7 Busana Motif Floral untuk Menyemarakkan Lebaran

7 Busana Motif Floral untuk Menyemarakkan Lebaran

Hari lebaran akan disambut dengan suka cita oleh semua umat Islam. Untuk menambah kegembiraan ini, coba kenakan busana yang bertema floral atau bunga. Bentuk bunga yang indah dan beraneka warna akan memberikan kesan ceria. Inilah sejumlah inspirasi busana bertema bunga untuk Anda.

Tradisi lebaran masyarakat Indonesia salah satunya adalah menyiapkan baju lebaran. Salah satu model yang menjadi tren saat ini adalah floral fashion. Apa Anda tahu apa itu floral fashion? Floral fashion merupakan jenis fashion yang menggunakan corak bunga-bunga.

Dengan tema bunga, akan membuat Anda terlihat lebih fresh dan lebih feminin. Selain itu, menurut Jeannie Mai, host acara "How Do I Look?" selama 11 musim, keindahan motif bunga pada baju akan membuat pandangan orang tidak berfokus kepada tubuh Anda, melainkan pada keindahan motif bunga pada baju.

Jeannie Mai juga mengingatkan soal pemilihan aksesori. Tas tangan mungil berwarna netral, seperti abu-abu atau nude menjadi pilihan terbaik sedangkan anting-anting yang ramping menjuntai akan membuat penampilan feminin semakin maksimal.

Tren ini rupanya sangat disukai dikalangan remaja maupun ibu-ibu. Sudah banyak butik-butik yang tidak pernah absen dalam menampilkan baju bermotif bunga ini. Motif floral banyak digunakan pada gamis, mukena, rok, bahkan kemeja.

Selain itu, motifnya cukup beragam sehingga Anda bisa memilih motif mana yang cocok. Untuk itu, mari kita bahas ide busana bertema floral yang dapat dicoba saat lebaran:

Floral Cardigan

Kardigan merupakan pakaian yang terlihat modern dan kasual. Anda bisa menggunakan kardigan dengan motif floral dan dipadukan dengan kaos. Anda juga bisa memadukannya dengan rok atau pun celana jeans. Pastikan warna corak bunganya cerah agar lebih terlihat segar. Model ini akan membuat lebaran Anda menjadi lebih segar dan stylish.

Kemeja Bordir Floral

Sumber gambar www.dhgate.com

Kemeja identik dengan hal yang rapi dan formal. Namun ketika kemeja ini memiliki corak bunga, pasti akan terlihat lebih simpel dan cocok dipakai ke mana-mana. Anda dapat memadukan kemeja ini dengan celana jeans atau celana lainnya. Kemeja dengan lengan panjang juga dapat dipadukan dengan hijab yang senada dengan warna kemeja.

Model ini bisa dipakai saat Anda berkunjung ke rumah kerabat untuk silaturahmi saat lebaran. Bisa juga dipakai ke acara semi resmi karena memiliki sifat kasual juga formal.

Tunik Penguin

Sumber gambar www.worldmarket.com

Masih banyak masyarakat yang suka dengan model yang satu ini. Terutama wanita berhijab. Setiap tahun model tunik penguin selalu bereformasi menjadi lebih stylish dan trendi.

Floral fashion juga bisa diterapkan pada model ini. Motif floral akan menambah kesan segar dengan model penguin yang elegan. Bisa juga dipadukan dengan sabuk di pinggang agar terlihat lebih ramping.

Model tunik penguin ini memiliki bagian belakang yang lebih panjang dari pada bagian depan sehingga terlihat tetap rapi dan syar’i saat dipakai waktu lebaran.

Maxi Dress

Bagi wanita pencinta dress, Anda pasti akan lebih terlihat femini dan manis bila menggunakan dress dengan motif floral. Model maxi dress ini memang akan selalu menjadi model yang paling menarik banyak perhatian mata. Model ini juga bisa digunakan untuk wanita yang kurus maupun berisi. Pastikan dress yang Anda pakai tetap tertutup agar tetap terasa suasana lebarannya.

Dress ini juga bisa dipadukan dengan celana legging (bila dress-nya lebih pendek dari mata kaki) serta hijab sehingga terlihat syar’i juga elegan.

Maxi dress saat ini sangat hits di sejumlah daerah di tanah air. Terlebih karena banyak yang terbuat dari kain impor yaitu katun Jepang yang halus dan bermotif bunga–bunga yang ukurannya kecil. Sehingga tampak manis dan lebih girly jika dikenakan saat Lebaran.

Penampilan akan tampak lebih anggun sekaligus tak mengabaikan sisi kesopanan karena maxi dress umumnya berukuran panjang hingga menutupi mata kaki.

Bawahan Motif Floral

Menggunakan rok atau celana kain dengan corak bunga-bunga akan menambah kesan cerah dan modis. Anda bisa gunakan atasan polos dengan warna yang tidak terlalu mencolok agar tidak terkesan ‘nabrak’ dan terlalu ramai bila dilihat. Bisa juga ditambahkan hiasan berupa kalung agar tidak terlihat sepi.

Warna bawahan diusahakan lebih gelap dari pada warna atasan agar badan terlihat lebih proporsional dengan ‘ringan’ di atas dan ‘berat’ di bawah. Motif yang dapat dipilih sangat beragam. Model seperti ini sangat cocok apalagi untuk anak remaja juga ibu-ibu yang ingin terlihat lebih muda.

Scarf atau Hijab Floral

Jika Anda mempunyai scarf atau hijab dengan corak bunga, Anda bisa memadukannya dengan baju polos yang berwarna sama dengan motif pada scarf atau hijab. Ini agar tidak terlihat ‘nabrak’ di bagian badan. Kesan segar tetap ada meskipun terlihat di bagian kepala dan leher.

Scarf dan hijab floral cocok digunakan wanita segala usia. Pilihlah motif bunga–bunga dengan ukuran yang kecil-kecil. Bunga yang terlalu besar atau mencolok dikenakan jika Anda ingin memusatkan focal point penampilan pada hijab. Jadi, kenakan busana yang polos.

Gamis Motif Floral

Sumber gambar www.aliexpress.com

Gamis adalah pakaian yang paling banyak diincar oleh kalangan ibu-ibu apalagi pada saat lebaran. Gamis dengan corak bunga yang cerah akan menambah kesan kasual dan elegan serta membuat si pemakai terlihat lebih muda. Bisa juga ditambahkan pita polos di bagian perut agar terlihat lebih ramping.

Bagi pencinta gamis, motif floral adalah alternatif yang dapat membuat lebaran Anda lebih segar dan lebih feminin.

From our editorial team

Pilih Busana yang Nyaman

Saat lebaran, Anda seringkali harus mengadakan kunjungan ke rumah kerabat atau menerima kerabat yang datang ke rumah. Hal ini bisa berlangsung seharian. Oleh karena itu, pilihlah busana yang nyaman dipakai, menyerap keringat, dan tidak mengganggu ruang gerak agar tidak mengganggu kebahagiaan Anda bersama keluarga tercinta.