Pekerjaan Rumah Jadi Mudah Dengan 13 Rekomendasi Mesin Pengering Pakaian Terbaik Ini (2022)

Pekerjaan Rumah Jadi Mudah Dengan 13 Rekomendasi Mesin Pengering Pakaian Terbaik Ini (2022)

Mesin cuci memang bisa mengeringkan juga, tetapi mesin khusus pengering bisa bekerja dengan lebih efektif lho! Selain itu, mesin pengering juga tidak membuat baju jadi kusut. Simak rekomendasi mesin pengering terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Mesin Pengering Pakaian Bekerja Lebih Efektif

Mesin pengering atau yang juga disebut dengan dryer akan membantu pekerjaan rumah Anda. Tidak hanya mampu mengeringkan pakaian dengan sekejap, mesin pengering juga bisa mengurangi kusut pada pakaian Anda. Meskipun biasanya mesin cuci sudah dilengkapi dengan pengering, namun mesin pengering bisa bekerja lebih efektif.

Mesin pengering bisa mengeringkan pakaian jauh lebih baik dibandingkan dengan mesin cuci. Cukup diangin-anginkan saja, pakaian sudah kering sempurna. Karena tidak terlalu kusut, Anda hanya perlu menyetrikanya sebentar. Keunggulan lain mesin pengering adalah mampu menjadikan pakaian lebih bersih dan higienis, bebas dari bakteri.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Mesin Pengering Pakaian

Kebutuhan Daya

Besarnya daya listrik yang dibutuhkan mesin pengering harus jadi pertimbangan utama sebelum membeli. Pastikan daya listrik di rumah mencukupi untuk mesin pengering dan peralatan elektronik lain yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Mesin pengering hadir dalam variasi watt yang berbeda-beda. Ada yang ratusan sampai ribuan watt. Oleh karena itu, pilih mesin pengering yang paling hemat daya agar tagihan listrik tidak membengkak.

Jenis Mesin Pengering

Ada dua jenis mesin pengering berdasarkan sumber tenaganya: mesin pengering berbahan bakar gas dan mesin pengering tenaga listrik. Biasanya mesin pengering listrik jauh lebih murah , namun membutuhkan daya yang tinggi dan waktu lebih lama untuk mengeringkan pakaian.

Sementara itu, meskipun mesin pengering gas bisa bekerja cepat, namun biaya yang dikeluarkan menjadi dobel. Selain harus mengeluarkan biaya untuk gas, Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk listrik.

Fitur Unggulan

Berikutnya adalah fitur unggulan lain yang ditawarkan oleh mesin pengering. Keberadaan fitur ini tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semakin banyak fitur yang dimiliki, harganya akan semakin mahal dan semakin rumit untuk dioperasikan.

Kapasitas Muatan

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan kapasitas muatan mesin dengan kebutuhan Anda. Jika Anda akan menggunakan mesin pengering untuk keperluan pribadi, mungkin Anda tidak membutuhkan mesin yang terlalu besar. Namun jika mesin pengering akan digunakan untuk usaha laundry, maka sebaiknya pilih yang memiliki kapasitas besar.

Garansi Produk

Terakhir adalah garansi produk. Pastikan Anda membeli mesin pengering yang dapat memberikan garansi terbaik. Sehingga jika dalam penggunaannya mesin mengalami masalah atau kerusakan, Anda tidak perlu bingung dan khawatir.

Rekomendasi Mesin Pengering Terbaik Buat Anda

Emily Dryer with UV Light

Keunggulan Emily Dryer with UV Light adalah desainnya yang compact, mudah dipindahkan dan digunakan dimana saja. Ini bukanlah dryer konvensional, didesain secara unik untuk memberikan performa terbaik.

Mesin pengering ini dilengkapi dengan panel pintar untuk membantu Anda mengoperasikannya dengan mudah. Emily Dryer with UV Light memiliki sistem sterilisasi ganda menggunakan pasteurisasi dan sinar UV yang mampu membunuh hingga 99% bakteri.

