10 Rekomendasi Pupuk Bunga Terbaik agar Tanaman Berbunga dengan Cepat dan Lebih Indah (2022)

10 Rekomendasi Pupuk Bunga Terbaik agar Tanaman Berbunga dengan Cepat dan Lebih Indah (2022)

Memiliki kebun bunga sudah barang tentu jadi kebanggaan tersendiri. Apalagi jika saat berbunga, bunganya rimbun dan mekarnya bersamaan. Tentunya kamu jadi senang dan bangga sebagai pemilik tanaman. Nah, pilihlah pupuk bunga terbaik untuk tanaman bunga hiasmu. Yuk, cek rekomendasinya!

Mau Tanamanmu Cepat Berbunga? Rajin Dipupuk, ya!

Berkebun adalah aktivitas mengasyikkan. Menanam aneka tanaman bunga bisa membuat perasaan jadi terhibur dan bebas stres. Apalagi saat tanaman yang kita tanam sudah berbunga dan bunganya banyak, tentunya kita jadi makin senang dan merasa bangga.

Untuk membuat tanaman jadi cepat berbunga, kita bisa melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan rajin memupuknya. Berikan pupuk secara rutin seminggu sekali atau dua kali agar nutrisi tanaman tercukupi sehingga bisa cepat berbunga.

Pupuk merupakan bahan penting bagi tanaman. Pupuk mengandung unsur hara yang bisa membuat tanaman cepat tumbuh dan berkembang. Apapun jenis tanamannya, pupuk bisa mengoptimalkan proses pertumbuhan tanaman sehingga bisa lebih subur. Selain itu, pupuk juga bisa mempercepat hasil produksi tanaman, entah berupa buah atau bunga.

Pupuk bukan sekadar menutrisi dan menyuburkan tanaman saja. Pupuk juga bisa menyingkirkan hama tanaman. Saat unsur hara tanaman tercukupi, maka tanaman jadi lebih tahan terhadap serangan hama tanaman.

Tanaman yang rajin dipupuk juga jadi bisa lebih maksimal dalam pertumbuhan akar, daun, dan batang. Untuk kamu yang ingin memperbanyak tanaman dengan metode stek, maka jangan sampai lupa memberikan pupuk secara rutin supaya akar, batang, dan daun bisa cepat rimbun.

Nah, kalau ingin tanaman kamu tumbuh dengan subur, rutinlah memberikan pupuk, ya. Intip dulu nih tips memilih pupuk bunga terbaik!

Tips Memilih Pupuk Bunga

Pilih Bentuk Pupuk

Pupuk untuk bunga hadir dalam dua pilihan bentuk. Ada bentuk padat dan bentuk cair. Keduanya sama-sama bisa menutrisi tanaman, namun tetap ada perbedaanya.

Kamu bisa memilih bentuk pupuk padat jika kamu membutuhkannya untuk membibit tanaman atau untuk penanaman kembali. Pupuk padat mampu bekerja secara lambat untuk memberikan nutrisi secara bertahap pada tanaman.

Pupuk padat tergolong sebagai slow release fertilizer sehingga tanaman bisa menyerap nutrisi secara bertahap. Kamu bisa meletakkan pupuk padat di dekat akar tanaman lalu siram setiap kamu melakukan penyiraman. Dengan cara ini maka nutrisi bisa diserap perlahan.

Sementara itu, pupuk cair bisa digunakan pada tanaman yang diletakkan di pot. Cocok juga diberikan pada tanaman yang sedang kurang sehat. Pupuk cair tergolong lebih cepat diserap nutrisinya sehingga tanaman yang sedang tidak sehat bisa cepat membaik.

Pupuk cair sayangnya harus sering diaplikasikan ulang karena cepat diserap tanaman. Pupuk cair ada yang harus diencerkan dulu dengan air dan ada yang tidak, jadi baca dulu instruksi pemakaiannya.

Pilih Organik atau Anorganik?

Sebelum membeli pupuk, kamu juga harus tahu ada pupuk jenis organik dan anorganik. Kamu bisa menggunakan kedua jenis pupuk ini bergantian, karena setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Pupuk organik lebih aman digunakan karena bahannya alami. Pupuk juga efektif tidak hanya untuk tanaman namun juga untuk tanah karena bisa meningkatkan kualitasnya. Pupuk organik berbahan aneka ragam, ada yang berbahan dari kotoran hewan, tumbuhan, hingga aneka bahan alami lainnya. Bisa juga berbahan campuran aneka bahan alami.

Pupuk organik bisa menjaga sifat alami tanah sehingga bisa memperbaiki kualitas tanah dan menyuburkan tanaman. Pupuk anorganik bisa juga digunakan saat menanam tanaman. Pupuk hadir dengan aneka zat kimia sintetis. Mampu menyuburkan tanaman dan membuatnya lebih cepat berbuah atau berbunga.

