10 Rekomendasi Buku Karir untuk Memotivasimu Meraih Impian dan Karir Cemerlang (2020)

10 Rekomendasi Buku Karir untuk Memotivasimu Meraih Impian dan Karir Cemerlang (2020)

Buku adalah jendela dunia bagi siapa saja yang mau membacanya. Sekarang ini banyak orang mulai meninggalkan kebiasaan membaca padahal banyak manfaat yang bisa kita dapat. Kamu yang sedang merintis karir atau berencana ingin meningkatkan karir, bisa juga membaca buku yang sehubungan dengan karir. Simak rekomendasi buku seputar pengembangan diri dan karir di bawah ini, ya!

Karir yang Bagus Bisa Diraih dengan Kebiasaan yang Baik

Saat sudah lulus Sekolah Menengah Atas atau lulus dari Perguruan Tinggi, kita mulai dituntut untuk memikirkan soal karir. Mau jadi apa kita kedepannya? Pertanyaan ini juga bisa diajukan pada mereka yang saat ini sudah bekerja namun merasa stuck dan ingin berganti pekerjaan atau ingin naik jabatan lebih tinggi.

Dalam dunia kerja, karir memang merupakan hal yang penting untuk dipikirkan dan diusahakan untuk lebih tinggi dari harapan. Setiap orang tentu ingin memiliki karir yang cemerlang dan bagus. Tentu saja agar karir yang mengagumkan bisa tercapai, kita wajib bekerja keras. Selain kerja keras, faktor seperti pengalaman dan juga pengembangan diri akan mempengaruhi karir kita kedepannya. Dalam hal pengembangan diri, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa kita lakukan agar karir impian bisa diraih.

Kebiasaan baik pertama yang wajib kamu lakukan adalah membaca. Banyaklah membaca buku agar kita makin banyak tahu. Tentu saja kamu tak melulu harus membaca buku yang berkaitan dengan skill. Kamu juga bisa membaca buku manajemen yang bisa meningkatkan kemampuan manajemen diri dan orang lain, buku kepemimpinan untuk mengetahui cara memimpin tim dan membuat proyek, buku ketrampilan yang bisa meningkatkan wawasan kita terhadap bidang yang kita geluti, buku karir atau pengembangan diri yang bisa membuat kita jadi lebih memahami situasi diri dan harus bagaimana ke depannya, dan lain sebagainya.

Kebiasaan baik lainnya yang wajib kamu lakukan agar karir makin cemerlang adalah mampu memotivasi diri sendiri untuk menggapai cita-cita. Tingkatkan keahlian diri sehingga diri kita bisa lebih tertantang dan termotivasi untuk mengatasi berbagai hal dalam dunia kerja.

Usahakan selalu fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan. Mereka yang sukses dalam berkarir memulainya dengan mengatur prioritas kerja dan kapan harus mendelegasikan tugasnya. Fokus dan utamakan tugas yang paling penting baru selanjutnya lakukan tugas sisanya.

Kebiasaan baik lainnya adalah pastikan kamu selalu bertanggung jawab akan tugas yang diembankan pada kamu. Kamu bisa mulai menunjukkan inisiatif dan dedikasi pada berbagai tugas yang diberikan pada kamu. Ini akan meninggalkan kesan yang baik untuk atasan kamu sehingga reputasi karir kamu pun jadi semakin baik.

Manfaat Membaca Buku Karir

Menurunkan Kadar Stres

Membaca buku mungkin terasa membosankan bagi mereka yang belum terbiasa. Apalagi jika bahan bacaannya berat, tentu malah bikin mengantuk dan jenuh. Padahal, membaca seharusnya bisa menurunkan kadar stres bukannya menambah beban stres.

Coba pilih buku yang menarik dan berkaitan dengan dirimu. Misalnya saja buku tentang karir yang berhubungan dengan profesimu. Dengan banyak membaca buku karir yang sesuai dengan profesimu tentu kamu jadi bisa merasa “relate” dengan apa yang sedang kamu alami saat ini. Hal ini bikin kamu jadi makin semangat membaca. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, dengan banyak membaca buku karir maka kamu bisa lebih tenang dan terhindar dari stres karena menemukan solusi masalahmu lewat buku tersebut.

