10 Rekomendasi Game Edukasi Anak untuk Meningkatkan Perkembangan Si Kecil

10 Rekomendasi Game Edukasi Anak untuk Meningkatkan Perkembangan Si Kecil

Bermain adalah aktivitas yang menarik bagi si kecil. Namun, bermain akan menjadi lebih bermanfaat ketika diselingi dengan belajar. Untuk hak ini, Anda tak perlu khawatir, karena kini telah tersedia beragam game edukasi yang bisa dimainkan melalui smartphone. Berikut adalah rekomendasi game edukasi untuk si kecil.

Tidak Hanya untuk Orang Dewasa, Ada pula Game yang Bisa Dimainkan oleh Si Kecil di Ponsel Anda

Alasan yang biasa diutarakan saat seseorang bertanya mengapa suka bermain game adalah untuk mengusir rasa bosan karena pikiran yang lelah akibat pekerjaan. Ternyata, main game bukan hanya kesenangan bagi orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak.

Menurut peneliti asal York University di Kanada, anak-anak yang senang bermain video game cenderung cerdas dibandingkan dengan anak-anak yang suka bermain di ruang terbuka hijau. Bukan tanpa alasan, video game memiliki stimulasi-stimulasi untuk meningkatkan level IQ si anak.

Beberapa Tema Game untuk Anak-anak

Berperan sebagai orang tua atau pengasuh anak, Anda sebaiknya bisa memilihkan game yang tepat untuknya. Mengingat banyaknya game yang berdampak buruk, Anda harus memahami informasi seputar game dan permainan anak yang berfungsi sebagai edukasi baik modern maupun tradisional. Berikut ini merupakan lima ide permainan untuk anak yang seru dan mengasah kreativitas.

Puzzle

Puzzle adalah permainan anak yang melegenda. Berguna untuk melatih logika, motorik halus, dan problem solving, permainan ini dimainkan dengan cara memasang tiap kepingan puzzle sehingga membentuksebuah gambar yang dapat menambah wawasan anak. Permainan ini dinilai mampu membuat perkembangan otak semakin pesat, karena di tahun-tahun pertamanya, anak memiliki kesempatan ideal untuk belajar keterampilan.

Permainan puzzle sangat menyenangkan dan edukatif. Cocok dimainkan oleh balita dan anak pra sekolah, permainan ini juga baik untuk anak autis. Kebiasaan anak yang memecahkan puzzle dengan cara mengumpulkan informasi, memahami situasi, dan menemukan solusi dengan cepat mampu mempersiapkan anak untuk menghadapi kehidupan di masa depan.

Alfabet

Alfabet adalah salah satu permainan anak yang dapat mengembangkan keterampilan motorik halus, imajinasi dan memori, serta meningkatkan rentang perhatian dan mempromosikan pengayaan pribadi. Bagi anak, permainan ini akan sangat seru karena mereka dapat mengenal dan memahami huruf, membedakan konsonan dan vokal, bahkan mulai mengeja satu atau dua suku kata.

Keuntungan bagi anak yang suka bermain alfabet mobile sangatlah banyak. Karena dilakukan secara bertahap, anak dapat bermain dengan huruf yang sudah dipelajari. Kadang permainan mobile ini sudah dilengkapi dengan suara yang jelas dan pengucapan yang sempurna, baik vokal dan konsonan. Ada juga yang menawarkan pelafalan alfabet dalam versi bahasa lain, sehingga si kecil bisa belajar bahasa asing sejak dini.

Binatang

Ada juga permainan anak yang memperkenalkan dunia hewan dari nama, gambar, hingga suaranya. Biasanya permainan ini tersedia secara gratis di pusat pengunduh aplikasi Android maupun iOS. Berfungsi sebagai edukasi dunia hewan, permainan ini dilengkapi dengan tampilan yang menarik dan gambar yang lucu, sehingga menggoda anak untuk memainkannya.

Tidak hanya berhenti disitu saja, permainan ini akan menghiburnya karena mereka bisa memainkan, menebak, dan menjawab setiap kuisnya. Permainan ini akan membuat si kecil mengenal hewan-hewan yang hidup di sekitarnya. Mereka akan belajar mengenal nama sekaligus tempat hidup atau habitatnya.

Anda bisa menemukan permainan hewan yang dilengkapi dengan suara hewan pendukung supaya si kecil makin betah saat memainkannya.

Warna

Permainan yang pasti disukai oleh anak laki-laki maupun perempuan adalah mewarnai. Untuk mengasah kreativitasnya, ajak si kecil untuk memainkan game mewarnai di smartphone maupun gadget yang Anda miliki. Secara tidak langsung, permainan ini akan memberikan pengetahuan tentang warna melalui ponsel.

Dengan tampilan yang unik dan menarik, anak akan makin semangat untuk terus mewarnai dengan cara menyentuh layar saja. Selagi bermain, Anda bisa mendampinginya, sehingga proses belajar si kecil makin maksimal.

