10 Rekomendasi Mesin Penghancur Kertas Untuk Kebutuhan Kantor dan Rumah (2022)

10 Rekomendasi Mesin Penghancur Kertas Untuk Kebutuhan Kantor dan Rumah (2022)

Mesin penghancur kertas jadi kebutuhan untuk perkantoran. Tujuannya tentu saja untuk menghilangkan data tertentu agar tidak disalahgunakan. Simak rekomendasi mesin penghancur kertas terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Mesin Penghancur Kertas Sangat Penting Untuk Memenuhi Kebutuhan Kantor

Dokumen-dokumen kantor yang sudah tidak digunakan lagi sebaiknya dimusnahkan, agar informasi di dalamnya tidak disalahgunakan. Di sinilah pentingnya keberadaan mesin penghancur kertas sebagai salah satu kebutuhan kantor.

Selain menghancurkan dokumen ataupun kertas yang berisi data-data penting, kini mesin penghancur kertas bahkan juga bisa menghancurkan barang yang lebih keras seperti CD/DVD dan kartu.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Mesin Penghancur Kertas

Pilih Ukuran Mesin Sesuai Luas Ruangan

Mesin penghancur kertas tersedia dalam berbagai variasi ukuran. Pilihlah ukuran mesin yang sesuai dengan luas ruangan di tempat Anda. Jangan sampai mesin tersebut tidak muat untuk diletakkan di tempat yang Anda inginkan.

Agar lebih aman, Anda bisa memiliki mesin penghancur kertas yang berukuran compact. Ada juga tipe yang mudah dibawa atau dipindahkan, yang didesain dengan gagang khusus. Ini juga bisa menjadi pertimbangan jika Anda sering berpindah tempat.

Lebar Mulut Mesin dan Kertas yang Dihancurkan

Mesin penghancur kertas juga tersedia dalam berbagai variasi ukuran lebar mulut tempat memasukkan kertas. Maka, pilihlah lebar mulut mesin sesuai dengan ukuran kertas yang sering Anda gunakan.

Jika Anda ingin memotong kertas A4, dan ini merupakan ukuran kertas yang sering Anda pakai, namun mesin penghancur kertas yang Anda miliki kurang lebar, maka Anda harus melipat kertas terlebih dahulu. Ini tentu kurang praktis dan memakan waktu lebih lama.

Kebisingan Suara Mesin

Mesin penghancur kertas akan mengeluarkan suara saat dioperasikan. Anda tentu tidak ingin mengganggu orang lain saat menghancurkan dokumen, bukan? Apalagi jika jumlah dokumen yang dihancurkan itu cukup banyak.

Untungnya, sekarang ini sudah ada beberapa model mesin penghancur kertas yang didesain mesin yang tidak terlalu bising, atau dengan mode sunyi sehingga dapat mengurangi tingkat kebisingan. Pertimbangkanlah hal ini saat hendak memilih mesin penghancur kertas.

Kecepatan Pemotongan

Semakin cepat kemampuan mesin dalam memotong kertas, maka akan semakin cepat pula pekerjaan Anda selesai. Siapa yang tak ingin pekerjaannya cepat selesai? Terlebih ketika ada banyak dokumen yang perlu dimusnahkan.

Sayangnya, semakin cepat kemampuan mesin dalam menghancurkan kertas, maka akan semakin bising pula suara yang dihasilkannya. Beberapa mesin penghancur kertas yang bekerja dengan cepat juga memotong kertas dengan ukuran yang lebih besar, sehingga tingkat keamanan jadi berkurang. Poin-poin ini perlu Anda perhatikan.

Jumlah Kertas Dalam Sekali Pemotongan

Anda dapat menumpuk beberapa kertas dan memasukkannya ke dalam mesin secara bersamaan untuk memotongnya sekaligus. Semakin banyak kertas yang dapat ditumpuk, maka semakin cepat pula pekerjaan Anda selesai.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan bahwa jumlah lembaran kertas yang berlebihan juga dapat mengakibatkan mesin menjadi macet. Jadi, tumpuklah kertas dengan jumlah yang sesuai sebanyak yang bisa diterima oleh mesin ya!