Makin Fokus

Membaca buku karir juga bisa bikin kita jadi makin fokus dengan apa yang kita jalani saat ini. Kemampuan fokus kita bisa jadi lebih terasah saat kita rutin membaca. Selain itu, dengan membaca buku yang sesuai dengan karir yang kamu inginkan maka kamu bisa lebih fokus dalam menggapai karir impian kamu. Lewat buku karir tersebut, kamu bisa mencoba mencari apa yang ingin kamu raih, bagaimana caranya, mengetahui apa saja tips cepatnya, dan lain sebagainya. Saat kamu fokus menggapai karirmu maka kamu jadi lebih cepat sukes.

Mampu Menganalisis Situasi

Rutin membaca buku yang berhubungan dengan karir juga bisa membuat kita jadi lebih peka dalam menganalisis situasi. Kemampuan membaca situasi tentu diperlukan dalam kehidupan keseharian termasuk dalam pekerjaan kita. Dalam dunia kerja ada banyak fenomena yang kamu hadapi. Dengan terbiasa membaca buku karir maka bisa jadi kamu lebih terasah untuk membaca situasi dan mengerti apa yang harus dilakukan dalam situasi tersebut. Jika kamu mampu mengatasi situasi yang terjadi, tentunya rekan kerja dan atasan kamu juga memberi kamu nilai plus dan bikin karir kamu bisa makin cemerlang.

Mampu Berpikir Kritis dan Lebih Berempati

Berbagai macam buku karir membuat kita jadi bisa terlatih untuk berpikir kritis. Jika sudah terbiasa berpikir kritis maka kamu bisa menganalisa hal-hal yang terjadi di sekitar kamu dengan mendalam. Kamu jadi memiliki sikap skeptis dan hal ini akan membuatmu tak mudah ditipu dengan hal-hal picisan.

Dengan rutin membaca buku yang berhubungan dengan karir maka kamu juga bisa menguasai soft skill yang berhubungan dengan interaksi di dunia kerja. Kita perlu mengasah empati guna mengenali karakter orang-orang di dunia kerja. Empati juga akan diperlukan guna menyelesaikan masalah secara efektif. Membiasakan diri membaca buku karir bisa juga meningkatkan rasa empati dan penasaran kamu. Jika kamu terbiasa berempati pada situasi yang tepat, maka kamu tidak akan mudah terjebak dalam emosi sesaat.

Ini Dia Deretan Buku yang Bisa Kamu Baca untuk Meningkatkan Karirmu

Zero To One: Membangun Startup Membangun Masa Depan

Zero To One: Membangun Startup Membangun Masa Depan ini menjadi rekomendasi pertama dari kami. Buku yang satu ini ditulis oleh Peter Thiel. Buku pengembangan karir ini mengungkap cara membangun sebuah perusahaan startup hingga sukses. Dalam buku ini juga ada cara untuk menjawab tantangan masa depan dunia startup yang penuh dengan ketidakpastian. Selain itu, dengan membaca buku yang satu ini maka kamu juga bisa mempelajari prinsip-prinsip yang wajib dipegang erat oleh sebuah perusahaan startup agar bisa berkembang dengan lebih baik

Buku yang satu ini cocok untuk para pelaku bisnis yang tidak ingin berhenti untuk meraih kesuksesan dan berani mengambil langkah baru untuk memajukan perusahaan yang dirintis. Menariknya, dalam buku ini kamu juga akan mendapatkan tujuh pertanyaan dasar yang harus dijawab oleh sebuah perusahaan untuk bisa menjadi sukses. Nah, kamu bisa bikin karir bisnis kamu lebih menanjak dengan buku yang satu ini, jadi segera baca, ya.

