Ruang Lebih Indah dengan 10 Rekomendasi Partisi Ruang dari BP-Guide! (2020)

Ruang Lebih Indah dengan 10 Rekomendasi Partisi Ruang dari BP-Guide! (2020)

Buat ruang di rumah jadi lebih terkesan luas dengan partisi ruang. Anda bisa juga mendapatkan privasi dengan adanya partisi ruang. Simak inspirasi partisi ruang dari kami dan rekomendasi produknya ya!

Partisi Ruang Lebih dari Sekadar Pembatas Antar Area

Bagi Anda yang tinggal di rumah minimalis tentu kadang merasa kesulitan membagi ruang karena luas rumah yang terbatas. Namun, kini hal itu bukan jadi masalah lagi. Anda bisa membuat model ruang terbuka dengan mudah. Caranya adalah dengan memakai partisi ruangan. Partisi ruang bertujuan untuk membuat kita lebih mudah membedakan antara ruang yang satu dengan ruang yang lain agar memiliki fungsi yang berbeda. Dengan adanya partisi ruang, maka aktivitas pada masing-masing ruangan dapat dibuat lebih spesifik.

Partisi ruang tidak hanya berfungsi sebagai pembatas area saja loh. Partisi ruang juga berguna untuk memberikan privasi tersendiri. Saat ruangan dibiarkan terbuka tanpa sekat, tentu rasanya ada yang janggal dan bikin risih saat kita beraktivitas. Adanya partisi ruang meski hanya sebagian bisa membantu kita merasa lebih nyaman dan terlindungi ketika beraktivitas.

Tidak berhenti sampai di situ, partisi ruang juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Gunakan saja rak buku atau rak pajangan sebagai sekat ruangan. Hal ini akan membuat kita jadi lebih hemat tempat dan juga bisa menata koleksi berharga kita dengan baik. Selain itu, koleksi yang tertata rapi membuat ruangan jadi lebih enak dilihat.

Partisi ruang juga bisa jadi dekorasi rumah yang cantik. Pilih partisi yang sesuai dengan tema ruangan. Misalnya tema ruangan adalah oriental, maka Anda bisa gunakan partisi ruang portabel dengan gambar pohon sakura, wanita berkimono, dan lain sebagainya.

Inspirasi Partisi Ruang yang Populer

Rak Buku

Rak buku merupakan salah satu inspirasi partisi ruang yang bisa dengan mudah Anda aplikasikan. Pilih rak buku dengan beberapa rak yang terbuka sehingga bisa terlihat celah ruangan yang dipartisi. Dengan begini, ruangan tidak tertutup sepenuhnya namun juga tidak terbuka sepenuhnya.

Rak buku bisa jadi pilihan yang sangat bijaksana. Anda bisa menata buku koleksi Anda di tempat ini agar lebih mudah ditemukan saat dibutuhkan. Dengan memakai rak buku sebagai partisi, maka Anda tidak perlu space tambahan karena Anda memanfaatkan furnitur yang ada.

Tidak hanya rak buku, Anda bisa juga memakai meja bar atau rak pajangan sebagai penyekat. Pilih yang bentuknya unik dan menarik sehingga bisa menjadi dekorasi ruangan yang indah selain bisa menjadi pembatas ruang. Anda bisa meletakkan hiasan, foto, suvenir, dan lain sebagainya rak atau meja partisi ini.

Sliding Glass

Pilihan lain untuk partisi ruang adalah sliding glass. Jenis yang satu ini paling cocok untuk menambah privasi. Selain itu, partisi ruang semacam ini tidak menghabiskan banyak tempat karena cara membuka dan menutupnya hanya digeser.

Anda bisa memilih bahan kaca yang tidak seratus persen tembus pandang untuk menambah privasi. Bahan kaca juga memiliki kelebihan bisa terkesan lebih elegan dan membuat kesan ruangan tampak lebih luas. Bagian bawah sliding glass bisa dikombinasikan dengan desain yang modern seperti gambar daun, bunga, dan lain sebagainya.

