10 Rekomendasi Fashion Lebaran Ibu Hamil untuk Tampilan Makin Menawan (2021)

10 Rekomendasi Fashion Lebaran Ibu Hamil untuk Tampilan Makin Menawan (2021)

Ibu hamil memang membutuhkan banyak hal untuk menunjang kenyamanan selama hamil. Ibu hamil kadang juga moody dan akhirnya tampil seadanya karena sedang kurang mood. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi saat Lebaran tiba. Anda harus tetap tampil modis dan elegan. Simak deretan fashion Lebaran keren untuk digunakan kala Lebaran!

Hamil Bukan Alasan untuk Tampil Asal Saat Lebaran

Idul Fitri merupakan hari yang paling dinantikan seusai Ramadan. Di hari Lebaran, kita akan merayakan kemenangan usai berpuasa sebulan lamanya. Perayaan kemenangan yang paling dinantikan adalah momen bersilaturahmi dengan tetangga dan juga keluarga besar. Baik yang dekat hingga yang jauh, kita saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi demi mempererat tali persaudaraan.

Saat momen silaturahmi tersebut, kita tentu ingin tampil sebaik dan semenawan mungkin. Ini membuat kita wajib menyiapkan penampilan jauh-jauh hari. Mulai dari memilih pakaian hingga alas kaki harus dipertimbangkan dengan baik agar tampilan kita jadi sempurna kala Lebaran.

Ibu hamil tak boleh tampil kusam dengan alasan malas berdandan. Anda tetap harus tampil menawan meski sedang hamil. Tunjukkan suka cita kehamilan dengan berdandan semaksimal mungkin. Namun, tentu saja pemilihan fashion ibu hamil tidak bisa sembarangan. Ini untuk menunjang kenyamanan dan keamanan Anda selama Lebaran.

Perhatikan Ini Saat Memilih Fashion Lebaran Ibu Hamil

Warnanya Harus Pas

Faktor pertama yang harus dipertimbangkan saat memilih fashion Lebaran untuk ibu hamil adalah warnanya. Ibu hamil sebaiknya menghindari pakaian yang warnanya terlalu bertabrakan antara atasan dan bawahan. Pastikan mengenakan pakaian dengan warna yang senada atau harmonis antara pakaian atasan dan bawahan atau antara pakaian dan hijab yang dikenakan.

Anda bisa memilih warna lembut yang netral seperti warna-warna pastel. Pilihan ini akan membuat kesan ibu hamil makin segar. Boleh juga memakai pakaian dengan warna bold. Hindari pakaian warna terlalu cerah seperti warna neon karena ini bikin tampilan terkesan sedikit norak.

Ukuran dan Model Baju Wajib Dipilih dengan Cermat

Ukuran baju untuk ibu hamil juga tidak sama dengan wanita biasa. Potongannya harus dipilih yang longgar. Baju dengan potongan longgar akan lebih nyaman dikenakan agar ibu hamil tidak mudah gerah dan bisa tetap bergerak bebas. Pilih saja satu ukuran di atas yang biasa Anda kenakan. Semisal, Anda biasa memakai ukuran M maka Anda bisa memilih ukuran L.

Untuk model bajunya, kami sarankan memilih baju model terusan seperti gamis dengan bagian bawah melebar. Ini akan bisa menyamarkan bentuk perut sehingga tidak terlalu menonjol atau ketat. Boleh juga memakai tunik yang dipadukan dengan celana. Hindari model baju bertumpuk, seperti misalnya pemakaian kaos dan kardigan. Ini akan membuat Anda merasa terlalu panas dan sesak.

Pakai Celana dengan Karet

Untuk bawahan, jika memutuskan memakai celana, ada baiknya Anda memilih celana khusus wanita hamil. Ini karena celana hamil umumnya dilengkapi dengan karet. Adanya karet di bagian pinggang ini akan membuat perut terasa nyaman dan tidak terasa sesak serta tertekan. Dengan karet tersebut, Anda juga lebih mudah buang air kecil dan tidak menyiksa setiap kali duduk. Bagian pinggang atau punggung belakang juga tidak akan terlalu sakit meski Anda lama memakainya.

Pakai Alas Kaki Nyaman

Hal penting lain yang wajib ibu hamil perhatikan saat memilih fashion Lebaran adalah pemilihan alas kaki. Anda bebas memakai sepatu ataupun sandal. Namun, yang perlu diingat adalah pilih yang tidak ada haknya. Sepatu dan sandal tanpa hak akan lebih nyaman digunakan dan tak akan membuat ibu hamil cepat lelah.

