Suka Bersepeda? Simak 12+ Sepeda Raleigh Keren Plus Fakta Uniknya!

Bersepeda memang merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Selain bisa membuat pikiran rileks, kamu juga sekaligus bisa berolahraga. Tentunya, acara gowes kamu bisa tambah menggembirakan jika mengendarai sepeda yang kuat dan berkualitas, seperti Raleigh.

Tampil Klasik dengan Sepeda Raleigh Idaman

Pada masa awalnya, sepeda dipandang sebagai salah satu alat transportasi yang cukup bergengsi. Awal popularitas sepeda di Indonesia sendiri dimulai pada masa kolonial Belanda. Pada waktu itu, rakyat jelata belum bisa menikmati sepeda yang umumnya dibuat oleh Belanda dan Inggris serta hanya para penguasa serta bangsawan yang dapat menikmatinya.

Kemudian saat tahun 1960-an, seiring perkembangan teknologi transportasi, kedudukan sepeda tergeser oleh mobil dan motor. Sepeda buatan tahun 1930 sampai 1950 pun perlahan ditinggalkan dan menjadi barang lama. Sepeda yang masuk jajaran kuno buatan Inggris itu antara lain Humber Cross (1901), Raleigh (1939), Phillips (1956), Hercules (1922). Sepeda buatan Belanda adalah Batavus (1922). Gazelle 91925), Valuas (1940), Master (1950) dan beberapa lainnya.

Salah satu sepeda kuno yang masih populer hingga saat ini adalah Raleigh Tourist yang selain relatif tua juga termasuk langka bahkan di negeri asalnya sendiri nyaris punah. Bagi kamu yang kepincut dengan sepeda antik atau sepeda onthel, ada baiknya mempelajari banyak hal sebelum membeli termasuk mengetahui seluk beluk ragam sepeda, asal negara, juga sejarahnya.

Jika kamu memang tertarik dengan koleksi sepeda antik, masuk ke komunitas seperti Paguyuban Sapedah Baheula (PSB) Bandung bisa membantu.

Fakta Unik Seputar Sepeda Raleigh

Sumber gambar raleighbikedealer.com

Raleigh berdiri pada tahun 1887 dan mencapai keberhasilan awal berdasar mesin berkualitas yang membantu atlet meraih jara balap sepeda internasional. Pada 1892, Raleigh memimpin dunia dalam kesuksesan di bidang balap sepeda dan memenangkan lebih dari 2300 hadiah di seluruh dunia. A.A. Zimmerman, pembalap sepeda yang pertama tiba di garis akhir tak luput membawa Raleigh menjadi juara dunia.

Pada tahun 1890, perusahaan Raleigh pun dibentuk dan saat 1896, The Raleigh menjadi pabrik sepeda terbesar di dunia yang dibangun di Faraday Road. Sayangnya, pabrik tersebut kemudian dihancurkan di tahun 1989.

Selain sejarah awalnya, Raleigh masih memiliki fakta unik lainnya. Apa saja?

Salah Satu Produsen Sepeda Tertua di Dunia

Sumber gambar amazon.com

Raleigh merupakan salah satu produsen sepeda tertua di dunia yang memiliki basis di Nottingham, Inggris. Terbilang unggul dalam teknologi maupun ekonomi, sepeda Raleigh ini tergolong lebih maju dibanding para pesaingnya. Pada awalnya, Raleigh memperkenalkan slogan “The All Steel Bicycle” yang berarti semua logam yang digunakan pada sepeda Raleigh memakai baja.

Bahan ini dipakai untuk membedakan sepeda Raleigh dengan sepeda pesaing yang kebanyakan memakai cor besi pada bagian pentingnya. Cor besi sendiri adalah teknologi rendah yang memiliki hasil lebih kasar. Tak heran, produsen sepeda yang juga menghasilkan mobil roda tiga dan sepeda motor ini begitu digandrungi karena kualitasnya yang apik.

Sering Dipalsukan

Sumber gambar textalks.com

Tak hanya ponsel canggih atau tas bermerek yang mengalami pemalsuan. Raleigh, pada masanya pun mengalami penjiplakan dengan bahan dan kualitas jauh lebih rendah oleh pihak tak bertanggung jawab. Pada tahun 1926, surat kabar Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indie terbitan 23 Januari mengabarkan maraknya sepeda imitasi dengan berbagai emblem ternama.