Vas atau Pot Bunga

Berikutnya, Anda bisa juga memakai vas bunga yang diatur sedemikian rupa untuk menjadi partisi ruang. Anda bisa menggantung vas-vas bunga atau pot-pot bunga. Selain itu, bisa juga menjajarkan pot pada rak bunga kecil sebagai penyekat ruang. Partisi ruang yang satu ini tidak sepenuhnya memberi privasi namun tetap bisa dipakai untuk membedakan ruang yang satu dengan lainnya.

Isi vas atau pot bunga dengan bunga segar atau bunga hias tiruan. Ini akan memberi kesan asri pada rumah dan bisa jadi dekorasi rumah yang sedap dipandang. Partisi semacam ini juga tidak akan membuat ruang terlihat sempit karena masih memiliki banyak celah ruang.

Gorden

Jangan lewatkan juga untuk mencoba inspirasi yang satu ini. Anda bisa memakai gorden atau tirai sebagai partisi ruang. Jenis yang satu ini paling populer karena mudah pengaplikasiannya. Tinggal pasang pada ruang yang diinginkan dan kita bisa membuka tutupnya kapan saja kita inginkan dengan mudah.

Tirai kerap juga dipakai di kamar mandi untuk membatasi area kamar mandi basah dan kering. Dengan memakai tirai maka bisa menghemat tempat dan juga uang karena harga tirai sangat beragam dan yang murah pun tersedia.

Bilah Kayu

Partisi bisa juga dipilih dari bahan kayu-kayuan. Ada banyak jenis kayu yang bisa dipakai, dari jati, nangka, pinus, atau mahoni. Bisa juga memakai kayu olahan seperti MDF, tripleks, dan lainnya. Partisi berbahan kayu bisa memberi kesan lebih natural dan lebih klasik dibanding partisi bahan lainnya.

Anda bisa memilih bilah kayu sebagai partisi ruang. Ini akan terkesan alami, modern, dan sederhana. Memasang bilah-bilah kayu sebagai partisi ruang juga bisa menambah nilai estetika ruang. Anda bisa juga memakai kisi-kisi kayu yang bisa dijadikan panel TV atau rak display. Dengan begini, selain bisa jadi penyekat ruang juga bisa jadi tempat penyimpanan.

Penyekat Ruangan Portabel

Salah satu jenis penyekat ruang yang paling populer adalah penyekat ruang portabel. Biasanya terdiri dari 2 hingga 5 pintu yang bisa dilipat atau bisa dibuka dan dipanjangkan. Penyekat ini bisa membagi area dengan fleksibel.

Desain penyekatnya pun tampak ramping sehingga Anda dengan mudah bisa menciptakan area-area baru di sudut ruang. Penyekat jenis ini juga bisa dengan mudah disimpan jika tidak digunakan. Karena bisa dilipat, maka tidak akan memakan banyak ruang saat disimpan. Sekat semacam ini cocok untuk Anda yang butuh area khusus entah untuk beribadah, menerima tamu, ataupun untuk bekerja dan belajar.

Partisi Gantung

Ada pula jenis partisi gantung yang tidak kalah populer. Partisi semacam ini bisa membuat ruangan tampak lebih modern. Harganya juga cukup terjangkau sehingga cocok untuk Anda yang sedang minim dana. Selain itu, partisi gantung biasanya memiliki ukiran yang indah sehingga bisa jadi dekorasi yang memanjakan mata.

Partisi gantung juga cocok dipakai untuk Anda yang butuh pencahayaan maksimal pada suatu ruangan. Anda bisa meletakkan partisi ruangan model gantung di meja makan, ruang TV, ruang tamu, atau di belakang sofa. Pilih model ukiran abstrak untuk makin menambah kesan indahnya. Sekat semacam ini cocok untuk Anda yang menyukai seni.

