Belajar Islam Lebih Menyenangkan dengan 10 Rekomendasi Komik Islami Berikut (2021)

Belajar Islam Lebih Menyenangkan dengan 10 Rekomendasi Komik Islami Berikut (2021)

Komik adalah media yang tepat untuk menyampaikan sesuatu. Tidak salah jika banyak komikus islam yang memakai komik sebagai media dakwah yang tepat. Tidak hanya efekif, namun komik juga bisa jadi media yang menyenangkan. Para pembaca bisa terhibur karena tidak melulu membaca kata-kata namun juga bisa melihat gambar yang menarik. Nah, simak yuk, deretan rekomendasi komik islami yang bagus!

Melirik Perkembangan Komik Islami dari Waktu ke Waktu

Buku komik merupakan jenis buku yang sangat menyenangan untuk dibaca. Ini karena ada gambar penyerta cerita sehingga kita jadi tidak terlalu bingung dengan kata-katanya karena kita bisa melihat reaksi dan maksud cerita dari tokoh-tokoh komik tersebut. Buku komik lebih mudah dicerna baik oleh anak-anak hingga dewasa karena ada visual yang menarik dan bikin kita jadi lebih tertarik membaca lebih lama.

Komik dipandang sebagai salah satu bentuk seni. Komik hadir dalam bentuk beragam, ada yang berupa komik strip di koran atau majalah, hingga ada yang berbentuk buku sendiri. Belakangan malah komik sudah hadir dalam bentuk digital sehingga lebih memudahkan para pembaca milenial.

Komik bisa menjadi media penyampai pesan yang efektif. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan komik sebagai penyampai sesuatu. Apa saja bisa disampaikan lewat komik, mulai dari kritis sosial, humor, nasehat, sejarah, hingga tuntunan akhlak islami.

Komik begitu sukses menghipnotis seluruh penggemar di seluruh dunia. Komik Amerika seperti DC dan Marvel sukses disukai dengan aneka karakter superheronya.

Dari pengaruh komik barat tersebut, Dr. Naif Al-Mutawa, seorang berkebangsaan Kuwait yang berprofesi sebagai seorang psikolog klinis akhirnya terinspirasi membuat komik islami. Ia pun mendirikan Muta wa Teshkeel Comic dan menerbitkan komik superhero Islam. Lalu ada pula Adil Imtiaz dan Kamil Imtiaz yang mulai menerbitkan serial cerita buku komik tokoh pahlawan super Muslim sejak Januari 2011. Keduanya berniat menyampaikan pesan bahwa Islam adalah agama pembawa kedamaian. Mereka mengganggap komik bisa menyampaikan pesan yang tepat pada masyarakat Amerika dan dunia bahwa Islam bukan agama yang kaku dan dekat dengan terorisme.

Di Indonesia, komik mulai berjaya mulai tahun 1950 hingga awal 1980-an. Ada banyak genre komik yang hadir mulai dari tokoh pewayangan, percintaan, superhero, hingga agama. Di Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam, komik islami berkembang pesat dan banyak diminati. Komik islami yang beredar umumnya bertema sejarah, pesan moral, kisah kepahlawanan, dan syiar agama.

Manfaat Membaca Komik Islami

Sebagai Media Pembelajaran

Komik islami bisa memberikan banyak keuntungan untuk para pembacanya. Salah satunya adalah sebagai media pembelajaran. Lewat komik islami kita bisa belajar banyak hal mengenai Islam. Mulai dari sejarah, tokoh-tokoh Islam, tuntunan-tuntunan dalam Islam, dan lain sebagainya.

Komik mempermudah kita memahami Islam secara lebih baik. Lewat gambar visual yang menarik, kita jadi tidak merasa bosan dan tidak merasa digurui. Komik bisa bikin kita jadi lebih semangat untuk tahu lebih banyak tentang Islam dengan cara yang lebih menyenangkan.

