Ide Valentine Dinner Untuk Menambah Romantisme Valentine 2017

Ide Valentine Dinner Untuk Menambah Romantisme Valentine 2017

Hi readers, jumpa lagi dalam hari-hari menjelang Valentine. Apa kamu sudah punya rencana merayakan Valentine? Buat kamu yang suka merayakan Valentine bukan dengan hadiah, dinner romantis bisa jadi pilihan tepat. Kalau kamu bingung ingin dinner romantis di mana dengan menu apa, you are in the right place. BP-Guide siap membantu dengan aneka rekomendasi untuk dinner romantis supaya malam Valentine kamu semakin mesra. Check this out!

Sejarah di Balik Hari Valentine

Beberapa hari lagi, Valentine's Day akan segera tiba. Momen Valentine bisa jadi momen yang pas untuk menunjukkan kesungguhan hati kalian berdua. Lho, kenapa bisa begitu? Sebenarnya, momen Valentine mendapatkan inspirasinya sebagai momen cinta yang tulus dari sebuah kisah tua di jaman kekaisaran Romawi.

Alkisah, di masa itu, Kaisar Roma melarang para prajurit Romawi untuk menikah. Mereka hanya boleh menikah setelah kembali dari medan perang. Tentu saja hal ini mengkhawatirkan para prajurit dan buah hati mereka karena para prajurit tidak tentu akan kembali dengan selamat. Peraturan yang kesannya kejam ini dibuat karena Kaisar menganggap pria yang sudah menikah tidak akan bisa setia melayani Kaisar dengan sungguh-sungguh karena adanya komitmen keluarga.

Namun, seorang pastur Katolik yang bernama St. Valentinus tetap menikahkan para prajurit yang ingin menikah secara diam-diam di gerejanya. Kenapa demikian? Karena St. Valentinus percaya bahwa cinta antara sepasang kekasih yang tulus tidak sepatutnya dipisahkan oleh manusia. Sayangnya, karena ia tertangkap basah, St. Valentinus kemudian dihukum mati dan nantinya dimuliakan sebagai Santo (orang suci). Karena dedikasinya untuk menyatukan dua insan yang saling mencintai, nama Valentinus diabadikan dan dirayakan sebagai hari Valentine untuk mengenang dan merayakan ketulusan cinta sepasang kekasih.

Memang, perayaan Valentine bukan hal yang wajib, tapi jika di hari Valentine kalian mempunyai waktu luang, why not make it something special? Merayakan Valentine tidak harus menggelar pesta besar-besaran lho. Dinner romantis berdua aja cukup dinner romantis berdua untuk merayakan kesungguhan cinta kalian. Apalagi kalau selama ini kamu dan pasangan selalu sibuk dan tidak punya waktu luang untuk berduaan. Jadikan hari ini alasan yang lebih kuat untuk meluangkan waktu di hari Valentine dan rayakan berdua.

Valentine Dinner di Rumah atau di Restoran?

Mungkin selama ini kamu mempunyai impresi kalau hari Valentine identik dengan pesta serba mewah dengan hidangan dan hiburan kelas wahid. Tapi sebenarnya hari Valentine tidak akan kehilangan maknanya meskipun tanpa hingar bingar pesta mewah. Kalau mau yang lebih simpel, bisa juga kok dinner romantis sambil minum segelas wine berdua.

Nah, buat kamu yang lebih menikmati dinner romantis berdua, kamu bisa memilih dinner romantis di rumah, atau dinner di luar rumah-- di sebuah restoran yang suasananya tepat untuk Valentine's dinner romantis. Namun sebelum buru-buru mengajak pasangan dinner romantis, perhatikan dulu beberapa tips ini agar dinner-mu sukses.

Pertama-tama, perhatikan penampilan. Gunakan pakaian yang menurut kamu bisa membuat si dia terkesan. Tak perlu mahal-mahal atau bermerek, yang penting pas dengan bentuk tubuhmu, bahannya nyaman, dan tampak elegan. Baju yang dipakai saat kencan pertama bisa menjadi pilihan kamu juga.

