Mau Sarapan Praktis? Kamu Bisa Gunakan 10 Rekomendasi Bumbu Instan Nasi Goreng Ini! (2020)

Mau Sarapan Praktis? Kamu Bisa Gunakan 10 Rekomendasi Bumbu Instan Nasi Goreng Ini! (2020)

Nasi goreng bisa jadi menu sarapan yang enak. Supaya makin praktis, kamu bisa gunakan bumbu nasi goreng instan. Ada banyak pilihan bumbu instan jadi pastikan untuk mengecek rekomendasi kami!

Nasi Goreng, Hidangan dengan Sejuta Varian dan Rasa yang Tak Membosankan

Kuliner Indonesia memang selalu menyajikan sesuatu yang baru. Makin berkembangnya teknologi dan juga informasi membuat kreasi suatu masakan lebih cepat dikenal luas dari waktu ke waktu. Salah satu masakan yang terus memiliki varian baru adalah nasi goreng. Kuliner yang satu ini selalu hadir dengan beragam variasi baik dari penambahan toping, bumbu ataupun rasa dan warna yang unik.

Nasi goreng sejatinya adalah olahan nasi yang digoreng dengan bumbu sederhana. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih dan cabai. Kendati demikian, nasi goreng juga bisa diberi tambahan bahan lainnya mulai dari kecap, saus, terasi, ikan teri dan lainnya. Untuk penambahan tampilanya nasi goreng bisa diberi telur mata sapi, ayam goreng suwir, udang dan lainnya. Pelengkap hidangan pun beragam mula dari acar, cabai, mentimun hingga kerupuk. Penambahan tersebut bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya.

Setiap daerah memiliki keunikan sendiri dalam resep nasi goreng. Resep nasi goreng umumnya bisa dibuat sesuai dengan bahan yang tersedia atau khas di suatu daerah. Misalnya saja di Jepara, ada nasi goreng dengan tambahan jeroan seperti babat, paru dan lainnya. Lalu di Pekanbaru, nasi goreng di sana memakai ikan selais yang banyak ditemukan di sana. Beda lagi dengan di Medan yang memakai ikan teri sebagai bahan tambahan utama nasi gorengnya. Aneka varian nasi goreng ini tentu membuat kita jadi tak pernah bosan menyantapnya. Rasanya enak dan kita bisa membuat berbagai ragam varian yang sesuai dengan bahan yang kita miliki.

Sejarah Singkat Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan hidangan yang sangat populer. Bukan hanya tersedia di kaki lima, nasi goreng juga masuk restoran bintang lima. Masakan ini bahkan juga dikenal hingga mancanegara dan didapuk sebagai salah satu kuliner terenak dunia berada di posisi kedua setelah rendang.

Makanan populer ini telah ada sekitar tahun 4000 Sebelum Masehi. Awalnya masyarakat Tionghoa yang tak suka makanan dingin mencoba mengolah sisa nasi yang sudah dingin. Mereka menambahkan bumbu sehingga jadilah nasi goreng yang banyak disukai. Karena rasanya lezat maka masakan ini cepat tersebar di Asia.

Nasi goreng banyak disukai karena untuk membuatnya, bahannya mudah didapatkan. Pemborosan beras jadi bisa dikurangi, nasi yang sudah dingin bisa kembali diolah sehingga tak terbuang percuma. Dengan bumbu khas di setiap daerah tentu saja nasi goreng jadi lebih mudah diterima dan dinikmati berbagai lapisan masyarakat.

Nasi Goreng Bisa Jadi Menu Sarapan Sehat

Nasi goreng adalah masakan yang umum jadi menu sarapan. Banyak yang bilang nasi goreng kurang sehat sebagai menu sarapan sebab terlalu banyak lemaknya karena semua serba digoreng dari nasi hingga lauknya. Apalagi penyajiannya dibarengi dengan kerupuk yang tentu membuat asupan lemak dalam tubuh menjadi lebih banyak di awal hari.

Nasi goreng merupakan menu sarapan praktis karena semua bahan bisa dicampur jadi satu sehingga tak butuh waktu lama untuk memasaknya. Nasi goreng kaya karbohidrat dan protein dari nasi dan lauk hewani. Dengan tambahan sayuran maka nasi goreng jadi memiliki tambahan vitamin juga. Jangan khawatir mengonsumsi nasi goreng untuk sarapan sebab kita bisa memasaknya dengan cara sehat sehingga nasi goreng mengandung sedikit lemak.

Supaya nasi goreng bisa jadi menu sarapan sehat, kamu bisa memasak memakai minyak biji bunga matahari atau minyak zaitun. Untuk sarapan sebaiknya memilih telur rebus, daging panggang, ikan asap atau bahkan telur ceplok air. Ini akan lebih sehat dibanding lauk yang juga digoreng. Kemudian, kamu bisa juga menambahkan porsi sayuran lebih banyak dalam sepiring nasi goreng supaya lebih sehat.

Dalam proses memasak gunakan wajan besi yang tebal supaya nasi bisa matang merata dan tak mudah menggumpal. Gunakan mentega tawar untuk menumis bumbu sehingga bisa mencegah nasi goreng jadi berminyak dan tentunya lebih sehat. Jangan lupa untuk memakai api besar saat memasak. Ini akan membuat nasi cepat matang dengan tekstur yang pas.

