10 Rekomendasi Kado Terbaik untuk Bayi Perempuan 4 Tahun Pilihan para Ibu Masa Kini (2021)

10 Rekomendasi Kado Terbaik untuk Bayi Perempuan 4 Tahun Pilihan para Ibu Masa Kini (2021)

Kamu sedang bingung memilih kado terbaik untuk bayi perempuan 4 tahun? Tenang, BP-Guide punya banyak rekomendasi hadiah yang pastinya akan sangat berkesan untuk bayi kesayanganmu. Yuk, simak berbagai rekomendasinya di sini!

Tidak Hanya Orang Dewasa, Anak Perempuan pun Sangat Bahagia Bila Diberi Kado

Anak-anak akan sangat bahagia ketika mendapatkan hadiah. Ini merupakan salah satu cara untuk membuat suasana hati anak menjadi lebih senang. Secara psikoklogis pun, memberi hadiah untuk anak akan memiliki dampak yang baik bagi hubungan anak dan orang tua.

Hadiah yang diberikan dari orangtua kepada anak dapat diartikan sebagai simbol perhatian dan ikatan istimewa. Selain itu, pemberian hadiah juga dapat mengajari anak untuk saling berbagi dan memberi kepada sesama. Jadi, sudah pasti banyak manfaatnya, bukan?

Tak perlu menunggu momen-momen tertentu, kamu dapat memberikan kado kepada anak setiap saat. Yang penting, sesuaikan dengan umur dan fase tumbuh kembang anak. Soalnya, setiap tahun anak mengalami fase pembelajaran berbeda sesuai umurnya.

Karenanya, sesuaikanlah hadiahmu dengan usia anak. Misalnya, ada fase di mana anak perempuan lebih banyak belajar bicara, menunjuk, mengingat, atau meniru. Yuk, simak dulu tips memilih kado yang tepat untuk anak perempuan di bawah ini.

Tips Memilih Kado yang Tepat untuk Anak Perempuan

Perhatikan Tingkat Keamanan Mainan

Keberadaan mainan sangat penting terutama bagi anak kecil. Mainan membantu mereka untuk tidak mudah bosan dan rewel. Faktor paling penting untuk diperhatikan adalah seberapa aman mainan yang kamu pilih untuk anak perempuan.

Usahakan jangan langsung percaya dengan semua mainan yang dijual di toko offline maupun online. Siapkan waktu untuk memeriksa dengan detail mainan yang akan dibeli. Perhatikan, apakah mainan ini dibuat dari bahan yang aman, periksa juga apakah ada bagian yang berkarat, terlalu tajam, ataupun ada kerusakan pada mainan tersebut yang dapat melukai anak.

Pilihlah Mainan Sesuai dengan Usianya

Hal yang tidak kalah penting, usahakan kamu membelikan mainan yang sesuai dengan fase tumbuh kembang anak tersebut. Untuk anak berusia 3 hingga 5 tahun misalnya, mereka sedang dipenuhi dengan imajinasi. Kamu dapat membelikannya mainan tanah liat dengan cetakan atau sejenisnya.

Dari situ, mereka dapat mengelolanya menjadi apa saja yang mereka inginkan. Selain itu, anak-anak juga senang melukis, bermain blok, menyusun puzzle, dan sejenisnya. Ini dapat diberikan sesuai dengan umurnya.

Berbeda dengan anak berusia di atas 5 tahun, biasanya mereka mulai mengenai sekolah dan keterampilannya pun terperbarui. Sudah sepatutnya kamu ajak mereka bermain bola, bersepeda, mengajarinya membaca atau bermain alat musik. Karena pada usia ini, kemampuan motorik mereka kian berkembang.

Bersifat Edukatif

Direkomendasikan bagi kamu untuk memberikan kado yang edukatif buat anak. Jadi bukan hanya sekadar lucu atau menarik, tapi juga berguna untuk merangsang kemampuan berpikir dan motoriknya. Hadiah macam apa yang bersifat edukatif?

