10 Rekomendasi Mukena Anak untuk Lebaran 2021 (2021)

10 Rekomendasi Mukena Anak untuk Lebaran 2021 (2021)

Sejak kecil, anak memang dianjurkan untuk diajari ibadah. Ini supaya anak lebih mengenal akan Tuhannya dan untuk tahu tugasnya di dunia. Meski tak rutin ikut ibadah, anak di bawah usia 10 tahun sebaiknya tetap diajak ibadah bersama. Sulit memang, namun dengan awalnya memperhatikan orangtua dan ikut-ikutan meski tak mengerti bacaannya, anak akan jadi makin terbiasa untuk beribadah. Nah, belikan buah hati mukena yang bisa dipakainya beribadah pada saat Lebaran nanti, ia pasti makin semangat.

Persiapkan Mukena Baru untuk Si Kecil agar Semangat Menyambut Lebaran

Jika buah hati kita rajin beribadah, kita sebagai orangtua tentu menjadi sangat bangga dengannya. Orangtua menginginkan anak yang berbakti pada Allah dan juga kedua orangtuanya. Namun, namanya anak-anak, tentu ada saja sat dimana mereka malas beribadah meski sudah diberi contoh dan diajak melakukan ibadah bersama.

Jangan putus asa mengajak buah hati mengenal Allah. Meski tidak mudah dan butuh kesabaran ekstra, tentunya anak akan mengerti juga bahwa ia membutuhkan Allah untuk hidup di dunia ini. Nah, sebagai orangtua, Anda bisa juga memberikan sesuatu yang sekiranya membuat anak jadi lebih rajin beribadah.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan anak mukena baru. Dengan mukena baru anak tentu makin semangat ibadah. Apalagi jika mukenanya sesuai dengan selera anak, pasti anak makin betah memakainya. Kebetulan sebentar lagi Lebaran, mukena barunya bisa dikenakan saat salat Id, ya.

Tips Memilih Mukena Anak yang Nyaman

Pilih yang Dilengkapi Karet

Saat memilih mukena anak, pastikan mukenanya dilengkapi karet. Ini diperlukan pada bagian kepala dan juga bagian perutnya. Anak kecil memang banyak tingkahnya sehingga kadang bikin mukenanya jadi cepat berantakan dan copot. Adanya karet bikin mukena bisa pas di tubuh anak dan tidak mudah melorot. Pastikan karetnya tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor supaya anak tetap nyaman memakainya.

Utamakan Model dan Motif Sesuai

Model mukena untuk anak saat ini juga beragam. Ada yang terdiri dari atasan dan bawahan, ada pula yang modelnya terusan. Sesuaikan dengan kenyamanan anak saat memakainya. Jika mukena terusan dianggap terlalu ribet dan bikin anak susah bergerak, maka Anda bisa pilihkan mukena yang modelnya atasan dan bawahan agar anak lebih nyaman bergerak.

Motif dan warna mukena juga wajib jadi pertimbangan. Sesuaikan dengan keinginan anak. Anda bisa mengajaknya membeli mukena dan membiarkannya memilih motif dan warna mukena yang disukainya. Dengan memilih motif dan warna kesukaan, anak tentu jadi tak akan terpaksa memakainya.

Cek Karakteristik Bahan

Bahan mukena juga wajib dipertimbangkan sebelum Anda membeli mukena untuk buah hati. Pastikan memilih bahan yang nyaman dan adem untuk anak. Pilih bahan yang lembut di kulit dan tidak bikin kulit gatal agar kulit anak tidak iritasi. Anda bisa lirik bahan katun yang adem dan cepat menyerap keringat. Dengan demikian, anak tak akan mudah gerah meski ia banyak bergerak.

Sesuaikan Usia

Sesuaikan ukuran mukena dengan usia anak. Postur tubuh anak usia 3 tahun dengan anak di usia 7 tahun tentu berbeda maka ukuran mukenanya juga berbeda. Jangan sampai mukena terlalu kecil atau terlalu besar dan bikin anak jadi kurang nyaman emmakainya.