Cara Memilih Bumbu Nasi Goreng Instan

Pilih Berdasarkan Kemasan dan Bentuknya

Malas bikin bumbu nasi goreng sendiri? Kamu bisa memilih bumbu berdasarkan kemasan dan juga bentuknya. Umumnya kemasan bumbu nasi goreng ada dua yakni kemasan botol jar dan juga sachet. Untuk yang praktis dan sekali takar, kamu bisa gunakan bumbu nasi goreng kemasan sachet. Sementara jika ingin berkali-kali pakai, kamu bisa gunakan bumbu kemasan botol jar.

Dalam hal bentuk, bumbu nasi goreng ada dua jenis yakni bentuk bubuk dan bentuk pasta. Perbedaannya adalah saat memasaknya. Untuk yang bentuk bubuk, kamu cukup masukkan bumbu usai nasi dan pelengkap nasi goreng ditumis. Bumbu dimasukkan terakhir dan tinggal diaduk sampai rata. Sementara itu untuk bubuk bentuk pasta untuk memasaknya harus ditumis dulu sampai harum. Selanjutnya kamu bisa masukkan pelengkap baru nasinya.

Tak Ada Salahnya Memilih Varian Rasa yang Unik

Sumber gambar www.blibli.com

Kita tahu ada banyak varian nasi goreng yang tersedia. Untuk membuat nasi goreng dengan praktis kita bisa juga mengandalkan bumbu nasi goreng instan loh. Sekarang ini ada banyak varian bumbu nasi goreng yang enak yang tersedia. Produsen bumbu nasi goreng makin kreatif mengkreasikan bumbu yang ada. Kamu bisa pilih nasi goreng seafood, ayam hingga nasi goreng dengan rasa masakan nusantara seperti nasi goreng soto, nasi goreng rendang dan lainnya. Adanya bumbu instan nasi goreng dengan varian rasa ini tentu mempermudah kita menikmati varian nasi goreng yang enak dengan praktis dan cepat.

Cek Bahan dan Tanggal Kedaluwarsanya

Yang paling penting dalam memilih bumbu nasi goreng instan adalah mengecek bahan pembuatannya. Pastikan tak ada bahan yang bikin kamu alergi saat mengonsumsinya. Cek belakang kemasan untuk memastikan apa saja komposisinya. Usahakan untuk memilih bumbu instan nasi goreng yang memakai bahan alami. Hindari bumbu nasi goreng yang banyak memakai MSG, pewarna, pengawet dan lainnya yang kruang sehat untuk kesehatan.

Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kedaluwarsa produknya ya. Meski ada bumbu instan yang tak memakai bahan pengawet, namun bahan rempah yang bisa jadi pengawet alami pun memiliki masa kedaluwarsa. Maka dari itu pastikan bahwa bumbunya belum kedaluwarsa saat kamu memasaknya sehingga lebih aman untuk dikonsumsi ya.

Ini Dia Aneka Bumbu Nasi Goreng yang Rasanya Tak Tertandingi!

Bumbu Nasi Goreng Kunyit Cap Ibu

Bumbu Nasi Goreng Kunyit Cap Ibu ini bisa jadi pilihan bumbu nasi goreng instan yang lezat. Produk dari Cap Ibu ini sudah dikenal kualitasnya. Dikemas dalam botol jar, bumbu nasi goreng ini lebih terjamin rasa dan kehigienisannya. Bumbu ini dibuat tanpa pewarna dan pengental. Produk hanya memakai rempah alami khas Indonesia dengan rasa kunyit yang menonjol. Bumbu nasi goreng ini akan kedaluwarsa 1,5 tahun dari tanggal produksi. Usai dibuka, silahkan disimpan di lemari pendingin sampai 6 bulan.

Harga Rp. 26.000-43.000

Pronas Bumbu Nasi Goreng

Selanjutnya kamu bisa gunakan Pronas Bumbu Nasi Goreng. Produk yang satu ini sangat praktis digunakan dan tak makan banyak waktu. Bumbu ini sudah lengkap dengan bahan daging ayam, sapi, maupun kornet. Kamu cukup tuang tuangkan bumbu nasi goreng pada nasi lalu menumisnya hingga merata. Bumbu dikemas dalam kemasan aluminium foil untuk membuat bumbu tetap segar dan bisa tetap nikmat saat digunakan lagi.

Harga Rp. 8.000-12.000

Kobe Bumbu Nasi Goreng Pol Pedas

Kobe Bumbu Nasi Goreng Pol Pedas juga cocok jadi pilihan. Bumbu instan nasi goreng yang satu ini paling cocok untuk kamu yang suka makanan pedas. Nikmati nasi goreng pedas tanpa harus repot menggulek banyak cabai. Dengan satu bumbu ini kamu akan menikmati nasi goreng dengan kepedasan yang menggelegar. Cara memasaknya mudah dan pastinya tak butuh tambahan bumbu lainnya. Cukup taburkan pada nasi dan bahan tambahan seperti daging, ayam dan lainnya lalu aduk merata dan masak hingga matang.

