Menu Sarapan Sehat dan Praktis, Ini Dia 10 Sereal untuk Diet yang Patut Dilirik (2022)

Menu Sarapan Sehat dan Praktis, Ini Dia 10 Sereal untuk Diet yang Patut Dilirik (2022)

Sereal untuk diet merupakan menu sarapan sehat dan juga praktis untuk sehari-hari. Menu ini cocok bagi Anda yang kurang menyukai makan berat untuk sarapan. Bingung memilih sereal yang dapat menunjang program diet Anda? Yuk, simak 10 rekomendasinya berikut ini!

Sereal, Menu Sarapan Praktis dan Sehat untuk Diet

Sarapan sangat dianjurkan bagi semua orang sebelum memulai aktivitas. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi tubuh. Berbicara mengenai kebiasaan sarapan, ada banyak menu yang kerap dipilih dan disajikan. Tak melulu nasi atau roti, sereal menjadi salah satu menu pilihan, terutama bagi para pelaku diet.

Sereal umumnya terbuat dari gandum, jagung, atau biji-bijian lain yang kaya serat dan protein. Menariknya, kini banyak produk yang dibuat rendah gula, sehingga cocok sebagai sereal untuk diet. Selain sehat dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, sereal banyak dipilih karena praktis dan cocok untuk Anda yang memiliki aktivitas padat dan menyukai sarapan ringan.

4 Tips Mengonsumsi Sereal Diet untuk Sarapan

Ketahui Komposisi Produk

Meski banyak produk telah mencantumkan klaim kesehatan pada kemasannya, Anda tetap perlu memastikannya dengan mengetahui komposisi produk. Periksa daftar komposisi untuk mengetahui apa saja bahan-bahan yang digunakan dan akan Anda konsumsi. Hal ini untuk memastikan bahwa sereal untuk diet yang Anda konsumsi benar-benar mampu mendukung program diet Anda.

Perhatikan dua atau tiga bahan pertama yang tercantum dalam komposisi. Sebab, bahan-bahan tersebut yang mendominasi komposisi sereal. Bila perlu baca tabel informasi gizi yang tercantum pada kemasan untuk mengetahui nutrisi apa yang akan Anda peroleh ketika mengonsumsinya.

Pilih Sereal yang Rendah Gula

Masih berkaitan dengan membaca komposisi produk, pastikan bahwa sereal yang hendak Anda konsumsi memiliki kandungan gula yang rendah. Beberapa produsen makanan mencantukan gula dengan nama yang berbeda, sehingga membuat Anda bingung dalam mengidentifikasinya. Jadi, Anda perlu memahami jenis-jenis gula yang mungkin ada dalam komposisi sereal.

Pastikan bahwa gula tidak ada di baris pertama komposisi. Sebab, hal tersebut mungkin mengindikasikan kandungan gula yang tinggi. Anda bisa memilih sereal untuk diet yang memiliki kandungan gula di bawah 5 gram per porsi.

Mengandung Serat yang Tinggi

Santap pagi atau sarapan tentu bertujuan agar tubuh memiliki asupan energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Dengan demikian, pastikan bahwa kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi, terutama serat. Selain untuk memelihara kesehatan pencernaan, kandungan serat yang tinggi akan membuat Anda tidak mudah lapar.

Pastikan untuk memilih sereal untuk diet dengan kandungan serat yang tinggi. Makan cukup serat akan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Anda perlu mengasup setidaknya 3 gram serat per porsi agar program diet berjalan dengan optimal.

Makan dengan Porsi yang Tepat

Terbuat dari bahan yang sehat dan alami terkadang membuat sebagian orang abai dalam menakar porsi makan sereal. Apalagi, sereal untuk diet cenderung memiliki tekstur yang beragam, renyah, dan enak. Hal tersebut tak jarang membuat konsumsi melebihi porsi tanpa disadari.

Alih-alih sehat, mengonsumsi sereal dalam porsi yang berlebihan akan membuat Anda mengasup kalori yang lebih banyak. Sehingga, program diet pun menjadi terganggu. Pastikan untuk menakar konsumsi sereal sesuai dengan anjuran. Hindari pula mengonsumsi sereal di bawah anjuran, sebab akan membuat Anda mudah lapar dan kurang berenergi saat beraktivitas.

