10 Rekomendasi Novel Romantis untuk Bikin Hati Berbunga-bunga (2021)

10 Rekomendasi Novel Romantis untuk Bikin Hati Berbunga-bunga (2021)

Membaca novel romantis memang kebanyakan dilakukan oleh kaum wanita. Ini karena wanita memiliki perasaan halus yang mudah terhanyut oleh kisah cinta yang serba sempurna seperti dalam novel romantis. Nah, simak bersama manfaat membaca novel romantis untuk kamu. Selain itu, cek juga deretan novel romantis yang bisa kamu baca.

Novel Romantis Banyak Disukai Para Wanita

Di waktu senggang, para wanita biasanya lebih bisa memanfaatkan waktunya dengan maksimal. Salah satu caranya adalah dengan membaca. Bacaan yang banyak difavoritkan para wanita adalah novel dengan genre romantis.

Wanita adalah makhluk yang lembut dan perasaan. Wanita juga lebih banyak mengedepankan hati ketimbang logika, maka dari itu, tidak heran jika mereka lebih menyukai bacaan yang bisa mengena ke dalam hati seperti novel romantis. Sebenarnya, apa sih yang bikni wanita sulit lepas dari novel romantis?

Kisah yang dihadirkan dalam novel romantis dilengkapi dengan bumbu-bumbu percintaan yang seru. Ini membuat para pembacanya betah mengikuti kisahnya berlama-lama. Mulai dari kisah klasik, dua orang yang awalnya saling benci jadi cinta, atau kisah klise dua sahabat sejak kecil yang saling memendam rasa, semua menarik dan seru untuk diikuti kisahnya. Meski kadang jalan ceritanya begitu-begitu saja, namun tetap saja tidak pernah terasa membosankan. Latar belakang tokoh, alur cerita, hingga konflik yang bikin perut mulas, semuanya membuat novel romantis makin asyik untuk diikuti.

Para wanita juga menyukai novel romantis berkat tingkah para tokohnya. Kadang tingkah tokoh tidak sesuai dengan isi hati mereka. Ini membuat kita gemas dan seolah ingin ikut menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi antara dua insan yang berhubungan. Cara para tokohnya muncul dan menghadapi konflik membuat kita jadi makin betah membaca novel romantis.

Banyak wanita menikmati novel romantis karena kisah yang disajikan begitu sempurna. Tokoh-tokohnya terkesan pas dan saling melengkapi kekurangan satu sama lain. Selain itu, umumnya, tokoh pria maupun wanita dibentuk secara sempurna oleh sang penulis. Ini membuat imajinasi kita membayangkan cerita yang sempurna mulai dari tokohnya secara fisik hingga kisah yang dijalaninya. Membaca sesuatu yang sempurna membuat kita seolah menjadi tokoh utama yang juga sempurna. Hal ini bikin kita sebagai pembaca makin menikmati cerita untuk sekadar melepas penat dari rumitnya kehidupan nyata.

Manfaat Membaca Novel Romantis

Memperbaiki Suasana Hati

Beberapa dari kita mungkin masih baru menjalani hobi membaca novel romantis. Nah, baiknya kamu ketahui dulu manfaat membaca novel romantis supaya makin semangat membaca kisahnya. Salah satu manfaatnya adalah untuk memperbaiki suasana hati.

Setiap hari tentu ada kejadian yang bikin kita jadi down, tidak mood, dan bersedih. Apa pun hal itu, salah satu cara memperbaiki mood adalah membaca novel romantis. Saat membaca novel romantis, kita akan menikmati kisah yang disajikan.

Kita akan melihat pergolakan tokoh satu dengan lainnya. Kita juga mengikuti kisah dua insan yang dipertemukan, menjalani suka duka bersama, melalui banyak kejadian konyol hingga menikmati indahnya romansa kedua tokoh. Ini bikin mood kita jadi membaik, kita jadi lebih rileks dan sejenak melupakan ganjalan hati yang bikin mood menurun. Saat suasana hati sudah terhibur oleh cerita novel romantis, maka kita bisa mencari solusi dari hal yang tadinya bikin kita kesal.

Lebih Memahami Perasaan Orang Lain

Sering membaca novel romantis membuat kita jadi bisa lebih mudah memahami perasaan orang lain. Kebanyakan novel romantis mengambil kisah tentang orang-orang yang sedang mengalami kisah cinta baik yang rumit, yang berakhir bahagia, hingga yang bertepuk sebelah tangan. Novel romantis juga tidak melulu tentang dua orang yang berhubungan. Isinya juga bisa tentang persahabatan dan keluarga.