Bentuk

Ditujukan bagi para balita, game mengenal bentuk sangat berguna untuk melatih motorik halus. Selain itu dapat mengenalkannya pada bentuk geometri dan logikanya dalam mencari bentuk yang sesuai pada tiap papannya. Di dalam permainan ini, anak akan mengenal berbagai macam bentuk, seperti persegi, bujur sangkar, segitiga, oval, dan masih banyak lagi.

Dengan permainan mengenal bentuk, mereka bisa belajar mengenal dan menemukan perbedaan dalam bentuk dua dimensi. Anda bisa memilih permainan mobile mengenal bentuk yang dilengkapi dengan berbagai kuis. Selain mengenal bentuk, pilihlah game yang memberikan mereka pengetahuan tentang klasifikasi bentuk sesuai dengan pola yang diberikan.

Jika memungkinkan, carilah permainan mengenal bentuk yang dilengkapi dengan menggambar bentuk dasar sehingga mereka bisa membuat gambar objek baru.

10 Rekomendasi Game Edukasi untuk Si Kecil

Game Edukasi Anak: All In 1

Sumber gambar vazgaming.com

Game Edukasi Anak: All In 1 merupakan permainan edukasi yang cocok dimainkan oleh anak-anak usia 3-6 tahun. Digunakan untuk mengajarkan benda yang ada di sekitarnya, seperti transportasi, anggota tubuh, hingga profesi, permianan ini dilengkapi berbagai fitur matematika dengan pilihan level yang berbeda. Permainan ini menyediakan gambar yang menarik untuk si kecil dan menggunakan tambahan unsur suara.

Dengan tampilan yang bersahabat dan gambar yang menarik untuknya, Game Edukasi Anak: All In 1 menggunakan bentuk, huruf, dan angka yang diucapkan secara lisan. Aplikasi ini juga akan mengeluarkan suara yang sesuai ketika anak menjawab benar maupun salah.

Tunggu apa lagi, Game Edukasi Anak: All In 1 dapat diunduh secara gratis di smartphone dan tablet Anda.

Game Edukasi PAUD-SD

Sumber gambar vazgaming.com

Anak seusia PAUD hingga SD memang masih sangat gemar bermain. Memanfaatkan situasi ini, Anda bisa mengajaknya bermain sambil belajar dengan game edukasi gratis ini. Menyuguhkan materi pembelajaran yang sangat lengkap, permainan ini sudah dilengkapi dengan efek suara yang sangat menyenangkan, sehingga mendukung proses bermain dan belajarnya.

Permainan khusus PAUD hingga SD ini terdiri dari modul membaca, berhitung, menulis, mengaji, bahasa Inggris, serta dilengkapi dengan permainan yang sangat mendidik. Tidak hanya itu saja, bagi anak kecil, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan bisa dimainkan secara offline. Di dalam permainan edukasi ini, Anda juga akan menemukan kumpulan lagu anak terbaik yang bisa Anda nyanyikan bersama si kecil.

Rube’s Lab – Physics Puzzle

Sumber gambar blue-la-goon-idn.com

Rube’s Lab adalah permainan kategori puzzle yang bisa dimainkan oleh semua usia, termasuk anak-anak. Rube’s Lab – Physics Puzzle adalah seri puzzle fisika dengan grafis yang hidup dan gameplay adiktif untuk relaksasi cepat dan emosi yang baik bagi para pemainnya. Dapat mengembangkan pemikiran logis dan imajinatif, permainan puzzle ini tersedia dalam 40 level.

Dilengkapi dengan musik yang menenangkan, jika Anda maupun si kecil bingung untuk menyelesaikan puzzle maka ada bantuan dan petunjuk. Puzzle Fisika dari Rube's Lab memilih setting di laboratorium IPA mekanik, di mana Anda dan si kecil akan mengumpulkan detail mekanisme untuk mendesain rak dan lab.

Saat memainkan permainan ini, anak akan mencoba berpikir untuk memecahkan teka-teki hukum fisika dari Dr. Evil di setiap labelnya dan mendapatkan bintang maksimal. Cara main game ini juga gampang, setelah memilih label, pemain akan masuk ke dalam area permainan. Dalam permainan ini, pemain akan dibatasi oleh waktu dan alat yang minim untuk memecahkan gelas kaca di sana.

Learn The Animals

Sumber gambar apkpure.com

Cocok dimainkan oleh anak pra sekolah dan TK, Learn The Animals merupakan aplikasi pendidikan yang akan membantu si kecil untuk belajar mengenal nama binatang yang hidup di udara, air, dan darat. Tidak hanya mengenal namanya saja, aplikasi ini juga dilengkapi dengan suara pendukung yang akan memudahkan anak untuk belajar mengenal nama hewan dan bagaimana suaranya. Menyuguhkan ilustrasi yang menarik, Learn The Animals akan menarik minat anak untuk terus bermain sambil belajar.