Harga Rp. 35.000-129.000

Lagi Probation

Lagi Probation merupakan buku lain yang bisa kamu baca untuk membantu masalah seputar karir kamu. Ditulis oleh Samuel Ray, seorang HRD yang gemar memberi saran seputar karir lewat media sosialnya, buku yang satu ini cocok banget untuk kamu yang baru saja lulus kuliah dan tengah merintis karir. Dalam buku ini terdapat tips dan juga trik menghadapi dunia kerja. Selain itu, kamu juga bisa mengenal seperti apa dunia kerja sebagai langkah awal dalam karir kamu.

Ada banyak ketidakpastian yang muncul dan membuat kita jadi bingung. Informasi yang tidak lengkap, nego gaji yang tricky, hingga mungkin HRD yang susah dihubungi, menjadi masalah yang kadang dihadapi fresh graduate yang mencari kerja. Untuk itu, kamu butuh buku yang satu ini. Kamu bisa mendapatkan solusi untuk nego gaji, menulis CV yang benar, hingga mendapatkan kerja dan menjalaninya dengan baik.

Harga Rp. 73.000-159.000

30 Renungan Tentang Dunia Kerja

30 Renungan Tentang Dunia Kerja ini juga tidak kalah menarik untuk kamu miliki. Buku yang satu ini ditulis oleh Imelda Saputra yang merupakan penulis buku renungan ternama di Indonesia. Melalui buku yang satu ini ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dalam meraih karir. Buku ini akan jadi jembatan kamu yang baru mulai bekerja. Ada banyak pendekatan-pendekatan realitas kehidupan dunia kerja yang bisa kamu pahami dengan mudah.

Salah satu bab yang ada dalam buku ini juga membahas kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan agar karir kamu bisa makin cemerlang. Buku ini wajib kamu baca agar kamu bisa lebih cepat meraih karir impian kamu.

Harga Rp. 15.000-30.000

Never Too Young to Become a Billionaire

Never Too Young to Become a Billionaire ini adalah rekomendasi kami selanjutnya. Buku yang satu ini ditulis oleh CEO dari Men’s Republik yakni Yasa Singgih. Pada usianya yang baru menginjak 20 tahun kala itu, ia berhasil menjadi seorang billionaire. Perjalanan karirnya ia tuturkan dalam buku yang satu ini. Dengan membaca buku ini maka kamu bisa tahu perjuangan saat awal Yasa merintis bisnisnya. Ada banyak kegagalan dan juga hikmah di dalamnya. Kita bisa belajar banyak dari perjuangan Yasa yang jatuh bangung dalam merintis karir yang kini membuatnya berada di puncak tersebut.

Lewat buku ini, diharapkan kita bisa lebih fokus untuk menuju keberhasilan ekonomi. Selain itu, buku ini juga mengajarkan kita untuk mampu mengubah mindset agar bisa melihat ke arah yang berbeda dengan memanfaatkan peluang yang ada.

Harga Rp. 20.000-152.000

So Good They Can’t Ignore You

So Good They Can’t Ignore You menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Buku yang satu ini ditulis oleh Cal Newport. Ia menjelaskan dengan mudah bahwa mengembangkan keterampilan merupakan hal yang lebih penting untuk dilakukan ketimbang fokus pada keinginan yang sudah kamu miliki. Ini menjadi salah satu kunci untuk membangun karir dengan sukses.

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis yang telah bertemu dengan berbagai pekerja. Dalam buku ini, kita jadi sadar dan tahu bahwa apapun jenis pekerjaannya, jika kita memiliki ketrampilan yang bagus maka karir akan lebih cemerlang. Buku ini berisi wawancara semua orang sukses dari petani hingga freelancer. Kamu bisa menemukan strategi yang menurutmu paling pas untuk membuat karirmu makin mudah digapai.

Harga Rp. 43.000-116.000

Do What You Are

Do What You Are menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Buku yang satu ini membuat kita yang kadang mempertanyakan, ‘apakah pekerjaan ini benar cocok untuk saya?’, jadi bisa menemukan solusi yang tepat. Dalam buku ini akan dibahas secara mudah dan mendetail mengenai tipe kepribadian dan karir yang cocok untuk kamu. Ditulis oleh Paul D Tieger dkk, buku ini juga bisa membuat kamu menemukan pekerjaan apa yang populer di kalangan masyarakat. Kamu juga bisa menemukan pekerjaan yang sekiranya paling pas dengan tipe kepribadianmu.