Ada banyak dong, misalnya talking book, yang biasanya berisi nama hewan, alat transportasi, atau sejenisnya, yang dilengkapi teknologi audio sehingga ada suara yang keluar dari isi buku tersebut.

Master mat dengan beragam warna juga bisa menjadi kado yang menarik di usia tertentu. Produk ini membuat anak nyaman duduk di atas lantai sekaligus sembari belajar menyusun gambar. Menarik, bukan?

Nggak hanya itu, boneka jari buatan sendiri juga dapat menjadi mainan edukatif untuk anak. Kamu juga dapat memberikan mainan puzzle atau boardgame yang bermanfaat guna mengasah daya pikir anak.

Yang jelas, kado-kado edukatif umumnya mampu membantu meningkatkan kreativitas anak, mengasah kemapuan motorik, memberikan wawasan mengenai warna dan bentuk barang, melatih konsentrasi, menstimulus pembentukan karakter, serta memperkenalkan konsep sebab-akibat kepada anak.

Sesuaikan dengan Hobinya

Pemberian hadiah dapat menjadi bentuk apresiasi orang tua terhadap anak. Kamu dapat memberikan kado misalnya setelah anak melakukan hal-hal positif. Agar tak sia-sia, sebaiknya kamu membelikan hadiah yang cocok dengan hobi anak. Dengan begitu, anak akan merasa jauh lebih senang dan termotivasi menggali kemampuan dirinya.

Jika anak gemar mewarnai, maka berikan ia kado buku dan alat mewarnai seperti pensil warna sehingga ia dapat melampiaskan hobi dengan baik. Atau, jika anak menyukai mainan boneka barbie, kamu dapat membelikannya boneka dengan pilihan baju lucu-lucu yang bisa dilepas dan dipasang. Mudah, bukan?

Lain halnya jika anak menggemari permainan lego. Sebaiknya kamu berikan ia kado berupa lego atau mainan balok-balok yang disusun hingga menjadi bentuk tertentu. Hal ini akan mengasak kemampuan berpikir dan logikanya.

Kado-kado lainnya yang dapat disesuaikan dengan hobi atau kebutuhan adalah tas bergambar tokoh kartun terkenal, atau tempat minum untuk dibawa ke mana saja saat luar rumah.

Kenali Manfaat Memberikan Kado kepada Anak Perempuan

Tingkatkan Hubungan Anak dan Orang tua

Pemberian kado untuk anak memiliki manfaat yang luar biasa. Kini, kami akan mengajak anak mengenal manfaat memberikan kado kepada anak perempuan. Apa saja manfaatnya?

Tentunya, pemberian kado tidak hanya dapat dinilai dari fisiknya saja. Kado yang diberikan oleh orang tua kepada anak dapat meningkatkan kualitas hubungan yang dimiliki keduanya. Hal ini akan membuat hubungan keduanya lebih hangat, dekat, dan akur.

Selain itu, anak-anak juga cenderung bahagia, percaya diri, dan bangga ketika diberikan kado atau hadiah, terutama setelah mereka meraih prestasi tertentu. Ikatan emosional yang terjalin di antara keduanya akan tumbuh lebih kokoh.

Saat memberikan hadiah ini kepadanya, nggak ada salahnya juga jika kamu menyebutkan apa yang telah dia lakukan sehingga ia mendapatkan hadiah itu sehingga anak lebih memahami.

Menumbuhkan Jiwa Berbagi Si Kecil

Anak-anak akan merekam apa yang dia lihat, dengar, dan alami. Rekaman itu mengendap dalam memori dan bukan tidak mungkin akan dia tiru. Jika hal itu terus terjadi, maka rekaman itu kemudian berkembang menjadi kebiasaan yang ia lakukan hingga tumbuh dewasa.

Mereka memiliki memori yang masih bagus, sehingga sebagai orang yang lebih tua sebaiknya kita memberikan arahan yang positif. Memberikan hadiah kepada anak-anak dapat memicu mereka untuk memiliki jiwa berbagi, ringan tangan, dan meningkatkan kepekaannya dengan lingkungan sekitar.

Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Selain membentuk jiwa berbagi, memberi hadiah kepada anak juga dapat membantu menyuntikkan rasa percaya diri di diri mereka. Mendapatkan hadiah akan membuat anak merasa berharga. Dari pemberian itu ia belajar, bahwa apa yang ia lakukan diperhatikan oleh orangtuanya.

Memupuk rasa percaya diri sejak kecil sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua, karena rasa percaya diri akan membuat anak lebih berani dan pandai. Kemungkinan besar, anak akan semakin tergugah dan lebih giat melakukan hal-hal baik. Jadi, jangan ragu untuk memberikan kado atau hadiah bagi anak, ya.

Latih Anak Bekerja Keras

Kamu juga bisa menggunakan hadiah sebagai pemicu semangat anak untuk bekerja keras melakukan apa pun yang baik, misalnya belajar. Cara yang bisa dilakukan adalah memberikan hadiah ketika anak meraih prestasi di sekolah. Pemberian hadiah ini diharapkan mampu menjadi motivasi untuk anak agar semangat mencapai target tertentu yang belum diraihnya.

Tapi jangan salah ya, kepada anak yang belum mendapatkan prestasi pun kamu juga perlu menyemangatinya dengan memberikan hadiah atau kejutan. Ini dilakukan untuk menunjukkan pada anak bahwa orangtua menghargai proses belajar anak yang dilakukannya seoptimal mungkin. Hadiahnya tidak harus barang mewah, bisa jadi pujian, makanan enak, atau bertamasya bersama.

Menumbuhkan Rasa Bahagia

Anak-anak pasti bahagia ketika menerima hadiah. Untuk itu, jika ingin membuatnya bahagia, berikan anak hadiah yang ia sukai. Rasa bahagia ini dapat memupuk tumbuhnya sikap-sikap yang terpuji, misalnya anak menjadi ramah dan gemar tersenyum.

Anak juga mulai belajar mengenali adanya emosi atau perasaan senang yang ia rasakan ketika menerima hadiah. Dengan begitu, ia tahu bagaimana membuat orang lain bahagia, yaitu saling berbagi satu sama lain. Hadiahnya pun tak harus yang mewah, cukup berikan apa yang menurutmu dibutuhkan oleh anak.

Jadi, tak ada salahnya memberikan anak hadiah sejak dini, misalnya dimulai dengan anak perempuan berumur 4 tahun. Nah daripada bingung cari hadiah apa untuk anak, yuk simak daftarnya berikut ini. Siapa tahu ada rekomendasi kado untuk bayi perempuan 4 tahun yang bisa menjadi pertimbanganmu.

Cari Kado Terbaik untuk Bayi perempuan 4 Tahun? Yuk, Cek Rekomendasinya!

Pensil Mewarnai atau Crayon

Aktivitas mewarnai menjadi sebuah sarana yang menyenangkan dan positif untuk dilakukan oleh anak-anak. Nggak ada salahnya kalau kamu memberikan kado pensil mewarnai atau krayon. Tentunya, cari yang bahannya aman bagi anak-anak, ya.

Kamu dapat membelikan kado untuk bayi perempuan 4 tahun berupa Deli Pensil Warna 24/36/48C watercolor dengan kuas non-toxic alias bebas racun dan dilengkapi teknologi hybrid 65XO.

Pensil warna ini juga tahan air, kamu dapat mencucinya jika diperlukan. Terdiri dari isi pensil 24, 36, hingga 48 pilihan warna yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

Pensil warna Deli punya beragam keunggulan, di antaranya gagang pena berupa kayu asli dan bagian dalam pensil pun tidak mudah patah.
Selain itu, pegangan pensilnya nyaman digenggam pada tangan anak-anak. Proses pencelupan warnanya pun membuat warna yang dihasilkan mudah untuk diidentifikasi.

