10 Rekomendasi Novel Romantis dengan Cerita yang Nggak Bikin Boring (2021)

10 Rekomendasi Novel Romantis dengan Cerita yang Nggak Bikin Boring (2021)

Kalau kamu sedang berada dalam hubungan asmara, tentu rasanya jadi berbunga-bunga sepanjang hari. Ada juga pastinya hari di mana kamu kesal dengan si dia. Tahan emosimu dan coba tenangkan dengan membaca novel romantis. Dengan membaca novel romantis, siapa tahu kamu menemukan solusi permasalahanmu dengan si dia. Cek rekomendasi kami, ya!

Dapatkan Aneka Manfaat dari Membaca Novel Romantis

Saat sedang dalam perjalanan atau saat sedang menunggu seseorang, kadang kita tak tahu harus melakukan apa. Bermain dengan gadget kadang bikin mata terasa panas dan pedas. Nah, sesekali cobalah menjauh dari gadget. Ada banyak kok, hal seru lain yang bisa kamu lakukan tanpa gadget, salah satunya adalah membaca.

Bawalah buku kemana pun kamu pergi. Dengan begini, baik dalam perjalanan atau saat sedang menunggu seseorang, kamu bisa membaca buku tersebut untuk membunuh waktu. Kalau kamu tak suka bacaan yang berat, coba saja membaca novel romantis. Novel semacam ini sangat menghibur, bahasanya mudah dimengerti, dan pastinya bikin kita jadi betah menjauh dari gadget.

Membaca novel romantis akan bisa memperbaiki suasana hati kita. Ini karena kita bisa terbawa dalam alur ceritanya yang seru. Tak selalu mulus, karena pasti ada konfliknya juga. Namun inilah yang bikin kita jadi terhibur. Perasaan kita ikut campur aduk merasakan apa yang dirasa tokoh utama dalam cerita tersebut.

Dengan membaca novel romantis, kita juga bisa memahami sebuah hubungan dengan lebih baik. Kita bisa mengambil pelajaran dari novel yang sudah kita baca. Ini juga bisa membuat kamu lebih siap menghadapi kisah cintamu sendiri. Paling tidak, kamu jadi punya pertimbangan dan gambaran apa yang harus kamu lakukan jika kamu mengalami hal yang sama seperti yang terjadi dalam novel tersebut.

Membaca novel romantis bikin kita merasa lega dan puas. Ini karena di akhir kisahnya, ada gambaran yang jelas dari cerita yang disuguhkan, entah berakhir bahagia atau sedih. Apa pun itu, perasaan kita jadi lebih lega karena berhasil menyelesaikan buku tersebut dan mendapatkan sesuatu dari cerita yang baru saja kita baca.

Tips Memilih Novel Romantis

Pilih Penerbitnya

Ada banyak sekali novel romantis yang ada di pasaran. Sayangnya, ada beberapa yang kadang kita merasa ceritanya kurang pas dengan selera atau mungkin temanya tidak sesuai dengan harapan kita. Agar kamu tak salah pilih, kamu bisa cek dulu penerbitnya.

Sebagai informasi, penerbit adalah kurator awal yang memutuskan apakah sebuah novel romantis layak dipublikasikan atau tidak. Setiap penerbit tentu memiliki standar mereka sendiri. Buku A mungkin cocok untuk diterbitkan menurut penerbit A, namun belum tentu memenuhi standar dan kriteria dari penerbit B.

Nah, kamu bisa mengecek penerbit mana yang paling banyak mengeluarkan buku best seller. Selanjutnya, kamu bisa pilih buku-buku yang diterbitkan dari penerbit tersebut. Dengan begini, dijamin kamu mendapatkan novel romantis terbaik atau bahkan best seller juga.

Pilih Genre Spesifiknya

Novel romantis memiliki genre yang lebih spesifik lagi. Ada genre umum, teenlit, metropop, hingga chicklit. Kamu bisa memilih mana yang sekiranya sesuai dengan gaya hidupmu, usiamu, atau mungkin sesuai dengan seleramu.

Novel romantis genre umum maksudnya adalah novel yang cocok dibaca pria maupun wanita. Kisahnya universal dengan penokohan yang beragam. Genre ini tidak akan terpatok pada usia dan jenis kelamin tertentu.

Novel romantis teenlit, paling pas untuk kamu yang masih remaja. Karya sastra genre yang satu ini biasanya mengambil tokoh utama seorang remaja dengan kekompleksan masalah khas remaja. Temanya tak jauh dari persahabatan, pencarian jati diri, perjuangan, pacaran cinta monyet, dan sekitar masalah remaja lainnya. Bahasa yang digunakan ringan dan cenderung memakai bahasa gaul.