10 Rekomendasi Sereal untuk Diet yang Sehat dan Nikmat

Kellogg’s Corn Flakes

Rekomendasi sereal untuk diet yang pertama adalah Kellogg’s Corn Flakes. Corn flakes sereal ini terbuat dari jagung emas asli yang dipanggang dan sempurna sebagai menu sarapan. Berbentuk serpihan renyah, produk ini mengandung 8 nutrisi penting, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C dan zat besi yang dikemas dengan karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sereal keluaran Kellogg's ini cocok untuk Anda yang menginginkan sarapan serat yang ringan, untuk memulai hari. Diciptakan oleh Kellogg brothers sejak tahun 1906, kualitas produknya tentu tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa menyantapnya bersama susu yang ideal untuk sarapan.

Harga Rp. 18.300-18.800

Entrasol QuickStart Vanilla Veggie

Anda yang tengah mencari sereal untuk diet yang mengenyangkan namun rendah gula, Entrasol QuickStart Vanilla Veggie patut dijadikan pilihan. Minuman sereal ini terbuat dari oat pilihan dengan chia seed yang mengandung pro-fit formula. Tak hanya tinggi vitamin D, produk ini juga diperkaya 12 vitamin, 3 mineral, serta omega 3 dan 6.

Entrasol QuickStart Vanilla Veggie cocok untuk para pelaku diet, karena bermanfaat dalam menjaga kesehatan saluran cerna. Selain itu, produk keluaran Entrasol ini juga mampu membantu Anda menjaga kesehatan tulang. Minuman sereal ini sempurna sebagai menu sarapan ringan untuk memulai hari.

Harga Rp. 22.000

Chia-Yo Homemade Granola Original

Produk berikutnya yang patut dicoba adalah Chia-Yo Homemade Granola Original. Mengandung oats, biji-bijian, buah kering, honey replacement, dan kacang almond, produk ini merupakan makanan sehat mengandung kalori yang pas sebagai pengganti makan dan juga camilan. Produk keluaran Chia-Yo ini dapat dikonsumsi setiap hari untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan.

Menggunakan bahan alami yang sehat dan segar, Chia-Yo Homemade Granola Original ini mengenyangkan dan bernutrisi. Selain kaya protein, vitamin, omega 3 dan serat, produk ini juga rendah lemak dan gula. Dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet atau artifisial, membuatnya lebih sehat dan aman dikonsumsi.

Harga Rp. 85.500-162.800

Granova Honey Almond

Granova Honey Almond menjadi pilihan sereal untuk diet berikutnya yang direkomendasikan. Sereal granola homemade ini terbuat dari bahan-bahan alami, seperti oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering. Produk ini kaya akan serat pangan, protein, dan lemak sehat.

Produk keluaran Granova ini dibuat bebas gluten dan kolesterol, serta tanpa bahan pemanis, pewarna, maupun pengawet buatan. Granova Honey Almond merupakan menu sarapan penuh gizi yang juga cocok dijadikan camilan sehat. Selain varian Honey Almond (Original), sereal ini juga tersedia dengan rasa chocolate cranberry, banana nut, dan berry white yang bisa dipilih sesuai selera.

Harga Rp. 19.750-55.800

Quaker Instant Oatmeal

Rekomendasi produk berikutnya adalah Quaker Instant Oatmeal. Produk keluaran Quaker ini terbuat dari 100 persen oat utuh Australia yang mengandung kebaikan oatmeal tinggi serat. Produk ini mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan memelihara fungsi saluran pencernaan.

Quaker Instant Oatmeal merupakan pilihan sarapan praktis, karena tidak perlu dimasak, cukup diseduh dengan air panas atau susu rendah lemak. Sebagai pelengkap dan penambah cita rasa, Anda bisa menambahkan topping sesuai selera, misalnya buah-buahan, madu, atau bahkan abon.

Harga Rp. 41.000-52.500

GoLite Granola Crunchy Nutty Fruity

Tak melulu produk dari luar negeri, banyak pula produk sereal untuk diet dari merek lokal yang berkualitas. GoLite Granola Crunchy Nutty Fruity adalah salah satu produk lokal yang patut dilirik. Produk asal Bogor ini terbuat dari kombinasi bahan-bahan alami, yaitu oats, kacang mede, pumpkin seeds, kacang almond, kismis, dan cranberry kering.