Ada baiknya Anda lebihi ukurannya sehingga tak perlu beli lagi dalam waktu dekat. Namun pastikan kelebihannya tidak terlalu besar agar anak tidak terjatuh atau ribet saat memakai mukenanya. Tanyakan pada penjual, ukuran yang pas untuk usia anak Anda. Dengan begini, Anda jadi lebih pas membelinya dan tidak khawatir ukurannya kebesaran atau kekecilan.

Pastikan Praktis Dibawa

Pilih mukena yang sekiranya akan praktis untuk dibawa anak. Ketika buah hati tarawih atau salat Id, tentunya ia harus membawa sendiri mukenanya. Agar tidak kotor, jatuh, atau kerepotan membawa, maka pilih mukena yang dilengkapi dengan tas. Adanya tas, bikin anak ringan membawa mukenanya sendiri. Mukena juga bisa lebih rapi jika dimasukkan dalam tas. Anak juga akan belajar untuk bertanggung jawab terhadap barangnya sendiri. Ia akan belajar melipat dan menyimpan kembali mukenanya usai dikenakan.

Ini Dia Pilihan Mukena Anak Terbaik untuk Buah Hati

Tatuis Mukena Tiara 458 Pink Anak

Tatuis Mukena Tiara 458 Pink Anak ini cocok untuk membuat anak makin rajin ibadah. Mukena ini hadir dengan warna yang manis. Ukurannya cocok untuk anak usia 6 hingga 9 tahun. Mukena yang terdiri dari atasan dan bawahan ini terkesan simpel. Potongannya reguler sehingga nyaman dikenakan.

Mukena ini atasannya dilengkapi tali sintetis di bagian kepala. Bagian bawahannya juga dilengkapi karet pinggang. Terbuat dari bahan basic rayon, kainnya tidak stretch dan tidak transparan. Produk hadir dengan tas yang memiliki desain renda yang cantik.

Harga Rp. 171.000-196.000

Zayana Organic Mukena Anak Nabawi Series

Zayana Organic Mukena Anak Nabawi Series sangat berkualitas untuk anak. Produk yang satu ini hadir dengan bahan viscose ecovoile yang merupakan bahan organik dan aman untuk kulit anak. Sayangnya bahan ini mudah kusut. Kendati demikian, bahannya adem dan ringan. Ada fitur ecobreathe sehingga anak akan betah memakainya dalam waktu lama. Bahan mukena juga memiliki fitur anti bakteri, anti gatal, dan anti bau.

Mukena ini terdiri dari atasan dan bawahan. Atasannya memiliki panjang depan 71 cm dan panjang bawahan 95 cm. Uniknya, ada brooch ekskulsif dari bahan organic brass pada mukena ini. Ada banyak pilihan warna yang tersedia. Mukena sudah lengkap dengan pouch yang lucu dan memudahkan buah hati membawanya.

Harga Rp. 450.000

Bani Batuta - Mukena Anak Mutia

Bani Batuta - Mukena Anak Mutia memiliki desain yang simpel. Produk ini hadir dengan ruffle di bagian bawah. Motifnya warna warni sehingga terkesan ceria dan cocok untuk anak-anak. Ada logo Bani Batuta pada mukenanya. Bahan mukenanya halus, lembut, ringan, dan nyaman dikenakan. Untuk merawatnya juga mudah, cukup cuci dengan mesin cuci menggunakan level rendah dan setrika juga dengan suhu rendah.

Harga Rp. 157.000-314.000

Tatuis Mukena tiara 456 Broken White Anak

Tatuis Mukena tiara 456 Broken White Anak hadir dengan aksen renda yang manis. Mukena ini cocok untuk Lebaran nanti agar anak makin khusyuk. Produk ini bisa digunakan anak usia 6 sampai 9 tahun. Terdiri dari atasan dan bawahan, modelnya simpel. Ada tali di kepala dan pinggang. Bahannya dari rayon embossed yang tidak stretch dant idak transparan. Mukena ini potongannya regular fit. Produk dikemas dalam tas cantik yang memudahkan anak membawanya bepergian.

Harga Rp. 153.000-184.000

Bani Batuta - Mukena Anak Nayyara

Bani Batuta - Mukena Anak Nayyara merupakan mukena yang nyaman dikenakan. Terbuat dari bahan premium, mukenanya tidak panas dan tidak mudah kusut. Mukena ini bikin anak betah memakainya dalam waktu lama. Ada motif perpaduan dua warna yang membuatnya makin menarik. Mukena dilengkapi logo. Ada juga ruffle di bagian tengah atasan mukena dan ruffle di bagian bawah. Untuk merawatnya cukup cuci dengan suhu rendah dan setrika dengan suhu rendah juga.