Kelangkaan jadi salah satu faktor oknum penjual sepeda emblem ternama palsu untuk meraup keuntungan. Merek sepeda onthel ini didominasi oleh emblem terkenal seperti Gazelle, Fongers, Simplex, Raleigh, dan lainnya. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati dalam memastikan keaslian sepeda antik yang dibeli. Kamu bisa meminta bantuan ke komunitas penyuka sepeda klasik atau mengecek nomor rangka alias frame number sepeda tersebut.

Raleigh Menjadi Perusahaan yang Tumbuh Pesat

Sumber gambar etsy.com

Raleigh mengusung slogan awal “The All Steel Bicycle” pada awal produksinya untuk membedakan kualitas produknya dengan sepeda-sepeda lain. Tahukah kamu kalau pada awalnya, Raleigh ini berasal dari bengkel kecil? Ya, pada tahun 1886, Raleigh Street di Nottingham memproduksi frames sepeda keamanan dan Frank Bowden membeli perusahaan pada tahun 1887.

Selanjutnya di bulan Desember 1888, Frank mendirikan The Raleigh Cycle Corp. Perusahaan ini tumbuh pesat dalam beberapa tahun lalu dijual oleh Frank dengan keuntungan sekitar £ 100.000 atau setara dengan lima juta poundsterling. Pada tahun 1900 kemudian, Raleigh mengusung slogan legendaris tersebut.

Rekomendasi 12 Sepeda Raleigh Terkini

Sumber gambar huffingtonpost.com

Jika kamu tertarik untuk mengendarai sepeda Raleigh, kamu harus cermat dalam memilih toko saat membeli. Berikut rekomendasi sepeda Raleigh yang cocok bagi pria maupun wanita.

Sepeda Raleigh Adventure: Strada Trail Sport 1

Sumber gambar raleigh.co.uk

Terinspirasi dari jajaran sepeda Strada, semua Strada Trail Sport anyar ini lebih dari sekadar sepeda kota rata-rata karena dirancang dengan geometri tangkas cepat dan disesuaikan dengan garpu suspense. Bingkainya terbuat dari alumunium yang ringan dan kamu pun bisa leluasa mengendaraianya.

Strada Trail Sport juga dilengkapi dengan rack dan mudguard mounts untuk memungkinkan kamu menyesuaikan sepeda dengan kebutuhan. Warnanya yang mencolok sangat cocok buat kamu yang pemberani dan percaya diri. Sepeda keren ini bisa didapatkan melalui raleigh.co.uk seharga £400.00 atau Rp 7.197.289.

Sepeda Raleigh Adventure: Mustang Elite

Sumber gambar raleigh.co.uk

Bagi kamu yang senang hang out atau bahkan pergi kuliah dengan sepeda, Sepeda Raleigh Adventure: Mustang Elite sangat pas. Memiliki keseimbangan sempurna sehingga bisa berjalan di jalan yang berlubang atau hutan sekali pun.

Sepeda ini juga didesain dengan bingkai alumunium double butted super ringan yang membiarkanmu leluasa bergerak serta dipercanggih dengan tapered haedtube bergeometri rangka kerikil. Selain itu, sepeda ini juga dirancang agar bisa nyaman dikendarai tanpa harus mengurangi kecepatan. Kamu bisa mendapatkan sepeda ini di situs resmi Raleigh dengan harga £1,100.00 atau Rp 19.792.546.

Sepeda Raleigh Adventure: Strada Trail Sport Electric

Sumber gambar raleigh.co.uk

Lengkapi akhir pekan kamu dengan bersepeda bersama Raleigh Adventure: Strada Trail Sport Electric yang keren ini. Sepeda dengan warna rangka mencolok serta roda besar yang kokoh ini memiliki garpu suspense yang dirancang dengan kemampuan lock-out untuk memungkinkan kamu berkendara secara nyaman dengan satu klik tuas sederhana.