Namun yang perlu diingat adalah, karena bahannya kimia, jangan asal memberi pupuk dalam jumlah banyak. Sebaiknya, baca aturan pakai dan sesuaikan dengan kebutuhan. Terlalu banyak pupuk anorganik bisa membahayakan tanaman dan bahkan membuat tanaman jadi cepat mati.

Pilih Pupuk dari Cara Kerjanya

Kamu juga bisa memilih pupuk dari segi cara kerjanya. Ada pupuk yang cepat diserap, ada yang lama diserap, dan ada juga yang ditunda penyerapannya. Kamu bisa memilih sesuai dengan masa pertumbuhan dan waktu mekar tanaman.

Jenis pupuk pertama dilihat dari cara kerjanya adalah pupuk quick release fertilizer. Umumnya berbentuk cair dan berupa pupuk kimia. Pupuknya cepat larut dalam air dan bisa diaplikasikan pada tanaman saat masa mekar bunga.

Selanjutnya, ada jenis pupuk delayed-release fertilizer. Jenis yang satu ini bisa tahan lama digunakan karena penyerapannya juga lama. Bisa digunakan pada saat tanaman sedang dalam masa pertumbuhan.

Pupuk ini bisa memberikan nutrisi awal yang memadai untuk tanaman yang baru hidup. Bisa untuk tanaman dalam pot baik sebagai pupuk utama atau pupuk tambahan.

Terakhir, ada pupuk dengan jenis slow release fertilizer. Pupuk yang satu ini bisa bekerja dalam jangka waktu satu hingga beberapa bulan. Bisa diaplikasikan sebagai pupuk dasar saat menanam kembali tanaman.

Tahan lama dan sesuai untuk tanaman hias yang tidak butuh produktivitas tinggi. Efeknya perlahan dan nutrisinya bisa maksimal terserap tanaman.

Rekomendasi Pupuk Bunga Terbaik untuk Kamu yang Gemar Berkebun

INFARM - Nutrisi AB Mix Bunga Pupuk

INFARM - Nutrisi AB Mix Bunga merupakan pupuk yang bisa jadi andalan kamu. Pupuk bisa digunakan untuk aneka jenis tanaman hias bunga. Di dalamnya terkandung aneka unsur hara seperti N, P, K, Ca, Mg, dan S. Pupuk juga hadir dengan aneka unsur lain seperti Fe, Mn, B, Zn, Cu, dan Mo.

Pupuknya berbentuk cair sehingga cepat diserap tanaman. Produk ini tidak akan menyumbat sistem irigasi tetes jika kamu memakai sistem irigasi atau sistem hidroponik. Pupuk cair ini butuh diencerkan dulu sebelum diaplikasikan.

Harga Rp. 17.500

Pupuk Russell Cote Slow Release 10-26-10

Pupuk Russell Cote Slow Release 10-26-10 juga bisa jadi pilihan. Pupuk yang satu ini tergolong sebagai pupuk jenis delayed-release fertilizer. Aman digunakan pada berbagai tanaman buah dan bunga. Untuk kemasannya, tersedia kemasan 100 gram dan 500 gram.

Selain bisa memicu pertumbuhan bunga juga bisa memicu pembesaran batang. Pupuk ini menggunakan lapisan polimer unik yang dipatenkan. Lapisan polimernya berasal dari minyak nabati alami yang berkelanjutan.

Harga Rp. 15.000-107.000

Purie Garden Pupuk / Nutrisi Hidroponik AB Mix Bunga

Purie Garden Pupuk / Nutrisi Hidroponik AB Mix Bunga adalah pilihan lainnya untuk kamu. Produk ini hadir dengan unsur hara makro dan mikro yang tepat. Sesuai untuk aneka tanaman yang butuh cepat berbuah atau berbunga.

Pupuknya cepat diserap oleh tanaman. Produk ini tidak akan menyumbat sistem irigasi tanaman. Cocok untuk aneka bunga hias seperti krisan, alamanda, mawar, dahlia, marigold, dan lain sebagainya. Larutkan dulu sebelum diaplikasikan pada tanaman.

Harga Rp. 20.000-35.000

PUPUK NPK MUTIARA 16-16-16

PUPUK NPK MUTIARA 16-16-16 adalah pilihan lain untuk pupuk bunga. Produk ini hadir dengan nutrisi lengkap yang bisa berguna untuk menunjang kesehatan tanaman bungamu.

Tinggi nitrat nitrogen sehingga tanaman dan daun bisa tumbuh dengan baik. Ada juga kandungan amonium nitrogen yang bisa jadi cadangan dan bisa dilepas perlahan pada tanaman.

