Tampil Edgy dan Vintage dengan Kulot Batik, Simak 10 Rekomendasi Produknya Berikut Ini (2020)

Tampil Edgy dan Vintage dengan Kulot Batik, Simak 10 Rekomendasi Produknya Berikut Ini (2020)

Mengingat kulot sedang sangat ngetren saat ini, kamu wajib banget punya koleksi celana kulot batik di lemarimu. Terutama buat kamu yang suka tampil edgy dan vintage, kulot batik bisa memberikan sentuhan menarik buatmu. Cek rekomendasi produk kulot batik paling kece dalam artikel BP-Guide.

Batik Indonesia Sangat Dikenal dan Paling Diminati

Berbicara soal batik, setiap orang Indonesia pasti akan sangat bangga menyebutnya sebagai warisan budaya Indonesia. UNESCO sendiri sudah menetapkan hal itu, sehingga tidak ada lagi perdebatan dengan negara lain tentang siapa yang memiliki batik. Hal yang lebih menarik lagi, batik menjadi kain khas di setiap daerah, karena antara satu wilayah dan lainnya memiliki corak batik berbeda.

Munculnya motif batik tidak lepas dari sejarah negara Indonesia, termasuk pengaruh dari negara-negara yang pernah masuk dan menjajah negara kita. Melalui interaksi yang mereka lakukan, terjadilah akulturasi yang menghasilkan berbagai macam budaya baru, termasuk corak kain batik.

Saat ini, batik identik sebagai pakaian yang dikenakan di acara formal. Misalnya saat ada rapat atau pertemuan, hingga menghadiri acara resmi seperti kondangan. Tidak berhenti sampai di situ, desainer lokal perlahan mulai mengubah image kain batik menjadi lebih luwes, yaitu untuk dikenakan sebagai pakaian sehari-hari dalam suasan lebih santai.

Beberapa Jenis Batik di Indonesia

Batik Kalimantan

Sumber gambar https://www.genpi.co

Warna yang mencolok dan berani adalah karakteristik khusus dari batik asal Kalimantan. Kamu akan sering menemui warna-warna seperti shocking pink, hijau pastel, hingga oranye yang sulit ditemukan pada batik Jawa. Sementara itu, motifnya sendiri kental akan pengaruh Suku Dayak yang ditunjukkan dari pohon kehidupan mereka. Ada pula batik motif Mandau, yaitu senjata yang digunakan oleh anggota Suku Dayak.

Motif batik lain yang tidak kalah terkenal di Kalimantan adalah motif Burung Enggau yang berasal dari pulau tersebut. Dulu masyarakat Kalimantan membuat kain batik dati kapas dan binatang. Namun seiring berjalannya waktu, mereka mulai menggunakan bahan-bahan seperti rayon, poliester, hingga sutera.

Pengerjaan kain batik sendiri masih berlangsung secara tradisional menggunakan lilin dan canting, lalu dikeringkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.

Batik Papua

Kawasan Timur Indonesia juga punya batik khas yang motifnya sangat menarik dan berbeda. Port Numbay merupakan salah satu jenis batik yang sangat terkenal di Papua. Sama halnya seperti batik Kalimantan, batik Papua juga kental akan warna-warna mencolok seperti merah, hijau, kuning, dan biru.

Dari sisi motif atau corak, batik Papua sangat mudah dikenali. Motif yang dituangkan dalam batik Papua sangat kental dengan kebudayaan dari pulau tersebut. Lukisan gua yang ada di Biak menjadi motif batik yang terkenal di sana, demikian juga fosil-fosil dan artefak peninggalan masa lampau yang menjadi inspirasi kreativitas batik Papua.

Batik Nusa Tenggara Barat

Sumber gambar infobatik.id

Sebagai bagian dari warisan nusantara, tidak heran batik bisa ditemukan hingga wilayah lain selain di pulau Jawa, tidak terkecuali Nusa Tenggara Barat. Provinsi yang menjadi surga wisata alam Indonesia ini menjadikan batik sebagai salah satu tradisi yang sudah melekat erat di masyarakatnya.

Nama batik Nusa Tenggara Barat adalah batik Sasambo. Sasambo sendiri adalah gabungan dari 3 suku etnis yang menjadi penduduk asli NTB yaitu Sasak, Samawa, dan Mbojo. Ketiga suku besar tersebut menjadikan Sasambo sebagai media persatuan dalam bentuk seni.

Sama seperti daerah lain, motif batik NTB juga sangat khas dan mudah dikenali. Kakando, Uma Lengge (rumah tradisional dengan kubah mirip kerucut) dan made sahe (mata sapi) termasuk motif yang paling terkenal dan batik NTB. Bahkan setiap daerah di NTB memiliki keunikan kain batik masing-masing yang menunjukkan identitas mereka.

