10 Rekomendasi Serum Rambut Kering untuk Mendapatkan Rambut yang Lebih Lembab, Sehat, dan Mudah Diatur

10 Rekomendasi Serum Rambut Kering untuk Mendapatkan Rambut yang Lebih Lembab, Sehat, dan Mudah Diatur

Rambut kering adalah salah satu masalah rambut yang lazim dialami sebagian orang. Bagi Anda yang mengalaminya, pastikan untuk segera mengatasinya agar tidak menimbulkan masalah lain. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan serum rambut kering yang mampu menutrisi dan mengunci kelembapan rambut. Berikut adalah 10 rekomendasi serum rambut kering yang patut Anda pilih.

Rambut Kering, Masalah Umum yang Menjadi Tanda Kerusakan Rambut

Setiap orang memiliki tipe rambut dan masalahnya masing-masing. Meski demikian, salah satu masalah rambut yang pernah dialami sebagian besar orang adalah rambut kering. Sering dianggap sepele, rambut kering sebenarnya adalah salah satu tanda kerusakan rambut yang patut segera diatasi.

Rambut kering dapat terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah paparan sinar matahari yang membuatnya kehilangan kelembapan. Proses styling dengan peralatan yang mengeluarkan panas juga membuat rambut menjadi kering, mudah kusut, dan sulit diatur. Kondisi rambut ini dapat berlanjut menjadi masalah lain, seperti ketombe dan kerontokan rambut.

Tips Mengatasi Rambut Kering

Tidak Terlalu Sering Keramas

Keramas adalah salah satu cara menjaga kebersihan rambut, sehingga rambut lebih sehat dan nyaman. Sayangnya, terlalu sering keramas justru tidak baik bagi kondisi rambut. Sampo yang Anda gunakan dapat menghilangkan minyak alami rambut. Minyak alami rambut memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan rambut.

Kelebihan minyak rambut memang dapat membuat rambut menjadi lepek. Namun, kekurangan minyak tersebut membuat rambut kering, kusam, serta mengundang masalah lain, seperti ketombe dan kerontokan. Anda bisa melakukan keramas 1-2 kali dalam seminggu untuk menjaga kebersihan dan kelembapan rambut.

Membatasi Styling Rambut

Mencoba berbagai penampilan dengan styling rambut memang menyenangkan. Sayangnya, paparan panas dari alat styling dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Paparan panas tersebut mampu membuat rambut kehilangan kelembapannya, sehingga menjadi kering dan rusak.

Bagi Anda yang kerap mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, sebaiknya mulai bersabar mengeringkan rambut dengan handuk. Sementara bagi Anda yang suka melakukan styling, sebaiknya mengurangi intensitasnya agar rambut tidak rusak. Anda juga bisa menggunakan serum atau produk perawatan rambut lainnya sebelum dan sesudah styling agar rambut lebih terlindungi.

Memilih Sampo yang Tepat

Selain tidak terlalu sering keramas, pemilihan sampo juga memegang peranan penting dalam menjaga kelembapan rambut. Sebaiknya pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan mengandung formula yang mampu mengatasi masalah rambut Anda. Bagi Anda yang memiliki masalah rambut kering, sampo dengan kandungan dimethicone lebih disarankan untuk menjaga kelembapan dan kadar air di kulit kepala.

Sampo dengan kandungan argan oil dan ekstak madu juga disarankan, mengingat manfaatnya untuk mengunci kelembapan pada rambut dan kulit kepala. Pilih sampo dengan kandungan pH rendah, karena mampu menjaga kelembapan rambut. Bagi Anda yang lebih menyukai sampo beralkohol, pastikan bahwa jenis alkohol yang tidak mengubah senyawanya dalam larutan air, sehingga membantu menjaga kelembapan rambut.

Menggunakan Serum Rambut Kering

Sampo saja rasanya tidak cukup untuk mengatasi masalah rambut kering. Untuk mengembalikan kelembapan rambut, kini tersedia berbagai produk perawatan rambut yang mengandung aneka bahan bernutrisi untuk membantu mengatasi rambut kering. Salah satu produk yang bisa dipilih adalah serum rambut kering.