Ramping dengan geometri bingkai yang cepat dan lincah sekaligus cukup kuat untuk dikendarai saat menyusur jalan kanal terberat atau bahkan jalan berkerikil. Dapatkan sepeda ini di situs raleigh.co.uk dengan harga £1,450.00 atau Rp 26.090.174.

Sepeda Raleigh Leisure: Array Crossbar Black

Sumber gambar raleigh.co.uk

Tampil keren saat berkendara tak hanya bisa dilakukan dengan mobil atau motor, kamu pun bisa terlihat oke saat mengendarai Sepeda Raleigh Leisure: Array Crossbar Black satu ini. Jangan lupakan teknologi E-motion system yang bisa membantu kamu nyaman berkendara. Sepeda ini sangat cocok bagi kamu yang pemula dalam mengendarai sepeda elektronik.

Terdapat lima mode yang bisa dipilih dengan sekali tekan pada tombol yang ada di handle. Kamu bisa memilih di antara lima level bantuan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika belum cukup, sepeda ini juga dipercanggih dengan roda gigi percepatan Shimano Acera 7 yang bisa kamu ganti dengan mudah. Dapatkan sepeda Raleigh asli dengan mengunjungi situsnya raleigh.co.uk seharga £1,100.00 atau Rp 17.976.763.

Sepeda Raleigh Leisure: Array Low Step Hub Gear Denim

Sumber gambar raleigh.co.uk

Bagi perempuan yang suka berkegiatan dengan ditemani sepeda, Raleigh Leisure: Array Low Step Hub Gear Denim ini bisa jadi pilihan yang cocok. Memiliki warna biru yang lembut dengan jok belakang, sepeda elektronik ini memiliki baterai dengan kapasitas sekitar 300 watt hour (wh) dan memungkinkan kamu berkendara sepanjang 22 hingga 108 kilometer.

Kamu bisa juga mengganti level bantuan lalu mengisi ulang baterai saat tiba di rumah. Lengkap dengan lampu depan belakang yang berguna saat kamu berkendara di malam hari, sepeda ini juga dipercanggih dengan baja mudguard, kickstand serta kunci roda belakang yang terintegrasi dengan sadel. Sepeda Raleigh Leisure: Array Low Step Hub Gear Denim seharga £1,250.00 atau Rp 22.470.954 ini bisa dipesan melalui situs resmi Raleigh.

Sepeda Ralegih Leisure: Captus Crossbar Titanium

Sumber gambar raleigh.co.uk

Sepeda yang satu ini bakal menarik perhatianmu karena penampilannya yang mewah dan mencolok. Raleigh Leisure: Captus Crossbar Titanium ini dilengkapi dengan rem yang kuat sehingga memungkinkan kamu menghentikan sepeda bahkan di jalanan basah yang licin sekali pun.

Ketimbang seri sebelumnya, sepeda satu ini memiliki elemen roda gigi percepatan Shimano Nexus 8 serta dilengkapi pula dengan garpu suspense 60 milimeter yang bisa mengurangi guncangan saat berkendara. Selain itu, sepeda yang tergolong e-bicycle ini memiliki daya baterai 300 watt hour yang memungkinkan kamu berkendara sejauh 35 hingga 140 kilometer.

Satu hal yang paling mencolok dari seri Raleigh ini adalah sistem Bosch Acvtive Line yang dapat membantu kamu berkendara dengan nyaman dan ringan bahkan di jalanan berbukit sekali pun. Pesan sekarang di raleigh.co.uk dengan harga £1,900.00 atau Rp 34.155.850,37.

Satu hal yang perlu diperhatikan, berhubung Sepeda Ralegih Leisure: Captus Crossbar Titanium adalah sepeda elektronik alias sepeda listrik yang bisa diisi ulang, ada baiknya kamu memeriksa seberapa cepat baterai dapat di-recharge dan berapa voltase yang diperlukan.

Sepeda Raleigh Classic: Cameo Burgundy

Sumber gambar raleigh.co.uk

Nikmati piknik atau acara santai di taman kota bersama sepeda cantik dari seri Sepeda Raleigh Classic: Cameo Burgundy ini. Warnanya yang gelap dan manis sangat sesuai bagi wanita yang feminin dan dinamis. Selain desain yang elegan, sepeda ini juga dilengkapi dengan keranjang di bagian depan, memungkinkan wanita membawa barang-barang pribadi atau bekal piknik sekali pun.