Batik Sumatra Barat

Sumber gambar https://infobatik.id/

Batik dari Sumatera Barat banyak mendapatkan pengaruh dari Cina yang masuk ke tanah Minang sekitar abad ke-16. Saat itu, kerajaan Minangkabau berpusat di Pagaruyung, Batusangkar. Nama khas dari batik Sumatera Barat adalah batik Tanah Liek.

Ketika Jepang masuk dan menjajah Indonesia, batik Tanah Liek sempat tenggelam. Di masa lampau, batik Tanah Liek hanya muncul berupa selendang saja dan dikenakan di acara-acara khusus. Selain itu, hanya para petinggi masyarakat saja yang boleh mengenakan kain batik.

Berbeda dengan warna mencolok khas batik Timur, batik Tanah Liek memancarkan aura elegan dan warna-warna kalem yang menjadi ciri khas mereka. Krem dan coklat muda mendominasi batik Sumatera Barat, dihasilkan dari proses alami dengan merendam kain batik ke dalam cairan tanah liat.

Batik Cianjur

Sumber gambar https://rumahukm.com/

Dibandingkan dengan batik Solo atau batik Pekalongan, batik Cianjur memang kalah populer. Padahal, wilayah itu memiliki batik yang sangat unik dan menarik lho. Batik Cianjur memiliki sejarah panjang karena sudah ajda sejak 1920.

Motif khas dari batik Cianjur adalah hasil pertanian, mencerminkan masyarakatnya yang agraris. Nuansa alam dan tumbuhan sangar lekat dengan batik Cianjur, seperti motif bulir padi pada kain batik warna hijau. Motif batik Cianjur bisa dibedakan menjadi empat yaitu padi atau beasan, pencak silat atau meanpo, hayam pelung, dan kecapi suling atau mamaos.

Kreasi Busana dari Batik yang Digandrungi Fashionista

Kemeja

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Kemeja batik adalah senjata andalan kaum pria untuk menghadiri acara-acara formal. Sayangnya, pilihan warna dan motif batik untuk laki-laki tidak sebanyak kaum wanita. Namun demikian, bukan berarti kamu para cowok bisa sembarangan dalam memilih corak kain batik, ya.

Pilihan kemeja batik untuk pria ada dua, yaitu lengan panjang dan lengan pendek. Kemeja lengan panjang terlihat lebih klasik, serius, dan formal. Dilengkapi dengan kerah lancip untuk menegaskan kesan formal si pemakainya.

Sementara itu, kemeja batik lengan pendek lebih cocok untuk mereka yang luwes dan senang bergaul. Kemeja batik biasanya dilengkapi dengan furing di dalamnya untuk menambah kenyamanan.

Baik kemeja lengan panjang maupun lengan pendek sama-sama menunjukkan kesan formal dan resmi. Padu padan yang paling cocok untuk kemeja batik adalah celana warna polos dan tanpa motif agar batik yang dikenakan lebih menonjol.

Aksesori

Tren fashion yang selalu berkembang menjadikan batik bukan lagi kain yang kuno dan membosankan. Aksesori batik menjadi inovasi terbaru dari para pengrajin yang kreatif. Aksesori batik memberikan nuansa etnik yang unik dalam setiap penampilan.

Kalung, anting, gelang, hingga tas akan menjadi pelengkap penampilanmu setiap saat, menjadikan OOTD-mu semakin unik dan stylish. Aksesori batik biasanya dipadukan dengan bahan lain seperti kayu agar tampilannya semakin menarik.

Tambahkan aksesori batik yang akan memperkuat kesan tradisional pada penampilanmu, terutama saat kamu mengenakan setelan kebaya. Kabar baiknya lagi, aksesori batik dijual dengan harga yang cukup terjangkau, lho.

Tas

Tas menjadi benda yang wajib dikoleksi kaum wanita. Jangan ketinggalan juga untuk mengoleksi tas batik yang unik ini. Perpaduan kain batik dengan bahan kulit menghasilkan tas yang elegan, edgy, kuat, serta tahan lama. Kini model tas batik sudah sangat beragam mulai dari sling bag, tote bag, hingga clutch.

Tidak jarang tas batik dibuat dengan tangan alias handmade untuk menambah nilai seninya. Nah kamu tinggal menyesuaikan saja tas batik yang akan kamu bawa dengan penampilanmu. Tidak melulu saat kondangan, kamu juga bisa menjadikan tas batik sebagai tentengan di berbagai kesempatan santai.

Outerwear

Sumber gambar https://amaxmall.com

Tinggalkan sejenak baju batik yang terkesan kuno dan tradisional dan beralih ke outer batik yang lebih chic dan kekinian. Modifikasi kain batik menjadi berbagai jenis pakaian membuatnya menjadi lebih luwes dan fleksibel, cocok untuk kesempatan yang lebih kasual.

