Asah Kreativitas dengan Mempelajari Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami dengan 10 Rekomendasi Kertas Origami Terbaik (2022)

Asah Kreativitas dengan Mempelajari Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami dengan 10 Rekomendasi Kertas Origami Terbaik (2022)

Mempelajari cara membuat bunga dari kertas origami adalah salah satu cara untuk mengasah kreativitas. Tak hanya untuk anak-anak, membuat origami juga bisa dilakukan oleh orang dewasa sebagai hiburan. Tertarik belajar cara membuat bunga dari kertas origami? Yuk, pelajari berbagai caranya menggunakan 10 rekomendasi produk kertas origami terbaik!

Belajar Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami untuk Mengasah Kreativitas

Origami adalah seni melipat kertas dari Jepang yang sangat populer di seluruh dunia. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan ini adalah kertas atau kain, yang biasanya berbentuk persegi. Di Indonesia sendiri, origami banyak dilakukan dengan media kertas origami atau kertas lipat untuk membuat aneka bentuk kreasi.

Salah satu kreasi bentuk yang paling banyak dicoba adalah bunga. Cara membuat bunga dari kertas origami pun beragam, sebab ada banyak jenis bunga yang dapat dijadikan inspirasi kreasi. Banyaknya kreasi origami bunga tentu mampu membantu Anda dalam mengasah kreativitas. Tak hanya bagi anak-anak, seni origami ini juga bisa menjadi penghilang stres bagi orang dewasa.

4 Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami Paling Menarik

Bunga Mawar

Bunga mawar menjadi salah satu bunga yang membutuhkan ketelitian untuk dikreasikan sebagai origami. Meski demikian, keindahan hasil origami bunga mawar tidak mengecewakan. Berikut adalah cara membuat bunga dari kertas origami kreasi bunga mawar.

Cara Membuat Origami Bunga Mawar:

  • Siapkan kertas origami warna merah dan warna hijau
  • Garis kertas origami menjadi 16 kotak dengan ukuran yang sama.
  • Selanjutnya, beri tanda pada empat kotak di tengah-tengah, untuk memudahkan saat melipat.
  • Kertas dilipat mengikuti garis yang sudah ditandai.
  • Buka lipatan, kemudian ambil sudut kanan dan lipat secara diagonal hingga bertemu dengan lipatan di atas.
  • Ulangi langkah di atas hingga ke empat sisinya.
  • Buat lipatan lain pada setiap diagonal dengan lipatan bawah pada empat sudut lainnya
  • Apabila semua langkah di atas telah dilakukan, maka akan tampak garis-garis kecil yang memudahkan pembuatan kelopak mawar
  • Setelah kelopak mawar terbentuk, tempel bagian bawah bunga mawar dengan kertas origami warna hijau yang telah digunting membentuk daun mawar

Bunga Lavender

Membuat kreasi origami bunga lavender memang memerlukan ketelatenan, sebab pembuatannya memerlukan ketelitian saat menggunting dan menempelkan bahan satu dan yang lain. Cara membuat bunga dari kertas origami dengan kreasi bunga lavender yang sederhana adalah sebagai berikut.

Cara membuat origami bunga lavender:

  • Siapkan kertas origami berwarna hijau dan ungu atau pink
  • Gunting kertas origami warna hijau dengan ukuran 9 x 30 cm, lalu gulung memanjang untuk membentuk tangkainya
  • Rekatkan sisa kertas di ujung gulungan menggunakan lem, kemudian rapikan kedua ujung tangkai menggunakan gunting
  • Gunting kertas origami berwarna hijau dengan ukuran 7 x 8 cm, kemudian potong zig-zag menyerupai rumput
  • Gunting kertas origami berwarna ungu atau pink dengan ukuran 8 x 30 cm, kemudian lipat kertas secara horizontal
  • Potong bagian kertas yang dilipat hingga membentuk rumbai-rumbai
  • Buka lipatan kertas, kemudian lipat kembali ke sisi sebaliknya secara horizontal, rekatkan lipatan menggunakan lem
  • Gulung kertas tersebut pada tangkai dari atas ke bawah, kemudian rekatkan menggunakan lem
  • Selanjutnya, tutup bagian bawah gulungan menggunakan kertas hijau yang sebelumnya dipotong menyerupai rumput.

Bunga Tulip

Origami bunga tulip adalah salah satu kreasi origami bunga yang paling populer. Tentu hal tersebut karena cara pembuatannya yang dinilai cukup mudah. Berikut adalah cara membuat bunga dari kertas origami dengan kreasi bunga tulip sederhana.