Bisa Mengambil Hikmah dari Cerita yang Ditampilkan

Komik islami tentu memiliki aneka tema yang berbeda-beda. Ada yang temanya mengenai tokoh tertentu, ada yang temanya humor, ada yang temanya santri, ada yang temanya sejarah, dan lain sebagainya. Saat membaca komik islami tersebut, tentu kita bisa mengambil hikmah dari cerita yang ditampilkan. Misalnya saja dalam buku komik islami dengan tema sejarah perjuangan nabi. Kita bisa melihat contoh perbuatan baik dan juga perbuatan buruk. Kita juga bisa melihat akibat yang didapat dari perbuatan buruk dan perbuatan baik sehingga kita bisa mengambil hikmah atau pesan moralnya dengan lebih mudah.

Memperkaya Perbendaharaan Kata Islami

Komik islami juga bisa memberi manfaat lainnya. Contohnya adalah bisa memperkaya perbendaharaan kata islami. Ketika membaca komik islami, kita tentu sedikit banyak memahami istilah Islam dalam berbagai tema yang dihadirkan. Dengan bertambahnya kosakata islami, kita bisa membiasakan diri memakainya dalam konteks yang tepat dalam percakapan sehari-hari. Contoh mudahnya adalah saat kita mendapat rezeki kita bisa terbiasa mengucap Alhamdulillah, saat sedih dan tertimpa musibah maka mengucapkan Innalillahi, dan seterusnya.

Meningkatkan Kemampuan Membaca

Membaca komik islami juga bisa meningkatkan kemampuan membaca kita. Dengan bantuan gambar, kita jadi bisa lebih cepat memahami isi bacaan sesuai dengan urutan. Selain itu, kita juga bisa membuat kesimpulan berdasarkan fakta. Tak berhenti sampai di situ, membaca komik juga bikin kita terbiasa belajar mengenai ejaan, mulai dari penggunaan tanda baca hingga penggunaan tata bahasa yang baik.

Ini Dia Rekomendasi Komik Islami yang Bisa Dibaca Siapa Saja

Liqomik : Antologi Komik Islam

Liqomik : Antologi Komik Islam ini merupakan rekomendasi pertama dari kami. Buku yang ditulis oleh Squ dan kawan-kawan ini memiliki ketebalan 185 halaman. Liqomik berisi kisah yang dihadirkan dari para komikus islami yang tergabung dalam komunitas iQomic. Tujuan dari buku ini adalah memberikan kontribusi dakwah dan mengingatkan kita agar terbiasa menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Deretan kisah dalam buku ini sama sekali tak membosankan. Justru kumpulan komik ini begitu menghibur, mendidik, dan tentunya bermanfaat bagi para pembacanya. Melalui komik ini kita juga bisa menambah wawasan tanpa merasa sedang digurui. Kisahnya disampaikan dengan ringan dan mudah. Ada 15 cerita di dalamnya yang pasti sama serunya.

Harga Rp. 35.000-75.000

Komik 10 Pahlawan Islam

Komik 10 Pahlawan Islam ini tentu juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini ditulis oleh Izzah Annisa dan Fajar Istiqlal. Buku anak-anak ini boleh juga dibaca orang dewasa karena isinya sangat menghibur dan bisa menambah pengetahuan. Komik setebal 116 halaman ini berisi 10 cerita tokoh pahlawan dalam islam.

Ada banyak pahlawan muslim yang bisa jadi idola anak-anak hingga dewasa. Semuanya kuat, tangguh, dan pastinya sangat saleh. Mereka begitu gigih dan berani mengorbankan diri demi berdirinya panji-panji Islam. Kita bisa belajar banyak dari para pahlawan tersebut. Kisahnya tidak disajikan monoton, melainkan juga diselipi humor sehingga bikin kita jadi lebih betah membacanya tanpa merasa mengantuk.

