Baik untuk Merangsang Kreativitas, Ini Dia 10 Rekomendasi Kado Terbaik untuk Anak Perempuan Usia 2 Tahun (2020)

Baik untuk Merangsang Kreativitas, Ini Dia 10 Rekomendasi Kado Terbaik untuk Anak Perempuan Usia 2 Tahun (2020)

Kado tentu menjadi hal istimewa bagi semua orang, begitu juga untuk anak-anak. Sebelum memberikan kado bagi si kecil ada beberapa barang yang cocok diberikan untuk menunjang kreativitasnya. Apalagi bagi anak usia 2 tahun yang tengah mengalami perkembangan dalam berbagai aspek. Berikut adalah berbagai jenis barang yang cocok dijadikan kado untuk anak usia 2 tahun.

Ketika Si Kecil Berusia 2 Tahun, Rasa Penasarannya Semakin Meningkat

Para orang tua pasti menyadari bahwa ketika si kecil berusia 2 tahun, rasa penasarannya semakin meningkat. Memiliki energi yang begitu banyak dengan rasa ingin tahu yang tinggi membuat orang tua perlu memberikan perhatian khusus dalam mendampinginya.

Pada usia ini anak sedang dalam proses meningkatkan kemampuan motoriknya dan tertarik memegang segala hal di sekitarnya. Orang tua bisa mengarahkannya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti menggambar, mewarnai, hingga bermain peran untuk menambah kosa katanya.

Jenis Mainan yang Cocok untuk Anak Usia 2 Tahun

Puzzle

Tertarik membelikan anak mainan? Ada beberapa jenis mainan yang cocok diberikan untuk anak usia 2 tahun. Salah satu mainan yang bisa dipilih adalah puzzle. Puzzle adalah mainan edukasi yang tidak pernah lekang oleh waktu.

Mainan ini hadir dengan potongan-potongan yang menuntut si kecil untuk merangkainya menjadi gambar atau bentuk tertentu. Berguna dalam melatih kemampuan motorik halus, puzzle juga bermanfat dalam melatih koordinasi tangan serta mata anak. Mainan klasik ini cocok untuk anak usia 2 tahun untuk membuatnya belajar dalam memecahkan masalah.

Playdough

Jenis mainan berikutnya yang cocok diberikan untuk anak usia 2 tahun adalah playdough. Playdough berguna untuk mengasah kreativitas si kecil untuk berkreasi membuat aneka bentuk sesuai keinginan. Dengan menggunakan mainan ini, maka imajinasi anak semakin berkembang. Keunggulan dari playdough yaitu adonannya terbuat dari tepung, sehingga aman dimainkan oleh anak-anak.

Peralatan Menggambar dan Mewarnai

Peralatan menggambar dan mewarnai juga bisa dijadikan pilihan hadiah untuk anak. Pada usia 2 tahun, anak mudah menyerap berbagai informasi yang didapat dari sekitar. Masa ini bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan anak dengan berbagai bentuk dan warna.

Pemilihan peralatan menggambar dan mewarnai sebagai kado sangat cocok, karena barang ini mampu dijadikan sarana si kecil untuk berkreasi. Selain mengasah kreativitas, kegiatan menggambar dan mewarnai juga meningkatkan rasa percaya diri anak.

Rumah-rumahan

Mainan berikutnya yang cocok dijadikan kado adalah rumah-rumahan. Bukan rahasia lagi bahwa anak perempuan gemar bermain rumah-rumahan. Sudah semestinya orang tua memfasilitasi kegemaran anak dalam bermain peran. Tak hanya menyenangkan, permainan ini juga memiliki beragam manfaat, seperti mengembangkan kemampuan bahasa, meningkatkan imajinasi, menumbuhkan sikap dan perilaku sosial-emosi, hingga melatih tanggung jawab.

Kolam Renang Karet

Barang berikutnya yang bisa dihadiahkan kepada anak-anak adalah kolam renang karet. Dengan kolam renang karet, si kecil dapat bermain air dan berlatih berenang. Aktivitas menyenangkan ini bisa menjadi variasi bermain agar anak tidak bosan dengan permainan yang itu-itu saja. Tak hanya itu, dengan berenang dapat membantu perkembangan motorik kasar dan memberikan sensasi rileks bagi si kecil.

Tips Sebelum Membeli Kado Ulang Tahun Anak Usia 2 Tahun

Pastikan Berukuran Besar

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam membeli kado ulang tahun untuk anak usia 2 tahun. Pertama, pastikan untuk membeli barang yang ukurannya lebih besar dari mulut si kecil untuk mencegah risiko tertelan. Bukan rahasia lagi bahwa pada usia tersebut rasa penasaran anak semakin tinggi. Bahkan si kecil sering memasukkan benda yang membuatnya tertarik ke dalam mulut. Meski memilih benda berukuran besar, pertimbangkan pula berat benda agar tidak menimpa si kecil.

