Ingin Ruangan di Rumah Lebih Lapang? Inilah 10 Rekomendasi Partisi Ruang Minimalis yang Keren (2020)

Ingin Ruangan di Rumah Lebih Lapang? Inilah 10 Rekomendasi Partisi Ruang Minimalis yang Keren (2020)

Partisi ruangan untuk rumah minimalis memang wajib diperhatikan dan tidak bisa asal pasang saja. Daripada salah pilih, intip tipsnya dari kami dan rekomendasi produknya!

Partisi Ruangan Paling Cocok Diterapkan pada Rumah Minimalis

Jumlah penduduk yang makin bertambah padat membuat pemerintah dan pengusaha properti mencoba mencari solusi. Makin banyaknya penduduk membuat kebutuhan akan tempat tinggal jadi makin tinggi padahal keberadaan lahan makin sempit.

Maka dari itu baik lembaga pemerintah maupun lembaga swasta yang bergerak di bidang properti mencoba menawarkan solusi berupa rumah model minimalis. Banyak perumahan yang dibangun dengan model minimalis yang selain bisa menghemat lahan juga bisa membuat penduduk memiliki hunian impian sendiri.

Kekurangan dari rumah minimalis adalah luas ruangannya terbatas. Jika ingin menambah ruang, pilihannya adalah membangun lantai baru di atas alias ditingkat. Namun, dana untuk hal tersebut pastilah tinggi. Maka dari itu, jika ingin memiliki ruang tambahan, yang bisa dilakukan adalah menambahkan partisi pada rumah tersebut.

Partisi ruangan memang paling pas diterapkan pada hunian minimalis. Dengan partisi, kita bisa membuat ruang tambahan tanpa membuat kesan rumah makin sempit. Partisi biasanya berupa bidang vertikal yang digunakan untuk membatasi dua ruang. Partisi juga berfungsi untuk membedakan ruang yang satu dengan ruang yang lain dengan fungsi yang berbeda. Adanya partisi membuat kita jadi memiliki privasi lebih.

Nah, partisi bisa beragam lho. Supaya Anda tidak salah kaprah soal partisi, sebelum menerapkan partisi pada ruang, ada baiknya Anda mengecek tips di bawah ini, ya!

Tips Partisi Ruangan untuk Rumah Minimalis

Pilih Desain Terbuka atau Tertutup

Untuk rumah minimalis, Anda bisa perhitungkan dulu desain partisi seperti apa yang Anda inginkan. Secara umum ada dua jenis partisi yaknis terbuka dan tertutup. Partisi yang tertutup bisa memberi privasi yang lebih.model partisi tertutup biasanya rapat sehingga tidak memungkinkan untuk tembus pandang.

Jenis lainnya adalah partisi terbuka. Ini biasanya masih memungkinkan untuk cahaya dan udara masuk ke dalam ruangnya. Dengan partisi jenis ini maka Anda akan tetap bisa mendapatkan ruangan yang luas saat ada acara di rumah. Anda bisa dengan mudah memindahkan partisi terbuka saat tidak dibutuhkan.

Pilih Lokasinya

Hal lain yang wajib diperhatikan sebelum membeli partisi adalah memilih lokasi peletakannya. Untuk memberi privasi yang tinggi, Anda bisa memilih model partisi permanen seperti tembok. Namun untuk partisi yang sesekali saja, maka Anda bisa memilih partisi non permanen. Pilih jenis lokasi peletakkannya sehingga Anda lebih mudah memilih jenis partisi yang Anda inginkan.

Contoh jenis partisi non permanen yang bisa Anda pilih adalah tirai, sketsel, rak buku, dan lainnya. Anda bisa memakai partisi jenis ini untuk membedakan ruang tamu dengan ruang keluarga. Bisa juga untuk memisahkan ruang makan dengan ruang dapur. Partisi model non permanen bisa dipindah saat tidak diinginkan atau semisal Anda butuh ruangan yang lebih luas.

Pilih Partisi dari Bahannya

Anda bisa juga memilih partisi dari bahannya. Ada banyak bahan yang bisa dipakai untuk partisi. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan karena setiap bahan partisi tersebut memiliki keunikannya sendiri.

Bahan kaca misalnya, bahan yang satu ini bisa memberi kesan elegan dan mewah jika dipakai sebagai partisi ruangan. Namun partisi kaca tentu saja tidak bisa memberikan banyak privasi kecuali Anda menambahkan tirai pada partisi jenis ini.

Pilih partisi kaca dengan ketebalan minimal 10mm supaya tidak mudah pecah. Pilih juga tipe kaca tempered atau laminates yang diberi stiker sandblast, rayband ataupun kaca frossted ice agar lebih awet. Anda bisa juga melirik partisi berbahan kayu untuk rumah.