Harga Rp. 53.000-134.000

Komik Wow Subhanallah : Amazing Islam

Komik Wow Subhanallah : Amazing Islam adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini ditulis oleh Tehty Ezokanzo. Buku komik berukuran 19,5 x 27 cm ini memiliki berat 305 gram. Produk yang satu ini mengulas aneka fakta tentang Islam yang kadang banyak dari kita yang tidak tahu.

Lewat buku ini, kita bisa bersiap menerima banyak pengetahuan seperti nama madrasah Islam pertama, mengenal Imam Ibnu Katsir, kerajaan Islam pertama di Indonesia, dan lain sebagainya. Ada juga fakta-fakta seputar Alquran, berbagai peristiwa penting di awal perkembangan Islam, hingga masa kejayaan Islam.

Harga Rp. 57.000-139.000

Komik Shalahuddin Al-Ayyubi seri # 1

Jangan lewatkan juga untuk membaca Komik Shalahuddin Al-Ayyubi seri # 1. Buku yang satu ini mengisahkan mengenai tokoh Islam bernama Shalahuddin Al-Ayyubi. Ia merupakan seorang kesatria yang gagah dan pemberani. Di dalamnya banyak pengetahuan seputar Shalahuddin Al-Ayyubi dan juga guru yang selalu sabar dan gigih mengajarnya, yakni Nuzuruddin Zanki. Berkat guru dan orangtuanya, Shalahuddin Al Ayyubi mampu menaklukkan kembali Tanah Suci Palestina yang telah dirampas oleh Pasukan Salib. Kisahnya tertuang begitu rinci dan detail namun tidak membosankan. Kita akan dibuat kagum dan juga tidak sabar untuk membaca seri selanjutnya dari buku yang satu ini.

Harga Rp. 70.000-129.000

Komik Mumus And Friends Islam Agama Penyayang

Komik Mumus And Friends Islam Agama Penyayang ini juga boleh untuk kamu jadikan pilihan. Komik islami yang satu ini mengajarkan kita untuk saling menyayangi sesama tanpa membeda-bedakan. Kisahnya mengenai Mumus bersama teman-temannya, seperti Babeh, Ucup, Ipul, dan Abay. Ada pula Ncay, Mpok Nay, dan Mas Budi.

Komik ini tak hanya bercerita keseharian Mumus namun juga mengenalkan bagaimana cara Islam mengajarkan kasih sayang. Kita akan diajarkan menyayangi diri sendiri, menyayangi alam, dan juga menyayangi orang lain. Ada banyak tema mendidik yang dihadirkan dan pastinya semuanya menarik untuk dibaca.

Harga Rp. 30.000-110.000

KOMIK STRIP ISLAM: TOP SECRET SANTRI GONTOR

KOMIK STRIP ISLAM: TOP SECRET SANTRI GONTOR adalah produk berikutnya yang wajib kamu miliki. Ini mengisahkan mengenai kehidupan santri di pesantren Gontor, Jawa Timur. Kamu yang hendak nyantri atau mungkin memiliki anak, keponakan, hingga saudara yang akan nyantri bisa banget baca komik ini dulu sebagai pengetahuan. Bagi yang lulusan pesantren juga bisa kok membaca komik islami yang satu ini.

Kamu bisa menemukan istilah-istilah nyeleneh yang bisa ditemukan dalam keseharian hidup santri Gontor. Kisah yang ada di dalamnya sangat memotivasi dan bahkan bisa mengungkap makna di balik kehidupan santri. Ditulis oleh Rochman Romadon yang merupakan alumni santri Gontor, buku setebal 168 halaman ini siap mengocok perutmu.

Harga Rp. 49.000-99.000

Komik Islam Pengen Jadi Baik 3

Komik Islam Pengen Jadi Baik 3 adalah produk yang kami rekomendasikan selanjutnya. Produk yang satu ini ditulis oleh Squ. Komik islami setebal 160 halaman ini adalah lanjutan dari edisi 2 yang begitu banyak diminati di pasaran. Buku komik islami humor ini dijamin menyenangkan untuk dibaca.