Berikutnya, ada genre chicklit yang tak kalah ringan dari teenlit. Ini biasanya membawakan cerita mengenai wanita muda yang tinggal di perkotaan. Konfliknya lebih kompleks dari teenlit dan membuat kita sedikit ikut berpikir.

Terakhir, ada genre metropop yang bisa kamu baca. Kisahnya adalah mengenai masyarakat urban dan segala permasalahan khas kehidupan urban. Biasanya mengambil tokoh utama dari masyarakat kelas menengah.

Pilih Penulisnya

Hal lain yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih novel romantis adalah memilih penulisnya. Jika kamu sudah rutin membaca novel romantis, tentu kamu jadi tidak kesulitan memilih penulis favoritmu. Namun, jika kamu masih baru mulai menekuni membaca novel romantis, maka kamu wajib tahu dan mengenal para penulis dulu.

Setiap penulis memiliki gaya bahasa dan penulisan yang berbeda. Kamu bisa cek salah satu karya mereka. Selain itu, kamu bisa juga mengecek biografi mereka untuk tahu lebih mendalam mengenai latar belakangnya.

Nah, jika kamu sudah menemukan penulis favorit, akan lebih mudah bagi kamu mencari novel romantis yang bagus. Kamu jadi tahu sebesar apa ekspektasimu karena kamu sudah tahu betapa bagusnya penulis tersebut.

Cek Review dan Rating Novelnya

Kamu juga bisa mengecek review pembaca dan rating novelnya. Kamu bisa mengunjungi berbagai situs yang menyediakan review pembaca seperti Goodreads. Atau jika malas membaca review, kamu bisa mengunjungi YouTube dan mencari seorang booktuber. Mereka adalah orang-orang yang kerap mengulas novel-novel yang sudah mereka baca. Dengan begini, kamu jadi tahu mana novel yang harus kamu baca dan mana yang sebaiknya tidak kamu baca.

Cek juga rating novel tersebut. Goodreads biasanya menyediakan tempat untuk mengecek rating setiap buku. Jika ratingnya bagus, maka kamu bisa pertimbangkan untuk membacanya.

Yuk, Habiskan Waktu dengan Membaca Novel Romantis Pilihan BP-Guide!

17 Years of Love Song-Orizuka

Orizuka merupakan penulis wanita yang sudah lama mengeluarkan berbagai karya best seller. Salah satu karya novel romantisnya bahkan sudah difilmkan. Orizuka dikenal sebagai penulis yang selalu menyelipkan tema yang sedikit berat namun membuat pembaca tidak lelah membacanya dan malah makin penasaran dengan konflik yang disuguhkan. Selalu ada hal baru yang menggelitik kita untuk membaca novel rilisan Orizuka selanjutnya.

17 Years of Love Song by Orizuka adalah salah satu novel romantis yang wajib kamu baca. Novel yang satu ini diterbitkan oleh Gramedia. Kisahnya mengenai Leo yang usianya 17 tahun kala ia bertemu Nana, seorang gadis yang duduk di kursi roda. Leo baru pindah sekolah dari Jakarta ke Purwakarta dan ia merupakan pecinta baseball. Meski kecewa karena harus pindah dari Jakarta, namun Nana membuatnya jadi mencintai tempat barunya, termasuk juga membuatnya mencintai Nana.

Semuanya indah di awal, namun keduanya harus berpisah. Leo memang janji untuk kembali, namun ada tragedi yang membuat mereka benar-benar terpisahkan. Meski Leo berusaha setengah mati menemukan Nana, namun saat mereka bertemu, keadaan keduanya sudah sangat jauh berbeda. Bisakah keduanya bersatu?

Harga Rp. 35.000-53.000

Zulaikha Kisah Cinta Suci Sang Putri-Nazan Bekiroglu

Zulaikha Kisah Cinta Suci Sang Putri merupakan novel yang ditulis oleh Nazan Bekiroglu. Ini adalah novel terjemahan. Novel romantis yang satu ini mengisahkan seorang puteri bernama Zulaikha yang cantik jelita. Ia memendam rindu kepada sosok terkasihnya. Kisah cinta pun terajut meski Zulaikha dan pujaannya, Yusuf, berbeda bangsa. Satunya di Mesir dan lainnya di Kan’an. Satunya putri seorang pembesar dan satunya lagi putra sang Nabi.

Kisah keduanya melegenda dan dibicarakan dari mulut ke mulut. Kisah cinta Zulaikha dan Yusuf ditempa berbagai ujian. Bahkan Yusuf sempat menjadi budak dan Zulaikha menjadi permaisuri raja. Kendati demikian, takdir cinta menemukan jalannya sendiri. Kisah cinta mereka sangat abadi. Yuk, ikuti kisah serunya.