Seperti namanya, serum rambut kering umumnya mengandung berbagai nutrisi yang berguna untuk menjaga kelembapan rambut, sehingga rambut lebih sehat dan mudah diatur. Pilih serum yang dilengkapi dengan kandungan alami, seperti minyak argan, ekstrak camelia, atau madu, yang dipercaya dapat mengunci kelembapan rambut. Anda juga bisa melengkapi perawatan dengan aneka produk lain, seperti kondisioner dan masker rambut

10 Rekomendasi Serum Rambut Kering untuk Mengunci Kelembapan Rambut

Natur Hair Serum

Produk pertama yang direkomendasikan untuk mengatasi rambut kering adalah Natur Hair Serum. Serum ini diperkaya dengan Natural Active Oil dan Vitamin E yang diformulasikan sebagai protecting treatment. Rambut menjadi lebih terawat dan terjaga dari kerusakan.

Serum ini cocok untuk Anda yang mengalami rambut kering dan rusak akibat styling. Kandungan Natur Hair Serum mampu menjaga kelembapan alami rambut, menutrisi, dan mempertahan kekuatannya. Dengan demikian rambut tampak lebih sehat dan berkilau.

Harga Rp. 70.000-100.000

Matrix Biolage Deep Smoothing Serum

Bukan rahasia lagi bahwa rambut kering membuatnya menjadi kusut dan sulit diatur. Tak perlu khawatir, Matrix Biolage Deep Smoothing Serum siap untuk mengatasinya. Serum rambut keluaran Matrix ini merupakan produk perawatan rambut profesional untuk rambut yang mengembang dan sulit diatur.

Serum rambut kering ini mengandung camelia yang mampu mengatur kelembapan rambut, sehingga menjadikan rambut lebih lembut. Matrix Biolage Deep Smoothing Serum juga cocok bagi Anda yang mencari serum untuk melindungi rambut agar tidak kering akibat styling. Rambut pun terhindar dari kusut dan menjadi lebih mudah diatur.

Harga Rp. 70.300-85.000

L'Oreal Paris Elseve Extraordinary Oil Gold Hair Treatment Serum

Bila berbicara mengenai perawatan rambut, L'Oreal Paris adalah salah satu merek yang memiliki berbagai produk andalan. Salah satu serum rambut andalannya adalah L'Oreal Paris Elseve Extraordinary Oil Gold Hair Treatment Serum. Produk ini merupakan serum perawatan rambut intensif untuk menutrisi dan melindungi rambut, sehingga lebih halus, lembut, berkilau, dan tidak lepek.

Produk ini cocok dipilih sebagai serum rambut kering karena formulanya yang diperkaya dengan 6 minyak bunga istimewa yang mampu merawat kelembapan rambut. Perpaduan ekstrak bunga lotus, chamomile, rose, tiare, linseed, dan soybean, mampu menutrisi batang hingga ujung rambut. Tak hanya cocok untuk pemilik rambut kering, serum ini cocok untuk rambut normal dan mengatasi rambut rusak.

Harga Rp. 89.000-99.200

Kerastase Elixir Ultime

Kerastase Elixir Ultime adalah serum rambut kering berikutnya yang masuk daftar rekomendasi. Produk ini merupakan serum oil yang ringan dengan kandungan bunga camelia. Tak hanya cocok untuk rambut kering, produk ini juga cocok untuk merawat semua jenis rambut.

Produk keluaran Kerastase ini mampu menutrisi, menambah volume, dan melindungi rambut dari panas. Sehingga, rambut tidak kehilangan kilau alaminya. Selain bisa digunakan sebelum atau setelah styling, serum ini juga dapat digunakan sebelum keramas untuk mengurai rambut kusus dan memberikan kelembutan ekstra pada batang rambut.

Harga Rp. 450.000-520.000

Miranda Hair Serum Jojoba Oil

Anda yang gemar mewarnai rambut pasti sudah tak asing dengan Miranda. Merek perawatan rambut ini tak hanya memiliki aneka cat rambut favorit, namun juga serum rambut kering untuk memberikan perawatan maksimum. Bukan rahasia lagi bahwa paparan sinar matahari dan styling membuat rambut kerap mengalami kerusakan, sehingga menjadi kering, kasar, dan mudah kusut.

Miranda Hair Serum Jojoba Oil mengandung argan moroccan yang berfungsi untuk merawat rambut secara sempurna. Selain merevitalisasi rambut, serum ini juga memberikan kelembaban optimal untuk mengatasi rambut rusak. Produk ini tidak lengket dan memiliki wangi yang tahan lama, sehingga lebih nyaman dipakai.

Harga Rp. 38.900-54.500

Makarizo Professional Honey Dew Nutriv Serum

Serum berikutnya yang direkomendasikan adalah Makarizo Professional Honey Dew Nutriv Serum. Produk ini merupakan vitamin rambut dalam bentuk serum yang dirancang untuk perawatan sehari-hari. Diformulasikan khusus dengan vitamin A, C, dan E, serta ekstrak madu membuatnya mampu menutrisi rambut.