Cara membuat origami bunga tulip

  • Sediakan kertas origami berbentuk segi empat dengan ukuran sesuai keinginan
  • Lipat kertas dengan garis yang menyilang pada setiap sisinya
  • Selanjutnya, buka kembali lipatan dan buat lipatan lagi dengan arah berlawanan
  • Lipat kembali sampai membentuk segitiga sama kaki
  • Kemudian, lipat kembali hingga membentuk diamond
  • Pastikan ada lubang pada bagian atas agar origami dapat menggelembung seperti bunga tulip

Bunga Dahlia

Sumber gambar https://wewo.co.id

Membuat origami bunga dahlia adalah salah satu krasi yang paling mudah. Singkatnya, Anda cukup membuat kerucut dari kertas origami, kemudian disusun secara melingkar. Berikut adalah cara membuat bunga dari kertas origami kreasi bunga dahlia selengkapnya.

Cara membuat origami bunga dahlia:

  • Siapkan kardus besar berbentuk lingkaran dengan diameter 20 cm serta 25 kertas origami berukuran 15 x 15 cm dengan warna hitam, oranye, dan kuning.
  • Linting masing-masing kertas origami hingga membentuk kerucut, kemudian rekatkan ujungnya menggunakan lem
  • Kemudian, rekatkan kerucut pada lingkaran kardus dengan susunan bersilang, sehingga terlihat penuh
  • Atur warna sesuai selera, misalnya kerucut warna hitam pada bagian luar, kemudian warna oranye, dan kerucut warna kuning di bagian inti
  • Origami bunga dahlia siap ditempelkan pada tembok atau media lain dengan menggunakan perekat

10 Rekomendasi Kertas Origami

SIDU Kertas Origami Warna 16 x 16

SIDU Kertas Origami Warna 16 x 16 adalah produk pertama yang bisa Anda gunakan untuk membuat bunga dari kertas origami. Produk ini merupakan produk dari Sinar Dunia atau SIDU yang sudah tak perlu lagi diragukan kualitasnya.

Kertas origami ini tersedia dalam ukuran 16 x 16 cm. Produk ini berjenis one side color paper, yang hanya memiliki warna pada salah satu sisinya. Setiap pack-nya terdapat sepuluh macam warna berbeda, yang dapat dikreasikan menjadi berbagai bentuk origami.

Harga Rp. 9.000-10.250

Montana Kertas Origami 12 x 12

Rekomendasi produk berikutnya yang cocok dikreasikan menjadi bunga origami adalah Montana Kertas Origami 12 x 12. Kertas ini berukuran 12 x 12 cm dengan karakter yang tebal. Produk ini mempunyai warna pada kedua sisinya atau bolak-balik, sehingga lebih menarik.

Setiap pack Montana Kertas Origami 12 x 12 tersedia dalam lima warna, yaitu merah, kuning, biru, hijau, dan pink. Kertas origami ini hadir dengan warna-warna yang menarik, sehingga cocok untuk membuat origami atau kerajinan tangan lainnya.

Harga Rp. 2.175

Deli Origami Paper / Kertas Lipat Origami 100 pcs 10 Warna Berbagai Ukuran 8363X

Deli Origami Paper / Kertas Lipat Origami 100 pcs 10 Warna Berbagai Ukuran 8363X adalah produk berikutnya yang masuk daftar rekomendasi. Kertas origami ini memiliki ketebalan yang pas dan berkualitas tinggi, sehingga mudah dikreasikan.

Kertas origami keluaran Deli ini tersedia dalam empat varian ukuran, yaitu 12 x 12 cm, 14.5 x 14.5 cm, 19 x 19 cm, dan A4. Ukurannya yang bervariasi membuat Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan untuk aneka kreasi kerajinan tangan berbahan kertas.

Harga Rp. 10.000-25.000

Doraemon Kiky Kertas Lipat / Origami 16 x 16 cm ATP

Anda yang tengah mencari kertas origami dengan permukaan yang mengkilap, Doraemon Kiky Kertas Lipat / Origami 16 x 16 cm ATP bisa menjadi pilihan. Produk keluaran Kiky ini terbuat dari bahan berkualitas dilengkapi dengan lapisan glossy yang membuatnya tampak menarik dan elegan.

Doraemon Kiky Kertas Lipat / Origami 16 x 16 cm ATP tersedia dalam ukuran 16 x 16 cm, yang ideal untuk membuat aneka kreasi origami. Dalam satu pack kemasannya tersedia lima warna menarik, antara lain merah, hijau, kuning, biru, dan pink.

