9 Rekomendasi Produk Makeup dengan Tutorial Makeup Harian yang Mudah Diaplikasikan dan Bikin Wajah Jadi Cantik (2018)

9 Rekomendasi Produk Makeup dengan Tutorial Makeup Harian yang Mudah Diaplikasikan dan Bikin Wajah Jadi Cantik (2018)

Bagi kamu khususnya yang punya banyak aktivitas sehari-hari, seringkali merasa kesulitan menggunakan makeup karena prosesnya yang terlalu rumit dan memakan waktu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, artikel ini menawarkan langkah dan produk yang tepat supaya kamu tidak repot dalam berkegiatan harian.

Tonjolkan Kecantikan dengan Makeup Harian yang Sempurna

Wajar saja bila perempuan ingin tampil cantik. Mereka pun punya berbagai usaha untuk mencapainya, salah satunya ialah dengan menggunakan makeup. Berbagai macam kosmetik sangat membantu mempercantik sekaligus menutupi kekurangan pada kulit wajah sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang perempuan.

Meski demikian, penggunaan makeup tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan serta kepribadian penggunanya. Selain itu, penampilan juga harus disesuaikan dengan kegiatan yang akan dijalani. Salah memilih tema busana dan makeup dapat berakibat fatal serta memberi kesan berlebihan bagi pemakainya.

Berbeda dengan acara besar yang memang memerlukan riasan glamor, aktivitas harian hanya butuh makeup seminimal mungkin. Jika kamu ingin pergi ke kantor atau kampus saja, sebaiknya gunakan makeup natural atau flawless yang sederhana dan tidak berlebihan.

Makeup natural juga sangat cocok untuk pemula dan wanita karir yang tidak punya banyak waktu untuk berdandan, namun tetap ingin tampil memukau. Meski sedikit sentuhan dan polesan kosmetik, riasan alami tetap dapat memberi efek wajah sehat dan segar.

Kesalahan Penggunaan Makeup Harian yang Harus Dihindari

Lipstik yang Gelap

Sumber gambar cherrymagazine.ru

Salah satu produk kosmetik yang sering dijadikan eksperimen oleh perempuan adalah lipstik. Ada banyak sekali warna yang dapat dicoba, mulai dari yang sangat terang hingga yang paling gelap.

Eksplorasi warna memang sangat menarik terlebih karena lipstik dapat menonjolkan image seseorang. Pemilihan warna lipstik pun harus benar-benar disesuaikan dengan situasi yang dihadapi.

Untuk makeup sehari-hari, sebaiknya hindari warna yang terlalu gelap karena akan membuat penampilan kamu terlihat berlebihan. Di sisi lain, lipstik gelap juga cenderung sulit dihapus dan berisiko menghitamkan bibir.

Sebaliknya pilihlah warna yang ringan dan lembut, seperti soft pink, untuk tampilan lebih segar dan energik. Jika kamu sangat ingin menggunakan lipstik gelap, lebih baik menggunakan warna magenta, wine, atau cherry yang tidak terlalu gelap.

Terlalu Banyak Contouring

Sumber gambar www.revelist.com

Contouring merupakan teknik yang terikat pada bayangan dan lekukan dengan tujuan memberi efek 3D sehingga bentuk wajah lebih menonjol. Penerapannya pun cukup rumit karena harus dilakukan dengan blending dan penempatan yang presisi. Apabila garis kontur terlihat jelas, wajah justru akan terlihat mirip pahatan yang tidak alami.

Setelah dipopulerkan para anggota Kardashian, banyak orang yang mulai mencoba contouring dan highlighting. Memang tidak ada salahnya mendalami teknik-teknik tersebut, namun sebenarnya mereka tidak begitu diperlukan dalam makeup sehari-hari karena dapat membuat tampilan wajah kurang natural.

Daripada mengaplikasikan produk contour, sebaiknya kamu menggunakan bronzer atau blush. Bronzer dan blush sangat membantu dalam pemberian definisi dan dimensi pada wajah tanpa jadi terlihat berlebihan. Selain itu, hasil yang diberikan pun akan terlihat jauh lebih alami.