Harga Rp. 239.840-284.810

Elzatta Mukena Anak Sauza

Elzatta Mukena Anak Sauza hadir dengan bahan rayonsilk premium. Bahannya lembut, jatuh, dan terkesan elegan. Anak pasti betah memakainya karena bahannya adem. Mukena tampak mewah karena ada detail list bunga. Mukena cantik ini kualitas jahitannya bagus dan super rapi. Ada ukuran S untuk anak usia 1 sampai 2 tahun, ada ukuran M untuk anak usia 3 sampai 4 tahun, dan ada ukuran L untuk anak usia 5 sampai 6 tahun.

Harga Rp. 234.000-384.000

MUKENA TAZBIYA KIDS AININ PINK ALLSIZE

MUKENA TAZBIYA KIDS AININ PINK ALLSIZE merupakan mukena dari bahan katun rayon. Bahan mukenanya lembut, adem, dan jatuh. Dalam pembelian sudah termasuk tas cantik untuk membawanya pergi kemana saja. Produk ini terdiri dari atasan dan juga bawahan. Panjang atasannya 94 cm dan panjang bawahannya 95 cm. Untuk lingkar roknya 50 cm.

Harga Rp. 169.000-189.000

Halwa Mukena Syafiin Anak

Halwa Mukena Syafiin Anak adalah produk yang bisa Anda berikan pada buah hati selanjutnya. Terbuat dari bahan satin, produk yang satu ini terkesan mewah. Bahan kainnya jatuh, berkilau, dan adem. Mukena atasan dan bawahan ini hadir dengan tali pengikat di belakang. Ada travel pouch warna senada yang cantik sehingga anak mudah membawanya kemana saja. Produk ini disarankan di cuci dengan metode handwash dan disetrika dengan suhu rendah. Panjang mukena atasannya 90 cm dan bawahannya 94 cm.

Harga Rp. 259.000

Mukena Anak Balita Jersey / Mukena Anak Umur 1-5 th

Mukena Anak Balita Jersey / Mukena Anak Umur 1-5 th ini cocok untuk buah hati yang masih balita. Salat memang sebaiknya diajarkan sejak anak masih kecil. Mukena ini bikin anak jadi semangat ikut orangtuanya beribadah. Terbuat dari bahan jersey, produknya nyaman dan lembut. Selain itu, bahannya adem, halus, tidak panas, dan tebal. Panjang atasan depannya 75 cm dan panjang bawahannya 65 cm. Modelnya menggemaskan dan simpel.

Harga Rp. 39.000-175.000

Mukena Anak Yasmin free tas cantik

Mukena Anak Yasmin free tas cantik ini adalah rekomendasi untuk buah hati Anda. Terbuat dari bahan balon yang lembut dan ringan, kainnya tipis tapi tidak menerawang. Bahannya juga elastis sehingga tidak mudah melar. Cocok dipakai dalam jangka waktu lama, bahannya tidak mudah kusut, dan sangat friendly untuk jalan-jalan. Ada pilihan warna army, peach, merah, lavender, dan biru. Untuk ukurannya ada ukuran S, M, L, dan XL.

Harga Rp. 110.000-150.700
From our editorial team

Pilih Mukena Simpel untuk Anak

Anak usia di bawah 10 tahun atau yang belum baligh memang belum wajib salat. Namun, sebagai orangtua, hendaknya kita mengajaknya agar ia terbiasa. Namanya anak kecil pasti sulit untuk diam. Ada saja hal yang dilakukannya saat diajak orangtuanya salat. Ini membuat mukenanya jadi mudah copot dan juga berantakan. Ada baiknya, Anda membelikan mukena yang simpel dikenakan. Ini supaya anak bisa memakai mukenanya sendiri tanpa bantuan orang tua. Sehingga, saat mukena copot atau tersingkap, anak bisa segera membetulkannya sendiri. Nah, untuk rekomendasinya, simak mukena di atas, ya.