Pastikan juga sepatu atau sandal yang Anda pakai tidak licin. Sehingga, saat kaki berkeringat, sandal atau sepatu tetap nyaman dikenakan dan Anda tidak akan tergelincir saat memakainya. Anda bisa juga memilih sepatu atau sandal yang ujungnya lebar agar tidak menekan dan menghalangi sirkulasi darah di kaki.

Bahan sepatu atau sandal harus lembut, elastis, sejuk, dan menyerap air. Dengan begini, maka kaki Anda lebih nyaman menapak saat berjalan. Kenakan juga yang tidak terlalu banyak detail sehingga Anda tak kesulitan memakai dan melepasnya.

Pastikan Bahan Kerudung Adem

Hal lain yang wajib diperhatikan saat memilih fashion Lebaran adalah pemilihan kerudungnya. Ibu hamil yang berhijab, akan lebih nyaman seharian jika hijabnya berbahan adem. Pilih bahan kain seperti katun atau voal. Kedua bahan ini bisa menyerap keringat dengan cepat sehingga saat cuaca panas, Anda tidak mudah gerah meski memakai kerudung.

Untuk modelnya, Anda bisa memilih model yang simpel supaya tidak ribet saat memakai dan melepaskan kala salat. Anda bisa pilih kerudung instan jika tak ingin ribet. Namun jika ingin berkreasi dengan gaya kerudung maka bisa memakai hijab pashmina atau segi empat. Anda bisa juga lirik model turban jika ingin lebih ringkas. Jilbab model turban akan bikin gaya makin modis dan kekinian.

Pilihan warna hijab bisa disesuaikan dengan warna baju yang dikenakan. Boleh juga memakai hijab motif namun pastikan motifnya tidak berlebihan. Pilih warna pastel yang terkesan kalem sehingga dilihatnya juga lebih adem.

Ini Dia Rekomendasi Fashion Lebaran untuk Ibu Hamil

Eve Gamis Rayon Premium Motif Batik

Eve Gamis Rayon Premium Motif Batik tentu bikin ibu hamil makin menawan. Bahannya dari katun yang lembut, adem, dan nyaman di cuaca panas. Ada tali pinggang dan resleting depan sehingga baju bisa dikenakan usai lahiran. Baju ini hadir dalam 4 pilihan warna yakni marun, navy, kuning, dan hitam. Ukuran baju ini all size dengan panjang 135 cm dan lingkar dada 110 cm.

Harga Rp. 121.000-183.000

MOOIMOM Dress Muslim with Drawstring

MOOIMOM Dress Muslim with Drawstring hadir dengan tali serut di bagian samping bawah baju. Ada kantong dalam di kedua sisi baju yang bisa Anda gunakan untuk membawa aneka barang kecil. Baju ini memiliki bukaan kancing atas belakang jadi mudah dikenakan. Bagian lengannya longgar sehingga nyaman dikenakan. Desain kerahnya menarik dan simpel. Ada resleting bagian depan untuk bukaan menyusui dengan mudah.

Terbuat dari bahan wolly crepe, bajunya adem dan tidak mudah kusut. Ada pilihan warna blue dan pink yang bisa Anda pilih. Ukurannya all size dengan lingkar dada 110 cm dan panjang baju 129 cm.

Harga Rp. 224.000-808.000

Chantilly Kaftan Panjang Hamil

Chantilly Kaftan Panjang Hamil tentu bikin Lebaran Anda lebih berkesan. Potongannya longgar sehingga nyaman untuk ibu hamil. Dress ini modelnya elegan dan cocok Anda kenakan pada acara resmi maupun kasual. Kerahnya model tegak dengan detail menyusui sehingga baju bisa dikenakan juga setelah lahiran. Kaftan lengan pendek ini bikin Anda tak mudah kegerahan. Bahannya dari katun satin yang cepat menyerap keringat. Bahan ini juga tidak transparan dan tidak stretch. Motifnya abstrak jadi Anda bisa mudah memadukan dengan bawahan apa saja.

Harga Rp. 437.500

MOOIMOM Long Button Dress

MOOIMOM Long Button Dress hadir dengan aksen flare yang menarik. Produk yang satu ini dilengkapi singlet di bagian dalam yang dapat dibuka jika Anda ingin menyusui buah hati. Baju ini memiliki kantong depan di kedua sisi baju yang multifungsi untuk membawa aneka barang. Ada kancing manset di bagian lengan. Baju tersedia dalam pilihan warna mustard dan grey. Bahan bajunya dari wolly crepe yang adem dan tidak menerawang. Ukuran bajunya all size dengan lingkar dada 110 cm dan panjang baju 120 cm.

