10 Rekomendasi Komik Pendidikan yang Cocok dalam Melatih Cara Anak Membaca (2021)

10 Rekomendasi Komik Pendidikan yang Cocok dalam Melatih Cara Anak Membaca (2021)

Anak seringkali lebih menyukai permainan dibandingkan membaca. Padahal penting sekali menerapkan budaya membaca pada anak. Jika membaca sudah menjadi kebiasaan anak, maka kebiasaan ini akan melekat hingga ia dewasa. Bagaimana cara membuat anak agar suka membaca? Misalnya saja dengan memberikan komik. Apa saja komik yang cocok dikenalkan kepada anak? Yuk, simak rekomendasinya.

Anak Sering Sekali Sulit untuk Diajak Membaca

Menciptakan kebiasaan membaca sejak dini menjadi suatu keharusan karena dapat meningkatkan komunikasi dan bahasa. Nyatanya, hal itu tidak mudah karena dengan adanya gawai, kebiasaan anak juga berubah. Meskipun kehadiran teknologi memberikan banyak kemudahan bagi kita, tetapi bisa berdampak buruk jika tidak diantisipasi dengan baik.

Membaca buku menjadi suatu langkah awal yang harus diperkenalkan kepada anak-anak. Meskipun gawai atau media digital lebih menarik bagi anak, tetapi memperkenalkan buku fisik juga perlu dilakukan. Membaca dari layar ponsel yang terlalu lama tentu tidak baik bagi kesehatan mata, sehingga perlu tetap ada buku fisik untuk mereka sebagai langkah menjaga kesehatan mata anak-anak. Selain itu, cara mengatasi ketidakmauan anak-anak untuk membaca salah satunya adalah dengan memberikan buku dengan tampilan yang menarik sehingga mereka merasa senang.

Tips Mengajak Anak Mau Membaca

Beri Contoh kepada Anak

Daya tangkap anak lebih cepat ketika melihat apa yang sering dia lihat. Menciptakan kebiasaan gemar membaca bisa dimulai dari orang tua. Anak cenderung akan meniru kebiasaan yang dilakukan orang tua, tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan membaca buku di depan anak. Lakukan setiap hari meski sebentar hingga menjadi kebiasaan dan anak mulai ikut tertarik untuk dibaca.

Cara ini cukup efektif menciptakan budaya membaca di lingkungan paling dekat dengannya, yaitu keluarga. Memberi contoh seperti ini sangat sederhana dan akan menimbulkan kebiasaan.

Ajak Anak Membaca Apa yang Ia Lihat

Berapa banyak tulisan yang ada di sekitar kita? Tentu banyak sekali. Mengajak anak membaca setiap hal yang ia temui menjadi salah satu langkah awal. Anak akan lebih cepat menangkap cara-cara sederhana tersebut karena hal itu terjadi di kehidupan sehari-hari.

Anda juga bisa membuat sebuah permainan kecil, seperti kuis membaca. Gunting kertas lalu tulis satu kata di setiap kertas tersebut kemudian minta anak memilih dan membacanya. Bermain sambil belajar akan membuat anak tidak bosan dan cepat menangkap apa yang mereka pelajari.

Beri Anak Bacaan Seperti Komik Pendidikan

Anak-anak cenderung memilih sesuatu yang menarik, tidak monoton, dan penuh warna. Memilihkan buku untuk anak memang bisa dilakukan, tetapi perlu juga memperhatikan apa yang anak suka dan topik yang sesuai. Komik pendidikan bisa menjadi pilihan karena memiliki banyak gambar dan ini akan menarik.

Sebagai bentuk penghargaan untuk mereka, Anda bisa memberikan pilihan komik mana yang diinginkan anak. Komik yang mereka pilih sendiri akan membuatnya lebih bersemangat membaca. Ditambah lagi dengan gambar-gambar menarik sekaligus berisi pesan-pesan pengetahuan yang akan cukup efektif bagi mereka.

Jenis Komik yang Harus Diketahui

Komik Edukasi

Komik edukasi memiliki konten dengan tujuan mengedukasi anak. Isi komik tetap ringan, menghibur, dan menarik bagi anak tanpa menghilangkan pesan edukatifnya. Penulis akan memberikan topik-topik ringan yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Komik Biografi

Biografi merupakan tulisan mengenai cerita hidup seorang tokoh. Biografi bukan hanya bisa disajikan dengan narasi biasa, tetapi juga dalam bentuk komik biografi. Cerita di dalamnya biasanya berisi aspek sejarah, seni, religius, hingga perjuangan hidup tokoh. Komik biografi bisa menjadi pilihan untuk mengenalkan perjuangan tokoh untuk meraih kesuksesan.

Komik Humor

Komik humor mulai muncul di Indonesia pada tahun 1930-an oleh seorang komikus, Kho Wan Sin Po. Komik humor berisi cerita lucu yang bertujuan untuk membuat pembaca tertawa. Biasanya ditampilkan dalam bentuk tulisan atau sisipan tulisan dalam dialog atau dari gambar-gambar lucu. Komik humor di Indonesia biasanya bertemakan dagelan.

Komik Petualangan

Selain tema-tema di atas, komik dengan tema petualangan juga banyak diciptakan untuk anak-anak. Komik genre ini menampilkan cerita tentang perjuangan suatu tokoh dalam mencari sesuatu. Bisanya gambar-gambar yang ditampilkan juga berupa aksi-aksi yang lucu dan membuat anak tertarik untuk membacanya.