Kita akan diajak untuk lebih fokus meraih karir dengan cara mengenal kelebihan dan kelemahan diri. Dengan membaca buku ini, kamu bisa mendapatkan pandangan baru mengenai bagaimana proses kerja yang lebih baik.

Harga Rp. 189.000-228.000

ATOMIC HABITS

ATOMIC HABITS menjadi buku yang sayang untuk kamu lewatkan. Buku yang satu ini ditulis oleh James Clear. Buku ini bisa membantu kamu untk mengembangkan diri jadi lebih baik. Akan ada banyak perubahan yang terjadi baik dalam keseharian hingga karir kamu dengan cara mengubah hal kecil dalam kebiasaan keseharian kita. Perubahan yang nyata berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil yang kita buat setiap harinya.

Hal sepele seperti bangun 5 menit lebih awal, menahan hasrat untuk menelepon, berolahraga rutin, dan lain sebagainya bisa mengubah hidup jadi lebih baik. Buku ini juga bisa menginspirasi kita melalui deretan kisah-kisah inspiratif para peraih medali emas Olimpiade, para CEO terkemuka, dan ilmuwan-ilmuwan istimewa yang sukses mengubah karir mereka lewat berbagai kebiasaan kecil.

Harga Rp. 23.500-262.000

You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness

You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness tentu tidak bisa kamu lewatkan untuk dibaca. Buku setebal 252 halaman ini ditulis oleh Fellexandro Ruby. Dalam buku ini kita akan diajarkan untuk mengenali diri sendiri agar lebih mudah dalam mencapai karir yang diinginkan. Saat kita mengenali diri sendiri maka kita bisa menemukan karir apa yang tepat, bisnis apa yang cocok, dan bagaimana mengembangkan keuangan yang kita miliki. Meski tidak memberi jawaban langsung, namun buku ini akan membantu kita merefleksikan diri dan melihat jauh ke dalam diri kita sendiri agar kita bisa mengurai situasi dan menemukan jawaban dari semua kegalauan kamu tentang karir dan kehidupan.

Harga Rp. 102.000-128.000

Body of Work

Body of Work menjadi rekomendasi kami berikutnya. Buku yang satu ini ditulis oleh Pamela Slim. Dalam buku ini kita akan menemukan aneka ide yang bisa kita jadikan batu loncatan untuk mendapatkan karir yang lebih baik. Buku ini tak hanya berisikan refleksi diri seputar dunia karir, buku ini juga berisi aneka latihan yang mampu membangun motivasi dan pola pikir baru dalam dunia kerja.

Harga Rp. 25.000-210.000

Hidup Anti Galau - Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an

Hidup Anti Galau - Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an tentu jadi buku yang wajib dibaca oleh para fresh graduate. Buku yang satu ini meyadarkan kita bahwa masa muda sangat cepat berlalu. Hal ini bergantung dari bagaimana kita melewatinya dan apa saja yang kita lakukan. Masa muda akan menentukan arah hidup kita. Maka dari itu, dari awal akan lebih baik jika kita menata pondasi kehidupan.

Lewat buku ini kamu akan diajarkan bagaimana mengindentifikasi dan juga menyusun target dan impian hidup. Kamu juga bisa belajar memanajemen waktu dan juga membuat kebiasaan baru yang bisa membuat karirmu lebih cepat tercapai. Selain itu, kamu juga akan diajarkan untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan relasi.

Harga Rp. 71.000-153.000
From our editorial team

Hindari Menunda Sesuatu

Waktu berlalu begitu cepatnya, jangan sampai kita lengah dan terlena dengan keadaan dan zona nyaman. Begitu juga dalam hal mengejar karir. Jangan menunda apa yang bisa kamu lakukan sekarang. Menunda-nunda hal yang baik hanya akan bikin kamu jadi malas dan tidak berkembang. Lakukan apa yang bisa kamu lakukan sekarang untuk merahi kesuksesan dan karir yang lebih cemerlang dengan lebih cepat.