertutup rapat dan diletakkan di bagian belakang. Injakan kaki sesuai nama, yakni berbentuk kupu. Dengan lampu belakang dan lampu sen, sepeda Rp. 5.600.000 ini makin keren. Bisa diperoleh di Bukalapak ya.

Dynabike Flex 12'

Sumber gambar www.lazada.co.id

Sepeda listrik Dynabike Flek ini juga keren untuk Anda pergunakan. Berkapasitas maksimal 100 kg, sepeda ini memiliki sudut panjat 10 derajat. Menggunakan baterai lithium 36 volt totalnya, sepeda ini motornya 250 watt. Dengan kecepatan maksimal 25 km per jam, sepeda ini memiliki ukuran kecepatan hingga level 7.

Ban sepeda ini berukuran 20 x 1,125 cm. Dilengkapi charger 1,5 ampere, jarak maksimalnya hingga 40 km dalam keadaan baterai penuh. Sepeda yang bisa dilipat ini bisa diperoleh di Elevenia. Harganya Rp. 7.000.800.

Langtu Coyote

Sumber gambar www.blibli.com

Satu lagi nih sepeda listrik yang bisa jadi pilihan Anda untuk jadi transportasi ke kantor. Ada Langtu Coyote. Bermotor 500 watt, sepeda ini dibekali baterai total 48 volt pada 4 akinya. Dengan frame dari steel, beban yang bisa diangkut sepeda adalah 150 kg. Kecepatan sepeda hingga 35 km per jamnya. Dengan jarak tempuh total mencapai 40 km. Bisa dibeli seharga Rp. 5.678.000 di Lazada. Sepeda ini dilengkapi alarm untuk keamanan dan kunci pengaman roda juga loh.

Langtu Fox

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Ada garansi aki dan dynamo pada sepeda Langtu Fox ini. Bisa dikendarai tanpa harus gowes. Jarak tempuh terjauh adalah 50 km dengan kecepatan 35 km per jam.

Ada system multispeed hingga level 3. Dengan system alarm dan kunci roda, sepeda jadi lebih aman. Baterai sepeda 48 volt. Rodanya berukuran 16 x 2,50. Dilengkapi air compressor pula. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp. 5.550.800.

Sunrace Sunny

Sumber gambar harga.wiki

Anda yang tinggal di kota bisa nih pakai Sunrace Sunny seharga Rp. 6.570.900 sebagai sepeda elektrik pilihan Anda. Keren untuk remaja maupun dewasa dengan fitur handal pada sebuah sepeda listrik. Akinya total 48 volt. Sementara daya angkut sepeda adalah 125 kg jarak yang ditempuh adalah 55 km. Yuk segera ke Tokopedia.

Xiaomi QiCycle

Sumber gambar xiaomi-mi.com

Sepeda ini salah satu produk kenamaan Xiaomi. Dengan desain sepeda lipat, framenya alumunium dan sangat ringan. Bisa mudah dibawa dengan mobil. Menggunakan 5800mAh Baterai Lithium Panasonic 18650, sepeda mampu menempuh 45 km.

Powernya hingga 250 watt dengan akselerasi lebih cepat namun sangat ringan dikenakan. Xiaomi memadukan teknologi BMS sehingga memudahkan sepeda menempuh jarak panjang saat baterai penuh. Gigi sepeda mudah diatur sesuai kebutuhan. Bisa dibeli di Bukalapak pada harga Rp. 7.650.900.

Mr Jackie

Ada beberapa jenis sepeda listrik dari Mr Jackie yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Namun keseluruhan produk ini selalu berdesain futuristic. Sangat simple namun menarik perhatian. Motor serta baterainya pabrikan standar sertifikasi Eropa.

Ketinggian setang dan dudukan sepeda bisa disesuaikan. Anda pun bisa menggowes sepeda ini seperti sepeda biasa saat tak ingin menggunakan tenaga listrik. Dilengkapi lampu LED, sepeda bahan baja ini mampu menahan beban 120 kg. Dijual di Bukalapak dalam harga Rp. 4.800.700.

Richey

Sumber gambar www.bukalapak.com

Ada dua tipe richey yang bisa Anda beli. Mau yang tipe Sporty dengan body ramping atau tipe Luxury yang modelnya layaknya motor. Power motor ini 250 watt.

Berjarak tempuh 40 km, total berat sepedanya sendiri 50 kg. Bisa dikenakan para remaja maupun dewasa. Bisa dibeli di OLX dengan harga Rp. 4.750.300.

From our editorial team

Berhemat Dan Peduli Lingkungan Dengan Sepeda Elektrik

Di jaman modern seperti sekarang, polusi akibat kendaraan dan harga bensin yang melambung tinggi adalah salah satu masalah yang kerap dihadapi masyarakat perkotaan. Jika Anda adalah salah satu orang yang peduli lingkungan dan juga ingin menghemat pengeluaran untuk membeli bensin atau bahan bakar, Anda bisa menjadikan sepeda elektrik sebagai salah satu alternatif. Pilih sepeda berkualitas dengan daya baterai yang tahan lama sehingga sepeda bisa awet digunakan. Jangan lupa juga untuk merawat sepeda dengan baik sesuai dengan tips yang disebutkan di atas. Selamat bersepeda.