Outer batik ini misalnya, cocok banget untuk kamu kenakan saat berjalan-jalan. Padu padannya pun tidak sulit, tinggal kenakan blus sebagai dalaman, celana panjang, dan flat shoes atau high heels kesayangan kamu. Model outer batik yang paling populer adalah cape batik yang sangat modis.

Celana Kulot

Sumber gambar https://www.blibli.com

Modifikasi kain batik selanjutnya adalah kulot batik yang sangat populer. Ini tentu menjadi alternatif yang sangat menyegarkan, karena selama ini kain batik identik dengan atasan saja. Kulot batik menghasilkan gaya yang lebih modern dan dinamis pada para wanita.

Kulot batik memberikan sentuhan etnik pada penampilanmu secara keseluruhan, terlebih lagi jika dipadukan dengan kalung bernuansa vintage. Baik kamu berhijab atau tidak, wajib banget mencoba gaya dengan kulot batik ini. Padukan dengan high heels untuk menunjukkan kesan formal dan elegan.

Rekomendasi Celana Kulot Batik Terbaru Untuk Tampilan yang Lebih Edgy

Debi Celana Kulot Batik Pendek 7PER8

Tren kulot memang masih sangat digandrungi oleh kaum wanita, bahkan semakin banyak modifikasi kulot yang membuatmu terlihat makin gaya. Salah satunya tentu kulot batik. Kulot batik menjadi item kekinian yang wajib dimiliki kaum hawa.

Debi Celana Kulot Batik Pendek 7PER8 adalah kulot yang sangat nyaman dikenakan, terbuat dari bahan katun stretch yang adem dan tidak kaku. Ukuran kulot ini adalah all size fit to XXL yang bisa disesuaikan dengan ukuran tubuhmu.

Ukuran lingkar pinggangnya adalah 68 sampai 134 cm dengan panjang celana 69 cm. Kulot berkualitas tinggi ini sangat nyaman dipakai dan fashionable.

Harga Rp. 70.000-108.000

Inez Long Cullote Celana Batik Panjang Wanita

Celana kulot memang sangat nyaman jika pinggangnya terbuat dari karet, karena mudah melar dan menyesuaikan dengan ukuran si pemakainya. Seperti celana kulot batik yang akan direkomendasikan ini.

Inez Long Cullote Celana Batik Panjang Wanita pinggangnya terbuat dari bahan full karet, sehingga bisa dipakai oleh kaum wanita segala ukuran. Di sisi kiri dan kanan dilengkapi dengan kantong serbaguna. Motif batik yang digunakan juga sangat chic dan kekinian tanpa meninggalkan unsur tradisional dari kain batik sendiri.

Lingkar pinggan celana adalah 64-106 dengan panjang celana 88 cm. Bahan pembuatnya adalah katun stretch yang ringan, adem, dan menyerap keringat.

Harga Rp. 95.000

Gesyal Wanita Celana Kulot Batik Variasi Bawah

Kulot batik memang menjadi solusi ketika kamu ingin tampil etnik namun tidak terlihat kuno atau jadul. Gesyal Wanita Celana Kulot Batik Variasi Bawah adalah kulot batik yang berbeda dari kebanyakan kulot yang sering kamu temui.

Ada keunikan pada kulot ini, yaitu variasi di bagian bawahnya yang terlihat unik. Sentuhan etnik sangat terasa pada desain kulot ini. Sangat cocok untuk dikenakan menghadiri berbagai macam acara formal hingga kasual.

Panjang kulot adalah 96 cm dengan lingkar pinggang 82 cm dan lingkar paha 56 cm. Bahan yang digunakan untuk membuat kulot ini adalah batik cap berkualitas yang tidak mudah luntur dan pudar.

Harga Rp. 213.500-305.000

Batik Pria Tampan - Celana Kulot Belt Abs Palm Caladium Leaf

Celana kulot menjadi tren tidak hanya di kalangan wanita Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Kulot batik sendiri juga sangat populer di kalangan turis mancanegara yang berkunjung ke negara kita, lho.

Mereka sering terlihat mengenakan pernak-pernik batik khas nusantara. Batik Pria Tampan - Celana Kulot Belt Abs Palm Caladium Leaf adalah kulot dengan model kekinian yang sama sekali tidak membosankan.

Celana ini terbuat dari bahan katun primis berkualitas terbaik dan terasa lembut dan dingin di kulit. Kainnya yang tebal tidak membuat pemakainya terasa panas karena mampu menyerap keringat dengan baik. Kulot batik ini tidak mudah luntur dan tidak mengkerut saat dicuci.

