13 Rekomendasi Kerajinan Tangan Indonesia yang Khas (2022)

13 Rekomendasi Kerajinan Tangan Indonesia yang Khas (2022)

Indonesia memiliki kerajinan tangan yang bervariasi. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak daerah dan suku, sehingga menghasilkan sebuah karya yang menarik tidak hanya secara tampilan. Namun, asal muasal kerajinan tangan tersebut juga menjadi daya tarik. Oleh karena itu, tak heran jika beberapa kerajinan tangan Indonesia berhasil menarik minat warga asing.

Indonesia memiliki banyak daerah dan suku, sehingga menghadirkan keanekaragaman budaya. Misalnya seperti makanan, tarian hingga kerajinan tangan. Kerajinan tangan Indonesia ini biasanya memiliki asal usul yang menarik dan unik, sehingga menjadi khas suatu daerah di Indonesia. Dengan banyaknya kerajinan tangan tersebut, maka tidak hanya sebagai media pengenalan budaya Indonesia, namun juga sebagai sumber mata pencaharian bagi sebagian orang.

Penting untuk diketahui kerajinan tangan Indonesia tidak hanya memiliki tampilan yang cantik dan berfungsi untuk hiasan saja. Dengan kreativitas tanpa batas dari pengrajin Indonesia menciptakan beberapa produk kerajinan tangan yang memiliki kualitas yang mumpuni serta memiliki fungsi untuk bahan membuat pakaian dan ada juga yang dapat digunakan sebagai alat musik. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa produk khas daerah di Indonesia ini telah terkenal dan disukai oleh mancanegara.

Ini Dia Rekomendasi Kerajinan Tangan Indonesia yang Khas

Kerajinan tangan Indonesia menjadi salah satu aset budaya yang memapng perlu untuk dilestarikan. Dalam upaya cinta tanah air, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi kerajinan tangan yang khas dari beberapa daerah di Indonesia.

Batik

Batik merupakan salah satu kerajinan tangan Indonesia yang cukup terkenal hingga mancanegara. Oleh karena itu, batik menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Apalagi seni batik menjadi warisan turun temurun dari zaman dahulu yang kini telah diakui sebagai warisan budaya dunia.

Sentra batik tersebar banyak di pulau Jawa, diantaranya adalah batik Yogyakarta, Batik Trusmi Cirebon dan batik pekalongan. Saat ini batik diproduksi dengan dua cara, yaitu dengan melukis yang disebut juga batik tulis dan batik cetak. Batik juga memiliki berbagai jenis dan motif, beberapa motif diantaranya adalah motif megamendung, batik tujuh rupa pekalongan, batik sekar jagad dan batik parang kusumo. Kain batik ini biasanya menjadi bahan untuk membuat baju, celana, rok, tempat pensil, hiasan dan lain sebagainya. Kemudian biasanya dikenakan dalam menghadiri acara resmi, meski begitu batik juga dapat digunakan untuk sehari-hari.

Harga Rp. 5.900-210.000

Wayang Golek

Kerajinan tangan lain yang berasal dari Sunda khas Jawa Barat adalah wayang golek. Biasanya direalisasikan melalui pertunjukan alat peraga atau boneka sebagai penggambaran alam pikiran orang Jawa yang dualistik. Terdapat beberapa karakter fiksi yang berada dalam wayang golek diantaranya Cepot, Semar, Gatotokaca, Arjuna, Bima dan Yudistira. Wayang golek ini juga bisa dijadikan untuk pajangan rumah. Bahan yang digunakan dalam pembuatan wayang golek ini adalah kayu yang memiliki beberapa jenis seperti kayu mahoni atau albasia. Wayang golek ini dapat Anda beli untuk satu karakter saja atau bisa juga membeli satu set. Oleh karena itu, jenis kayu dan berapa karakter yang akan dibeli membuat harga wayang golek bervariasi.

Harga Rp. 13.500-3.650.000

Kopiah Meukeutop

Kopiah Meukeutop merupakan kupiah khas yang berasal dari Aceh. Oleh karena itu, yang membedakan kopiah ini dengan yang lainnya adalah warna dan keunikannya sangat khas dari Aceh. Selain itu, kopiah ini juga memiliki desain peninggalan sejarah Aceh yang biasa dipake oleh Teungku Umar dan pengikutnya.

Kopiah Meukeutop biasanya dibuat dengan motif pintu Aceh dengan kualitas super. Dengan bahan kain buldu yang di anyam atau bordir rapi dan padat. Selain itu, kopiah ini juga memiliki full bordir motif aceh yang di kerjakan sangat rapi, ringan, tebal dan nyaman digunakan. Kopiah Meukeutop bisa dipakai untuk aktivitas sehari hari dan juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Aceh.