Alis yang Terlalu Tebal

Sumber gambar www.grid.id

Bagi kaum hawa, alis merupakan salah satu fitur wajah yang sangat penting dalam menunjang seluruh penampilan mereka. Rupa alis pun cukup bervariasi, mulai dari yang tipis sampai yang tebal. Meski begitu, jangan asal-asalan membentuk bingkai wajah yang satu ini apalagi menebalkannya. Alih-alih mendapatkan alis tebal sekeren supermodel Cara Delevingne, kamu malah jadi seperti Shinchan.

Lebih baik hindari penampilan sehari-hari dengan alis yang sangat tebal karena dapat memberi efek berat dan lebay, bahkan terkesan galak. Kamu juga perlu menjauhi penggunaan pensil alis yang terlalu gelap maupun terang.

Untuk hasil senatural mungkin, kamu bisa menggunakan brush spoolie. Alat ini dapat meratakan warna alis sehingga terlihat seperti selebgram yang selalu tampil 'on fleek'.

Tidak Memakai Foundation yang Mengandung SPF

Sengatan sinar matahari sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai jenis kerusakan kulit. Oleh sebab itu, penggunaan Sun Protection Factor (SPF) adalah suatu keharusan. Apalagi saat ini sudah banyak foundation atau BB cream yang mengandung SPF. Tetapi perlu digarisbawahi kalau komponen proteksi ini seringkali menimbulkan masalah flashback (cahaya memantul) pada kulit wajah. Jadi, hindari pemakaian foundation jenis ini pada malam hari.

Makeup Mata yang Berat

Sumber gambar www.aljamila.com

Untuk riasan mata, buatlah sesederhana mungkin demi kesan yang alami. Jangan gunakan seluruh warna sekaligus dalam satu eyeshadow palette. Gunakanlah maksimal tiga warna yang berbeda untuk membuat mata lebih berdimensi.

Selain eye shadow, hindari juga pemakaian maskara yang berlebihan dan terlalu tebal lantaran dapat membuat bayangan di bawah mata semakin terlihat jelas. Sebaiknya gunakan maskara setipis mungkin untuk menonjolkan bagian putih mata dan menghasilkan tampilan yang jernih.

Penggunaan eyeliner juga perlu diperhatikan agar garis mata tidak terlalu tebal dan norak. Untuk aktivitas harian, gunakan eyeliner setipis mungkin agar wajah menjadi lebih natural.

9 Langkah Makeup Harian yang Mudah dan Cantik dan Rekomendasi Produk Makeup

Skincare

Ragam produk skincare merupakan kunci terpenting dalam menjaga keremajaan kulit. Cukup aplikasikan tiap produk dua kali sehari, setiap pagi dan malam. Lalu, sesuaikan pemakaiannya seperti urutan berikut:

  • Cleanser, gunakan terlebih dulu supaya wajah jadi bersih.
  • Facial toner, untuk menutup pori dan menstabilkan pH wajah.
  • Facial serum, supaya kulit wajah dapat terhidrasi.
  • Pelembab atau tabir surya, pakailah sebelum beraktivitas di luar ruangan agar kulit terlindungi dari paparan langsung sinar matahari.

Wardah menawarkan beberapa produk skincare dalam paket Wardah White Secret Series. Berbagai manfaat dapat kamu temukan di dalamnya, seperti melindungi kulit dari paparan sinar UV A dan UV B, menjaga kelembaban kulit, menghambat terjadinya iritasi yang memicu terbentuknya noda merah atau hitam, serta menjadikan kulit sebening kristal. Paket perawatan ini bisa didapatkan di Lazada dengan harga Rp 185.000.

Tabir Surya

Sumber gambar moeslema.com

Pakailah tabir surya atau sunblock sebelum mengaplikasikan makeup agar terlindung dari sinar UV A dan UV B yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Kamu juga dapat mengambil alternatif berupa makeup yang mengandung SPF. Bila ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan sunblock model semprot sehingga tidak perlu repot menghapus makeup pada wajah.

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 40 gram bisa jadi pilihan tabir surya yang bagus untukmu. Selain melindungi wajah dari paparan sinar matahari, produk ini juga dapat mencerahkan wajah dan mencegah penuaan dini.