Kedua, persiapkan dinner dengan baik, jangan dadakan. Kalau ingin dinner di luar, pilih restoran romantis yang bisa memberikan kenangan buat kalian berdua. Buat kalian yang sudah menikah, boleh juga tuh dinner di restoran hotel, sekaligus menginap semalam agar momen istimewa yang tidak boleh diganggu siapapun. Kalau ingin dinner di rumah, boleh-boleh saja. Kamu bisa persiapkan hidangan makanan dan minuman yang lebih istimewa dari biasanya, jangan lupa tambahkan aksen dekor romantis.

Terakhir, ingatkan dirimu sendiri bahwa ini adalah momen spesial kalian berdua dan inilah saatnya sedikit menepikan kesibukan. Lupakan urusan pekerjaan, lupakan ajakan hangout teman-teman, selama beberapa jam fokuskan segenap perhatianmu pada romantisme cinta kamu dan pacar.

Ide untuk Valentine Dinner di Rumah

Sumber gambar rootandvineblog.com

Buat kalian yang memilih untuk mengadakan valentine dinner di rumah, kalian akan mendapatkan keuntungan dalam hal privasi dan budget. Selain tidak ada gangguan dari orang lain, dinner di rumah juga bakal lebih baik untuk dompet karena kamu tidak perlu membayar mahal untuk makanan, bensin, pajak, tip, dan sebagainya.

Meski begitu, kamu tetap harus mempersiapkan berbagai hal agar dinnermu sukses. Kamu bisa mulai dengan mencari tempat paling romantis di rumah. Kalau biasanya makan dan minum dilakukan secara bersamaan pada malam-malam biasanya, sekarang waktunya untuk membuatnya lebih bertahap. Persiapkan makanan pembuka, kemudian hidangan utamanya, serta hidangan penutup. Jangan lupa untuk menyediakan minumannya juga, entah itu minuman dingin atau panas. Jika kamu ingin minum wine atau bir dingin, siapkan pula di kulkas agar saat hendak diminum, dinginnya sudah pas. Yang jelas pilih makanan dan minuman yang sesuai dengan selera kalian berdua.

Dan kalau ingin makin romantis, kamu bisa siapkan kejutan kecil untuk dibuka setelah makan. Tidak perlu sesuatu yang rumit, kejutan yang indah bisa berupa benda kenangan atau album foto penuh kenangan indah berdua agar kalian bisa jatuh cinta sekali lagi.

Dekorasi Romantis untuk Dinner Romantis

Sumber gambar www.u-nizwa.net

Agar Valentine dinner di rumah kamu sukses, hal penting lain selain mencari spot romantis adalah dekorasi. Seandainya tempat pilihanmu kurang romantis, dengan dekorasi yang tepat, atmosfer romantis bisa hadir secara maksimal!

Kamu bisa mulai dengan mendekor meja untuk dinner dengan memberikan pita warna merah pada taplaknya. Atau kalau mau lebih simpel, pakai taplak berwarna pink atau warna-warna hangat yang diberi sedikit haisan renda untuk sentuhan romantis. Kamu juga bisa meletakkan lilin-lilin kecil ala candle light dinner, tapi hati-hati jangan sampai taplak meja sampai terjilat api.

Untuk dekorasi, sesuaikan saja dengan ketrampilan dan waktu luang kamu. Sesuatu yang simpel pun bisa jadi lucu dan menarik dengan sedikit kreativitas. Misalnya kamu bisa manfaatkan kertas lipat yang dibentuk hati lalu kamu gantung di atas pintu. Atau buat rangkaian hati dari kertas. Bisa juga kamu buat Photo holder dari kawat yang ditekuk dengan tang membentuk hati. Bahkan hal sesederhana gambar hati dengan tinta glitter di toples bening bisa jadi dekorasi lucu, lho!

Dekorasi-dekorasi tersebut juga bermanfaat jika kalian berdua ingin melanjutkan romantisme setelah dinner, entah berlanjut nonton di ruang tamu, atau silakan saja kalau kalian ingin melanjutkan kencan di luar rumah. Hias ruangan-ruangan dalam rumah tersebut dengan aneka dekorasi cute dan niscaya suasana Valentine tak akan hilang sampai besok pagi.

Musik Pengiring Manis untuk Dinner Valentine Romantis

Sumber gambar www.thepoundbar.com

Suasana romantis, selain tercipta karena dekorasi yang mendukung, juga sangat dipengaruhi oleh tingkat kebisingan di sekitar kamu. Untuk itu, usahakan menciptakan suasana hening, yang kemudian ditambah dengan background musik romantis untuk menciptakan atmosfer romantis abis!

