Kamar Anak Semakin Efisien dan Estetik dengan 10 Desain Loft Bed Anak untuk Inspirasi Anda! (2020)

Kamar Anak Semakin Efisien dan Estetik dengan 10 Desain Loft Bed Anak untuk Inspirasi Anda! (2020)

Sumber gambar www.ikea.com

Kamar anak menjadi bagian dari rumah yang perlu perhatian khusus saat dalam proses desainnya. Seperti diketahui, kamar anak akan menjadi tempat mereka bertumbuh, belajar, dan juga beristirahat. Jadi sangat penting untuk membuat kamar menjadi tempat yang unik dan menarik untuk anak menghabiskan waktu.

Daftar isi

Desain Unik dan Menarik Kamar Anak dengan Loft Bed

Sumber gambar www.decoist.com

Salah satu desain modern kamar anak yang boleh Anda coba adalah dengan menggunakan loft bed. Loft bed adalah jenis ranjang anak yang bertingkat. Karena adanya tangga untuk mencapai bagian ranjangnya, jadi ada ruangan kecil di bawah ranjang yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi.

Penasaran apa saja keuntungan menggunakan loft bed untuk anak dan desain macam apa yang bisa menjadi inspirasi Anda? Berikut ini beberapa penjelasan lengkapnya.

5 Keuntungan Menggunakan Loft Bed untuk Kamar Anak

Menghemat Luas Ruangan

Keuntungan pertama dari penggunaan loft bed untuk kamar anak adalah dapat menghemat luas ruangan. Ruangan untuk kamar anak pastinya tidak terlalu luas, jadi Anda harus bijaksana dalam mendesainnya agar segala kebutuhan anak bisa tersedia di dalamnya. Menggunakan loft bed tentu membuat Anda bisa memiliki ruangan tambah dan menjadikan kamar pun terasa lebih longgar.

Menjadi Sekaligus Area Bermain Anak

Jika Anda pernah melihat rumah orang lain dilengkapi dengan area bermain, tetapi tidak mungkin untuk menambahkan area bermain di rumah Anda yang luasnya terbatas. Anda bisa menggabungkan area bermain anak ini dengan kamarnya. Jadi ruangan di bawah loft bed adalah ruangan yang akan Anda alih fungsi menjadi area bermain dan pastinya anak pun akan senang dengan kamarnya.

Membiasakan Kerukunan Kakak Beradik

Ternyata menyatukan kamar kakak beradik adalah salah satu cara untuk membiasakan kerukunan diantara mereka. Jadi keuntungan bagi Anda yang memanfaatkan desain loft bed anak untuk menambah ranjang di kamar yang sama adalah Anda bisa menggabungkan kamar kakak dan beradik. Mereka pun akan lebih terbiasa untuk akur dan tidak lagi bertikai.

Melatih Gerak Motorik Anak secara Tidak Langsung

Penggunaan loft bed anak membuat anak harus menggunakan tangga untuk mencapai ranjangnya. Hal ini secara tidak langsung membantu melatih gerak motorik anak.

Otot-otot dan gerak anak akan terlatih dan mereka tidak akan lagi mengalami kesulitan motorik karena terbiasa dengan bentuk loft bed yang ada. Lama kelamaan keseimbangan tubuh anak pun akan menjadi semakin baik.

Menghemat Biaya dengan Signifikan

Ternyata pemilihan loft bed anak pun sangat signifikan untuk menghemat biaya. Anda bisa mendapatkan beberapa ranjang dalam satu desain.

Ada juga desain loft bed anak yang langsung dilengkapi dengan meja belajar bahkan lemari. Jadi pastinya jauh lebih hemat dibandingkan harus membeli barang-barang secara terpisah. Jadi cobalah memilih desain loft bed yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

8 Desain Loft Bed Anak yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

Tambahkan Ranjang Lebih di Satu Kamar

Sumber gambar pandubb.com

Desain loft bed anak yang paling bermanfaat adalah dengan menambahkan ranjang lebih di bagian ruang yang tersisa. Hal ini banyak dilakukan oleh orang tua yang memiliki anak lebih dari satu.

Tentu jika harus membuat kamar yang berbeda untuk setiap anak akan sangat menghabiskan ruang dan biaya. Jadi Anda bisa memaksimalkan luas rumah yang terbatas dengan membuat beberapa ranjang dalam satu kamar. Inspirasi bentuk ranjang pun bisa disesuaikan dengan apa yang disukai oleh anak Anda.