Rekomendasi Komik Pendidikan yang Cocok untuk Melatih Anak Membaca

Educomics Plants Vs Zombies: Keselamatan Penerbangan

Educomics Plants Vs Zombies merupakan komik yang mengedukasi tentang penerbangan. Banyak yang mengira bahwa melakukan penerbangan sangat menakutkan dan memiliki risiko besar. Komik ini akan menjawab mengenai keselamatan penerbangan dengan kisah-kisah para tokohnya. Karakter yang terdapat pada komik ini ialah Plants dan Zombie yang terdapat pada karakter game Plants vs Zombie.

Harga Rp. 82.500-98.000

Komik Pendidikan Vitamin: Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Tidur

Komik Pendidikan Vitamin: Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Tidur merupakan salah satu komik edukasi yang ringan untuk anak-anak. Menjelaskan bagaimana vitamin sangat diperlukan untuk tubuh dan cara mendapatkannya yaitu dengan menjaga pola hidup. Komik terbitan M&C! ini juga menceritakan cara mengatasi bau badan, kesehatan tulang, dan kebiasaan tidur nyenyak. Memiliki penyajian yang ringan dan informatif, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak.

Harga Rp. 125.800-148.000

Science Quiz Series

Science Quiz merupakan komik pendidikan yang memiliki topik-topik seputar sains. Cocok sebagai hadiah untuk anak yang gemar sains dan matematika. Selain membawa anak-anak mempelajari sains lewat bahasa yang ringan, komik ini juga diselipi dengan cerita lucu yang dapat membuat pembaca ikut tertawa.

Harga Rp. 35.000-35.000

Komik Pendidikan Cookie Run Sweet Escape Adventure! Penemuan Hebat

Cookie Run Sweet Escape Adventure merupakan komik petualangan yang mengajak anak-anak untuk menemukan sesuatu yang baru. Penemuan tersebut juga bisa berasal dari berbagai hal, bahkan dari lingkungan kita sendiri. Diceritakan pula penemuan dengan teknologi canggih seperti pembangkit tenaga listrik, hyperloop, dan bio plastik. Ada pula cerita tentang penemuan teknologi sederhana seperti peniti, plester sekali pakai, hingga celana dalam.

Harga Rp. 72.250-85.000

Komik Pendidikan Kumbang Badak vs Kumbang Rusa (Ensiklopedia Animalia)

Ensiklopedia Animalia: Kumbang Badak vs Kumbang Rusa by Slaium/Phoebe merupakan komik yang diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer. Genre komik ini adalah petualangan yang menceritakan Jake beserta teman-temannya yang sedang menyelidiki pulau. Selama penyelidikan terdapat hal-hal berbahaya, seperti adanya kumbang raksasa dan juga nyawa Louis yang terancam bahaya. Diceritakan pula bagaimana kerja sama satu tim untuk menyelamatkan nyawa mereka.

Harga Rp. 68.000-80.000

Komik Pendidikan Let's Make Your Own Accessories (Girls Generation)

Girls Generation: Let's Make Your Own Accessories merupakan komik dengan tema perjuangan. Menceritakan tentang Yeon Du yang berjuang menghadapi kegagalan untuk mewujudkan impiannya. Dikemas dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami oleh anak-anak. Memberikan pesan yang mendalam pula untuk anak, yaitu jika menyerah pada impian, maka impian tersebut akan sia-sia belaka. Tetapi jika pantang menyerah, impian itu akan menjadi kenyataan.

Harga Rp. 30.000-45.000

Komik Pendidikan Karakter Anak Clean Up Do It Now

Komik Clean Up Do It Now merupakan komik pendidikan yang dikemas dengan cerita-cerita ringan, seperti merapikan hal-hal yang ada di sekitar. Komik ini cocok untuk melatih anak agar memiliki sikap rapi dan berinisiatif. Selain disajikan gambar-gambar menarik, komik ini juga akan mengajak anak-anak untuk ikut dalam memecahkan kode atau teka-teki. Dengan begitu, kemampuan kritis anak juga akan terlatih dan menjadi bekal nanti di masa mendatang.

Harga Rp. 50.000-70.000

STOP - 5 Menit Belajar dan Mengenal Hewan

Komik 5 Menit Belajar dan Mengenal Hewan merupakan komik pendidikan anak dengan tema hewan. Menceritakan pula bagaimana setiap hewan melindungi dirinya, cara membentuk keluarga, berkomunikasi, hingga siklus rantai makanan. Memberikan ilustrasi pada setiap tokoh sehingga mudah dipahami oleh anak-anak.

Harga Rp. 16.000-30.000

Komik Pendidikan Vitamin: Menjaga Penampilan dengan Merawat Tubuh

Komik Pendidikan Vitamin: Menjaga Penampilan dengan Merawat Tubuh merupakan komik yang berisi edukasi bagaimana merawat tubuh. Cerita ini menggambarkan tentang perjalanan ke luar angkasa sekaligus mempelajari bagaimana cara merawat tubuh dan menjadikan tubuh bersih serta cantik. Diceritakan pula bagaimana kita harus mengatasi alergi kulit dan pegal-pegal pada tubuh.

Harga Rp. 96.200-148.000

Komik Pendidikan Suprising Science Hukum: Hukum Dasar Kimia

Suprising Science Hukum: Hukum Dasar Kimia menjadi salah satu komik pendidikan yang berisi topik mengenai kimia. Komik ini ditulis oleh Lee Kyeong Min yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Menceritakan mengenai bagaimana memanfaatkan hukum-hukum dasar kimia yang ada di kehidupan sehari-hari. Dikemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami anak-anak.

Harga Rp. 25.000-25.900
From our editorial team

Mengajarkan Anak Membaca dengan Bacaan yang Tepat

Mengajarkan budaya membaca untuk anak-anak tentu harus dengan memilihkan bahan bacaan yang tepat. Saat ini, komik hadir dengan aneka topik beragam. Pilihlah komik dengan topik yang tepat untuk anak dan sesuai dengan umur anak.

Tag