Sepeda ini diperkuat dengan pelek roda alumunium serta roda gigi Shimano Revoshift 7. Sepeda ini pun dipermanis dengan lapisan yang memastikan sepeda tetap bersih, tak peduli medan apa yang dilalui. Kamu bisa membeli Raleigh Classic Cameo Burgundy seharga £288.00 atau Rp 5.177.307 melalui situs resmi Raleigh.

Sepeda Raleigh Classic: Spirit Mushroom

Sumber gambar raleigh.co.uk

Masih memanjakan wanita pengguna sepeda, kali ini Raleigh menghadirkan Sepeda Raleigh Classic: Spirit Mushroom yang masih mengusung konsep tradisional sepeda wanita dengan keranjang di bagian depan. Berwarna lebih lembut, seri Spirit Mushroom ini dilengkapi dengan bingkai alumunium yang ringan dan kuat serta pelindung lumpur.

Sepeda ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berkendara santai dengan sepeda kuat. Pelindung pada bagian rantai sepeda juga mencegah gaun atau pakaian panjang lain masuk ke rangkaian rantai sepeda. Tak hanya cantik, sepeda ini mampu dibawa menyusuri berbagai medan dan jalur. Sesuai bagi kamu, wanita yang sehari-hari memakai sepeda dalam mobilitas tinggi. Kamu bisa memesan sepeda ini melalui raleigh.co.uk dengan harga £312.00 atau Rp 5.608.750.

Sepeda Raleigh Classic: Sherwood Blue

Sumber gambar raleigh.co.uk

Konon, wanita lebih rentan mengalami stres daripada laki-laki dan jika kamu mengalaminya, mengapa tak mengambil waktu libur untuk bersepeda menyusuri kota? Sepeda Raleigh Classic: Sherwood Blue bisa jadi teman baik saat kamu menghirup udara segar sambil merelaksasi pikiran. Plus, kamu akan tambah bersemangat gowes karena sepeda ini didesain manis dengan perpaduan warna kontras yakni biru dan cokelat.

Terinspirasi dari warisan serta kesederhanaan yang bermula di Nottingham, sepeda ini dilengkapi dengan sadel yang nyaman untuk diduduki serta lapisan baja di bagian belakang yang memungkinkan posisi tegak namun santai saat berkendara. Kamu juga akan merasa terlempar ke masa lampau dengan keranjang bambu cantik yang terpasang di bagian depan sepeda. Sangat cocok untuk membawa bekal atau minuman kesukaan. Dapatkan sepeda seharga £264.00 atau Rp 4.745.865 ini di raleigh.co.uk.

Setelah membeli, pastikan kamu selalu memeriksa sepeda secara berkala misalnya mengecek baut atau sekrup yang kendor, mata rantai yang aus, atau mata gir yang menumpul. Semua ini dilakukan agar kamu tak merasa hanya nyaman berkendara namun juga aman ketika mengayuh sepeda.

Sepeda Raleigh Road: Criterium

Sumber gambar raleigh.co.uk

Kamu suka mencuci sepeda dengan air bertekanan tinggi? Sebaiknya hentikan kebiasaan itu karena tidak semua bagian sepeda seperti bottom bracket dan hubs baik dicuci dengan air bertekanan tinggi. Kamu juga tidak dianjurkan melumasi menggunakan WD-40 atau jenis penetran lainnya karena jenis tersebut dapat meluruhkan juga mengencerkan grease pada sepeda yang berakibat aus.

Buat kamu yang butuh sepeda tangguh, Raleigh Road Criterium ini bisa jadi teman perjalanan yang menyenangkan. Terdapat kerangka alumunium ganda dan dirancang khusus sehingga terasa ringan juga nyaman untuk kamu kendarai.