Melalui sudut pandang penulis, kita bisa makin mengasah diri kita untuk bisa lebih memahami perasaan orang lain. Dari berbagai kisah yang kita baca, kita jadi bisa lebih mudah memahami cara berkomunikasi dengan orang lain dengan lebih baik. Kita juga bisa belajar cara menguatkan hubungan kita dengan orang lain, baik itu pasangan, keluarga, atau sahabat.

Belajar dari Kesalahan Tokoh Tersebut

Dalam setiap novel yang kita baca, tentu ceritanya tidak hanya lurus-lurus saja. Pastinya ada konflik yang terjadi, ada kesalahan yang dilakukan sengaja ataupun tidak, ada perseteruan, dan lain sebagainya. Dengan banyak membaca, kita jadi tahu akan banyak hal. Kita bisa belajar dari kesalahan tokoh tersebut. Kita juga bisa melihat cara tokohnya menyelesaikan masalah tersebut.

Memperkaya Tata Bahasa dan Meningkatkan Memori

Novel romantis juga bisa memperkaya tata bahasa kita. Saat kita membaca novel, maka otak temporal cortex kiri akan berusaha meningkatkan pemahaman tata bahasa. Novel fiksi bergenre romantis berdampak besar untuk meningkatkan tata bahasa kita. Apalagi jika yang dibaca adalah novel berbahasa asing, misalkan Inggris.

Rutin membaca novel romantis juga bisa meningkatkan memori kita. Ini karena usai kita membacanya, ceritanya bisa melekat di otak dan otak kita jadi terbiasa mengingat hal-hal menarik dari cerita yang sudah kita baca. Dengan begini kita jadi melatih otak agar tidak mudah lupa. Ini membuat kita juga terhindar dari penyakit seperti Alzheimer.

Ini Dia Rekomendasi Novel Romantis untuk Kamu

Me Before You- Jojo Moyes

Me Before You merupakan novel romantis yang ditulis oleh Jojo Moyes. Kisahnya cukup seru untuk diikuti. Novel yang satu ini mengisahkan mengenai seseorang bernama Lou Clark yang merasa tahu banyak hal. Ia memiliki kehidupan yang bisa dibilang sempurna. Ia memiliki pacar bernama Patrick, namun tidak begitu mencintainya. Sampai pada akhirnya, Lou kehilangan pekerjaannya dan bertemu dengan Will Traynor.

Will mengalami kecelakaan yang membuatnya lumpuh. Ia putus asa dan tidak berminat melanjutkan hidupnya. Namun, ia bertemu dengan Lou yang mulai masuk ke dalam hidupnya dan membawa warna-warni ceria dalam hidupnya yang suram. Novel romantis ini juga sudah diangkat ke layar lebar yang dibintangi Sam Clafin dan Emilia Clarke. Nah, baca kisah serunya segera, ya!

Harga Rp. 50.000-120.000

One Day in December-Josie Silver

One Day in December by Josie Silveripe adalah novel romantis terjemahan yang sayang untuk kamu lewatkan. Novel yang satu ini berbahasa Inggris. Kamu bisa mencoba mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu lewat novel ini. Buku yang satu ini seru untuk dinikmati kisahnya.

Novel setebal 393 halaman ini mengisahkan wanita bernama Laurie. Ia adalah wanita yang tidak pernah percaya pada cinta pandangan pertama. Namun, suatu kali, ia membuktikan bahwa kepercayaannya salah. Ia bertemu dengan seseorang di malam bersalju. Saat ia sudah jatuh hati, ia malah patah hati karena tahu bahwa pria yang disukai adalah kekasih sahabatnya. Novel bestseller ini menghadirkan plot yang bikin hati berdebar sekaligus menghangatkan hati.

Harga Rp. 81.000-166.700

Historical Romance: Tawaran dari Sang Gentleman (An Offer from a Gentleman) -Julia Quinn

Historical Romance: Tawaran dari Sang Gentleman (An Offer from a Gentleman) tentu sangat menarik untuk dibaca kala senggang. Novel ini ditulis oleh Julia Quinn yang dikenal sebagai salah satu penulis novel romantis terbaik. Novel terjemahan ini berlatar keluarga besar tahun 1815-an.

Keluarga Bridgerton merupakan keluarga bangsawan yang unik. Semua anak Bridgerton diberi nama sesuai abjad. Kisah setiap anak Bridgerton ditulis dalam setiap novel yang berbeda yang masih termasuk dalan Bridgerton Series.

