10 Rekomendasi Kulot Batik Terbaik Untuk Gaya Formal Hingga Kasual (2023)

10 Rekomendasi Kulot Batik Terbaik Untuk Gaya Formal Hingga Kasual (2023)

Sumber gambar pinterest.com

Ingin bergaya stylish di berbagai kesempatan kasual hingga formal? Coba saja padu padankan outfit Anda dengan kulot batik. Anda bisa mengenakan kulot batik baik untuk hangout maupun ngantor lho! Simak rekomendasi produknya dalam artikel berikut ini!

Baca juga

Kulot Batik Bikin Gaya Anda Makin Stylish

Sumber gambar pinterest.com

Celana kulot termasuk salah satu tren dalam dunia fashion yang masih digemari dari waktu ke waktu hingga saat ini. Celana kulot batik pun turut meningkat popularitasnya karena merupakan bentuk kombinasi tradisional dan modern. Anda bisa menggunakan celana kulot batik baik untuk aktivitas sehari-hari ataupun untuk kondangan.

Tips Bergaya Dengan Kulot Sesuai Bentuk Tubuh

Tubuh Segitiga atau Pear

Sumber gambar theconceptwardrobe.com

Bentuk tubuh segitiga atau pear ini maksudnya adalah bentuk tubuh di mana bagian bawah lebih lebar ketimbang bahu. Agar bagian bawah tidak terkesan terlalu lebar, ada tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih celana kulot.

Anda yang memiliki bentuk tubuh seperti ini disarankan untuk memilih kulot dengan potongan lurus dan lebar, tanpa corak, dan berwarna gelap. Hindari lipit atau detail potongan di area pinggul dan pilih garis pinggang yang datar.

Anda dapat memadukan celana kulot dengan atasan bermotif atau berwarna terang. Seimbangkan juga dengan memakai sepatu bertumit tinggi. Dengan demikian, tampilan Anda pun akan terlihat lebih proporsional.

Tubuh Apel

Sumber gambar www.findyello.com

Karakteristik pemilik tubuh apel adalah garis pinggang yang terbilang lebar ketimbang bentuk tubuh lainnya. Hal ini kerap menjadi masalah pelik dan bikin rasa percaya diri hilang. Namun Anda tak perlu khawatir!

Hindari material berbahan melayang karena akan semakin menegaskan garis pinggang Anda. Sebaliknya, Anda akan sangat terbantu dengan model celana yang memiliki garis lipat di bagian depan.

Garis lipat pada bagian depan celana itu sebenarnya bisa diakali saat Anda menyetrika celana. Setrika celana dengan mempertemukan bagian pinggang depan dan belakang, sehingga akan ada garis lipatan alami yang memberi ilusi jenjang di bagian kaki dan area perut Anda.

Tubuh Persegi Panjang

Sumber gambar theconceptwardrobe.com

Bagi Anda yang memiliki tubuh tinggi kurus seperti persegi panjang tegak, inilah saatnya menunjukkan lekuk tubuh Anda dengan menggunakan celana kulot.

Pilihlah celana kulot dengan potongan A-line yang hampir menyerupai rok, dengan potongan di bagian pinggang. Anda juga bisa menyematkan ikat pinggang mungil sebagai aksen.

Cobalah untuk bermain dengan material tipis dan lembut seperti satin, dan padukan dengan atasan berpotongan cropped. Kalau masih merasa kurang percaya diri, Anda bisa memasukkan atasan ke dalam celana untuk membuat ilusi yang semakin menyempurnakan bentuk tubuh Anda.

Tubuh Segitiga Terbalik

Sumber gambar theconceptwardrobe.com

Pemilik tubuh ini memiliki bahu yang lebih lebar ketimbang bagian pinggul. Berbahagialah saat memakai celana kulot, karena Anda sangat cocok dengan item fashion yang satu ini.

Berbeda dengan skinny jeans yang dapat membuat bahu Anda terlihat lebar, kulot bisa Anda jadikan sebagai bawahan andalan.