Harga Rp. 15.355

KKV - HYACINTH Colorful Origami Paper

Rekomendasi produk berikutnya adalah KKV - HYACINTH Colorful Origami Paper. Kertas origami ini merupakan produk impor yang terbuat dari bahan berkualitas. Tersedia dalam ukuran A4 membuatnya dapat dengan mudah dikreasikan menjadi bunga origami atau kreasi origami lainnya.

KKV - HYACINTH Colorful Origami Paper tersedia dalam sepuluh warna berbeda yang menarik. Pada bagian belakang kemasannya juga terdapat panduan singkat tentang cara membuat beberapa bentuk origami yang mudah diikuti.

Harga Rp. 29.900-49.933

Kertas Lipat Splat Polos 12 cm

Kertas Lipat Splat Polos 12 cm menjadi kertas origami berikutnya yang patut dijadikan pilihan. Kertas origami ini berukuran 12 x 12 cm yang cocok dikreasikan untuk membuat bunga origami dalam ukuran yang kecil. Produk ini bisa digunakan sebagai bahan bermain anak untuk merangsang kreativitasnya.

Kertas origami keluaran Splat ini tersedia dalam beberapa warna menarik, yaitu merah, kuning, hijau, biru, coklat, dan warna-warna lainnya. Warnanya yang beragam membuatnya dapat dikreasikan menjadi aneka macam bentuk origami. Produk ini juga dibekali dengan tutorial melipat kertas di bagian belakang kemasannya.

Harga Rp. 5.495-11.000

Faber-Castell Origami Washi Paper Knitting Pattern 15x15

Bosan dengan kertas origami yang polos dan memiliki warna itu-itu saja? Anda bisa mencoba kreasi origami dengan Faber-Castell Origami Washi Paper Knitting Pattern 15x15. Produk ini hadir dengan 10 motif washi paper yang menarik.

Faber-Castell Origami Washi Paper Knitting Pattern 15x15 terbuat dari kertas 80 gsm yang tebal dan tidak mudah robek. Setiap lembarnya tersedia dalam motif di salah satu sisinya, sementara sisi lainnya polos. Produk dari Faber-Castell ini juga dilengkapi tiga panduan kreasi origami yang mudah diikuti.

Harga Rp. 11.790-13.100

Something Sweet Cards Origami Paper Baby Alive

Something Sweet Cards Origami Paper Baby Alive adalah kertas origami berikutnya yang hadir dengan motif menarik. Produk ini didesain dengan karakter-karakter dari Hasbro. Tampilannya yang lucu dan menarik membuatnya cocok untuk anak-anak.

Kertas origami ini terbuat dari bahan matt paper 100 gram tebal dan berkualitas dengan ukuran 15 x 15 cm. Setiap pack kemasannya terdiri atas lima variasi desain dan warna yang dapat dikreasikan menjadi berbagai bentuk origami.

Harga Rp. 13.900-41.500

Asturo Kertas Lipat Double Side 14X14

Rekomendasi kertas origami berikutnya adalah Asturo Kertas Lipat Double Side 14X14. Kertas origami ini memiliki dua warna yang berbeda pada masing-masing sisinya. Perbedaan warna tersebut membuatnya semakin menarik untuk dikreasikan.

Asturo Kertas Lipat Double Side 14X14 hadir dengan ukuran 14 x 14 cm yang cocok untuk membuat origami dalam ukuran kecil. Kertas origami ini terbuat dari material yang tebal dan berkualitas, sehingga tidak mudah robek.

Harga Rp. 13.800-17.500

Sakura Spotlight Kertas Lipat 16 x 16

Sakura Spotlight Kertas Lipat 16 x 16 adalah kertas origami terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini tersedia dalam ukuran 16 x 16 cm yang ideal untuk dikreasikan menjadi berbagai bentuk origami yang menarik.

Produk keluaran Sakura ini terdiri atas sepuluh varian warna yang berbeda. Tak hanya warna-warnanya yang menarik, kertas origami ini juga dilengkapi dengan 22 kreasi cara melipat kreatif yang mudah diikuti.

Harga Rp. 9.500-10.700
From our editorial team

Pilih Kertas Origami yang Tebal dan Lentur

Pemilihan kertas origami perlu dipertimbangkan dengan baik untuk menghasilkan kreasi origami yang menarik. Selain warna dan motif, kualitas kertas origami patut diperhatikan. Sebaiknya pilih kertas origami dengan karakter tebal agar kertas tidak mudah robek saat digunakan. Meski tebal, pastikan kertas origami lentur dan tidak kaku, sehingga lebih mudah dilipat dan dibentuk.