Selain itu, beberapa khasiat terkandung di dalamnya, seperti improved hyaluronic acid yang memberi kelembapan dan kelembutan ekstra pada kulit, kolagen yang dapat menjaga elastisitas kulit serta vitamin B5 dan E yang dapat menutrisi hingga ke dasar kulit.

Tak sampai situ saja, sunblock ini sangat aman digunakan karena tidak menggunakan zat pewarna maupun parfum. Kamu bisa membelinya di klikindomaret.com dengan harga Rp 49.900.

Primer atau BB Cream

Sumber gambar moeslema.com

Meski sekadar untuk makeup harian, penggunaan primer tetap tidak dapat ditinggalkan. Selain untuk melindungi foundation agar tahan lebih lama, komponen tata rias ini juga dapat digunakan sebagai pembatas sehingga kosmetik lainnya tidak langsung mengenai ke kulit. Primer juga memiliki fungsi khusus, seperti menyamarkan pori-pori dan kerutan atau pun mencerahkan wajah.

Riasan harian bisa kamu lengkapi dengan Make Over Corrective Base Make Up. Produk ini dapat meratakan warna kulit sehingga wajah lebih halus meski setelah menggunakan foundation atau base makeup lainnya.

Kandungan ekstrak lidah buaya dan pro vitamin B5 di dalamnya berfungsi untuk memberikan efek sejuk di kulit serta sebagai sumber pelembap. Selain itu, ada juga vitamin E yang berperan sebagai antioksidan sekaligus untuk menjaga kehalusan kulit. Kamu bisa mendapatkannya di Lazada dengan harga Rp 64.000.

Bedak

Sumber gambar www.peachesandblush.com

Bedak tetap menjadi unsur penting dalam makeup harian karena dapat menyempurnakan penggunaan dan menambah perlindungan pada foundation agar tidak terasa lengket.

Rekomendasi bedak untuk koleksi kosmetikmu adalah Maybelline V-Face Duo Powder dengan partikel yang sangat lembut dan tahan hingga 6-8 jam. Produk ini juga dilengkapi kaca dan flat brush. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu dapat menggunakannya bersama dengan V-Face Duo Stick dan V-Face Blush Contour yang dijual terpisah.

Cara penggunaannya cukup mudah. Pertama, aplikasikan warna terang pada area T-zone, bawah mata dan dagu. Terakhir, aplikasikan warna gelap pada tulang pipi, tulang rahang dan garis rambut. Produk ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu light medium dan medium dark. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 165.000.

Membingkai Alis

Sumber gambar makeupandbeauty.com

Sebagai fitur penting pada wajah, tentu saja menggambar alis menjadi langkah wajib yang tidak boleh dilewatkan perempuan. Namun, seperti yang telah dibahas sebelumnya, alis yang terlalu tebal dapat membuat penampilan sama sekali tidak natural dan cenderung berlebihan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat mencoba The Face Shop Designing Eyebrow Pencil. Produk best seller ini sangat mudah diaplikasikan karena memiliki ujung datar berbentuk persegi, sehingga cocok untuk penggunaan harian yang butuh waktu singkat. Pensil alis otomatis ini dapat diperoleh di Lazada dengan harga Rp 42.000.

Eyeliner

Sumber gambar www.maybelline.com.sg

Eyeliner menjadi sebuah keharusan bagi mereka yang bermata sipit atau berkelopak mata kecil karena fungsinya yang dapat membuat mata terlihat lebih besar.

Alat ini datang dalam beragam bentuk, mulai dari gel, pensil hingga cair. Pensil eyeliner seringkali digunakan di bawah kelopak mata atau waterline untuk memberikan kesan dramatis. Sementara untuk kelopak mata atas, kamu bisa menggunakan eyeliner berbentuk cair maupun gel. Bagi pemula, biasanya eyeliner gel jauh lebih mudah dipakai daripada eyeliner cair.

Maybelline Hypersharp Eyeliner – Power Black Waterproof merupakan produk yang difavoritkan banyak perempuan. Eyeliner berbentuk pena dengan ujung aplikator 0,05 milimeter ini sangat mudah diaplikasikan untuk menggambar garis mata yang simetris dan sempurna, terlebih bahannya tidak mudah menggumpal. Warnanya pun benar-benar hitam pekat dengan hanya sekali goresan. Produk kuas bulu tipis pertama dari Maybelline ini bisa didapatkan di Lazada dengan harga Rp 95.000.