Kisahnya adalah kejadian sehari-hari dengan nuansa positif. Ada banyak hikmah yang bisa kamu petik di setiap cerita yang disajikan. Komik yang satu ini bisa dibaca kala senggang. Tidak sekadar menyuguhkan kisah, namun kita juga bisa menyontoh beberapa cara yang dilakukan para tokohnya. Misalnya cara menasihati orang di sekitar kita dengan cara islami, cara membuat anak tertarik belajar Alquran, dan seterusnya.

Harga Rp. 40.000-48.000

Seri Komik Islam Kisah Nabi Muhammad SAW

Seri Komik Islam Kisah Nabi Muhammad SAW ini juga pastinya sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini diterbitkan oleh MIZAN PUBLISHING. Komik setebal 276 halaman ini hadir dalam 5 seri yang seru. Ditulis oleh Nur Wahidin, kita bisa mengikuti perjalalanan Rasulullah SAW mulai dari masa kanak-kanak hingga menjelang ajalnya.

Ada banyak teladan yang bisa kita petik dari kisah Nabi Muhammad SAW. Sebagai umat muslim tentu kita wajib mengenal nabi kita dengan lebih mendalam agar bisa mencintai Nabi dengan lebih baik. Kita bisa belajar banyak dari cara Nabi menghadapi masalah dan lain sebagainya.

Harga Rp. 51.000-127.000

Komik Sirah Rasulullah Periode Mekah

Komik Sirah Rasulullah Periode Mekah adalah rekomendasi yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja. Produk yang satu ini mengisahkan perjalanan Nabi Muhammad SAW saat diutus menjadi Rasul kota Mekah dan wilayah jazirah Arab lainnya. Ada banyak rintangan saat Nabi berusaha menyadarkan umatnya yang menyembah berhala buatan mereka dan juga menyadarkan mereka yang percaya pada takhayul dan ramalan. Perjuangan Nabi bisa memberikan kita banyak hikmah dan juga pengetahuan. Produk yang satu ini ditulis oleh Fajar Istiqlal dan diterbitkan oleh Gema Insani Press.

Harga Rp. 48.000-93.000

Komik Anak Islam Real Masjid Jilid 5

Komik Anak Islam Real Masjid Jilid 5 adalah rekomendasi terakhir dari kami. Komik yang ditulis oleh Tonytrax ini mengisahkan kehidupan muslim di Indonesia yang tanpa disadari banyak yang menyimpang dari inti ajaran Islam yang sebelumnya. Lewat komik strip ini kita bisa belajar tentang Islam dengan cara yang lebih menyenangkan. Hadir dengan selipan humor, kita jadi tertampar untuk jadi pribadi muslim yang lebih baik. Seri ke 5 ini mudah dicerna karena sangat dekat dengan keseharian kita.

Harga Rp. 70.000-150.000
From our editorial team

Komik Bisa Bikin Semangat Membaca

Sebagai manusia, sebaiknya memang kita tidak berhenti belajar dan menambah ilmu pengetahuan. Makin tinggi ilmu pengetahuan kita, maka diharapkan kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dan berguna untuk sesamanya. Nah, membaca bisa jadi salah satu kegiatan yang tepat untuk menambah pengetahuan. Buku komik islami bisa jadi pilihan kamu untuk menambah ilmu pengetahuan seputar Islam. Jika kamu tergolong orang yang malas membaca, kemungkinan kamu akan makin semangat jika membaca buku berupa komik. Buku semacam ini lebih mudah dipahami dan tentu saja bikin kamu lebih cepat menyerap ilmu pengetahuan Islam di dalamnya. Diharapkan, kamu bisa jadi pribadi muslim yang baik di luar dan dalam setelah memahami komik islami yang kamu baca.

Tag