Meskipun terlihat kecil, pengering ini punya kapasitas 50 liter lho! Ada pula kotak aromaterapi dimana Anda bisa menambahkan pengharum agar pakaian makin wangi.

Harga Rp. 2.500.000-3.200.000

BOLDe Super Dryer

Jika Anda mencari mesin pengering yang berkualitas namun harganya terjangkau, BOLDe Super Dryer bisa jadi pilihan terbaik. Dryer portable ini mudah dilipat, sehingga bisa Anda bawa juga saat bepergian. Mesin ini juga mampu meratakan kerutan pada pakaian dan membuat pakaian jadi lebih lembut.

Selama proses pengeringan, mesin ini akan menutup sempurna untuk mencegah debu, bakteri, dan serangga menempel ke pakaian. Dengan 5 pengaturan suhu, BOLDe Super Dryer tidak hanya membunuh virus dan bakteri, tetapi juga bisa menghilangkan bau apek. Dari segi kapasitas, mesin ini tidak besar dengan daya tampung hanya 10 liter saja.

Harga Rp. 650.000-1.000.000

Midea MDS60-V014

Bicara soal perlengkapan rumah tangga, brand Midea tentu sudah tidak asing di telinga. Midea MDS60-V014 adalah mesin pengering yang akan memudahkan pekerjaan Anda. Mesin ini mampu bekerja dengan cepat, cocok untuk penggunaan pribadi atau usaha laundry.

Midea MDS60-V014 adalah mesin pengering jenis gas yang lebih hemat listrik. Desainnya juga cantik dan elegan, didukung dengan tombol dan indikator LED untuk memudahkan operasional sehari-hari.

Harga Rp. 4.000.000-4.500.000

Electrolux EDV-6051

Berikutnya ada Electrolux EDV-6051, mesin pengering yang mampu mendeteksi kadar kelembapan pada cucian dengan sensor pintarnya. Tidak hanya itu, teknologi reverse pada mesin ini mampu mengurangi kusut pada pakaian dan mencegah pakaian menyatu.

Electrolux EDV-6051 juga masih punya fitur unggulan lain bernama delicate drying yang mampu mengeringkan baju-baju berbahan halus pada suhu rendah untuk mencegah kerusakan pada bahannya. Anda juga bisa mengatur mode tertentu sesuai kebutuhan dan pakaian yang akan dikeringkan.

Harga Rp. 6.000.000-7.000.000

Samsung DV80T5220TT

Ini dia mesin pengering yang diklaim sebagai salah satu yang terbaik di pasaran. Samsung DV80T5220TT memiliki teknologi khusus yang membuatnya mampu menghasilkan panas secara maksimal namun tidak menghabiskan terlalu banyak daya listrik.

Pintu mesin juga sangat unik, karena arah pembukaannya dapat diatur sesuai keinginan. Pintu yang transparan memudahkan Anda untuk melihat pakaian yang sedang dikeringkan. Menggunakan mesin pengering ini juga tidak membuat baju kusut, sehingga memudahkan Anda saat menyetrika pakaian.

Harga Rp. 8.000.000-9.000.000

Sanken SFD-7500 Dryer Machine

Sanken SFD-7500 Dryer Machine adalah mesin pengering yang menggunakan kecanggihan teknologi Jepang. Dengan kapasitas 7 kilogram, mesin ini cocok untuk digunakan sendiri maupun untuk usaha laundry.

Fitur unggulannya antara lain adalah anti bed bugs, dimana mesin akan menggunakan suhu tinggi untuk membasmi kutu yang menempel pada pakaian. Multi mode drying memudahkan Anda dalam mengeringkan pakaian sesuai dengan jenis bahannya.

Harga Rp. 3.000.000-4.000.000

Bosch Tumble Dryer WTB86201ID

Bosch Tumble Dryer WTB86201ID juga bisa disebut sebagai salah satu mesin cuci terbaik dengan banyaknya fitur yang ditawarkan produk ini. Antara lain adalah AutoDry yang membuat mesin dapat mengatur suhu secara otomatis untuk mengeringkan pakaian, sehingga menghindari konsumsi daya berlebih.