Partisi semacam ini banyak jadi favorit. Partisi kayu biasanya berbentuk rak, lemari, atau bahkan sketsel. Pastikan memilih bahan kayu yang kokoh dan tahan rayap sehingga partisi bisa tahan lama digunakan. Pilih partisi yang memiliki serat kayu yang masih terlihat sehingga bisa memberi kesan mewah di rumah.

Partisi juga bisa berbahan kain. Partisi semacam ini cukup ringan dan lebih mudah dipasang. Partisi kain bisa menghemat tempat. Kelebihan lain dari partisi kain adalah bisa dipilih corak, warna, dan teksturnya untuk memberi kesan indah pada desain interior Anda. Partisi kain cocok untuk rumah modern minimalis dan futuristik.

Selanjutnya, ada bahan bambu yang bisa dipilih sebagai partisi rumah minimalis. Partisi bahan bambu akan memberikan kesan etnis dan alami pada ruangan. Partisi bambu biasanya berbentuk rak, sketsel, hingga pajangan tanaman bambu. Ini tentu akan memberi kesan asri dan nyaman di rumah.

Sesuaikan dengan Anggaran

Ketika memilih partisi ruangan, sebaiknya Anda memikirkan juga masalah anggarannya. Partisi rumah memiliki ukuran, bahan, dan model yang beragam. Setiap model dan bahan partisi memiliki harga yang berbeda-beda.

Ada yang murah dan terjangkau tapi ada juga yang mahal. Anggaran partisi bukan hanya untuk membeli partisinya. Perhitungkan juga anggaran untuk biaya pemasangan dan biaya finishingnya jika dibutuhkan.

Jika memang sedang tidak banyak dana, maka Anda bisa menggunakan partisi multifungsi. Contohnya adalah partisi berupa rak. Anda bisa memanfaatkan raknya untuk tempat koleksi, buku, pajangan foto, dan lainnya. Selain itu, rak juga bisa jadi partisi yang menarik.

Ini Dia Ragam Partisi Minimalis untuk Di Rumah

Gorden Blackout Shaby Partisi Minimalis

Partisi pertama yang bisa Anda gunakan untuk rumah minimalis adalah Gorden Blackout Shaby. Ini bisa jadi partisi rumah yang tepat.

Anda bisa memasangnya untuk memisahkan ruang kamar dengan tempat beribadah atau untuk memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga. Gorden ini terbuat dari bahan yang halus dan tebal.

Teksturnya yang jatuh membuatnya terkesan begitu elegan dan indah. Ada banyak pilihan warna dan motif yang bisa Anda pilih untuk tirai semacam ini. Gorden sudah dilengkapi 12 Lubang Smokring.

Harga yang tertera adalah harga perlembar tanpa vitrase dan batang. Produk yang satu ini memiliki lebar 140 cm. dalam pembelian sudah ada tali gorden dengan warna senada.

Harga Rp. 87.000-102.000

LP-06 Partisi Ruangan Minimalis Gantung PVC Putih 3 mm

Selanjutnya, Anda bisa melirik LP-06 Partisi Ruangan Minimalis Gantung PVC Putih 3mm. Ini adalah jenis partisi ruangan model gantung. Produk yang satu ini terkesan begitu simpel dan elegan. Anda bisa memajangnya sebagai partisi ruangan minimalis.

Ketebalan bahan produk ini adalah 3 mm. Partisi yang satu ini kokoh dan akan menutup ruangan dengan keren. Ukuran tiap keping produk ini adalah 39 x 39 cm. Anda bisa tentukan berapa banyak yang Anda perlukan untuk ruangan Anda.

Harga Rp. 65.000-130.000

Partisi Ruangan Minimalis Abu-abu

Partisi Ruangan Minimalis Abu-abu juga bisa jadi produk yang tepat untuk pilihan. Yang satu ini adalah partisi ruangan berbentuk rak. Anda bisa juga pesan desain sesuai keinginan. Produk yang dihasilkan adalah produk dengan bahan multiplek.

Produk juga akan diberi finishing HPL taco sehingga lebih menarik dan tahan lama digunakan. Harga partisi ruangan minimalis ini tentu saja akan menyesuaikan desain yang Anda berikan. Jika sesuai dengan gamabr di atas, maka harganya sesuai dengan harga yang tertera.

Harga Rp. 2.100.000

Sketsel 2 Pintu, Pakai Roda

Sketsel 2 Pintu, Pakai Roda ini adalah pilihan yang cocok untuk rumah minimalis. Sketsel ini mudah untuk dipindahkan saat tidak digunakan. Anda tidak akan kerepotan melipatnya atau memindahkannya karena sudah dibekali roda.

Produk ini pre order selama 5 hingga 7 hari. Sketsel semacam ini unik dan menarik. Produk terbuat dari bahan kayu mahoni dengan model anyaman sintetis. Ukuran sketsel ini adlaah 50 x 170 cm.