Harga Rp. 9.800-155.000

Mainan Kitchen Set

Ide kado untuk bayi perempuan 4 tahun lainnya adalah mainan kitchen set. Anak-anak umumnya menganggap mainan masak-masakan adalah aktivitas yang menyenangkan. Dari aktivitas ini, anak-anak dapat berlatih untuk mengenali dan menggunakan peralatan dapur serta mengetahui jenis-jenis makanan.

Pilihan mainan kitchen set pertama adalah Wooden Kitchen Set Grey – Kitchen Set Anak. Mainan ini cocok digunakan sebagai kado untuk bayi perempuan 4 tahun karena memiliki bahan yang aman yaitu dari kayu. Yang penting, periksa lagi apa saja jenis alat masaknya sebelum membeli, ya.

Harga Rp. 75.000-1.459.000

Sepeda untuk Si Kecil

Bermain sepeda bukan hanya dapat menjadi sarana refreshing dan main-main. Justru, mengendarai sepeda adalah kemampuan dasar yang penting untuk dipupuk sejak dini. Dengan memberikan mainan sepeda sebagai kado untuk bayi perempuan 4 tahun, kamu dapat mengembangkan kemampuan anak utnuk belajar menyetir sepeda motor atau mobil di kemudian hari.

Untuk memilih sepeda terbaik, kamu dapat membeli Mainan Sepeda Dorong untuk si Kecil Sepeda Tricycle FB 581. Sepeda berukuran 64 x 40 x 50 cm ini memiliki warna hitam yang keren. Terdapat fitur musik yang dapat bekerja dengan menggunakan baterai AA sebanyak 2 buah. Dengan begitu, anak akan senang berada di atas sepeda mininya.

Atau, kamu juga bisa membelikannya Mainan Anak Sepeda Roda Tiga Si Gesit. Sepeda ini juga mengeluarkan suara dan setirnya bisa diatur ke kiri dan ke kanan.

Harga Rp. 145.000-190.000

Kolam Renang Mini

Jangan ketinggalan untuk memperkenalkan anak dengan unsur-unsur alam di sekitarnya, termasuk air. Secara umum, tak ada anak-anak yang menolak bermain air. Untuk itu, kamu bisa memilih kolam renang mini sebagai kado untuk bayi perempuan 4 tahun.

Pilihan pertamanya ada Intex 86 x 25 cm Kolam Renang Mini Mandi Bola Pelangi Dasar Empuk. Kolam renang ini terbukti tidak mudah bocor karena bahannya tebal. Bagian bawah atau dasar kolam renang mini ini juga empuk, sehingga aman bagi anak-anak.

Kedua, ada Intext Gliter Pool, yaitu kolam renang mini untuk anak dengan aksen glitter di dalamnya. Dilengkapi dengan tiga cincin lingkaran serta lantai berbahan karet yang dapat dipompa dengan mudah, sehingga kolam renang balita ini nyaman dan aman untuk anak-anak. Kapasitasnya mencapai 15 galon alias 57 liter air, lho!

Selain itu, kamu juga bisa memilih Kolam Renang Intime Anak ukuran 150 cm yang sudah free pompa dengan menggunakan pompa kaki. Kolam renang berukuran 150 x 110 x 50 cm ini memiliki warna biru yang cantik dengan bahan karet PVC yang tahan lama. Tunggu apalagi?

Harga Rp. 77.000-282.500

Dress Cantik

Salah satu pilihan utama untuk menjadi kado untuk bayi perempuan 4 tahun adalah dress cantik. Anak perempuan cenderung menyukai baju bergaun yang cantik dan indah dipandang. Untuk itu, kamu dapat memilih gaun-gaun anak yang pas untuk dijadikan hadiah bagi mereka.

Kamu bisa memberikan kado Dress Burkat Cantik Anak / Baju Dress Termurah Anak untuk Umur 1-5 tahun. Dress dengan aksen brokat ini bakal semakin cantik ketika dipakai oleh anak-anak. Harganya pun ramah di kantong, lho.

Ingin cari yang spesial? Kalau begitu, coba pilih Dress Import Bordir, sebuah gaun pesta impor untuk anak. Detail bordir pada gaun ini menjadikannya cantik dan indah dikenakan. Tersedia dalam ukuran 90 untuk anak usia 1 sampai 2 tahun, dengan lebar dada 28 cm x 2, dan panjang dress-nya mencapai 44 cm.