Campuran bahan-bahannya yang berkualitas dan diproduksi tanpa bahan pengawet, menciptakan rasa yang menggugah selera. Produk keluaran GoLite ini menggunakan madu dan gula aren untuk memberikan rasa manis. Kaya akan serat membuat GoLite Granola Crunchy Nutty Fruity cocok sebagai menu sarapan sehat sehar-hari.

Harga Rp. 21.000-58.000

Nutify Chiareal Choco Banana

Kombinasi coklat dan pisang memang memberikan kenikmatan tersendiri, apalagi sebagai menu sarapan. Bagi Anda yang menginginkan kombinasi tersebut secara praktis, Nutify Chiareal Choco Banana bisa menjadi alternatifnya. Sereal untuk diet ini memiliki cita rasa yang nikmat, sehingga membuat Anda bersemangat dalam memulai aktivitas.

Nutify Chiareal Choco Banana terbuat dari oats, chia seed, bubuk santan, gula kelapa, pisang, bubuk coklat, dan garam. Untuk menikmatinya, Anda cukup menambahkan air panas pada produk keluaran Nutify ini. Tunggu selama 2 menit, kemudian sarapan sereal sehat dan nikmat pun siap disantap.

Harga Rp. 16.900-17.500

Orgran Gluten Free Multigrain Breakfast O's with Quinoa

Sereal untuk diet berikutnya yang berkualitas adalah Orgran Gluten Free Multigrain Breakfast O's with Quinoa. Produk ini mengandung gizi tinggi, karena dibuat dengan 77% gandum utuh dan 14% kacang polong yang mampu memenuhi nutrisi dan kebutuhan energi sepanjang hari. Tepung beras merah, tepung kacang kuning, dan tepung quinoa dipilih sebagai pengganti bahan-bahan berkalori tinggi.

Orgran Gluten Free Multigrain Breakfast O's with Quinoa merupakan sumber protein terbaik yang dapat dikonsumsi siapa saja. Kandungannya yang bebas gluten semakin aman dikonsumsi, karena juga dibuat bebas GMO dan MSG. Produk keluaran Orgran ini cocok dijadikan menu sarapan sehat sebelum memulai aktivitas.

Harga Rp. 81.560

Granola Creation Toasted Muesli Tropical Fruits & Nuts

Produk sereal untuk diet berikutnya adalah Granola Creation Toasted Muesli Tropical Fruits & Nuts. Menu sarapan praktis dan bernutrisi ini merupakan perpaduan sereal dengan kacang, madu, dan buah kering. Produk ini kaya akan tekstur, sehingga membuat santap pagi Anda lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Granola Creation Toasted Muesli Tropical Fruits & Nuts cocok dijadikan sebagai sarapan sehat, karena menggunakan bahan alami dan segar, tinggi serat, serta kaya protein. Anda bisa mencampurkannya ke yogurt atau smoothie sebagai camilan atau dinikmati tanpa menambahkan apapun.

Harga Rp. 113.000-133.900

Mia Chia Choco Chip & Nuts Breakfast Mix

Mia Chia Choco Chip & Nuts Breakfast Mix adalah produk seleral untuk diet terakhir yang masuk dalam daftar. Produk ini terbuat dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan yang tentunya lebih bergizi dibandingkan sereal granola atau gandum biasa. Trail-mix ini merupakan pilihan mudah dan bergizi untuk sarapan.

Tak hanya untuk sarapan, Anda juga mengonsumsinya sebagai topping dalam kegiatan memanggang atau baking. Dicampurkan dengan yogurt dan buah-buahan juga semakin nikmat. Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai camilan sehat yang cocok untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 2 tahun.

Harga Rp. 59.250-79.000
From our editorial team

Tambahkan Topping pada Sereal untuk Menambah Nutrisi

Mengonsumsi sereal saja mungkin menurut Anda sudah cukup sebagai asupan energi untuk beraktivitas. Namun, Anda juga bisa memperkaya asupan nutrisi dengan menambahkan topping berupa buah-buahan. Selain serat, Anda juga akan mendapatkan kebaikan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari buah. Topping juga akan membuat cita rasa sereal menjadi lebih bervariasi, sehingga Anda tidak akan bosan menyantapnya.