Tips Menggunakan Mesin Penghancur Kertas yang Benar

Pelajari Cara Kerja Mesin

Ada 2 jenis penghancur kertas, yaitu penghancur kertas manual dan penghancur kertas otomatis. Untuk mesin penghancur kertas manual, Anda perlu menekan tombol on/off untuk menghidupkan atau mematikannya.

Sementara jenis mesin yang otomatis akan bekerja dengan sensor ketika kertas dimasukkan. Mesin ini biasanya dilengkapi dengan fitur power saver yang otomatis mematikan mesin dan masuk mode standby ketika tidak digunakan, meski masih terhubung listrik.

Kapasitas Penampung Mesin

Kertas yang dipotong oleh mesin itu akan masuk ke dalam tempat penampungan. Jika kertas sudah penuh, Anda perlu mengosongkannya agar tidak menumpuk di dalam mesin. Kapasitas penampung yang kecil membuat Anda harus mengosongkannya lebih sering.

Cek Kondisi Pisau Pemotong Secara Rutin

Ceklah secara berkala apakah pisau mesin masih tajam atau sudah tumpul. Pastikan pisau berada dalam kondisi kering agar tidak berkarat. Sesekali, oleskan minyak di rotor mesin agar putaran pisau tidak terhambat atau macet. Serta, gantilah pisau jika sudah tidak tajam lagi.

Rekomendasi Mesin Penghancur Kertas Terbaik Untuk Anda

Deli Paper Shredder E9952

Mesin berukuran 25 x 25 x 55 cm dengan bobot 7,6 kg ini dapat memotong kertas dengan ukuran maksimal 220 mm (kertas A4). Hasil potongannya berupa cross cut berukuran 4 x 25 mm, dengan kapasitas tabung penampung 23 liter. Mesin ini juga bisa menghancurkan staples.

Mesin ini dilengkapi dengan 4 roda di bagian alas sehingga mudah dipindahkan. Penghancur kertas ini termasuk jenis otomatis, di mana mesin akan aktif begitu kertas terdeteksi masuk, dan mesin akan mati jika tidak ada kertas yang masuk selama 5 detik atau mesin terlalu panas.

Harga Rp. 1.500.000-2.100.000

Promaxi S360 Paper Shredder

Mesin ini dapat memotong kertas hingga 8 kertas sekaligus, dengan potongan cross cut. Mesin ini dapat memotong kertas dengan rata-rata 2 meter per menitnya. Terdapat juga fitur auto-cut and off yang dapat memotong secara otomatis tanpa perlu repot-repot menekan tombol.

Mesin ini bukan hanya untuk memotong kertas saja. Anda juga dapat menggunakannya untuk memotong bahan yang lebih tebal seperti CD/DVD serta kartu kredit. Kapasitas tabung penampung kertas yang dimiliki oleh mesin penghancur ini cukup besar, yaitu 13 liter.

Harga Rp. 550.000-900.000

Krisbow S302 Paper Shredder

Mesin penghancur kertas ini memiliki kapasitas tabung penampung sebesar 9 liter. Anda dapat mengandalkan mesin ini untuk menghancurkan arsip-arsip atau dokumen secara cepat dan efisien dengan potongan straight cut.

Anda juga tidak hanya dapat menggunakannya untuk memotong kertas, tetapi juga untuk memotong CD/DVD, serta kartu kredit dan ATM. Mesin ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan mesin penghancur kertas yang kuat dan awet untuk keperluan kantor.

Harga Rp. 950.000-1.500.000

IDEAL 2465 SC Paper Shredder

Mesin penghancur kertas ini memang didesain khusus untuk skala perkantoran karena dimensinya yang besar yaitu 38,5 x 29,5 x 70 cm dan kapasitas penampungan 50 liter. Mesin ini dapat menampung hingga 24 lembar dengan kecepatan potongannya 1,8 meter/menit.

Mata pisaunya berukuran 22-24 cm, sehingga membuatnya mudah memotong kertas dengan cepat dan efisien. Mata pisau tersebut dibuat dari baja khusus sehingga kokoh, tidak mudah macet, dan tahan lebih lama.