Untuk anak berusia 2 sampai 3 tahun, kamu dapat memilih ukuran 100 dengan lebar dada 30 cm x 2, dan panjang dress 49 cm. Banyak pilihannya, kan?

Harga Rp. 18.999-235.000

Buku Cerita Anak

Nggak ada salahnya menghadiah kado untuk bayi perempuan 4 tahun dengan buku cerita anak. Malah, di usia yang masih dini, anak-anak sebaiknya diperkenalkan dengan buku cerita.

Bukan hanya untuk membantunya lebih rajin membaca sejak usia anak-anak, buku cerita juga mampu menumbuhkan daya imajinasi dan kreativitas buah hati.

Bingung mau beli buku cerita yang seperti apa? Tenang, kami sudah siapkan rekomendasinya untukmu. Ada Buku Cerita Anak CUIT – Cerita Edukasi Bergambar – Hello Shika and Friends yang menyenangkan untuk dibaca. Buku cerita ini nggak hanya memiliki teks-teks narasi, tapi juga ilustrasi gambar yang akan membuat anak tertarik.

Buku yang ditulis oleh Debby Irawan dan diterbitkan oleh CUIT BABYWEAR mengisahkan tentang karakter Shika dan kawan-kawannya yang tengah bermain di hutan. Cerita yang kaya akan hewan-hewan lucu ini mengajak anak mempelajari nilai sopan santun ketika bersama teman-teman. Hanya 8 halaman saja, dilengkapi dengan Boneka Tangan Shika Series. CUIT. Wah, keren, bukan?

Rekomendasi berikutnya adalah Buku Cerita Anak Seri Mengenal Hewan Bilingual dan Full Color. Dengan harganya yang sangat terjangkau, buku ini berisi dongeng yang ditujukan untuk menumbuhkan kesukaan membaca pada diri anak-anak.

Buku bilingual dengan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris ini juga full color sehingga pasti bikin anak lebih tertarik membacanya.

Terakhir, ada juga Buku Interaktif PAUD Warna. Buku cerita anak terbitan BIP Gramedia ini membantu mengembangkan kemampua motorik anak dengan mengajaknya belajar mewarnai. Dengan begini, anak juga dapat sekaligus mengenali aneka jenis warna dan mengembangkan kreasinya dalam kesenian.

Harga Rp. 2.900-117.000

Tenda Mainan untuk Berkemah di Rumah

Karena sekarang sedang musim di rumah saja, sangat mungkin bagi anak untuk merasa suntuk karena tidak bisa keluar rumah. Untuk itu, kamu dapat menghadiahkan kado bayi untuk perempuan 4 tahun berupa tenda mainan. Dengan tenda ini, anak dapat melakukan aktivitas menyenangkan dengan berkemah meski hanya di rumah.

Pilihan motif tenda pun ada beragam, lho. Pertama, ada Tenda Anak Mainan Princess Indoor Outdoor Portable SPEEDS LX 018-24 yang sangat mudah dipasang. Tenda ini berbentuk kastil ini sudah termasuk dengan frame yang kuat dari bahan pipa paralon. Selain itu, tenda dengan kapasitas 2 anak ini juga dibuat menggunakan perpaduan bahan poliester dan terpal yang tebal, sehingga aman dipakai.

Kedua, kamu juga bisa memilih Tenda Rumah Playground Anak 333, Tenda Mainan Anak-Anak Garden House. Tenda mainan ini cocok digunakan untuk bermain rumah-rumahan atau berkemah, baik di dalam maupun di luar rumah.

Pemasangan dan pelepasannya pun tidak sulit, dilengkapi dengan fiber yang fleksibel dan ringan. Tenda berbahan parasite ini punya beragam pilihan motif yang bisa dipilih, yaitu Garden, Ocean, Frozen, Spiderman, Avengers, Princess, dan Cars.