Perhatikan Hal yang Membuatnya Senang

Tips berikutnya perhatikan hal yang membuat anak merasa senang. Periode anak yang berlangsung cepat membuat kesukaannya pun sering berubah-ubah. Dengan memperhatikan hal yang membuat si kecil senang, Anda bisa memberikan hadiah yang sesuai dengan kesenangannya. Pilih pula mainan yang menantang agar anak mengenal kegiatan baru.

Jangan Memilih Benda yang Ditakuti Anak

Meski mudah merasa penasaran, hindari memberikan benda dengan bentuk tertentu yang tidak lazim kepada anak. Alih-alih penasaran, anak biasanya akan merasa ketakutan dengan benda yang aneh. Maka dari itu pilih mainan yang banyak disukai anak-anak agar si kecil bisa nyaman memainkannya.

Pastikan Mainan Tidak Berbau Tajam

Dalam memilih mainan untuk si kecil, keamanan merupakan hal yang penting diperhatikan. Pastikan bahwa mainan yang Anda pilih tidak berbau dan terjamin aman. Bau yang muncul pada mainan mungkin saja berasal dari zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Apalagi pada usia 2 tahun, anak masih rentan dan belum bisa membedakan benda yang aman atau tidak. Sehingga, diperlukan kontrol orang tua untuk menjamin keamanan anak dalam bermain.

Pilih Mainan dari Bahan yang Mudah Dicuci

Tips yang terakhir adalah pilih mainan yang mudah dicuci. Dengan demikian kebersihan mainan dapat terjamin dan si kecil bisa terhindar dari kotoran dan kuman yang menempel pada mainan. Hal ini juga menjadi salah satu cara bagi orang tua dalam mengontrol keamanan dan kenyamanan anak dalam bermain.

10 Rekomendasi Mainan Terbaik Anak Perempuan Usia 2 Tahun untuk Merangsang Kreativitasnya

Matras Puzzle Evamat

Puzzle adalah mainan yang tak pernah termakan oleh zaman. Tak heran jika puzzle masih menjadi mainan yang dicari di pasaran. Tertarik membeli puzzle untuk kado anak, Anda bisa melirik Matras Puzzle Evamat sebagai pilihan.

Matras Puzzle Evamat terdiri atas 26 puzzle huruf yang masing-masing berukuran 30 x 30 cm. Mainan ini adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kretivitas anak. Produk berbahan EVA ini telah bersertifikasi SNI, sehingga terjamin keamanannya.

Harga Rp. 180.000-189.000

Playdoh Frosting Fun Bakery

Playdoh Frosting Fun Bakery adalah rekomendasi mainan berikutnya yang cocok dijadikan sebagai kado untuk bayi perempuan 2 tahun. Mainan ini cocok untuk menyalurkan keinginan si kecil dalam membuat roti. Dengan demikian, mainan ini dapat meningkatkan inspirasi dan kreativitas di kecil.

Dalam satu paket mainan ini terdiri atas 4 kaleng playdoh non-toksik, termasuk 2 kaleng kompon playdoh klasik masing-masing seberat 2 ons. Adonan playdoh produk ini juga lembut dan dan aman untuk anak. Selain varian fun bakery, mainan ini juga hadir dengan variasi lain, yaitu ice cream scoop dan cake party.

Harga Rp. 252.000-540.000

Puzzle Geometris Tangram Kayu

Pernahkah Anda mendengar mainan tangram? Tangram adalah mainan intelektual tradisional Cina kuno yang kini telah menyebar ke berbagai negeri. Bagi yang penasaran, Anda bisa membeli produk Puzzle Geometris Tangram Kayu.

Puzzle Geometris Tangram Kayu ini hadir dengan ukuran 10,5 x 10,5 x 0,6 cm. Mainan edukasi ini membantu dalam mengenal warna dan bentuk serta melatih imajinasi, sehingga cocok dijadikan kado bagi anak-anak. Produk ini juga ramah lingkungan dan tidak membahayakan anak-anak.

Harga Rp. 13.726-179.000

Intex 48635 Princess House

Rekomendasi kado untuk bayi perempuan 2 tahun berikutnya adalah Intex 48635 Princess House. Produk keluaran Intex ini terbuat material vinyl berkualitas. Princess Play House ini perlu dipompa supaya mengembang dan siap digunakan.

Mainan rumah-rumahan ini telah dilengkapi dengan kursi dan meja yang nyaman digunakan. Produk ini hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk memompa, sehingga lebih mudah dan cepat dipersiapkan. Dalam paket produk ini juga dibekali patch untuk menambal apabila produk mengalami kebocoran.