Untuk novel An Offer from a Gentleman, ini mengisahkan mengenai anak kedua dalam keluarga Bridgerton yakni Benedict Bridgerton. Benedict dikenal sebagai yang paling tinggi tubuhnya di antara keluarga Bridgerton. Ia bertemu dengan Sophie pada sebuah pesta yang diadakan keluarga Bridgerton.

Sophie merupakan anak di luar nikah dari seorang Earl. Ia tinggal bersama ayahnya namun tak begitu dianggap. Ia lebih banyak menghabiskan waktu bersama para pembantu. Ayahnya menikah lagi dengan wanita yang memiliki 2 anak wanita. Sophie bahagia, berpikir ia akan segera memiliki ibu baru dan dua saudara perempuan yang akan menyayanginya.

Kenyataan tak seindah khayalan. Ibu dan salah satu saudara tirinya memperlakukannya layaknya pembantu. Perlakuan mereka semakin menjadi sejak ayahnya meninggal. Namun, ia tetap menerima perlakuan mereka dengan sabar karena tak punya tempat tujuan lainnya.

Suatu ketika, ibu tiri dan dua saudaranya menghadiri pesta di keluarga Bridgerton. Tak disangka, para pembantunya mendandani Sophie untuk bisa hadir juga dalam pesta topeng tersebut. Mereka berharap Sophie bisa menikmati malam pesta sekali saja. Siapa sangka, bahwa melalui pesta tersebut, hubungannya dengan Benedict jadi makin menarik. Berhasilkah Benedict dan Sophie menyatukan cinta keduanya?

Harga Rp. 71.000-84.750

Earl Berhati Dingin (Cold-Hearted Rake)-Lisa Kleypas

Penulis novel romantis lainnya yang cukup ternama akan karya-karyanya adalah Lisa Kleypas. Novel-novel karyanya diterjemahkan ke dalam 14 bahasa dan menjadi bestseller di seluruh dunia. Salah satu yang wajib kamu baca adalah Earl Berhati Dingin (Cold-Hearted Rake). Novel terjemahan yang satu ini begitu menarik diikuti kisahnya.

Adalah seorang bangsawan yang baru saja mewarisi gelar Earl bernama Devon Ravenel. Ia dulunya dikenal sebagai berandal London yang paling menawan. Namun, status barunya sebagai seorang Earl membuatnya kesulitan beradaptasi. Ia tidak bisa bersikap layaknya seorang Earl sehingga segala tingkahnya banyak disorot oleh keluarga bangsawan lainnya. Ini membuat ia dan keluarganya dipandang rendah.

Novel ini juga mengisahkan Lady Trenear alias Kathleen yang merupakan seorang janda muda cantik yang cerdik dan penuh tekad. Ia dibayar oleh Devon untuk mengajarinya dan keluarganya sopan santun dan tata cara menjadi seorang Earl agar bisa dipandang dengan layak di masyarakat. Hubungan Kathleen dan Devon menjadi makin serius setiap harinya. Tambah lagi putri Kathleen begitu dekat dengan Devon dan keluarganya. Berhasilkah keduanya bersatu meski dipandang tak biasa oleh masyarakat? Baca novelnya segera!

Harga Rp. 30.000-49.000

Cinta Suci Zahrana-Habiburrahman El Shirazy

Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy ini juga bisa jadi pilihan untuk dibaca kala senggang. Novel romantis yang satu ini mengisahkan mengenai seorang wanita bernama Zahrana. Ia sangat cerdas dan memiliki mimpi yang tinggi. Ia adalah karakter yang tahu apa yang diinginkannya dan akan berusaha sekuat tenaga meraihnya. Bahkan ia kuliah pada dua jurusan berbeda pada dua kampus yang berbeda.

Saking asyiknya mengejar mimpi, tanpa sadar ia telah makin tua dan melewati batas usia seorang wanita untuk menikah. Hingga pada akhirnya ia dipertemukan dengan pria sederhana bernama Rahmad. Ia bukan orang yang kaya, hanya seorang pedagang kerupuk lulusan sekolah menengah atas. Keduanya hendak menikah, sayangnya menjelang hari pernikahan, sang calon suami justru kecelakaan dan meninggal dunia. Bagaimana kelanjutan kisah Zahrana?

Harga Rp. 43.000-65.000

P.S. I Still Love You-Jenny Han

P.S. I Still Love You Jenny Han adalah novel romantis yang tidak bisa kamu lewatkan. Novel setebal 356 halaman ini memiliki ukuran 14 x 20 cm. Novel yang satu ini mengisahkan mengenai Lara Jean yang tak mengira bisa jatuh hati kepada Peter. Meski awalnya keduanya hanya berpura-pura, namun tiba-tiba saja keduanya terjebak dalam rasa cinta.Lara makin bingung saat pemuda dari masa lalunya tiba-tiba saja muncul dan ikut mengungkapkan rasa cintanya.