Makarizo Professional Honey Dew Nutriv Serum merupakan pilihan yang tepat sebagai serum rambut kering, karena mengandung ekstrak madu yang mampu memberikan kelembapan,kelembutan, dan melindungi rambut dari kerusakan akibat panas matahari dan styling. Rambut menjadi lebih mudah diatur dan tidak kusut.

Harga Rp. 55.000-64.251

SALSA Hair Serum

Setiap orang memiliki tipe rambut yang berbeda dengan masalah yang berbeda pula. SALSA Hair Serum adalah salah satu produk yang bisa dipilih untuk mengatasi berbagai masalah rambut, termasuk rambut kering. Serum rambut ini hadir dalam 3 varian, yaitu Keratin Repair Hair Serum, Growth Hair Serum, dan Rose Hair Serum.

Anda yang sedang mencari serum rambut kering sebaiknya memilih varian Keratin Repair Hair Serum yang cocok untuk perawatan rambut rusak dan bercabang. varian tersebut mengandung Silkworm Cocoon Extract yang memberikan perbaikan pada rambut dengan keratin. Rambut pun menjadi ternutrisi, mudah diatur, dan lebih halus.

Harga Rp. 16.500-17.100

VENON Hair Serum Treatment Coat Series

Serum perawatan rambut berikutnya yang cocok untuk berbagai masalah rambut adalah VENON Hair Serum Treatment Coat Series. Produk ini hadir dengan 3 varian, yaitu Original Red, New Sensation, dan Shiny Smooth Black. Bagi Anda yang tengah mencari serum rambut kering, varian Original Red bisa dijadikan pilihan.

Vitamin rambut berbentuk serum ini memang diformulasikan untuk melapisi sekaligus merawat rambut yang bermasalah. Dengan demikian rambut menjadi tidak kering, lembut, kuat, elastis, berkilau, dan tidak berminyak. Varian Original Red sendiri cocok untuk pemilik rambut kering karena kandungan vitaminnya yang mampu melindungi rambut dari efek paparan sinar matahari dan styling.

Harga Rp. 46.250-66.700

Safi Hair Xpert Repair Hair Serum for Damage Hair

Memiliki aktivitas yang padat di luar ruangan kerap menimbulkan masalah rambut karena paparan sinar UV. Selain menjadi kering, rambut juga lebih susah diatur. Rambut menjadi mengalami kerusakan dan kehilangan keindahan alaminya.

Tak perlu khawatir, Anda yang memiliki masalah tersebut dapat melirik Safi Hair Xpert Repair Hair Serum for Damage Hair. Serum rambut keluaran Safi ini berfungsi menutrisi rambut, sehingga terasa lebih lembut dan mudah diatur. Produk ini juga merawat rambut kusam dan rapuh, sehingga menjadi lebih sehat dan kuat.

Harga Rp. 99.000

Lae Sa Luay All In One Hair Keratin Serum

Serum rambut kering terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Lae Sa Luay All In One Hair Keratin Serum. Produk ini ampuh melembapkan, menutrisi, dan membuat rambut menjadi lebih mudah diatur. Serum ini mengandung formula premium all-inclusive cole yang memiliki banyak manfaat.

Selain melembapkan rambut kering, produk ini juga melembutkan rambut dari akar agar mudah ditata. Produk ini juga cocok bagi Anda yang suka mewarnai rambut, karena mampu menjaga warna dan mengurangi rambut rontok. Lae Sa Luay All In One Hair Keratin Serum juga mampu menguatkan rambut dari akarnya dan mengatasi rambut yang berminyak.

Harga Rp. 95.000-96.000
From our editorial team

Cara Menggunakan Serum Rambut

Dari daftar rekomendsi di atas, kira-kira manakah yang menjadi pilihan Anda? Serum mana saja yang Anda pilih, pastikan untuk memahami cara penggunaannya agar dapat memberikan hasil yang maksimal bagi rambut. Serum rambut sebaiknya digunakan langsung setelah keramas, sehingga mampu mengunci kelembapan rambut dengan lebih baik. Teteskan serum pada telapak tangan, kemudian gosokkan melalui jari-jari Anda. Aplikasikan pada rambut dengan cara menyisirnya menggunakan jari secara perlahan. Jangan menggosok serum pada kulit kepala, sebab akan membuat rambut menjadi berminyak.