Ini Dia Deretan Partisi Ruang yang Bisa Bikin Rumah Minimalis Makin Efektif

Ohome Partisi Ruangan Vas Bunga Gantung

Untuk rekomendasi pertama ada Ohome Partisi Ruangan Vas Bunga Gantung. Ini merupakan partisi yang bisa membuat ruangan terlihat makin asri. Anda bisa mengisi vas bunganya dengan bunga segar asli atau tanaman asli.

Selain itu, jika Anda malas merawat bunga, maka Anda bisa juga mengisinya dengan tanaman hias atau bunga hias palsu. Model partisi ruang yang satu ini tampak elegan. Produk ini hadir dalam ukuran 86 cm × 6 cm × 156 cm.

Terbuat dari bahan aluminium, produk ini keren untuk diletakkan di pekarangan depan, di halaman belakang, dan lain sebagainya. Ada 6 vas gantung pada produk yang satu ini.

Harga Rp. 18.830.000-2.265.000

Partisi Ruang Pagar Tanaman

Ada juga Partisi Ruang Pagar Tanaman yang cocok jadi pilihan. Bentuknya unik yakni bentuk pagar yang bisa dipanjang pendekkan. Pagar ukuran 30 x 200 x 87 cm ini terbuat dari bahan plastik berkualitas.

Anda bisa memakainya di dalam atau luar ruangan. Partisi yang satu ini cocok digunakan di kebun, di dalam rumah, dan lain sebagainya. Produk ini akan menambah estetika dekorasi di ruang tempatnya diletakkan.

Partisi semacam ini mudah dipindah dan disimpan jika tidak digunakan. Produk juga tidak memakan banyak tempat sehingga ruangan terkesan lebih rapi.

Harga Rp. 497.000-864.000

Rak Pajangan Rak Buku Rak Sudut dan Partisi Ruang 4 Tingkat

Jangan lewatkan untuk memiliki Rak Pajangan Rak Buku Partisi Ruang 4 tingkat ini. Produk yang satu ini merupakan rak serbaguna. Desainnya modern dan cocok untuk rumah minimalis.

Ada 4 tingkat pada rak yang satu ini. Anda bisa menyimpan koleksi suvenir, buku, mainan, dan lainnya. Cocok juga untuk meletakkan foto hingga vas bunga pada rak yang satu ini.

Terbuat dari bahan particle board, rak ini modelnya knock down alias harus dirakit sendiri. Ukuran rak ini adalah 80 x 30 x 123 cm.

Harga Rp. 752.000-955.000

Partisi Butterfly Delimon2 Portabel

Partisi Butterfly Delimon2 Portabel menjadi produk selanjutnya untuk jadi pilihan. Partisi ruang yang satu ini paling cocok untuk rumah minimalis modern.

Partisinya memiliki celah sehingga bisa memungkinkan udara dan cahaya bebas masuk. Produk ini membuat rumah berkesan elegan.

Hadir dalam warna putih, partisi ruang ini dilengkapi engsel dan kaki. Produk ukuran 1 x 1,5 meter ini ideal untuk dipasang dimana saja.

Harga Rp. 1.250.000-2.797.000

Offo Living - Set Rak Multifungsi Levie Shelf

Untuk rumah yang lebih nyaman, Anda bisa gunakan Offo Living Set Rak Multifungsi Levie Shelf. Rak yang satu ini modelnya menarik dan minimalis. Anda bisa memakainya sebagai tempat menyimpan barang.

Selain itu, Anda bisa juga memajang koleksi Anda di tempat ini. Anda jadi bisa lebih mudah menemukan barang yang tertata rapi pada rak yang satu ini. Produk ini hadir dalam beberapa item dalam satu set.

Ada rak pajang kanan dan kiri yang masing-masing berukuran 36 x 36 x 170 cm. Lalu ada juga meja ukuran 84 x 45 x 170 cm. Ada juga rak Levie yang ukurannya 216 x 45 x 170 cm.