Tentunya untuk memilih background musik, kamu harus memperhatikan lokasi. Misalnya jika kamu dinner di tengah suasana taman yang tenang, sebaiknya pilih musik instrumental yang lembut agar selaras dengan suasana syahdu di tengah alam. Tapi kalau di dalam ruangan, kamu bisa memilih aja lagu pop atau slow rock dengan volume yang sedikit lebih keras. Dan juga, cek dulu lirik lagu yang kamu pilih, jangan sampai lagunya tentang patah hati atau yang lebih gawat, mengandung kata-kata tidak senonoh. Bisa-bisa pacar kamu tersinggung dan mengira pikiranmu cabul! Yang paling baik lagi, lagu yang dipilih sebaiknya merupakan lagu yang kalian berdua sukai atau setidaknya kalian ketahui berdua.

Berikut ini beberapa judul lagu yang recommended untuk mengiringi Valentine dinner kamu:

  • "Wonderful Tonight" - Eric Clapton (Classic)
  • "Two Hearts Beat As One" - U2 (Rock and Pop)
  • "Moondance" - Van Morrison (Dance Music)
  • "Yellow" - Coldplay (Rock and Pop)
  • "More Than This" - Roxy Music (Slow)
  • "For Once in My Life" - Stevie Wonder (Dance Music)
  • "Let's Stay Together" - Al Green (Classic)
  • "I Go to Sleep" - the Pretenders (Slow)

Abadikan Momen Romantis Kalian

Sumber gambar www.freepik.com

Menjalani momen valentine yang setahun sekali ini, tentu sayang kalau sampai dilewatkan begitu saja. Pastikan kamu mengabadikan momen, setidaknya lewat foto, selfie berdua. Gunakan tripod agar kalian berdua bisa masuk dalam satu frame. Kalau tak ada tripod, be creative lah dengan menggunakan berbagai benda yang ada di dalam rumah untuk dijadikan penyangga.

Agar tidak merusak valentine dinner-mu, ambil beberapa buah foto saja saat dinner. Kalau masih kurang puas karena kamu maniak selfie, lakukan nanti setelah dinner selesai! Juga, jangan keburu upload ke media sosial favoritmu, tahan dirilah sampai momen romantis kalian berdua selesai agar tidak merusak mood malam valentine tersebut.

5 Spot Romantic Dinner di Jakarta buat Kamu yang Suka Bersantap di Restoran

Salt Grill

Sumber gambar saltgrillindonesia.com

Salah satu keuntungan merayakan valentine dinner di luar adalah kamu tidak perlu pusing masak menu yang kamu inginkan.Kalau kamu ingin menu makanan ala Western, Salt Grill adalah tempatnya. Menyajikan segudang menu Western food mulai dari menu untuk hidangan pembuka, utama, hingga penutup, kamu pasti menemukan yang cocok dengan selera kamu. Ingin lebih dari sekedar makanan? Ada wine dan caviar yang bisa kamu coba lho! Rata-rata harga hidangan pembuka mulai sekitar Rp 120.000, hidangan utama sekitar Rp 220.000, dan hidangan penutup sekitar Rp 120.000. Kalau versi a la carte nya, mulai sekitar Rp 60.000 per porsi menu. Jangan lupa coba Obe Organic Certified Grass Fed Sirloin ya!

Yang bikin Salt Grill cocok banget buat valentine-mu adalah pada tanggal 14 Februari nanti, ada Paket Valentine Dinner seharga Rp 1.500.000 per orang. Paket ini sudah termasuk course mewah lengkap--entree, main course, dan dessert; dan masih ditambah lagi segelas wine atau singlemalt. Juga kamu akan mendapatkan Teddy Bear imut buat pasanganmu. Masih ada lagi nih, di hari valentine tersebut, valentine dinner mu bakal makin romantis dengan adanya penampilan dari Eva Scolaro dengan lantunan lagu jazz romantisnya!

Salt Grill adalah bagian dari Altitude, sebuah tempat makan yang terdiri dari 3 restoran kelas atas dan sebuah club. Berlokasi di The Plaza, kompleks perkantoran mahal di pusat kota Jakarta sehingga mudah dicapai dengan kendaraan umum maupun mobil pribadi. Dekorasi lampu temaram yang dipadu dengan perabotan kayu jelas bikin atmosfer romantis makin intim.

