8 Rekomendasi Dompet Batik yang Cantik untuk Gaya yang Eksotis (2019)

8 Rekomendasi Dompet Batik yang Cantik untuk Gaya yang Eksotis (2019)

Pingin tampil dengan gaya yang unik dan eksotis dengan batik? Anda bisa menggunakan dompet batik. Berikut ini, BP-Guide akan memberikan ulasan dompet batik yang murah meriah dan cantik.

Dahulu Batik Dianggap Membosankan, Sekarang Batik Jadi Primadona

Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah ada sejak abad ke 12. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya arca Prajnaparamita atau Dewi Kebijaksanaan di Jawa Timur pada abad ke 13. Dewi kebijaksanaan tersebut menggunakan batik sebagai busananya.

Namun, karena memiliki motif dan warna yang monoton, batik sempat kurang disukai oleh banyak orang karena membosankan dan terkesan kuno. Di tangan desainer-desainer andal dari Indonesia, batik telah menjadi busana kekinian yang eksotis. Bahkan hari ini, batik telah dianggap sebagai primadonanya Indonesia.

Apa yang Membedakan Batik Yogya dengan Batik yang Lain?

Menggunakan Warna Cokelat, Putih, dan Hitam Sebagai Warna Dasar

Setiap daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa memiliki corak dan warna yang berbeda. Ciri khas dari batik Yogyakarta adalah selalu menggunakan warna cokelat, putih dan hitam sebagai warna dasarnya.

Di Yogya sendiri, setiap penggunaan warna menentukan kasta dari pemakainya. Contohnya untuk batik yang digunakan di kalangan keraton biasanya memiliki dominan warna putih, sedangkan untuk yang di luar keraton biasanya menggunakan batik yang dominan warna cokelat.

Desain dan Motif Batik Utama

Motif setiap batik memang memiliki kesamaan di setiap daerah, namun jika Anda memperhatikannya lebih teliti, motif Yogyakarta memiliki ciri khas tersendiri. Motif batik Yogya cenderung lebih besar dan tegas. Motif yang kuat tersebut melahirkan kesan dan maskulin.

Tidak hanya itu saja, perbedaan dan ciri khas dari batik Yogya juga dapat dilihat dari warna latar belakang dan arah motif. Contohnya pada motif Kawung dan Parang, batik Jogja memiliki latar belakang yang berwarna putih, sedangkan arah motifnya dari kanan dan kiri bawah.

Coraknya Menggambarkan Filsafat Hidup

Corak dari batik Yogyakarta bukanlah tanpa arti. Setiap coraknya berangkat dari filsafat hidup. Contohnya batik Grompol yang biasanya dipakai untuk batik pernikahan. Batik ini memiliki makna filosofis yang dalam.

Misalnya motif grompol memiliki arti berkumpul atau bersatu. Batik dengan motif ini sering dipakai pada acara pernikahan. Diharapkan pasangan yang akan menikah akan mendapatkan hubungan yang harmonis, bahagia, dan rezeki melimpah.

Dompet Batik Yogya Sering Jadi Oleh-oleh Turis yang Bertandang ke Sana

Jika Anda mencari produk-produk yang memanfaatkan batik, Anda bisa mencarinya di kota pendidikan, yaitu Yogyakarta.Salah satu pasar batik terbesar di Yogyakarta adalah Pasar Bringharjo. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai produk dari batik, seperti baju, celana, tas, topi, dan dompet.

Salah satu produk batik yang paling populer dari Yogyakarta adalah dompet batik yang banyak dicari oleh turis asing. Bentuknya yang unik dan ukurannya yang tidak terlalu besar membuat produk ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk orang terkasih.

Rekomendasi Dompet Batik Yogya, Bisa untuk Koleksi Sekaligus Oleh-oleh

Dompet Batik Jogja Asli Hijau

Sumber gambar www.tokopedia.com

Dompet Batik Jogja Asli Hijau adalah dompet yang memiliki sentuhan batik Yogya asli. Dompet yang memiliki ukuran 25 x 12 cm ini memiliki warna hijau lumut yang memberikan kesan etnik untuk penampilan Anda.

Dilengkapi pula dengan pengunci magnet yang dapat membuat barang yang simpan di dalamnya dapat tersimpan dengan baik. Anda bisa menggunakan dompet ini untuk berbagai acara atau juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 119.000.

Dompet Batik 2

Dompet Batik 2 memiliki pemisah di bagian dalamnya dan kancing magnet sebagai penutupnya. Ukurannya adalah 19cm x 9cm. Pembelian dalam jumlah besar mendapatkan kemasan kotak mika dan kantong kecil plastik.

Harga Rp. 10.000

Dompet Stnk Batik Unik Khas Jogja Souvenir

Sumber gambar www.tokopedia.com

Dompet STNK Batik Unik Khas Jogja Souvenir adalah dompet yang memiliki desain yang unik dan etnik. Anda bisa memanfaatkan dompet ini untuk menyimpan STNK agar tidak hilang dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 14.000.

Dompet Batik Tutup Pandan Cantik

Sumber gambar www.tokopedia.com

Dompet batik Tutup Pandan Cantik adalah dompet yang terbuat dari bahan kualitas terbaik, sehingga tidak mudah rusak dan tahan lama. Dompet yang memiliki motif tutup pandan ini dibuat langsung oleh pengrajin.
Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga hanya Rp 50.000.

Dompet Batik Kondangan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Dompet Batik Kondangan adalah dompet yang berukuran 24,5 cm x 21 cm x 10 cm x 6 cm. Dompet ini dilengkapi dengan tali sepanjang 22 cm. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga hanya Rp 20.000.

Dompet Batik Beranak isi 5pc / Souvenir Wedding

Sumber gambar www.tokopedia.com

Dompet Batik Beranak Isi 5pc / Souvenir Wedding adalah dompet yang terdiri dari 5 dompet dengan berbagai ukuran. Untuk ukuran yang paling besar, dompetnya berukuran 28 x 18 cm, kemudian dompet kedua berukuran 23 x 16 cm, dompet ketiga berukuran 18 x 14 cm, dompet keempat berukuran 14 x 11 cm, dan dompet yang terakhir berukuran 11 x 9 cm.

Dompet ini dapat Anda gunakan untuk tempat HP dan kosmetik. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 12.000.

Best Promo - Dompet Unik Motif Unik Batik Jogja

Best Promo - Dompet Unik Motif Unik Batik Jogja adalah dompet batik yang terbuat dari bahan spon printing. Dompet yang berukuran 11 x 9 cm ini memiliki 2 slot tempat uang, dan 1 slot photo, dan 3 slot kartu.

Harga Rp. 12.000

Pouch Dompet Lawasan Katun Simple

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pouch Dompet Lawasan Katun Simple adalah dompet yang terbuat dari bahan katun primisima. Jahitannya juga sangat halus dan rapi serta ditambah dengan resleting yang anti macet dan seret. Ukurannya adalah 20cmx15cmx5cm. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 30.000.

From our editorial team

Dengan Memakai Produk Batik, Anda juga Membantu Merawat Kearifan Lokal Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tak terhitung banyaknya. Batik salah satunya. Dengan menggunakan dompet batik yang direkomendasikan BP-Guide di atas, Anda tidak hanya akan tampil cantik dan menarik. Lebih dari itu, Anda juga membantu perekonomian lokal dengan membeli produk buatan dalam negeri. Ditambah lagi, Anda ikut merawat kearifan lokal dan kebudayaan Indonesia.