Harga Rp. 249.000-374.000

MOOIMOM Dress Muslim

Jangan kelewatan memiliki MOOIMOM Dress Muslim. Ada dua kantong di kedua sisi baju yang bisa Anda gunakan membawa aneka barang kecil. Bagian ujung lengan memiliki karet sehingga memudahkan jika akan berwudhu. Baju ini memiliki desain asimetris yang bagian belakangnya bisa menambah kesan elegan. Desain kerahnya membuat baju terkesan feminin. Ada resleting bagian depan untuk bukaan saat Anda ingin menyusui. Terbuat dari bahan wolly crepe, bajunya nyaman dan tidak mudah kusut. Ukurannya all size dengan lingkar dada 104 cm dan panjang baju 112 cm.

Harga Rp. 244.000-544.000

Mamibelle Kumala Celana Kulot Ibu Hamil

Mamibelle Kumala Celana Kulot Ibu Hamil akan bikin nyaman sepanjang perayaan Lebaran. Celana ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi yakni bahan spandeks premium. Bahannya bisa melar hingga bisa muat sampai kehamilan 9 bulan. Celana ini tersedia dalam pilihan warna hitam, navy, dan abu-abu. Ada tali pinggang elastis sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran perut. Kehamilan jadi nyaman dan Anda tetap bisa bebas bergerak.

Celana ini tersedia dalam ukuran M hingga XL. Anda bisa padukan dengan atasan apa saja. Cocok untuk tunik, dress panjang, blus, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 129.000-177.000

Symbolize Kalila Flat Sandal - Coklat

Symbolize Kalila Flat Sandal – Coklat cocok untuk ibu hamil. Sandal tanpa heels ini bikin kaki Anda nyaman seharian. Desainnya simpel namun kesannya elegan saat digunakan. Sandalnya berbahan satin di bagian atas. Insole sandal berbahan sintetis dan outsole sandal berbahan karet.

Harga Rp. 141.000-149.000

Dr. Kevin Women Flats Shoes Ballerina

Dr. Kevin Women Flats Shoes Ballerina hadir dengan tekstur anyaman yang cantik. Sepatu flat ini terbuat dari bahan PU leather untuk bagian atasnya. Bagian outsole sepatu terbuat dari bahan TPR yang nyaman di berbagai permukaan dan tidak selip dikenakan. Sepatu ini hadir dalam warna cokelat dan hitam. Ada ukuran 37 sampai 40 untuk sepatu model round toe ini. Bobotnya ringan jadi tidak akan bikin Anda cepat lelah saat memakainya.

Harga Rp. 124.000-149.000

Rabbani - Kerudung Instan Levan

Rabbani - Kerudung Instan Levan hadir dengan motif polos. Ini bisa Anda sesuaikan dengan fashion yang Anda kenakan. Kerudung ini terbuat dari bahan poliester sehingga mudah diatur dan tidak mudah kusut. Bahannya adem dan nyaman dikenakan sepanjang hari. Kerudung memiliki aksen bergo antem pada bagian wajah. Anda bisa tampil dengan cepat memakai kerudung ini. Simpel, praktis, dan tentunya tampilan makin cantik.

Harga Rp. 132.810-139.000

Umama Scarf - Kerudung Segi Empat Tie Dye

Umama Scarf - Kerudung Segi Empat Tie Dye nyaman untuk Anda kenakan selama Lebaran. Jilbab ini terbuat dari bahan voal superfine yang nyaman di kepala. Bahannya adem dan cepat menyerap keringat sehingga Anda tidak akan mudah kegerahan memakainya seharian. Kerudung segi empat ini bisa Anda kreasikan sesuai gaya yang Anda inginkan. Ukurannya adalah 110 x 110 cm. Kerudung tie dye ini akan dikirim secara acak sesuai ketersediaan stok.

Harga Rp. 25.000-28.000
From our editorial team

Pastikan Baju Tak Memiliki Banyak Detail

Memilih baju untuk ibu hamil memang tidak bisa dibilang sulit. Pastikan saja Anda memilih baju yang simpel potongannya dan modelnya. Hindari memilih baju yang memiliki banyak detail, seperti payet, renda, kancing, manik-manik, dan lainnya. Detail-detail tersebut memang bisa memberikan kesan elegan, mewah, dan cantik pada pakaian dan penampilan. Kendati demikian, terlalu banyak detail juga membuat kita terlihat terlalu berlebihan. Baju yang simpel dengan detail kecil saja sudah cukup untuk Anda yang tengah hamil.