Sepeda ini mengadopsi geometri bingkai RE2P alias Relaxed, Ergonomic, Effective Positioning yang mampu mendorong berat pengendara dan mengurangi tekanan serta rasa lelah ketika tangan menggenggam handle. Roda gigi Shimano Claris 16-nya dapat diandalkan untuk menyusuri jalan baik menanjak atau pun menurun. Warna merah yang bold pada sepeda akan memberi kesan keren pada kamu ketika berkendara. Dapatkan sepeda Raleigh Road Criterium sekarang melalui raleigh.co.uk dengan harga £500.00 atau Rp 8.988.381.

Sepeda Raleigh Road: Mustang Sport

Sumber gambar raleigh.co.uk

Untuk merawat sepeda dengan baik dan benar, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melepas semua aksesori yang berada di setang seperti lampu, bel, spidometer dan lainnya. Jika kamu menggunakan rem dengan model V, lepas kabel penghubung dengan cara menekan kedua sisi calipers. Kemudian putar balik sepeda dan untuk menghindari lecet pada sadel serta grips, kamu dapat memakai alas yang tidak terlalu keras seperti matras dengan tebal kira-kira lima milimeter.

Kalau kamu suka bersepeda di jalanan ekstrem, sebaiknya tidak melewatkan sepeda satu ini. Raleigh Road Mustang Sport, bintang produk Raleigh untuk seri Adventure Range ini dilengkapi dengan pelek tubeless kompatibel yang membuatnya mudah untuk ditingkatkan ke ban tubeless, didesain untuk menawarkan kenyamanan berkendara dengan garpu karbon Gravel yang ringan dan bisa meredam guncangan.

Sepeda hibrid ini akan cocok untuk dibawa menyusuri medan mulus juga off road yang memungkinkan kamu berkendara di jalan tak rata sekali pun. Bentuk sepeda yang simpel dengan warna keperakan yang elegan ini tentunya akan menambah kepercayaan dirimu di saat santai. Raleigh Road Mustang Sport seharga £800.00 atau Rp 14.381.410 ini bisa diperoleh melalui situs resmi Raleigh.

Sepeda Raleigh Road: Propaganda

Sumber gambar raleigh.co.uk

Selalu periksa kelayakan sepeda sebelum kamu berkendara. Hal ini bisa dilakukan dengan mengecek roda. Pegang ban dan jika tidak terasa kencang, coba baca tulisan yang terletak di sisi roda untuk mengetahui nominal tekanan terbaik di kondisi jalan yang berbeda-beda.

Gunakan pula pompa khusus roda sepeda dan bukan pompa seperti yang ada di pom bensin. Satu hal lain yang krusial adalah mengecek kondisi rem. Tekan tuas rem sambil berdiri supaya kamu bisa melihat apakah bagian depan serta belakang rem mencengkeram roda dengan erat. Jika mendengar bunyi aneh atau kamu butuh tenaga lebih saat mengerem, sebaiknya langsung bawa ke tempat perbaikan sepeda. Kamu tidak dianjurkan mengendarai sepeda yang bermasalah karena bisa mengancam keselamatan.

Untuk menemani rutinitas kamu sehari-hari di kota, pilihlah sepeda Raleigh Road Propaganda satu ini. Didesain sederhana dengan model sadel tradisional, sepeda ini masih didukung dengan bingkai dan garpu baja Raleigh Cromoly yang tangguh. Selain itu, sepeda yang memiliki warna rangka hijau ini juga dilengkapi dengan ban Schwalbe Lugano yang besar dan memberi kesan klasik.

Sepeda ini cocok untuk kamu yang mendambakan sentuhan kuno pada sepeda masa kini. Sesuai dikendarai pria maupun wanita, kamu bisa mendapatkan sepeda yang dibanderol dengan harga £400.00 atau Rp 7.190.705 ini di situs raleigh.co.uk.

From our editorial team

Memeriksa Baterai Sepeda Elektronik Secara Berkala

Layaknya ponsel, sepeda elektronik yang mengandalkan baterai pun perlu diisi ulang. Sebaiknya, kamu selalu memeriksa daya baterai sebelum menggunakan sepeda elektronik dan langsung mengisi ulang ketika sempat agar sepeda selalu siap dipakai. Pastikan kondisi sepedamu prima setiap akan berkendara agar kamu merasa aman dan nyaman. Jangan lupa mengenakan alat pelindung bila diperlukan seperti helm sepeda. Selamat bergowes ria!