Harga Rp. 49.000-65.000

A Thing Called Us-Andry Setiawan

A Thing Called Us by Andry Setiawan merupakan novel yang ringan namun mengesankan. Ini cocok untuk membunuh waktumu. Novel dengan tebal 252 halaman ini memiliki ukuran 14 x 20 cm sehingga mudah dibawa kemana saja. Kisahnya mengenai 3 orang sahabat yang terlibat cinta segitiga. Entah siapa yang memulainya, namun ketiganya sulit lepas dari satu dan lainnya.

Shun, Kotoha, dan Shinji merupakan tiga orang sahabat. Mereka sudah saling mengenal sejak kecil. Shinji menghilang suatu hari tanpa memberi kabar. Kedua sahabat lainnya bingung dan tak tahu harus ke mana mencarinya. Lima tahun kemudian, Kotoha tetap setia menunggu Shinji kembali. Shin, di sisi lain masih menunggu Kotoha merelakan kepergian Shinji. Lalu, sampai kapan ketiganya begini? Baca terus kelanjutan kisah persahabatan dan percintaan rumit ketiganya!

Harga Rp. 35.000-74.000

In a Blue Moon - Ilana Tan

Ilana Tan tak boleh dilewatkan sebagai penulis novel romantis yang ternama. Buku-bukunya best seller dan pastinya setiap kisah romantis yang dihadirkan selalu menarik untuk diikuti. Salah satunya adalah In a Blue Moon. Novel ini mengisahkan mengenai Lucas Ford yang awalnya bertemu Sophie Wilson di bulan Desember saat tahun terakhir di SMA. Sejak saat itu, Sophie membencinya.

Sepuluh tahun kemudian tepat di bulan Desember, keduanya bertemu di New York. Sophie tak berubah dan masih membencinya. Yang mengejutkan adalah, Sophie ternyata dijodohkan dengan Lucas. Kakek Sophie dan Lucas bersahabat dan bersepakat keduanya harus disatukan. Demi menyenangkan para orangtua, Sophie dan Lucas pun berpura-pura menjadi dekat.

Selagi dalam kepura-puraan tersebut, Sophie mulai mengenal kepribadian asli dari Lucas. Benih cinta mulai tumbuh di antara keduanya, namun merek masih gengsi untuk mengakui. Untuk kelanjutannya, kamu bisa baca novelnya, ya.

Harga Rp. 46.000-56.250

Beach Read- Emily Hendry

Beach Read ditulis oleh Emily Hendry. Novel terjemahan ini diterbitkan di Berkley tahun 2020. Novelnya berkisah mengenai kisah romantis namun tidak memiliki plot yang klise. Ini bahkan bisa melampaui ekspektasi para pembacanya. Kisahnya adalah mengenai dua penulis yang sama-sama mengalami writer's block.

Saat sedang jenuh, tentu jadi tak tahu apa yang harus dilakukan agar mendapat inspirasi baru. Mereka akhirnya melakukan sebuah riset lapangan bersama. Keduanya bahkan juga setuju untuk bertukar genre demi mendapat inspirasi baru. Bukan sekadar komedi romantis biasa, novel ini benar-benar mengaduk perasaan pembacanya. Langsung beli bukunya, ya.

Harga Rp. 110.000-155.000

REALIZE-Louisse Carreon

REALIZE by Louisse Carreon bisa jadi bacaan ringan kamu selama menanti sesuatu. Buku setebal 280 halaman ini memiliki ukuran 13 x 19 cm. Kisah yang diangkat adalah mengenai kehidupan Maxine Ferguson yang berubah drastis usai kedua orangtuanya bercerai. Ia harus pindah ke New York dan memulai hidup barunya di sekolah baru yang khusus untuk anak kelas atas, yakni Sky International Academy.

Di tempat barunya, ia mendapat tetangga baru yang merupakan anak sahabat ibunya, Todd Samuels. Todd adalah cowok sombong, dingin, dan tak berperasaan. Max tak bisa berbuat banyak karena ia ingin terus bermain di band milik Todd yang bernama Sky Deviants.

Karena kerap bersama, ia jadi tahu bahwa Todd juga orang yang lucu. Perlahan, ia mulai menyukai Todd. Nah, bagaimana keseruan keduanya? Lanjutkan membaca bukunya, ya.

Harga Rp. 19.500-65.000

Pengantin Winterborne (Marrying Winterborne)-Lisa Kleypas

Pengantin Winterborne (Marrying Winterborne) oleh Lisa Kleypas merupakan novel romantis dengan tema sejarah. Novelnya ringan dan tidak bikin bosan untuk dibaca. Ini merupakan salah satu novel yang termasuk seri Winterbone dari Lisa Kleypas.