Game Edukasi Anak Lengkap

Sumber gambar vazgaming.com


Di dalam Game Edukasi Anak Lengkap, anak bisa memainkan berbagai permainan yang sangat edukatif. Mulai dari pengenalan warna, buah, hewan, huruf, angka, mewarnai, suara binatang, game memori, hingga permainan piano bisa si kecil mainkan di sini. Game Edukasi Anak Lengkap menyediakan modul pengenalan dan pertanyaan dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

ABC Preschool Free

Sumber gambar vazgaming.com

ABC Preschool Free mengajarkan anak-anak preschool untuk menghafal dan mengenal huruf. Dikembangkan oleh Sound House LLC, ABC Preschool Free menyajikan permainan menulis nama dengan mudah. Tidak hanya itu saja, permainan ini juga menyediakan modul yang lain, seperti menulis angka, mewarnai, menguji memori, dan masih banyak lagi. ABC Preschool Free cocok dimainkan oleh anak berusia 4-7 tahun.

384 Puzzles

Sumber gambar aiondiscount.com

384 Puzzles adalah permainan puzzle yang sangat pas dimainkan oleh anak yang sedang dalam fase pengenalan objek, angka, dan huruf. Permainan ini sangat mudah dipahami oleh si kecil karena konsepnya sangat sederhana dan pastinya sangat menarik untuknya. Merupakan pemainan gratis di Android, 384 Puzzles akan melatih pengetahuan dan psikomotorik anak. Dapat digunakan oleh anak autis, permainan interaktif ini akan melatih kemampuan kognitif dan membangun pengetahuan anak usia TK dan PAUD.

ABC Kids

Sumber gambar aiondiscount.com

ABC Kids merupakan permainan edukasi anak yang berkonsep dan mengkhususkan diri dalam memperkenalkan huruf saja. Didatangkan oleh developer RV AppStudios, permainan ini didesain sedemikian rupa supaya si kecil tak mudah bosan.

Untuk mengoptimalkan pengalaman belajar bagi anak, ABC Kids memasukkan aneka fitur berbayar ke dalam paket ramah pra sekolah. Dengan fitur ini, si kecil tak akan melihat pop up dan mikrotransaksi yang bisa membuatnya frustrasi. Permainan ini akan memberikan pengalaman edukasi yang sangat berguna bagi anak-anak. Tidak hanya itu saja, waktu belajarnya akan efektif, apalagi jika Anda membelikan fitur berbayar sehingga tak perlu melihat pop up iklan.

Preschool Learning Games Kids

Sumber gambar aiondiscount.com

Preschool Learning Games Kids memungkinkan anak agar bisa menyentuh, mendengar, dan menghitung dengan mudah. Tidak hanya itu saja, permainan ini juga mengajarinya untuk mengenal huruf, bentuk, ukuran, warna, dan musik. Di dalam Preschool Learning Games Kids, Anda dan si kecil akan menemukan koleksi permainan mini yang dapat dimainkan oleh anak-anak usia prasekolah.

Selama bermain, anak akan mempelajari berbagai subjek, seperti matematika dasar, koordinasi tangan dan mata, persepsi visual, kosakata, fokus, dan memori. Sangat sederhana dan mudah dimainkan, anak cukup mengetuk layar dengan satu jari saja untuk memainkannya.

Kids Educational Game 3 Free

Sumber gambar aiondiscount.com

Kids Educational Game 3 Free adalah permainan kategori pendidikan yang pas untuk anak usia dini. Di dalam permainan ini, anak akan diajak untuk mengenal nama binatang, huruf, hingga menghafal angka-angka. Dengan tampilan full gambar dan warna, permainan tersebut tak akan membuat si kecil mudah bosan dan makin bersemangat untuk belajar. Tak hanya itu saja, hal ini secara tak langsung akan membiasakan otak si kecil untuk mengenali anak warna maupun angka yang sedang dimainkannya.

Kids Educational Game 3 Free berisi 12 permainan khusus anak-anak. Permainan edukatif ini memiliki 100 kata lebih, nama hewan dan suara, angka dan huruf, cat dan warna, menggabungkan titik, dan aneka bahasa asing.

Selama memainkan permainan Kids Educational Game 3 Free, keterampilan motorik dan visi spasial anak akan makin meningkat.

From our editorial team

Rekomendasi Game Edukasi untuk Si Kecil

Masa anak-anak adalah waktu yang paling berharga untuk tumbuh kembangnya. Di masa itu pula, anak-anak suka untuk bermain. Menanggapi hal tersebut, orangtua harus pandai dalam mendidik anak agar dapat menyeimbangkan bermain dan belajar. Kini telah hadir berbagai game android yang dapat Anda unduh di gadget untuk dimainkan si kecil. Jangan khawatir, ragam game edukasi akan menemani si kecil dalam bermain dan belajar.

Tag