Harga Rp. 349.000-980.000

Penyekat Ruangan Model Lipat Pernis Gold Gaya Oriental/Cina untuk Rumah

Penyekat Ruangan Model Lipat Pernis Gold Gaya Oriental/Cina ini bisa jadi pilihan utama. Anda yang ingin mempercantik rumah tanpa repot bisa memajang partisi ruang yang satu ini.

Selain indah dipandang, produk ini juga akan sangat berguna sebagai penyekat ruang. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, partisi ruang ini tahan lama digunakan. Dengan bahan lembaran baja, produk ini bisa menghadirkan gambar yang tajam dan jelas.

Harga Rp. 292.283-496.000

Tirai Partisi Gantung 1 Meter

Tirai Partisi Gantung 1 Meter juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini terkesan unik dan menarik. Tirai ini terbuat dari untaian butiran kaca yang indah. Partisi tirai semacam ini menghadirkan kesan yang mewah.

Selain terkesan indah untuk dipajang, bisa juga jadi backdrop saat pernikahan, dan acara penting lainnya. Produk dijual dalam ukuran 100 cm, jadi jika membutuhkan lebih panjang bisa membeli lebih dari 1.

Harga Rp. 51.000-100.400

Partisi Gantung Ranting Burung 30A

Partisi Gantung Ranting Burung 30 A ini juga sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini hadir dengan ukuran desain 30 x 30 cm. Dalam satu set partisi gantung isi 24 lembar ukuran 29 x 29 cm dengan ketebalan 3 mm.

Ada banyak pilihan motif lain yang termasuk dalam kategori motif 30A. Anda juga bisa pesan untuk ukuran
40 x 40 cm.

Harga Rp. 840.000-1.100.000

Shoji Screen

Shoji Screen juga bisa jadi pilihan partisi ruang selanjutnya. Produk yang satu ini sudah lama dikenal sebagai pembatas ruang model lama. Anda bisa menciptakan kesan tradisional dari pembatas ruang semacam ini.

Produk ini dikerjakan oleh ahlinya sehingga tampak indah dan artistik. Dalam satu paket ada 4 pintu pembatas yang bisa dilipat. Terbuat dari bahan kayu kombinasi kertas, produk ini tahan lama digunakan. Ukuran produk ini adalah 180 cm x 43 cm x 4 panel.

Harga Rp. 1.596.000-3.030.000

Partisi Ruangan Jati, Partisi Ruangan Bulat

Partisi Ruangan Jati Partisi Ruangan Bulat ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini akan membuat ruangan terkesan lebih indah. Modelnya yang artistik bikin kita jadi tak merasa ruangan dibatasi.

Anda bisa meletakkan buku, pajangan, foto, dan lain sebagainya pada partisi ruang yang satu ini. Ada 3 laci tertutup di bawah yang bisa digunakan untuk menyimpan dokumen penting.

Terbuat dari bahan kayu jati, produk ini kokoh dan tahan lama digunakan. Ukuran produk ini adalah 165 x 30 x 150 cm.

Harga Rp. 2.200.000-2.500.000
From our editorial team

Tiap Tipe Partisi Ruangan Memiliki Keunggulannya Masing-Masing

Partisi ruang hadir dalam banyak model dan bahan. Setiap tipenya memiliki kelebihan tersendiri. Misalnya saja partisi bahan kaca yang bisa memberi kesan ruangan lebih luas dan lapang. Lalu ada juga partisi bahan dinding yang memiliki kelebihan lebih kedap suara. Ada pula partisi bahan kayu untuk menampilkan kesan natural. Semua tergantung pada Anda memilih partisi tipe seperti apa. Sesuaikan dengan kebutuhan di rumah sehingga Anda bisa menikmati fungsi partisi rumah dengan maksimal.