Harga Rp. 299.000

Amina Celana Kulot Batik Rok Panjang Wanita

Menilik ke belakang, kulot adalah busana masa lampau yang sudah ada sejak abad ke-15. Bedanya, dulu kulot dipakai oleh kaum bangsawan asal Eropa karena dinilai nyaman. Namun di masa modern ini kulot justru lebih populer sebagai celana wanita.

Amina Celana Kulot Batik Rok Panjang Wanita adalah rekomendasi produk selanjutnya. Celana kulot ini terbuat dari bahan katun santung yang ringan, menyerap keringat, dan sangat nyaman. Desainnya akan membuat kamu tampil semakin modis.

Dengan pinggang karet, celana ini cocok untuk dikenakan oleh wanita segala ukuran. Pilihan warnanya juga menarik, ada merah marun, hijau, ungu, putih, cokelat, biru, dan ungu.

Harga Rp. 60.000-83.000

Miracle Shop Geva Batik Long Kulot Pants Wanita

Padu padan kulot yang tepat akan menghasilkan gaya yang sangat kece saat kamu menghadiri acara-acara penting seperti kondangan. Miracle Shop Geva Batik Long Kulot Pants Wanita akan sangat cantik berpadu dengan blus berkerah V yang feminin.

Kulot batik ini memiliki pola yang kekinian namun tetap kaya dengan nuansa etnik. Pinggangnya dilengkapi dengan elastic waist band yang nyaman dikenakan sehari-hari.

Lingkar pinggang kulot ini adalah 76-104 dengan panjang 100 cm. Sangat pas untuk menemani kamu menghadiri berbagai macam acara formal.

Harga Rp. 105.900

Monellina C.04814 Celana Kulot B

Kelebihan celana kulot adalah potongan lebar yang memberikan kenyamanan bagi pemakaianya, membuatmu bebas bergerak.

Monellina C.04814 Celana Kulot B terbuat dari bahan balotelli berkualitas dengan pinggang yang full karet. Lingkar paha celana adalah 70 cm dengan panjang 90 cm. Celana ini sangat ringan, adem, dan nyaman dikenakan sepanjang hari.

Harga Rp. 49.900-64.000

Koesoema Clothing Karina Parang Celana Kulot Batik Wanita

Selanjutnya ada rekomendasi kulot batik dari Koesoema Clothing Karina Parang Celana Kulot Batik Wanita. Kulot yang satu ini terbuat dari bahan batik printing dilengkapi dengan resleting di bagian dan elastic waistband. Desainnya sangat cocok buat kamu yang suka bergaya vintage dengan sentuhan tradisional.

Bawahan celana kulot yang lebar sebaiknya dipadukan dengan atasan yang pas di tubuhmu sebagai penyeimbang. Tentu akan terlihat aneh jika atasan dan bawahanmu sama-sama longgar karena akan menghilangkan bentuk tubuhmu.

Harga Rp. 100.000

Celana Kulot Batik Finka Long Pants

Jika kamu bosan dengan OOTD kondangan yang itu-itu saja, coba deh tampil berbeda dengan kulot batik. Kamu bisa memilih atasan polos berwarna netral sebagai padu padannya. Warna hitam dan putih menjadi pilihan yang paling umum, disesuaikan dengan corak batik yang dikenakan.

Celana Kulot Batik Finka Long Pants adalah batik yang terbuat dari kain katun batik primiss dengan pinggang karet yang melar. Kulot berukuran all size ini muat hingga ukuran XXL. Panjangnya 98 cm dengan lingkar pinggang 75-110 cm. Desainnya yang chic dan menarik akan membuatmu tampil lebih fashionable.

Harga Rp. 80.000-104.000

Winggo Etniq Elina Batik Kulot Pants Wanita

Terakhir ada rekomendasi dari Winggo Etniq Elina Batik Kulot Pants Wanita yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Celana kulot yang trendi ini terbuat dari batik print bermotif tenun yang menegaskan kesan etnik.

Warna birunya sangat cantik dan akan membuatmu jatuh cinta. Dilengkapi dengan tali pada bagian pinggangnya yang full karet. Panjang kulot semata kaki ini akan memberikan efek jenjang pada kakimu, terutama jika dipadukan dengan high heels berwarna netral.

Harga Rp. 189.200-236.500
From our editorial team

Seimbangkan Kulot Batik dengan Atasan Polos Supaya Tidak Terlalu Ramai

Jika kamu memutuskan memakai kulot batik, maka sebaiknya padukan dengan atas polos agar terlihat lebih seimbang. Karena motif batik sudah ramai, maka akan terlihat ramai dan berlebihan jika kamu juga memilih atasan yang bermotif. Untuk rekomendasi celana kulot batik terkini, kamu bisa cek lagi artikel BP-Guide di atas.