Kunci dalam memadupadankan celana kulot adalah memelihara keseimbangan. Pilihlah celana kulot bervolume atau yang kaya detail. Seimbangkan dengan atasan simpel dan warna natural.

Tubuh Mungil

Sumber gambar fiverr.com

Jika Anda memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi bahkan tergolong mungil, mungkin Anda akan berpikir seribu kali sebelum memakai celana kulot agar tubuh Anda tidak terkesan tenggelam di dalamnya.

Namun, Anda masih dapat memilih dan memakai celana kulot dan memadupadankannya, dengan tips dan trik tertentu agar tubuh Anda dapat terlihat proporsional.

Kulot dengan potongan high waist akan membuat Anda terlihat tinggi karena dipakai hingga atas pinggang. Jika ingin terlihat lebih jenjang, Anda bisa memadukannya dengan sepatu high heels.

Motif Batik Populer di Indonesia

Batik Solo dan Jogja

Sumber gambar liputan6.com

Solo dan Yogyakarta memiliki budaya keraton yang masih kuat hingga saat ini. Hal ini memiliki pengaruh yang besar terhadap batik tradisional milik kedua daerah ini.

Batik Jogja memiliki motif batik yang populer, yaitu garda dan parang. Dalam hal warna, batik Jogja yang tradisional banyak menggunakan warna coklat, biru tua, dan juga putih.

Batik Solo juga memiliki motif parang, namun parangnya berkebalikan dan bentuknya lebih kecil dan halus. Motif lain dari batik Solo banyak terinspirasi dari keindahan alam. Warna yang banyak dipakai adalah coklat muda dan putih.

Batik Papua

Sumber gambar tokopedia.com

Papua memiliki batik dengan corak dan warnanya yang cerah. Semua motifnya menjunjung tinggi keindahan alam dari tanah Papua. Setidaknya ada lima motif batik Papua yang populer.

Ada motif burung cendrawasih yang khas, tifa honai yang berarti rumah yang penuh kebahagiaan, motif tifa yang merupakan alat musik khas papua. Kemudian motif kamoro dan asmat yang menggambarkan seni ukiran salah satu suku di Papua.

Batik Pekalongan

Sumber gambar review.bukalapak.com

Batik Pekalongan merupakan batik pesisiran yang populer dengan warna-warnanya yang cerah dan beragam. Sehelai kain batik Pekalongan bisa terdiri atas delapan warna. Batik Pekalongan banyak menggunakan motif flora dan fauna.

Seiring berjalannya waktu dan adanya pengaruh budaya, batik Pekalongan mengalami perkembangan. Ada batik jlamprang yang mendapat pengaruh Arab dan India. Ada pula motif batik encim dan juga batik klengenan yang dipengaruhi budaya peranakan Cina.

Rekomendasi Kulot Batik Terbaik Buat Anda

WINGGO Ayunda Batik Kulot

Celana kulot batik berwarna oranye yang manis ini memiliki potongan sampai betis. Celana ini dibuat dari bahan katun poly. Pada sisi kanan dan kirinya terdapat kantong untuk tempat benda-benda kecil bawaan Anda, atau selipan jari untuk bergaya saat difoto. Pinggangnya dibuat dari karet dan terdapat tali juga. Tersedia dalam ukuran S hingga XL.

Harga Rp. 200.000-300.000

Hummock X Tiara Celana Batik Wanita Kulot CSC-007-05

Celana kulot pendek 7/8 atau seukuran betis ini memiliki motif batik dan bunga. Uniknya, motif pada bagian kanan dan kiri celana ini dibuat berbeda, sehingga Anda bisa tampil gaya. Celana ini dibuat menggunakan bahan katun stretch yang tebal, namun tetap terasa adem dan nyaman saat dipakai. Tersedia dalam ukuran all size.