Tambahkan Rak Buku di Bawah Ranjang

Sumber gambar www.contemporist.com

Apakah anak Anda gemar membaca buku? Jika ya, maka anak Anda pasti sering sekali meminta dibelikan buku.

Agar buku-buku yang dimiliki anak Anda tidak berserakan dan agar lebih mudah untuk dicari, maka Anda bisa menambahkan rak buku di bagian bawah ranjang.

Tinggi rak buku di bawah loft bed memang akan sangat pas dengan tinggi anak. Agar lebih nyaman untuk anak-anak saat akan membaca bukunya, Anda bisa menyiapkan karpet dan kursi santai di depan rak itu.

Desain Kloset Pakaian Anak yang Teratur

Sumber gambar https://id.pinterest.com

Desain loft bed anak yang tidak biasa namun sangat inspiratif adalah dengan menambahkan kloset pakaian di bagian bawahnya. Anak seperti diketahui memiliki koleksi pakaian yang banyak dan lucu-lucu. Sayang sekali jika tidak Anda simpan dengan baik.

Agar ruang di bawah ranjang bisa bermanfaat dengan baik, maka Anda bisa menyusun pakaian, aksesori, tas, hingga sepatu anak di bagian bawah itu layaknya sebuah kloset pakaian. Kamar anak pun akan terlihat sangat modern karenanya.

Desain Meja Belajar di Bawah Ranjang

Sumber gambar https://www.ikea.com

Agar anak lebih fokus dalam belajar, maka Anda bisa mendesain ruang khusus belajar yang menyenangkan. Manfaat ruangan di bawah desain loft bed anak Anda sebagai ruang belajar.

Anda bisa membuat ruang belajar di bawah ranjang itu sekaligus dengan tempat mereka bisa menaruh buku-buku pelajaran dan tas sekolah. Alhasil kamar akan menjadi lebih rapi dan anak pun bisa lebih bersemangat belajar mulai dari sekarang.

Letakkan Penyimpanan Mainan Anak

Sumber gambar https://www.ikea.com

Apakah Anda seringkali merasa bingung bagaimana cara menyimpan mainan anak? Jika Anda menggunakan desain loft bed anak, maka Anda bisa menjadikan ruang di bawah ranjang sebagai tempat Anda meletakkan rak lemari mainan.

Jadi Anda bisa sekaligus membiasakan anak untuk langsung menyimpan mainannya di rak-rak yang sudah Anda sediakan. Pastinya masalah dengan mainan yang berantakan di kamar pun tidak akan Anda alami lagi selanjutnya.

Letakkan Karpet dengan Kursi Santai

Sumber gambar https://br.pinterest.com

Anak-anak juga pasti tidak akan terus menghabiskan waktunya di atas ranjang. Agar ranjang tidak selalu dalam keadaan berantakan, maka Anda sebaiknya mendesain ruang di bawah ranjang sebagai tempat anak bisa melakukan berbagai hal.

Letakkanlah karpet dan kursi santai di sana. Anak-anak akan menjadikannya tempat beraktivitas dan tidak lagi di atas ranjang. Ranjang anak pun tidak akan selalu membuat Anda kelelahan karena harus membersihkannya.

Jadikan Area Memasak untuk Anak Perempuan

Jika Anda mendesain kamar untuk anak perempuan, maka desain loft bed anak yang dilengkapi dengan area bermain khas anak perempuan.

Saat ini sudah banyak loft bed yang ukuran ruang bawahnya bahkan cukup untuk menempatkan area bermain masak-masakan bagi anak perempuan.

Jadi anak perempuan Anda akan terlatih kreativitasnya dengan permainan yang Anda sediakan di kamarnya. Hal ini juga bisa membuat anak Anda akan senang menghabiskan waktunya di rumah.

Jadikan Area Berpetualang untuk Anak Laki-laki

Bagaimana dengan anak laki-laki? Tentu Anda juga bisa membuat desain loft bed anak laki-laki yang dilengkapi juga dengan area bermain. Area permainan anak laki-laki tentu akan sangat dipenuhi dengan petualangan.

Anda bisa mendesain area memanjat hingga meluncur dari loft bed yang Anda buat. Jadi untuk anak laki-laki pun sangat memungkinkan untuk tetap menyenangkan bermain di rumah saja.

Apakah Anda sudah menemukan ide desain loft bed anak seperti apa yang ingin Anda coba? Semoga Anda bisa mendesain kamar yang unik dan menarik untuk anak Anda setelah membaca berbagai inspirasi di atas.

Tag