12 Jenis Kerajinan dari Kayu yang Mudah Dibuat dan Dijual di Pasaran, Apa Saja? (2021)

12 Jenis Kerajinan dari Kayu yang Mudah Dibuat dan Dijual di Pasaran, Apa Saja? (2021)

Kayu sudah lama dijadikan bahan untuk membuat kerajinan. Berbagai jenis kayu bisa diubah menjadi benda-benda yang memiliki nilai guna, atau sekedar hiasan bernilai estetika. Simak deretan kerajinan kayu yang mudah dibuat dan banyak dijual di pasaran dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Kayu Banyak Digunakan Sebagai Bahan Kerajinan Tangan

Penggunaan kayu sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan tangan sudah menjadi salah satu tren yang tak lekang oleh waktu. Pasalnya sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mahir mengolah kayu untuk dijadikan beraneka ragam produk kerajinan tangan seperti patung dan ukiran yang juga diterapkan dalam pembuatan perabot rumah tangga.

Di masa kini, nuansa klasik dan rustic menjadi perpaduan yang umum dijumpai mulai dari ruang kerja, kamar, hingga cafe. Disinilah tren penggunaan kayu sebagai dekorasi untuk nuansa klasik kembali naik daun.

Selain memberikan kesan classy dan estetik, penggunaan kayu juga sangat direkomendasikan lantaran memiliki daya tahan yang lebih kuat dibanding plastik, dan tentu saja, ramah lingkungan.

Jenis Kayu yang Sering Digunakan Membuat Kerajinan

Kayu Jati

Sesuai namanya, jenis kayu ini berasal dari pohon jati yang banyak ditemukan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jenis kayu ini sering dijuluki sebagai raja kayu lantaran memiliki daya tahan yang baik sehingga produk-produk kerajinan maupun perabot rumah tangga yang terbuat dari kayu jati sangat awet dan tahan lama.

Jadi, jangan heran apabila produk-produk kerajinan tangan maupun perabot rumah tangga yang terbuat dari kayu jati umumnya memiliki nilai jual yang tinggi.

Kayu jati umumnya memiliki warna dasar coklat muda dengan serat yang lurus dan tekstur yang sedikit kasar. Kayu jati umumnya memiliki daya retak yang rendah alias tidak mudah retak, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan perabot rumah tangga seperti meja, kursi, hingga lemari.

Kayu Akasia

Kayu akasia memiliki penampilan mirip dengan kayu jati. Benar, jenis kayu ini juga memiliki warna dasar kecoklatan dengan serat yang menarik dan mudah untuk diolah menjadi berbagai macam produk kerajinan tangan.

Kayu akasia umumnya memiliki bobot yang lebih berat dibanding kayu jati asli. Selain itu, kayu akasia juga memiliki aroma yang kurang sedap dan masih rentan terhadap jamur dan rayap.

Kayu Trembesi

Sumber gambar dekoruma.com

Kayu Trembesi umumnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan meja berkat penampilan warnanya yang cantik dan khas, yakni perpaduan warna putih pada pinggirannya dan warna coklat pada bagian tengah.

Selain itu, ciri khas lain kayu trembesi ialah diameter kayu yang cukup besar sangat memudahkan para pengrajin untuk membuat produk kerajinan atau perabot rumah tangga yang berukuran besar.

Harga kayu trembesi juga jauh lebih murah ketimbang jenis kayu jati, sehingga sangat cocok untuk dipasarkan pada masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.

Kayu Mahoni

Sumber gambar dekoruma.com

Kayu mahoni atau mahogany merupakan jenis kayu yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk bahan baku pembuatan perabot rumah tangga maupun kerajinan tangan.

Jenis kayu ini umumnya memiliki warna yang berkisar antara merah hingga merah muda. Kayu mahoni juga memiliki daya tahan penampang yang sangat stabil, dan tidak mudah mengalami penyusutan atau pemuaian, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan alat musik seperti gitar.

Selain itu, kayu mahoni juga merupakan jenis kayu dengan daya tahan yang lama dan tekstur serta serat yang halus sehingga mudah dipotong dan dibentuk.

Kayu Pinus atau Jati Belanda

Sama halnya dengan kayu mahoni, kayu pinus juga memiliki warna yang terang sehingga tekstur dan seratnya yang halus dapat terlihat jelas. Kayu mahoni juga memiliki bobot yang ringan dan cenderung lunak sehingga mudah dibentuk dan diproses.

Meskipun kelihatannya cenderung lunak, jenis kayu pinus ini cukup kuat dan tahan lama, lho! Bahkan harganya jauh lebih terjangkau dibanding kayu jati.

Berbagai Kerajinan Kayu yang Mudah Untuk Dibuat

Tatakan Gelas

Sumber gambar bukalapak.com

Tatakan gelas dari kayu umumnya digunakan oleh cafe-cafe yang mengusung tema rustic atau klasik. Jenis kayu pinus yang ringan dan mudah dipotong serta dibentuk menjadi pilihan pengrajin untuk membuat produk ini. Penggunaan tatakan kayu memberikan nilai estetika sendiri, terlebih lagi ketika difoto.