Novel ini sudah diadaptasi menjadi serial Netflix yang tentunya seru untuk kamu ikuti. Nah, simak kelanjutan cinta Lara dengan membaca novel yang satu ini, ya.

Harga Rp. 53.000-97.000

After Tunangan-Agnes Jessica

After Tunangan karya Agnes Jessica merupakan novel romantis yang tidak kalah seru untuk kamu ikuti ceritanya. Novel ini mengisahkan dua sejoli bernama Tere dan Opan. Keduanya sudah bertunangan. Meski demikian, hubungan mereka makin rumit karena sikap keduanya makin bertolak belakang. Apalagi usai kedatangan Vivi yang merupakan sahabat Opan dan terang-terangan ingin merebut Opan.

Perusahaan ayah Tere bangkrut dan pada akhirnya harus menerima bantuan dana dari ayah Opan. Sayangnya, saat itu, Tere terlanjur sakit hati dan memutuskan hubungan dengan Opan. Namun demi kedua orangtuanya, Tere memohon Opan pura-pura tetap bertunangan dengannya di depan keluarga. Dalam suasana seperti itu, Evans yang memendam perasaan kepada Tere mulai berani menunjukkan perasaannya. Kini mereka berempat terjebak dalam cinta segi empat. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Pastinya makin seru.

Harga Rp. 62.000-111.000

Apa Pun Selain Hujan-Orizuka

Apa Pun Selain Hujan adalah novel karya Orizuka juga merupakan novel romantis yang bisa jadi andalan. Novel yang satu ini mengisahkan tentang Wira yang membenci hujan. Ini karena hujan mengingatkannya akan sebuah memori buruk. Ia meninggalkan kota tempat tinggalnya dan juga mimpi besarnya.

Wira bertemu dengan Kayla yang mirip dengan sosok Nadine, wanita yang pernah mengisi relung hatinya. Kayla mendampingi Wira dan berusaha keras membuat Wira bangkit dari keterpurukan di masa lalunya. Bertemakan kisah cinta segitiga, novel ini wajib untuk kamu baca kala senggang.

Harga Rp. 30.000-123.000

The Star and I-Ilana Tan

The Star and I merupakan novel romantis yang ditulis Ilana Tan. Novel yang satu ini mengisahkan Olivia Mitchell yang ingin mencari orangtua kandungnya. Ia mendapat kesempatan bekerja di New York dan berusaha mencari kedua orangtua kandungnya di sana hingga dapat.

Selagi dibingungkan dengan urusan pekerjaan dan juga pencarian orangtua, Olivia juga dipertemukan lagi dengan Rex yang merupakan sahabat masa kecilnya. Rex juga merupakan cinta pertamanya yang kemudian menawarkan bantuan untuk mencarinya. Bagaimana kisah Olivia menemukan kedua orangtuanya? Berhasilkah ia menemukan orangtua dan juga merakit cintanya bersama Rex? Segera baca bukunya!

Harga Rp. 74.000-99.000

Antologi Rasa-Ika Natassa

Ika Natassa menulis novel romantis Antologi Rasa cocok juga sebagai teman untuk masa senggang. Mengisahkan rumitnya cinta pada sahabat sendiri, novel ini bikin kita terhanyut pada alurnya. Kisah cinta tiga sahabat ini seru untuk diikuti, antara keegoisan ingin memiliki dan juga menekan rasa pada sahabat sendiri. Konflik yang tercipta cukup untuk membuat emosi pembaca teraduk-aduk dengan baik. Novel bestseller 344 halaman ini dijamin bikin kamu lupa waktu saat membacanya.

Harga Rp. 38.000-120.000
From our editorial team

Novel Romantis Bisa jadi Panduan Saat Jatuh Cinta

Ketika kita jatuh cinta, kadang kita bingung harus bersikap bagaimana. Kadang ada konflik yang kita tidak bisa selesaikan dengan mudah. Rutin membaca novel romantis bisa membantu kamu untuk lebih siap menghadapi kisah cintamu sendiri. Paling tidak, kamu jadi punya gambaran mengenai situasi dan perasaan pasangan kamu. Selain itu, jika ada konflik, kamu bisa memikirkan dengan lebih matang dan mengambil pelajaran dari apa yang pernah kamu baca di novel romantis. Dengan begini, kamu bisa lebih siap untuk mengantisipasi dirimu sendiri dan kisah cintamu.