Maskara

Sumber gambar www.loreal-paris.co.id

Bulu mata yang lentik, panjang dan tebal memang sangat menarik lawan bicara untuk terus fokus ke mata kamu dibandingkan ke bagian wajah lain. Apalagi ketika riasan mata sangat baik, bulu mata pun jangan sampai terlewati.

Dalam mendapatkan bulu mata yang cantik, maskara sangatlah diperlukan. Walau begitu, banyak yang menyepelekan komponen yang satu ini karena pengaplikasiannya terlihat sangat mudah. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu.

Untuk menjawab hal tersebut, L’Oreal Paris False Lash Miss Manga Mascara bisa jadi rekomendasi tepat untuk kamu. Maskara ini dapat membuat bulu mata sepuluh kali lebih bervolume dan dua kali lebih lentik, sehingga mata tampak lebih besar seperti boneka. Selain itu, produk ini juga tahan air, jadi tidak perlu repot-repot mengulang aplikasinya. Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 170.000.

Blush On

Sumber gambar www.bandingharga.id

Kunci dari penampilan natural adalah tetap terlihat cantik dan segar. Blush on adalah produk makeup yang sangat penting untuk membantu perempuan mendapatkan tampilan tersebut. Apabila pengaplikasiannya tepat, blush on juga dapat memberi kesan segar dan tegas pada tulang pipi sehingga karakter wajah semakin menonjol.

Meski begitu, penerapan blush on tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang karena perlu disesuaikan dengan bentuk wajah seperti petunjuk berikut.

  • Wajah lonjong akan menjadi bagus bila menyapukan brush dari tulang pipi ke arah telinga secara horizontal dan merata.
  • Wajah oval seperti Taylor Swift perlu penggunaan blush on dari arah bulatan pipi ke sudut mata.
  • Wajah kotak, pakailah blush on dengan cara memutar tepat pada kedua tulang pipi.
  • Wajah bulat, gunakan blush on mulai dari bagian bawah tulang pipi ke sudut mata dan sapukan dengan mengikuti bentuk tulang pipi.
  • Hal yang harus diingat adalah jangan mengaplikasikan blush on terlalu tebal karena dapat merusak penampilan.

Sophie Martin Paris Blush On Beads memiliki paduan material lembut sehingga dapat memberikan rona berkilau alami pada pipi kamu. Blush on ini sangat membantu kamu dalam mendapatkan tampilan yang cantik, menawan dan juga alami. Produk ini dibanderol Lazada dengan harga Rp 89.010.

Pewarna Bibir

Sumber gambar lozi.vn

Bagian yang cukup menyenangkan dari makeup adalah bereksperimen dengan lipstik. Tak jarang sesama perempuan saling bergantian tas makeup untuk mencoba peralatan masing-masing, khususnya lipstik.

Bagi kamu yang ingin lipstik bagus, Nyx Professional Makeup Matte Lipstick kaya akan pigmen sehingga warnanya dapat keluar secara utuh serta pekat di bibir. Meski dengan hasil akhir matte, produk ini tidak membuat bibir cepat kering. Sebaliknya, pewarna bibir ini justru memberikan rasa halus dan dapat bertahan dalam waktu lama. Lipstik ini tersedia di Sociolla dengan harga Rp 90.000.

From our editorial team

Penuhi Aktivitas Harian dengan Makeup Natural

Memang menjadi sebuah keharusan bagi wanita untuk tampil cantik di tiap kesempatannya. Karenanya, penggunaan makeup sudah menjadi esensi dalam aktivitas mereka sehari-hari. Meski begitu, dalam situasi tersebut pengaplikasian seluruh kosmetik adalah hal yang salah. Bukan hanya berkesan berlebihan, hal ini juga akan mengganggu aktivitas kamu setelahnya. Sebaiknya, gunakan makeup seminimal mungkin sesuai kebutuhanmu. Pelajari dan terapkanlah riasan alami yang tidak memakan waktu dan dapat menonjolkan keindahan parasmu.