Salt Grill, Altitude, The Plaza
Lokasi:
Jl. MH. Thamrin Kav. 28-30
Telp: (021) 29922448
Website: saltgrillindonesia.com
Instagram: @saltgrilljakarta
Twitter: @saltgrill

GAIA

Sumber gambar gaia-indonesia.com

Masih satu lantai dengan Salt Grill di Altitude, The Plaza, GAIA hadir sebagai restoran masakan Italia. Meski di siang hari GAIA dikenal orang karena brunch buffet-nya yang jadi favorit, namun kamu bisa dapatkan makan malam super romantis di valentine day ini lewat Paket Valentine Dinnernya! Sama seperti paket Salt Grill, dengan harga Rp 1.500.000 per orang, kamu mendapatkan full course plus wine atau singlemalt lengkap dengan Teddy Bear dan hiburan dari Eva Scolaro. Bedanya tentu di menu Italianya. Di GAIA, menu spesial valentine-nya ada Heart Shape Strawberry Parfait with Chocolate Sauce yang pastinya cute dan romantis abis!

Di luar paket, kamu bisa mencoba menu seafood Italia macam Porcini Soup, atau menu khas Pizza Foie Gras, serta beragam steak. Untuk seporsi sup, harganya mulai dari Rp 80.000, sementara untuk steak dengan daging jenis Kobe Beef asli, harganya mencapai Rp 2.100.000 per porsi.

GAIA, Altitude, The Plaza
Lokasi:
Jl. MH. Thamrin Kav. 28-30
Website: gaia-indonesia.com
Twitter: @gaiajakarta

Casa D'Oro

Sumber gambar www.tripadvisor.com

Banyak yang bilang kalau Valentine dinner di restoran ini romantis banget, lho. Jadi tak ada salahnya kalau kamu mencoba Casa D'Oro sebagai tempat makan malam romantis tahun ini, apalagi ada paket Valentine Dinner yang makin komplit. Kalau ingin pesan a la carte pun bisa, beberapa menu pilihannya adalah Le Insalate e Gli Antipasti alias Salad dan Hors d’Oeuvre, Le Zupepe e I Risotti alias sup dan Risotti, dan pasta buatan sendiri, La Pasta Fatta in Casa. Untuk hidangan utamanya, ada Fish Main Course, I Secondi di Pesce, dan Meat Main Course, I Secondi di Carne serta pilihan Dolci (Dessert) lezat untuk menutup makan malam kamu. Harganya dibanderol mulai dari Rp 200.000.

Terletak di Hotel Kempinski, hotel mewah berbintang lima, pelayanan di Casa D'Oro sangat luar biasa. Bayangkan mendapatkan pelayanan super excellent saat valentine dinner, pastinya akan jadi memori tak terlupakan bukan?

Jl. M.H. Thamrin No.1, Kempinski, Ground Floor, Menteng, Jakarta Pusat 10310
Telp. (021) 23583896

Bistronomy

Sumber gambar www.1001wisata.com

Manis dan romantis, begitu kesan yang tertangkap saat memasuki Bistronomy. Suasana yang cocok buat valentine dinner romantis ini dilengkapi dengan beragam menu makanan western yang lezat. Menu makanan yang direkomendasikan jika kamu ke tempat ini adalah Creamy Mushroom Soup dan Grilled Strip Loin with Mashed Potato. Sementara itu minumannya segelas Green Style yang menghadirkan sensasi segar dari rasa manis dan asamnya buah kiwi. Cukup dengan Rp 400.000 saja, kamu sudah bisa makan berdua dengan si dia.

Lokasi:
Bistronomy
Jl. Ciranjang (Ciniru 1 No.2), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp. (021) 7396655

Scusa

Sumber gambar www.jakarta100bars.com

Di momen valentine ini, Scusa-InterContinental menghadirkan suasana romantis Italia dengan temaram cahaya lilin dan bunga mawar. Paket valentine yang ditawarkan terdiri dari 6 course menu yang mengandung scallops, ikan salmon, dan daging sapi (beef tenderloin). Semuanya itu dibungkus oleh live music yang membuat suasana makin intim dan berkelas. Paket ini bisa kamu dapatkan seharga Rp. 998.000 ++ per orang.