Novel terjemahan ini mengisahkan Rhys Winterborne yang terobsesi akan kesuksesan dan kekayaan. Apa pun yang ia lakukan selalu sukses dan berhasil. Saat itu, ia bertemu dengan Lady Helen Ravenel. Ia merupakan golongan bangsawan dan sifatnya termasuk pemalu. Helen sedikit kesulitan untuk masuk ke dunia masyarakat London yang sinis. Rhys tertarik kepada Helen dan saat musuh Rhys berkonspirasi melawan mereka, Helen berusaha memercayai pria itu dengan rahasianya yang terkelam. Meski berisiko, namun Helen tak punya banyak pilihan lain. Bagaimana kisah pernikahan keduanya? Pastikan untuk membaca novelnya hingga akhir.

Harga Rp. 17.100-88.000

The Perfect Match - Ika Vihara

The Perfect Match ditulis oleh Ika Vihara. Kisahnya mengenai Edvind Raishard Rashid yang merupakan dokter sukses. Ia juga tampan dan kaya. Dengan demikian, ia tak kesulitan untuk mendapatkan teman kencan. Sampai akhirnya, ia berkenalan dengan Nalia Kahlana, seorang kandidat doktor.

Sejak mengenal Nalis, Edvind jadi merasa ada yang kurang dalam hidupnya. Ia mencoba membujuk Nalia untuk menikah dengannya. Sayangnya, Nalia berhenti memercayai cinta dan pernikahan. Nalia yakin keduanya tak akan menjadi pasangan sempurna. Meski demikian, Edvind terus mencari celah untuk mengubah pandangan Nalia. Lanjutkan membaca kisah novel yang satu ini.

Harga Rp. 72.000-92.000

Romansa Mr. Bridgerton (Romancing Mr. Bridgerton)-Julia Quinn

Romansa Mr. Bridgerton (Romancing Mr. Bridgerton) oleh Julia Quinn juga merupakan novel lain yang tidak bisa kamu lewatkan. Novel romantis yang satu ini berlatar tahun 1824. Novel terjemahan ini mengisahkan mengenai salah satu anggota keluarga Bridgerton, yakni Colin Bridgerton, anak ke-3 dari 8 bersaudara.

Colin yang hobi melanglang buana akhirnya pulang dari Yunani. Para ibu yang ingin menikahkan putrinya dengan kaum bangsawan seperti Bridgerton tentu tak ingin melewatkan kesempatan ini untuk menggaet hati Colin pada pesta perjodohan.

Colin sendiri sebenarnya sudah lelah dijodohkan. Ia juga jenuh karena namanya selalu muncul di paragraf pertama artikel kolumnis gosip terkenal, Lady Whistledown. Ia memutuskan bertualang keluar negeri. Namun, sekembalinya dari petualangannya, ia malah mendapati segalanya berubah. Ia juga jadi merasa dihantui oleh tetangganya, Penelope Featherington. Gadis cantik tersebut terus saja mengusik hatinya. Colin akhirnya tahu rahasia terdalam Penelope, namun ia jadi ragu mengenai langkah yang seharusnya ia ambil. Kelanjutannya bisa kamu baca di novel ini, ya.

Harga Rp. 72.000-85.000

Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan - Esti Kinasih

Untuk Dia yang Terlambat Gue Temukan ditulis oleh Esti Kinasih. Penulis yang satu ini juga tak bisa diragukan lagi kualitas tulisannya. Kamu wajib baca novel setebal 320 halaman yang diterbitkan Gramedia ini, ya.

Kisahnya mengenai Rian yang berebut hati Rara dengan Roni. Rian selalu memanfaatkan segala kesempatan yang ada. Ia tak peduli bahwa ada cowok lain yang juga punya rasa yang sama. Ia juga tak peduli jika pada akhirnya hatinya akan hancur. Rian memberikan kotak bersampul cokelat dan selembar catatan untuk Rara. Catatan yang berbunyi, "Untuk elo, Ra, cewek yang terlambat gue temukan….”, tersebut bikin Rara jadi kelimpungan. Nah, baca terus kisah serunya, ya.

Harga Rp. 74.000-90.000
From our editorial team

Novel Romantis Jauh dari Kata Membosankan

Beberapa dari kita mungkin sudah skeptis duluan dengan novel romantis. Padahal, novel romantis jauh dari kata membosankan, loh. Dalam genre romantis, kita bisa menemukan genre lain juga. Kisah romantis paling mudah dipadukan dengan genre apa saja, mulai dari sejarah, fiksi, fantasi, fiksi ilmiah, horor, thriller, dan lain sebagainya. Jadi, jangan kaget juga jika kamu membaca novel romantis namun di dalamnya juga terselip genre komedi, fantasi, dan lain sebagainya. Ini tentu bikin kamu jadi makin seru membacanya tanpa merasa bosan.

Tag