Harga Rp. 19.000-750.000

Bunga Bale

Bunga Bale merupakan rangkaian bunga yang memiliki wadah atau tempat untuk menaruh telur. Oleh karena itu, bunga bale juga bisa disebut juga dengan bunga telur. Bunga bale ini merupakan suatu produk kerajinan khas kebudayaan Melayu. Seperti namanya, bunga bale adalah suatu 'Bunga' sintesis yang dirangkai dari bahan sedemikian rupa sehingga menjadi bunga yang elok dipandang. Bunga Bale biasanya digunakan untuk acara pernikahan. Namun tidak menutup kemungkinan dan harus dipahami, bahwa bunga bale ini merupakan kerajinan tangan Indonesia yang khas dengan nilai adiluhung yang tinggi.

Harga Rp. 9.500-165.000

Kursi Raja Rotan

Kerajinan tangan Indonesia lainnya adalah kursi 'King' atau kursi raja rotan. Sesuai dengan namanya, kursi ini terbuat dari rotan alami asli. Dengan kualitas eksport, sehingga dibuat dari bahan rotan pilihan dan di lekapi dengan cushion atau bukan rotan sintetis. Kursi ini dikerjakan oleh para pengrajin yang sangat berpengalaman di bidang kursi rotan. Hal ini dikarenakan pengerjaan kursi sangat memerlukan keahlian khusus dan kesabaran yang sangat tinggi. Oleh karena itu, tidak semua pengrajin dapat membuatnya. Dengan pengrajin yang ahli ini maka akan menghasilkan kursi raja rotan yang terbaik dan maksimal.

Ukuran dari kursi raja rotan ini beragam, tergantung dengan model yang dipilih. Tidak hanya digunakan sebagai tempat duduk, jika Anda membeli kursi raja rotan dalam ukuran mini maka bisa digunakan sebagai hiasan. Terdapat kursi teras rotan model gentong. Kursi ini terbuat dari bahan rotan asli alami. Sebelum melakukan proses pengerjaan, biasanya terlebih dahulu dipilih rotan yang paling bagus dan kuat. Kursi ini juga memiliki jok busa atau cousion dan sudah di pernis finishing. Selain itu, terdapat juga kursi teras rotan kupasan benhur. Kursi ini biasanya terbuat dari bahan Rotan kupasan. Bahan yang di pilih adalah rotan terbaik, yang dipilih sebelum melakukan proses pengerjaan.

Harga Rp. 400.000-2.860.000

Gelah Sebalik Sumpah atau Gelang Sebelik Sumpah

Gelang sebalik sumpah atau Gelang sebelik sumpah, merupakan kerajinan tangan Indonesia yang berasal dari daerah Jambi. Sebalik sumpah atau sebelik sumpah merupakan salah satu jenis pohon keras yang menghasilkan buah-buahan. Pohon ini memang biasanya ditemukan di Taman Nasional Bukit Duabelas, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Biji yang terdapat pada buah-buahan pohon tersebut yang kemudian dijadikan kerajinan tradisional oleh Komunitas Orang Rimbo.

Saat ini kian banyak orang menggunakan aksesori berupa gelang dan kalung Sebelik Sumpah atau Sebalik Sumpah yang biasa dipakai orang rimba. Tidak hanya sebagai kerajinan tangan biasa, gelang sebalik sumpah ini juga memiliki asal muasal yang menarik. Berdasarkan kisahnya gelang sebalik sumpah ini dipercaya mampu membalikkan atau menangkal sumpah. Aksesori dari lerok melong ini juga dianggap sebagai juntukejaga diri, dapat menghalau unsur gaib serta sebagai lambang persaudaraan.

Harga Rp. 20.000-111.605

Songket Palembang

Songket Palembang sesuai dengan namanya merupakan kerajinan tangan Indonesia yang khas dari Palembang. Biasanya memiliki bahan yang terbuat dari benang halus, sehingga nyaman saat dipakai. Bahan kain songket adalah benang sutra dan benang emas atau perak. Semakin baik kualitas benang, maka akan menjadikan harga songket tersebut menjadi tinggi. Selain itu, songket ini dibuat dengan menggunakan teknik tenun ATBM atau Alat Tenun Bukan Mesin. Oleh karena itu, songket palembang memiliki teksture kain lemas dan biasanya tidak mudah luntur. Saat digunakan juga membuat kesan kesan yang sangat mewah karena ada benang klip berbagai warna. Songket palembang ini juga ringan sehingga nyaman untuk dipakai dan mudah saat dibawa kemana-mana karena tidak memakan tempat. Songket Palembang ini sangat fleksibel untuk dibuat apapun, misalnya kain rok, baju dan lain sebagainya. Selain itu, songket Palembang ini juga dapat dijadikan kado. Hal ini dikarenakan songket Palembang ini bisa menjadi tren fashion yang kekinian.