Buat kamu yang ingin pesan menu a la carte saja, beberapa yang direkomendasikan antara lain Scampy Giganti Salad-salad sayur dengan wortel dan udang, Insalata Vegetariana--sayuran segar dengan dressing lemon yang diberi keju panggang garing, Zuppa Polpetta--sup sayur berisi meatball lengkap dengan roti oles saus pesto dan keju, Beef Involtini yang berupa daging sapi dengan pumpkin tortellini, terong, dan saus porcini, serta Pistachio Tart yang punya kulit pie dengan krim kacang pistacio dan bittersweet chocolate custard.

Lokasi:
Scusa
InterContinental Jakarta
Mid Plaza, Jl. Jend. Sudirman Kav.10-11
Jakarta 10220, Indonesia
Phone: (021) 251 4188 (Scusa), (021) 251 0888
Twitter: @InterConJakarta

Jaga Mood untuk Kehangatan Romantisme Valentine

Sumber gambar www.nbcnews.com

Setelah semua persiapan dinner siap, satu hal yang menyempurnakannya adalah mood. Tanpa mood yang baik, tak mungkin dinner romantis berjalan lancar. Karena itu, usahakan jaga mood kamu dan pasangan tercinta agar tetap happy dan bebas stres. Tidak baik 'kan kalau kalian merayakan Valentine dengan setengah terpaksa, dalam kondisi stres karena masalah pekerjaan atau keluarga, dan akhirnya malah mudah tersinggung? Nah, agar mood Valentine dinner tetap baik, ini dia beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dan lakukan.

Tips menjaga mood tetap prima di hari Valentine:

  • Rileks. Mood dinner yang baik bisa muncul kalau kamu rileks. Coba mulai dengan spa sebelum dinner. Spa berdua dengan dia juga oke kok.
  • Timing. Pemilihan waktu atau hari harus tepat, jangan sampai diganggu kerjaan. Kalau tidak mau cuti, pilih hari sabtu atau minggu saja.
  • Suasana. Tak peduli dinner di rumah atau di luar, pastikan suasana cukup tenang. Jauhkan hape. Atur agar hanya panggilan emergency yang bisa masuk. Dekorasi tambahan yang kamu bawa sendiri jka makan di luar bisa jadi mood booster lho!
  • Menu. Menu yang enak dan disukai berdua bisa menjaga mood tetap baik. Jangan sampai membuat atau memesan menu yang tidak kamu tahu sebelumnya. Jangan lupakan pencuci mulut. Dessert yang tepat--sedikit alkohol jikamau, akan membuat mood baik terus terjaga.

Ucapan Valentine Romantis di Hari Penuh Cinta

Sumber gambar www.tips2stayhealthy.com

Kalau kamu sudah bersiap mengajak pasangan tercinta menikmati dinner Valentine nan indah, apa masih ada yang kurang? Jangan lupa, ungkapkan cinta dan perasaanmu sejujurnya karena momen Valentine adalah momen paling tepat untuk melakukannya. Tak bisa disangkal jika ucapan manis dan romantis dari pasangan bisa membuat hati berbunga-bunga dan gembira bukan kepalang. Kalau kamu kehabisan ide, ini dia beberapa ucapan Valentine yang bisa kamu katakan padanya, atau tuliskan saja pada kartu ucapan saat memberinya kejutan Valentine!

  • “On a scale of one to 10, I’d give you a nine—and I’m the one you need!”
  • "You are unique You are caring and You are the Best. And I am the luckiest to have you in my life! Happy Valentine’s Day my sweet heart!"
  • "I searched through books And leafed through cards, For words that would convey, What I had in my heart, But when I sat down to write, All I can write was…. I Love you! Happy Valentine’s Day!"
From our editorial team

The Best Valentine Gift is Your Love

Itu tadi beberapa tips & trik buat kamu semua BP-Guide readers yang ingin merayakan Valentine dinner penuh romantisme. Yang penting bukan unsur foya-foya dan serba pesta, tapi cara kamu memaknai Valentine dengan positif dan keinginan saling mengasihi. Ingatlah kalau inti dari perayaan Valentine adalah ungkapan cinta tulus antar dua anak manusia yang seharusnya saling mendukung dalam suka dan duka. Semoga hubungan kalian langgeng, baik untuk yang sudah terikat pernikahan maupun belum, dan terus penuh cinta selamanya, ya.

Tag