Harga Rp. 1.500-3.000

Indofood Racik Nasi Goreng Special

Kamu bisa juga menggunakan Indofood Racik Nasi Goreng Special sebagai bumbu instan nasi goreng andalanmu. Produk ini memiliki rasa nasi goreng yang khas dan gurih. Ada perpaduan pas dari rasa rempah dan asin yang enak sehigga membuat kita ketagihan menyantapnya. Bumbu yang satu ini hadir dalam kemasan sachet dalam bentuk bubuk. Dengan bumbu ini, warna nasi goreng jadi agak kemerahan namun rasanya tak pedas sehingga aman untuk kamu yang tak suka terlalu pedas.

Harga Rp. 1.800-2.000

Bumbu Munik Nasi Goreng

Bumbu Munik Nasi Goreng cocok juga jadi pilihan bumbu instan andalanmu. Produk ini memiliki rasa yang enak dan bikin kamu tak bisa berhenti menyantap nasi goreng. Cara mengolahnya juga mudah. Kamu tinggal kombinasikan nasi goreng buatanmu dengan telur goreng, ayam suwir dan lainnya sesuai selera. Bumbu Munik hanya memakai bahan alami untuk produknya. Ada petunjuk penggunaan pada kemasan sehingga kamu bisa lebih mudah menggunakannya.

Harga Rp. 24.000-33.000

Nagatanien Kani Cha-Han no Moto

Nagatanien Kani Cha-Han no Moto ini cocok untuk kamu yang ingin varian rasa nasi goreng yang unik. Ini adalah bumbu nasi goreng dengan rasa seafood yang kaya. Produk ini diimpor dari Tokyo Jepang. Bumbu nasi goreng ini terdiri dari 3 saset pada setiap bungkusnya. Bumbu ini bebas MSG dan bahan pengawet yang berbahaya. Dengan rasa kepiting yang nikmat, bumbu ini dibuat dari bahan pilihan.

Harga Rp. 39.000-47.000

Royco Nasi Goreng Rendang

Ada juga Royco Nasi Goreng Rendang untuk kamu yang bosan nasi goreng biasa. Produk ini bikin kamu mencicipi rasa nasi goreng yang anti mainstream. Paduan rasa rendang dan nasi goreng tentu bikin kamu takjub. Terbuat dari bahan pilihan yang berkualitas. Kamu bisa berikan potongan-potongan daging sapi supaya rasa rendangnya bisa makin meyakinkan. Berikan aneka tambahan bahan pelengkap untuk membuat masakan nasi goreng kamu lebih enak.

Harga Rp. 1.800-2.500

Adabi Perencah Bumbu Nasi Goreng 30 gr

Adabi Perencah Bumbu Nasi Goreng ini juga menjadi pilihan tepat untukmu. Bumbu khas Malaysia ini bikin kamu seolah sedang berada di Malaysia dan mencicipi nasi goreng khasnya. Bumbu ini rasanya nendang dan sangat gurih. Produk ini dikemas dalam kemasan sachet yang cukup untuk 2 porsi. Bumbu ini berbahan alami dan tak memakai bahan pengawet. Produk mudah dimasak dan tak butuh waktu lama untuk mengolahnya.

Harga Rp. 2.600-4.000

DELMONTE BUMBU NASI GORENG RASA SEAFOOD

Kamu bisa juga gunakan produk Del Monte Bumbu Nasi Goreng Rasa Seafood. Bumbu yang satu ini sangat praktis dan juga lezat. Dibuat dari rempah berkualitas, produk ini bisa memberikan cita rasa asli nasi goreng khas nusantara. Bumbu dalam bentuk pasta ini perlu ditumis sebentar sebelum kamu memasukkan nasi dan bahan lainnya. Dikemas dalam botol jar, produk ini lebih higienis dan terjaga kualitasnya.

Harga Rp. 11.000-16.000

Kokita Bumbu Nasi Goreng Pedas

Kokita Bumbu Nasi Goreng Pedas juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini bikin kamu tidak perlu repot mengolah bumbu sendiri. Dikemas dalam botol jar, produk mudah disimpan dan rasanya lebih terjaga. Terbuat dari rempah alami, bumbu ini memiliki rasa yang lezat. Bumbu tak hanya bisa digunakan untuk membuat nasi goreng, tetapi bisa juga sebagai bumbu masakan lainnya.

Harga Rp. 26.000-35.000
From our editorial team

Bumbu Nasi Goreng Instan, Cocok untuk Kamu yang Sibuk

Tak sempat masak dan sarapan karena terlalu sibuk? Waduh jangan sampai melewatkan sarapan hanya karena terburu-buru ya. Kamu bisa sarapan nasi goreng dengan cepat memakai bumbu nasi goreng instan. Tinggal tuang dan aduk bersama nasi lalu memasaknya sebantar. Kamu bisa tambahkan telur ceplok sebagai pelengkap dan sayuran seperti mentimun dan tomat supaya lebih sehat. Nah, cek yuk, rekomendasi bumbu instan dari kami di atas!