Harga Rp. 23.000-5.600.000

Siger Lampung

Siger merupakan mahkota keagungan dalam budaya Lampung. Biasanya, siger ini digunakan oleh pengantin perempuan ketika acara penikahan atau acara adat lainnya. Oleh karena itu, siger ini bukan kerajinan tangan biasa. Siger Lampung memiliki bentuk, warna serta berbagai hiasan yang aksesorisnya menyiratkan persatuan dan kesatuan suku, sub suku dan keturunan masyarakat Lampung Pepadun dan Saibatin. Saat ini, siger tak hanya digunakan sebagai mahkota namun telah menjadi ikon kebanggaan warga Lampung. Jika anda membeli siger lampung yang asli maka mesti memiliki uang yang cukup karena harganya yang relatif mahal. Namun, tidak perlu khawatirkini siger lampung juga tersedia dalam bentung pin, gantungan kunci sehingga Anda bisa membelinya dengan harga yang lebih murah.

Harga Rp. 15.000-9.500.000

Sulaman Usus

Kerajinan tangan Indonesia yang berasal dari Lampung, tidak hanya siger. Terdapat sulaman usus yang biasanya dibuat oleh para ibu dan remaja putri di Lampung. Kerajinan ini digunakan sebagai hiasan di pakaian wanita, kemeja pria, serta untuk hiasan pada dinding. Kini, sulam usus sangat terkenal di dalam dan luar negeri. Hal ini dikarenakan motifnya yang terkesan klasik dan sangat halus. Sulaman usus dapat digunakan untuk membuat souvenir dengan bentuk gelas, taplak meja, sarung bantal hingga pakaian.

Harga Rp. 12.000-250.000

Ondel-ondel

Ondel-ondel merupakan sebuah kerajinan tangan yang akan ditemui ketika mengunjungi Jakarta. Kesenian ini sudah ada sejak lama, yang merupakan simbolisasi dari penjaga sebuah kampung. Oleh karena itu, wajah ondel-ondel dibuat seperti menyeramkan. Kini sebagian warga lokal tidak hanya membuat ondel-ondel, namun kini juga menjual replikanya sebagai oleh-oleh kerajinan khas Jakarta. Sehingga apabila berminat untuk memiliki kerajinan tangan ini, maka Anda dapat membeli versi mini dari Ondel-ondel tersebut.

Harga Rp. 7.350-923.500

Angklung

Angkung merupalan alat musik multitonal yang berkembang dari masyarakat Sunda. Alat musik ini terbuat dari bahan bambu dan merupakan kerajinan tangan Indonesia. Dibunyikan dengan cara digoyangkan yang menjadi daya tarik dari alat musik tradisional khas Sunda, tidak hanya bagi warga lokal namun juga mancanegara. Jika Anda berminat untuk berlatih maka bisa membeli Angklung ini satu set atau satuan. Selain itu, Angklung ini juga tersedia dalam bentuk miniatur dan gantungan yang bisa dijadikan buah tangan atau souvenir pernikahan.

Harga Rp. 2.400-10.000.000

Anyaman Bambu

Menganyam merupakan salah satu kerajinan tangan Indonesia yang biasanya masih banyak dilakukan oleh masyarakat di pedesaan. Bahan yang digunakan dalam membuat anyaman cukup bervariasi, salah satunya menggunakan bambu. Terdapat beberapa daerah penghasil anyaman bambu di Indonesia, diantaranya adalah Banyuwangi, Kudus, Tangerang, Buleleng, Padang dan Tasikmalaya. Beberapa motif yang bisa digunakan dalam anyaman diantaranya adalah motif gringsing, motif kembang jeruk, motif kembang tiba dan motif tapak jalak. Pengrajin membuat anyaman bambu menggunakan serat yang dirangkaian sehingga membentuk suatu benda yang kaku. Kini telah dihasilkan beberapa produk anyaman bambu yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti tampah, kipas, caping, keranjang, tas, tikar, wadah atau besek dan ceting atau tempat nasi dan lain sebagainya dengan ukuran yang beravariasi.

Harga Rp. 1.000-145.000

Gerabah

Gerabah merupakan alat yang terbuat dari bahan tanah liat yang kemudian dibentuk, lalu dibakar dan dijadikan alat atau beda tertentu. Beberapa daerah penghasil gerabah di Indonesia yaitu Cirebon, Purwakarta,Yogyakarta, Bandung dan Bali. Biasanya gerabah dibuat oleh pengrajin yang telah berpengalaman, sehingga menghasilkan alat dengan kualitas yang baik. Alat yang dimaksud contohnya seperti piring, pot, celengan, kendi, tempayan, kuali, anglo dan gerabah hiasan. Gerabah ini tidak hanya sebagai alat yang digunakan dalam kegiatan manusia, juga bisa digunakan untuk hiasan dinding, souvenir wedding atau kado ulang tahun.

Harga Rp. 1.200-375.000

Demikian beberapa rekomendasi kerajinan tangan Indonesia yang khas. Dengan membeli kerajinan tangan Indonesia ini bukan hanya sebagai wujud cinta tanah air saja, tetapi juga dapat membantu usaha lokal.

From our editorial team

Aneka kerajinan tangan Indonesia tak diragukan kualitasnya!

Berbagai kerajinan di atas telah kami rekomendasikan dengan meneliti tiap produk secara seksama. Jadi, Anda tak perlu khawatir dan ragu saat memesan. Segera cek dan pilih yang Anda suka ya!