Ada juga Duo-Tronic Sensor yang mencegah panas berlebih. Sementara untuk pakaian yang berbahan lembut, mesin ini punya mode Sensitive Drying yang akan menjaga kualitas bahan. Hebatnya lagi, mesin ini mampu beroperasi tanpa menyebabkan bising yang berlebihan.

Harga Rp. 10.000.000-15.000.000

Denpoo DY 960

Satu lagi mesin pengering yang punya kapasitas cukup besar, Denpoo DY 960. Mesin cuci yang bisa menampung hingga 9 kilogram pakaian ini terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh dan anti karat. Selain itu, tampilan layar LED yang canggih membuat Anda makin mudah mengoperasikannya.

Fitur lain dari Denpoo DY 960 adalah lint filter dan fast drying timer. Anda juga bisa menyesuaikan temperatur melalui 3 opsi yang ada, sesuai dengan bahan pakaian.

Harga Rp. 3.500.000-4.000.000

Toshiba TD-H80SEN

Rekomendasi selanjutnya adalah Toshiba TD-H80SEN, mesin pengering dengan LED digital dan kapasitas mencapai 8 kilogram. Mesin ini juga mampu menghilangkan bau apek pada pakaian yang basah atau terkena hujan.

Keunggulan lainnya adalah daya listrik yang bisa dibilang rendah, yaitu 2000 watt. Toshiba TD-H80SEN mampu bekerja dengan sempurna, mengurangi kusut pada pakaian dan memudahkan Anda saat menyetrikanya nanti. Mesin ini juga dibekali garansi mesin selama 10 tahun.

Harga Rp. 4.000.000-5.000.000

Modena ED-650

Mesin pengering bisa jadi solusi tepat saat musim hujan, apalagi jika Anda punya kesibukan padat. Modena ED-650 adalah mesin pengering pakaian terbaik yang siap membantu Anda.

Mesin bertipe front load ini memiliki mode pengeringan berbeda-beda berdasarkan jenis bahan pakaian. Tersedia 3 mode timer berbeda yaitu 30, 60, dan 90 menit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kapasitas mesin mencapai 6.5 kilogram, pas untuk cucian sekeluarga.

Harga Rp. 5.000.000-6.000.000

Ariston TVM 70C

Ariston TVM 70C hadir dalam desain minimalis, namun bisa bekerja dengan sangat optimal. Kapasitas mesin hingga 7 kilogram, sehingga bisa digunakan di rumah namun juga ideal untuk Anda yang punya usaha laundry.

Mesin ini juga dibekali dengan fitur-fitur canggih. Seperti fitur yang dapat meminimalisir kusut pada pakaian, membuat pakaian tetap lembut dan mudah dirapikan.

Harga Rp. 5.000.000-10.000.000

Bear Multi Function Dryer

Buat Anda yang mencari mesin pengering yang benar-benar mampu menjaga pakaian tetap halus, Bear Multi Function Dryer bisa jadi jawaban yang tepat. Ini adalah mesin yang bisa mengeringkan pakaian dengan cara digantung sehingga tidak akan meninggalkan kelembapan sedikitpun.

Bear Multi Function Dryer bekerja dalam suhu tinggi untuk membunuh 99% bakteri yang hinggap pada pakaian.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

Electrolux Dryer EDV805JQWA

Electrolux Dryer EDV805JQWA jadi produk terakhir yang direkomendasikan kepada Anda. Mesin pengering ini mampu mengurangi kerut dan kusut pada pakaian hingga 32%. Selain itu, sistem Smart Sensor yang ada pada mesin dapat mengatur suhu otomatis untuk hasil yang lebih optimal. Mesin ini mampu menjaga tekstur dan warna asli kain agar tidak berubah.

Harga Rp. 8.000.000-10.000.000
From our editorial team

Jangan Lupa Bersihkan Mesin Pengering Secara Rutin

Sama halnya seperti mesin cuci, mesin pengering juga perlu dibersihkan secara rutin dan berkala. Tujuannya untuk membuang semua debu-debu yang menempel pada tabung agar mesin tetap bisa bekerja secara optimal. Pilih mesin pengering terbaik Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!