Pupuk ini tinggi kalium sehingga bisa meningkatkan jumlah buah dan bunga yang dihasilkan. pupuk anorganik ini bentuknya padat dan tergolong pupuk dengan cara kerja slow release.

Harga Rp. 10.000-21.000

Pupuk MAGICgro G8

Pupuk MAGICgro G8 merupakan pupuk yang cocok untuk digunakan pada aneka tanaman outdoor. Bisa untuk tanaman buah, bunga hias, dan lainnya.

Pupuk mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen. Selain itu, tanaman juga bisa tumbuh lebih serempak dan panennya bisa lebih seragam.

Pupuk yang satu ini harus diencerkan dulu sebelum diaplikasikan. Kamu bisa mengaplikasikannya ke tanaman dalam berbagai tanaman. Pupuk juga bisa meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama.

Harga Rp. 129.000-140.000

Orchid Fertilizer Orient Pupuk Bunga Angrek

Orchid Fertilizer Orient Pupuk Bunga Anggrek merupakan pilihan kami selanjutnya. Kamu bisa memakainya untuk tanaman anggrek hias kesayangan.

Pupuk yang satu ini dikemas dalam ukuran 100 ml. Produk ini bisa memicu tunas dan bunga dengan cepat. Selain itu, juga bisa mempercepat pertumbuhan akar, batang, dan daun.

Pupuk bisa diberikan untuk menyehatkan tanaman dan bisa untuk memperbaiki kualitas bunga. Produk ini harus dilarutkan dulu ke air sebelum digunakan.

Harga Rp. 27.000-35.000

Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Hias

Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Hias juga bisa dipilih jadi rekomendasi.berikutnya. pupuk yang satu ini bentuknya cair jadi lebih mudah digunakan dan diaplikasikan. Bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman dari akar hingga batang. Warna bunga jadi lebih cantik.

Pupuk juga bisa berfungsi untuk menghasilkan tanaman yang lebih kuat dan tahan cuaca serta hama. Produk ini bisa mempercepat pertumbuhan tunas baru dan membuat bunga tidak cepat layu. Cocok untuk aneka jenis tanaman bunga hias mulai dari anggrek, mawar, tulis, anyelir, lavender, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 45.000-150.000

Pupuk Gandasil B Bunga

Pupuk Gandasil B Bunga adalah pilihan yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini bisa diaplikasikan pada tanaman saat tanaman sudah akan berbuah atau berbunga. Pupuk berbentuk padat dan tinggal diletakkan saja di dekat akar. Produk ini akan merangsang pertumbuhan atau keluarnya bunga.

Pupuk juga membuat tanaman berbuah atau berbunga lebih cepat dan lebih banyak. Pupuk mengandung NPK, magnesium, dan aneka unsur nutrisi lainnya.

Harga Rp. 10.000-13.000

Pupuk Bunga Super By Blooming Fertilizer

Pupuk Bunga Super By Blooming Fertilizer adalah pilihan kami selanjutnya. Pupuk hadir dengan vitamin B1 dan Hormon Pertumbuhan. Selain itu tentu saja pupuknya mengandung NPK, magnesium, mangan, tembaga, zinc, dan lain sebagainya.

Pupuk akan merangsang agar tanaman cepat berbunga dan bisa mencegah kerontokan bunga. Produk juga akan memperbesar ukuran bunga dan memperbanyak jumlah bunga. Kamu tinggal semprotkan saja pada seluruh bagian tanaman sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore.

Harga Rp. 32.000-69.000

Pupuk Growmore NPK 10-55-10 Bunga

Pupuk Growmore NPK 10-55-10 merupakan rekomendasi terakhir kami. Pupuk hadir dengan formula terbaik sehingga mampu merangsang akar, batang, dan daun agar lebih cepat tumbuh. Cocok diberikan pada tanaman pada masa pembibitan.

Cocok untuk aneka jenis tanaman hias, bunga potong, hingga anggrek juga. Mudah diaplikasikan dan kandungan unsur haranya juga sangat lengkap.

Harga Rp. 70.000-168.000
From our editorial team

Pastikan Pupuk Bunga Memiliki 3 Komponen Utama

Dalam memilih pupuk bunga, pastikan pupuknya memiliki 3 komponen utama. Ketiga komponen utama tersebut adalah nitrogen (N), fosfat (P) dan kalium (K). Setiap komponen memiliki fungsinya tersendiri untuk tanaman. Nitrogen merupakan zat yang bisa mendorong pertumbuhan daun dan batang agar lebih subur dan lebat. Sementara zat fosfat fungsinya untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah. Terakhir ada zat kalium yang fungsinya adalah untuk merangsang pertumbuhan akar.

Tag