Harga Rp. 130.000-400.000

Batik First Kulot Asymetris Cut&Sew

Celana yang satu ini dirancang dengan desain drapery cut dengan detail motif batik print. Celana ini dibuat dari material katun poliester yang tidak transparan, ringan, dan tidak stretch. Bagian pinggangnya diberi karet yang elastis sehingga praktis saat dipakai. Pada sisi kiri dan kanan bagian depannya pun terdapat kantong.

Harga Rp. 250.000-400.000

Monellina 4018 Celana Kulot Pendek

Celana batik pendek ini memiliki motif batik berwarna biru. Cocok untuk Anda gunakan saat bersantai. Celana ini dibuat dari bahan katun yang adem dan mudah menyerap keringat. Celana kulot berukuran L ini memiliki panjang 65 cm, lingkar paha 70 cm, dan lingkar pinggul 112 cm. Pinggangnya terbuat dari karet dan muat untuk ukuran 27-32.

Harga Rp. 100.000-400.000

Modinesia Kiyomi Batik Culotte

Kulot yang satu ini merupakan jenis celana kulot panjang, yang dibuat menggunakan bahan Crepe yang premium dengan sifat yang lentur, fleksibel, dan tidak kaku. Bahan ini juga cukup tebal dan tidak menerawang, sehingga cocok sekali dipakai bagi Anda yang menyukai fashion dengan bahan yang tebal, terutama bagi para hijabers.

Harga Rp. 150.000-300.000

LOLINI Osaka Batik

Celana kulot bermotif batik print yang satu ini dibuat dari material katun yang tidak transparan, ringan, dan tidak stretch. Warnanya dasarnya merah dengan kombinasi warna biru pada bagian batiknya nan cantik. Bagian pinggangnya dibuat dari karet yang elastis. Terdapat juga dua buah kantong pada bagian depan.

Harga Rp. 400.000-500.000

Benhill Celana Wanita Cullotes Plisket Batik 827-36390

Celana kulot plisket batik yang satu ini dibuat dari bahan Sutra Dobby premium yang bersifat halus, dingin, dan nyaman dipakai. Celana kulot plisket yang berukuran 7/8 ini mempunyai pinggang full karet yang bisa melar, serta dilengkapi juga dengan tali pada bagian pinggangnya. Motif batiknya pun sangat unik.

Harga Rp. 250.000-600.000

Jajanbatik Celana Hightwaist Kulot Tie Dye

Celana kulot high waist ini dibuat dengan bahan katun berkualitas yang adem dan lembut sehingga nyaman digunakan untuk menemani acara kasual Anda. Tersedia 5 motif batik yang cantik dan kekinian. Uniknya, motif kanan dan kiri celana dibuat berbeda sehingga Anda pun tampil lebih gaya. Celana ini cukup panjang, dengan panjangnya yaitu 95 cm.

Harga Rp. 60.000-70.000

Nuansa Batik Kulot Batik Double Katun Stretch

Celana kulot pendek ini dibuat dari material katun stretch dengan motif batik print. Celana kulot yang satu ini sangat cocok untuk Anda bawa jalan santai bersama teman, ke mall, di rumah saja, atau ke berbagai acara kasual lainnya. Padukanlah celana ini dengan atasan yang simpel untuk melengkapi gaya santai Anda.

Harga Rp. 190.000-220.000

BANDIDAS Kulot Batik Jeans Wanita Motif Gelombang

Celana kulot yang panjang ini dibuat dengan bahan yang tebal dengan kualitas denim/jeans yang bagus. Jahitannya rapi dan kuat sehingga memberi kenyamanan dan juga awet untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda ingin memakai kulot batik dengan material denim/jeans, Anda dapat melirik celana kulot yang satu ini.

Harga Rp. 100.000-250.000
From our editorial team

Satu Kulot Untuk Semua

Kulot batik adalah item fashion wajib yang bisa Anda pakai untuk berbagai gaya. Satu kulot saja bisa untuk gaya formal dan dan kasual. Yang penting adalah padu padan atasan serta alas kaki yang dipakai. Nah, dari rekomendasi BP-Guide di atas, mana nih kulot favorit Anda?