Harga Rp. 390.000-549.000

Partisi Ruangan Minimalis RF 190

Partisi Ruangan Minimalis RF 190 ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Produk yang satu ini terbuat dari bahan partikel PVC yang kuat dan tahan lama.

Partisi ini hadir dengan ukuran 35 x 150 x 190 cm. Produk ini bisa menjadi partisi di ruang keluarga. Partisi ini hadir dalam warna cokelat beech namun bisa dipesan juga dengan warna lainnya.

Harga Rp. 2.950.000-3.150.000

Avilla Sketsel White

Avilla Sketsel WhiteSketsel - Partisi Sekat Ruangan ini wajib jadi milik Anda. Produk ini terkesan keren dan elegan. Ini adalah produk persembahan Livien Furniture yang dikenal akan kualitasnya yang luar biasa.

Dengan partisi yang satu ini Anda tidak perlu lagi kebingugan untuk memisah ruangan satu dengan yang lainnya. Produk ini berbahan kombinasi kayu mahoni dan premium fiberboard yang kokoh, awet, dan tahan rayap.

Warna produk ini putih sehingga bisa memberi kesan ruangan yang lebih luas. Ukuran produknya adalah 120 x 2 x 155 cm. Partisi ini memakai cat duco sehingga dijamin lebih ramah lingkungan.

Harga Rp. 994.000-1.980.000

Tirai Motif Hati Romantis Ukuran 1 x 2 m untuk Partisi

Tirai Motif Hati Romantis untuk partisi ruangan ini bisa jadi pilihan. Ini merupakan jenis partisi yang simpel dan menarik untuk dimiliki. Anda bisa memisahkan ruang apa saja dengan tirai cantik ini. Terbuat dari bahan poliester, tirai ini terkesan elegan.

Produk ini dibuat secara handmade. Tirai yang satu ini ukurannya 1 x 2 meter sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tirai ini akan memberi kesan menenangkan saat ada angin yang berhembus. Tirai cocok juga sebagai dekorasi interior yang indah di rumah.

Harga Rp. 29.000-167.000

Pagar Tanaman Rambat Plastik 1 x 3 m

Pagar Tanaman Rambat Plastik ini tentu saja bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 1 x 3 meter. Hadir dengan wrna putih, kesan ruangan yang dipisah jadi lebih luas dan elegan. Teralis cantik ini bisa menciptakan aksen khusus di taman atau halaman.

Anda bisa juga memakainya sebagai partisi interior. Tambahkan tanaman rambat hias pada partisi yang satu ini supaya rumah terkesan lebih asri. Produk ini tahan lama digunakan dan mudah dipasang.

Harga Rp. 255.000-455.000

Bambu Ulir Motif Daun Maple Orens

Bambu Ulir Motif Daun Maple Orens juga cocok jdai partisi ruangan. Ini paling pas untuk dipakai memisahkan ruang tamu dengan lainnya. Belilah beberapa partisi ini lalu jajarkan untuk membuat partisi non permanen yang indah.

Saat sedang butuh ruang tamu yang lebih luas, Anda bisa menggesernya dan memindahkannya. Bentuknya cantik sehingga bisa menambah indah desain interior rumah Anda. Dalam 1 batang bambu ulir ini terdapat 3 daun maple warna oranye yang besar. Produk ini praktis tinggal dipajang saja. Tinggi bambunya sekitar 2 meter dengan berat 65 gram.

Harga Rp. 48.000-105.000

Partisi Ruangan Kayu Motif Klasik6

Partisi Ruangan Kayu Motif Klasik6 ini juga bisa jadi pilihan Anda. Produk yang satu ini unik modelnya karena bisa memberi kesan elegan. Dengan warna putih, partisi ini akan memberi kesan ruang yang lebih luas.

Partisi ruang minimalis ini mudah dilipat saat tidak digunakan. Terbuat dari bahan kayu MDF, produk ini kokoh dan tahan lama digunakan. Per lembar sketsel ini memiliki ukuran 0,6 m x 1,8 m.

Anda bisa pesan sebanyak yang dibutuhkan. Desainnya begitu halus dengan warna yang rata. Anda bisa juga pesan motif dan warna yang diinginkan.

Harga Rp. 648.000-929.000
From our editorial team

Sesuaikan Partisi dengan Fungsi Ruangannya

Ketika memilih jenis partisi sebaiknya lihat fungsi ruangan tersebut. Aktivitas dalam satu ruangan tentu beda dengan aktivitas di ruang lainnya. Maka dari itu, perlu partisi yang pas dengan fungsi ruangannya. Semisal untuk kamar tidur, akan lebih pas memilih partisi berupa gorden yang tebal dan tidka tembus pandang. Ini akan memberi privasi yang lebih pada ruangan tersebut. Dengan memperhatikan fungsi ruang, maka kita bisa lebih mudah memilih jenis bahan partisi yang akan kita gunakan.