Harga Rp. 10.000.000-15.000.000

MUJI Handy Shredder

Jika Anda mencari mesin penghancur kertas berukuran mini, mesin inilah jawabannya. Anda bahkan dapat menyimpan penghancur kertas nan imut ini di tempat pensil atau tas tangan. Desainnya yang minimalis dan stylish menambah nilai plus produk ini.

Cara memakai produk penghancur kertas ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu memutar tuas pada bagian ujungnya. Anda bisa menggunakannya di atas tong sampah agar kebersihan ruangan tetap terjaga. Sebuah produk untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Harga Rp. 300.000-450.000

Portable Handy Office Paper Shredder

Mesin penghancur kertas ini memiliki desain yang portable dan praktis digunakan! Mesin ini memiliki satu tombol untuk semua pengoperasian. Anda hanya perlu menggeser tombol yang ada pada bagian pegangan untuk mengoperasikannya.

Geser ke FWD (forward) untuk menghancurkan kertas, dan geser ke REV (reverse) untuk memutar kembali mesin jika terjadi macet. Jika Anda tidak menggunakannya, maka geserlah ke bagian OFF. Gampang kan?

Harga Rp. 130.000-200.000

Honeywell 9412 Paper Shredder

Mesin penghancur kertas ini memiliki kapasitas yang besar, yaitu dapat menampung hingga 25 liter potongan kertas. Model ini dapat memotong kertas hingga 2 meter/menit untuk kapasitas 12 lembar, lho.

Mesin ini sanggup memotong kertas tebal seperti karton, dengan menghasilkan potongan jenis cross cut dengan ukuran 4 x 35 mm. Kerennya lagi, mesin ini juga memiliki proteksi terhadap panas, dan perawatannya sangat mudah.

Harga Rp. 1.600.000-2.800.000

Kozure Paper Shredder KS-3500MC

Anda mencari mesin pemotong kertas yang tidak berisik? Mesin ini hadir untuk Anda! Mesin penghancur kertas ini dapat beroperasi dengan suara bising yang minimal. Suara yang dihasilkannya adalah ≤58 dB atau setara dengan suara kulkas saat beroperasi.

Potongan yang dihasilkan juga cukup kecil, berkat metode micro cross cut yang dimiliki oleh mesin ini. Suara yang lembut dengan potongan yang kecil, Anda tentu akan menyayangi mesin penghancur kertas yang satu ini!

Harga Rp. 1.500.000-2.500.000

Gemet 1000S Paper Shredder

Mesin penghancur kertas yang satu ini hadir dengan tempat penampungan berkapasitas 9 liter, dan ukuran mulut yang pas untuk kertas A4. Mesin ini memotong kertas secara vertikal yang memanjang dengan lebar antara 6-7 mm.

Produk penghancur kertas ini memiliki desain yang compact sehingga tidak memakan banyak tempat. Warna juga begitu elegan. Sebuah produk yang akan sangat cocok jika Anda letakkan di sudut ruangan kerja Anda

Harga Rp. 600.000-1.000.000

Secure Maxi 18cc Paper Shredder

Mesin penghancur yang satu ini lain daripada yang lain! Mesin ini memiliki bukaan terpisah khusus untuk kertas, dan khusus untuk CD atau kartu. CD dan kartu akan dihancurkan dengan set pisau yang berbeda dengan pisau yang menghancurkan kertas.

Karena pisau sudah didesain secara khusus untuk memotong benda dengan ketebalan tertentu, maka pisau pun menjadi lebih awet. Sehingga, kegiatan memusnahkan dokumen pun menjadi lancar tanpa macet.

Harga Rp. 650.000-850.000
From our editorial team

Buang Sampah Kertas Secara Rutin Agar Mesin Bisa Bekerja Maksimal

Rekomendasi mesin penghancur kertas dari BP-Guide di atas memang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk memastikan mesin tetap bisa bekerja dengan maksimal, pastikan Anda membersihkan tumpukan sampah yang ada di dalamnya secara rutin ya!