Kalender Kayu

Sumber gambar aliexpress.com

Kalender kayu menjadi salah satu pilihan dekorasi untuk mempercantik ruang tamu atau ruang kerja dengan tampilan yang sederhana namun unik. Pilihlah jenis kayu yang ringan dan mudah dibentuk untuk membuat produk kerajinan ini. Benda ini juga sering dijadikan souvenir di acara-acara seperti pernikahan lho!

Alat Makan

Sumber gambar tokopedia.com

Selain tatakan gelas, kayu juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan peralatan makan yang ramah lingkungan seperti gelas, mangkok, piring, hingga sendok atau garpu. Alat makan dari kayu memberikan kesan estetik bagi pemakainya. Untuk memberi sentuhan kemewahan, tidak jarang alat makan kayu juga dihias dengan ukiran rumit.

Frame Foto

Sumber gambar dekoruma.com

Meskipun terkesan klasik, namun kayu memang sering digunakan sebagai bahan pembuatan frame atau pigura untuk memajang foto anggota keluarga yang memorable atau foto hewan peliharaan kesayangan. Pigura ini bisa digantung di dinding atau sekedar diletakkan di atas meja untuk mengenang momen-momen tertentu atau sebagai penyemangat di kala hari terasa suntuk. Berbagai macam pigura atau frame foto kayu banyak dijual di pasaran.

Hiasan Meja

Sumber gambar tokopedia.com

Kayu pinus yang memiliki tekstur ringan dan mudah dipotong serta dibentuk juga merupakan bahan yang cocok untuk pembuatan hiasan meja. Hiasan kayu ini bisa dijadikan hiasan di ruang tamu atau ruang kerja.

Ada berbagai contoh hiasan yang bisa dibuat dari bahan kayu, seperti balok huruf atau angka, atau miniatur kecil yang menyerupai hewan atau karakter animasi tertentu. Kayu juga mudah diwarna, sehingga hiasan meja lebih bisa dikreasikan.

Hiasan Dinding

Sumber gambar lazada.co.id

Selain pigura, aneka hiasan dinding yang terbuat dari kayu dengan berbagai motif atau kata-kata penyemangat juga cocok untuk dipajang pada dinding ruang tamu, kamar, atau ruang kerja. Cara pembuatannya pun relatif mudah, cukup memotong kayu sesuai desain yang diinginkan dan dihaluskan permukaannya menggunakan amplas. Jika ingin tampak mengkilap, lapisi kayu dengan pelitur.

Bingkai Cermin

Sumber gambar lagomhomestore.com

Selain pigura, kayu juga dapat digunakan sebagai bahan pelindung yang dipasang pada pinggiran cermin untuk menghindari benturan atau mempercantik bentuk cermin. Cermin yang terbingkai oleh kayu akan terlihat lebih natural dan klasik. Makin betah deh berlama-lama di depan cermin.

Dudukan Lampu Hias

Sumber gambar shopee.co.id

Dudukan lampu hias biasanya digunakan sebagai penyangga atau sekedar untuk memperindah bentuk lampu hias. Dudukan lampu hias dapat dibuat dari berbagai macam bahan, salah satunya kayu. Lampu hias dengan dudukan kayu akan menambah kesan klasik dan rustic yang membuat kita merasa nyaman berada di dekatnya.

Vas Bunga

Sumber gambar tokopedia.com

Vas bunga umumnya diletakkan sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan atau memberi kesan natural pada halaman belakang maupun pekarangan rumah. Vas bunga yang terbuat dari kayu akan membuat rumah terkesan lebih manis dan tetap memiliki sentuhan alam. Selain vas bunga, kayu juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyusun pot bunga agar tampak lebih rapi.

Meja dan Kursi

Sumber gambar tokopedia.com

Jenis kayu yang kuat dan tahan lama seperti jati atau trembesi merupakan bahan yang cocok untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan meja atau kursi. Untuk menonjolkan sisi unik penggunaan kayu, bisa juga ditambahkan sedikit ukiran agar meja dan kursi cocok diletakkan di teras rumah atau halaman belakang. Furnitur dari kayu memberikan kesan mewah, apalagi jika terbuat dari kayu jati asli.

Peralatan Dapur

Sumber gambar lazada.co.id

Tak hanya peralatan makan, bahan kayu juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan rak peralatan dapur. Jika ingin yang sederhana, cukup gunakan kayu panjang dan tambahkan beberapa pengait untuk menggantung panci dan wajan. Dekorasi menggunakan kayu akan membuat dapur terkesan vintage.

Rak Buku

Umumnya rak buku dibuat dari jenis kayu yang tahan rayap seperti kayu jati, namun beberapa jenis kayu lain yang lebih ringan juga dapat digunakan sebagai pengganti. Penggunaan kayu yang lebih ringan cocok untuk rak buku yang letaknya menempel pada dinding. Oh ya, jangan lupa untuk menyemprotkan lapisan anti rayap ya!

From our editorial team

Kenali Jenis Kayunya, Perhatikan Cara Perawatannya!

Kerajinan dari kayu memang terlihat sangat cantik dan estetik. Namun jangan lupa untuk memperhatikan cara perawatannya juga agar tidak rusak dimakan rayap. Setelah membaca daftar kerajinan kayu di artikel BP-Guide di atas, mana yang paling menarik perhatian Anda?