Terakhir, kamu juga dapat membeli Mainan Tenda Anak Murah Kemping Karakter Kartun Cars sebagai kado untuk bayi perempuan 4 tahun.

Tenda berukuran 120 x 120 x 85 cm ini menggunakan bahan parasit untuk bagian payungnya, dan bagian alasnya ditutupi terpal dari plastik. Yang pasti, anak-anak bakal sedang bermain di dalam tenda ini.

Harga Rp. 44.550-386.280

Tas dengan Tokoh Kartun yang Hits

Anak-anak suka, dan perlu memakai tas. Biasanya, orang dewasa membelikan anak tas ketika mereka akan masuk sekolah kanak-kanak atau taman bermain. Karena itulah, membelikan tas sebagai kado untuk bayi perempuan 4 tahun akan sangat berguna dan bermakna.

Kamu dapat membelikan Tas Sophia Lampu Tepuk untuk hadiah anak perempuan. Tas impor ini memiliki karakter tokoh kartun yang lucu-lucu dengan berbagai pilihan warna seperti biru dongker dan merah muda.

Selain itu, tas ransel berbahan polyester ini dilengkapi tempat laptop, 3 resleting, wadah botol minum, serta lampu yang menyala ketika ditepuk sehingga anak-anak pasti suka!

Pilihan lainnya adalah Tas Backpack Import Tas Ransel Anak Kartun Tokoh Karakter Minnie Mouse berukuran 26 x 29 x 17 cm. Tas berbahan EVA ini punya bervariasi gambar tokoh seperti Batman, Dinosaurus, Hello Kitty, Frozen, Lion, Minnie, Mickey, Princess, Spiderman, dan lain-lain. Yang jelas, kualitas jahitannya super sehingga tahan lama.

Harga Rp. 158.000-195.000

Peralatan Makan

Ada masanya anak-anak susah makan. Untuk membuatnya lebih tertarik menyantap masakan, nggak ada salahnya kamu memberikan peralatan makan sebagai kado untuk bayi perempuan 4 tahun. Berikut ini beberapa pilihan peralatan makan yang dapat kamu pilih.

Ada 1 set Peralatan Makan Sendok dan Garpu Desain Dinosaurus untuk Anak bergaya kartun dengan desain-desain lucu yang terbuat dari bahan PP dan jerami gandum sehingga aman digunakan dengan pemanas.

Dilengkapi dengan sendok, garpu, sumpit di bagian belakang piring, serta terdapat mangkuk makanna ekstra dan juga cangkir sup. Selain itu, kamu dapat mendinginkan atau memanaskannya dalam suhu yang dianjurkan, yaitu -20 hingga 120 derajat celcius.

Harga Rp. 50.880-119.000

Jam Tangan Cantik

Memakai jam tangan akan membuat anak-anak menjadi lebih tampil percaya diri. Selain itu, jam tangan juga membantu kita mengajarkan angka dan waktu kepada anak-anak.

Jam Tangan Anak Karakter 3D Ring Putih dengan motif Frozen ini terbuat dari bahan karet yang kasual, ringanm dan nyaman dipakai setiap hari. Motif Frozen-nya pun pasti bikin anak-anak perempuan senang memakainya. Apalagi, harganya terjangkau lho.

Atau, kamu dapat memilih Jam Tangan Anak Frozen Lampu Proyektor Musik JT0932 Grosir Murah. Jam ini memiliki strap berbahan karet dengan fitur lampu dan suara musik. Selain itu, jam ini didesain lebih canggih dengan tampilan berupa jam digital yang keren.

Harga Rp. 7.899-60.000
From our editorial team

Sesuaikan Kado dengan Aktivitas yang Disenangi Anak

Anak-anak biasanya memiliki ketertarikan pada banyak hal. Itu sebabnya orang tua perlu mengobservasi hal-hal penting terkait aktivitas yang disenanginya saat ini. Sehingga, kado yang kamu berikan dapat membuatnya lebih bahagia dan semakin semangat melakukan aktivitas menyenangkan walaupun hanya dari rumah.