Harga Rp. 677.000-920.000

Sainteve Rectangle Crystal Pool - Pink

Sainteve Rectangle Crystal Pool - Pink adalah rekomendasi mainan berikutnya yang bisa dipilih sebagai kado. Kolam bermain keluaran Sainteve ini berukuran 120 x 90 x 36 cm. Bagian bawah produk ini dilengkapi dengan gelembung, sehingga si kecil lebih nyaman duduk pada kolam.

Kolam ini didesain unik dan lucu dengan motif binatang laut pada bagian dindingnya. Mudah dipompa dan dikempiskan membuat kolam ini praktis dibawa bepergian. Selain warna pink, kolam ini juga tersedia dengan warna biru yang menarik.

Harga Rp. 142.500-186.000

Tenda Anak Garden House IPlay

Tenda Anak Garden House IPlay adalah kado yang tepat diberikan untuk anak-anak dengan kegemaran berpetualangan. Mainan tenda ini berguna untuk merangsang kreativitas dan kemauan anak untuk bereksplorasi. Terbuat dari bahan parasut membuat tenda ini tidak panas dan nyaman ditempati.

Produk ini tersedia dalam ukuran 152 x 80 x 106 cm yang ideal dengan ukuran badan si kecil. Tenda ini cocok dijadikan dekorasi maupun spot favorit anak untuk belajar dan bermain. Praktis disimpan dan kuat, mainan ini cocok digunakan untuk anak usia 1-5 tahun.

Harga Rp. 225.900-280.000

Magic Water Coloring Book Invisible Ink My Little Pony

Rekomendasi produk berikutnya adalah Magic Water Coloring Book Invisible Ink My Little Pony. Buku yang terinspirasi dengan karakter little Pony ini terdiri atas 12 halaman yang menarik. Dalam satu buku, produk ini menghadirkan beberapa aktivitas, seperti colouring, play games, do puzzle, maze, look and find, dan lain sebagainya.

Magic Water Coloring Book Invisible Ink My Little Pony adalah buku yang penuh edukasi untuk membuka imajinasi anak. Produk ini telah dilengkapi dengan pensil warna yang tinggal diisi air untuk mewarnai.

Harga Rp. 135.000-200.000

Deli Spidol Warna EC10420

Deli Spidol Warna EC10420 menjadi produk berikutnya yang direkomendasikan sebagai kado untuk bayi perempuan 2 tahun. Produk keluaran Deli bermanfaat untuk mengenalkan aneka jenis warna pada anak. Spidol ini tersedia dalam 24 warna dengan ketebalan 1,0-5,0 mm.

Didesain ergonomis, spidol ini nyaman untuk tangan anak-anak. Ujung seratnya berbentuk kubah, sehingga bisa digunakan untuk pewarnaan dengan ketebalan garis yang berbeda. Produk yang sudah mendapatkan sertifikat CE ini memiliki tinta yang dapat dicuci dan tidak beracun.

Harga Rp. 39.900-224.000

Mainan Edukasi Buku Gambar bisa di Hapus

Produk berikutnya yang pas dijadikan kado adalah Mainan Edukasi Buku Gambar Bisa di Hapus. Buku gambar portabel ini terbuat dari kain berkualitas yang mudah dihapus. Untuk menggunakannya, produk ini telah dibekali dengan tinta kapur cair yang tidak menimbulkan debu.

Produk ini tersedia dalam ukuran 20 x 20 cm yang bisa digunakan untuk menggambar maupun untuk menghitung. Buku edukasi ini bermanfaat untuk melatih motorik dan kemampuan imajinasi si kecil. Dalam satu paket produk terdiri atas buku dengan total 12 halaman dan 12 pensil gambar.

Harga Rp. 73.000-135.000

Tenda Princess Rumah Istana Mainan Anak

Rekomendasi produk yang terakhir adalah Tenda Princess Rumah Istana Mainan Anak. Tenda ini terbuat dari bahan poliester berkualitas, sehingga tidak panas dan nyaman digunakan. Produk ini hadir dalam ukuran 140 x 140 x 135 cm.

Tenda Princess Rumah Istana Mainan Anak memiliki kerangka yang fleksibel, sehingga tidak mudah patah. Selain itu, tenda ini juga praktis disimpan dan dibawa bepergian karena ringan dan mudah dilipat. Produk ini tersedia dalam beberapa warna, yaitu biru, pink, dan hijau muda.

Harga Rp. 355.000-808.500
From our editorial team

Mainan Edukasi, Pilihan Kado Terbaik untuk Mendukung Perkembangan Otak Anak

Berbicara tentang kado untuk anak-anak, sebenarnya ada berbagai jenis barang yang bisa dipilih. Namun, mainan tetap menjadi barang yang sering dipilih oleh banyak orang. Tak hanya memiliki nilai hiburan, ada pula jenis mainan yang memiliki manfaat dalam mendukung perkembangan otak anak yang biasa disebut mainan edukasi. Beberapa jenis mainan edukasi yang mudah didapatkan di pasaran, antara lain puzzle, lego, hingga playdough.

Tag