Kerajinan Batok Kelapa yang Unik dan Estetik, Apa Saja? Ini 15 Inspirasinya! (2021)

Kerajinan Batok Kelapa yang Unik dan Estetik, Apa Saja? Ini 15 Inspirasinya! (2021)

Batok kelapa yang sering dibuang setelah daging kelapa diambil ternyata punya manfaat tersendiri lho. Yaitu sebagai bahan membuat kerajinan yang unik dan memiliki nilai guna tinggi. Yuk, simak apa saja jenis kerajinannya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Batok Kelapa Bisa Disulap Jadi Kerajinan yang Unik

Batok kelapa merupakan salah satu barang yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sering dianggap sebagai limbah rumah tangga, siapa sangka jika batok kelapa dapat diolah menjadi produk kerajinan tangan dengan nilai estetika yang tinggi. Yuk, simak apa saja kerajinan unik yang bisa dibuat dari batok kelapa!

Kerajinan Unik dari Batok Kelapa yang Punya Nilai Guna dan Estetika

Asbak

Sumber gambar failfaire.org

Asbak adalah jenis barang yang harus ada di rumah, khususnya bagi perokok aktif. Fungsi asbak ialah sebagai tempat pembuangan abu dan puntung rokok. Biasanya asbak juga diletakkan di ruang tamu barangkali tamu yang berkunjung juga perokok aktif. Meskipun asbak umumnya terbuat dari kaca, kayu, atau besi. Namun kerajinan asbak yang terbuat dari batok kelapa ini tidak kalah unik lho.

Celengan

Sumber gambar failfaire.org

Celengan atau tabungan biasanya dijumpai dalam bentuk menyerupai hewan atau karakter animasi yang lucu dan terbuat dari plastik atau kaleng besi. Namun, kerajinan batok kelapa yang berbentuk celengan juga tak kalah lucu, lho. Ada pula yang berbentuk menyerupai hewan yang unik dan cocok juga untuk dijadikan hiasan meja.

Lampu Hias

Sumber gambar failfaire.org

Lampu hias biasanya diletakkan pada sebuah meja kecil di samping tempat tidur. Selain berfungsi sebagai hiasan, lampu hias juga berfungsi mengatur pencahayaan ruangan ketika kita tertidur. Meskipun umumnya terbuat dari kayu atau bambu, namun lampu hias yang dibuat dari batok kelapa tak kalah unik dan berkualitas.

Gantungan Kunci

Sumber gambar failfaire.org

Barang yang satu ini cukup sering dijadikan oleh-oleh ketika bepergian ke luar kota. Desain yang unik dan beraneka ragam, serta umumnya menonjolkan ciri khas daerah tertentu, menjadi daya tarik utama gantungan kunci. Batok kelapa meskipun memiliki tekstur keras namun dapat dipotong dan dibentuk menurut desain yang diinginkan, sehingga cocok untuk dijadikan kerajinan berwujud gantungan kunci.

Cangkir

Sumber gambar failfaire.org

Cangkir umumnya terbuat dari kaca atau plastik. Batok kelapa memiliki bentuk melengkung yang menyerupai cangkir besar. Oleh karena itu, tidak heran jika batok kelapa bisa dimanfaatkan menjadi cangkir untuk minum. Tinggal tambahkan sedikit detail untuk membuat cangkir menjadi terlihat unik dan menarik.

Teko

Sumber gambar failfaire.org

Cangkir biasanya dijual satu set bersama dengan teko air. Batok kelapa merupakan jenis bahan yang kuat dan tidak mudah retak, sehingga cocok untuk dijadikan bahan pembuat teko. Tambahkan detail yang unik dan seragam agar dapat dijual dalam satu set dengan beberapa cangkir.

Jam Hias

Sumber gambar failfaire.org

Jam hias umumnya dipajang di ruang tamu sebagai pelengkap dekorasi rumah sekaligus penunjuk waktu. Biasanya, jam hias terdiri atas jam dan kerangka yang mengelilinginya. Batok kelapa dapat menjadi opsi bahan pembuatan kerangka jam hias yang bukan hanya unik dan khas, namun juga kuat dan tahan lama.

Tas

Sumber gambar failfaire.org

Beberapa jenis tas tradisional dapat dibuat menggunakan batok kelapa sebagai bahan baku. Batok kelapa memiliki permukaan yang tahan air, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan pelapis pada bagian luar tas. Tetap unik, kok!

Mangkok

Sumber gambar failfaire.org

Selain cangkir dan teko air, batok kelapa juga dapat diolah menjadi sebuah mangkok cantik yang cocok untuk dijadikan pilihan souvenir pernikahan. Jenis mangkok yang terbuat dari batok kelapa umumnya memiliki daya tahan yang tak kalah dari mangkok yang terbuat dari kayu maupun plastik.

Kancing Baju

Sumber gambar lazada.co.id

Beberapa pakaian batik biasanya menggunakan jenis kancing yang berbeda dengan pakaian pada umumnya. Hal ini dilakukan untuk menambah kesan tradisional pada look yang dihasilkan. Kancing pakaian batik biasanya terbuat dari berbagai macam bahan, salah satunya batok kelapa.

Tempat Tisu

Sumber gambar failfaire.org

Selain asbak dan jam hias, tempat tisu yang terbuat dari batok kelapa juga bisa menjadi salah satu produk kerajinan yang mempercantik ruang tamu. Tak hanya unik, pembuatan tempat tisu menggunakan batok kelapa juga tidak terlalu rumit. Hanya saja, pembuatan tempat tisu ini membutuhkan beberapa bahan pendukung seperti tali anyam dan pelepah pisang.

Mainan Anak

Sumber gambar youtube.com

Mainan merupakan suatu item yang tak hanya disukai oleh anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Bukan hanya sebagai alat atau teman untuk bermain, mainan juga dapat diletakkan sebagai hiasan rumah.

Batok kelapa juga bisa disulap menjadi mainan yang lucu, mulai dari boneka hingga mobil-mobilan. Desain mainan bisa disesuaikan menyerupai hewan, atau karakter animasi tertentu. Pastinya, tetap unik dan ramah lingkungan.

Tempat Pensil

Sumber gambar failfaire.org

Sesuai namanya, tempat pensil adalah barang yang harus dimiliki oleh para pelajar bahkan juga para pekerja untuk menyimpan peralatan tulis seperti pensil, bolpoin, dan lain-lain. Tempat pensil biasanya memang didesain unik dengan tujuan agar penggunanya lebih bersemangat saat akan belajar atau bekerja.

Berbeda dari tempat pensil yang terbuat dari kaleng atau kain, tempat pensil yang terbuat dari batok kelapa tentunya lebih ramah lingkungan karena memanfaatkan limbah rumah tangga, serta tahan lama.

Vas Bunga

Sumber gambar gerbangpakprobo.id

Vas bunga umumnya terbuat dari kaca atau keramik yang memberi kesan elegan dan mewah. Namun vas bunga yang terbuat dari batok kelapa juga tidak kalah unik karena mampu memberikan kesan natural dan rustic seperti tren yang sedang berkembang sekarang. Kekinian banget deh, pokoknya!

Lonceng Angin

Sumber gambar shopee.co.id

Batok kelapa dan bambu merupakan dua bahan yang sangat diperlukan untuk pembuatan lonceng angin. Orang-orang yang tinggal di pedesaan mungkin sudah tidak asing lagi dengan lonceng angin. Itu lho, hiasan rumah yang biasanya diletakkan di teras atau dekat pintu. Angin yang bertiup akan menggoyangkan bambu dan menimbulkan bunyi yang merdu dan menenangkan hati.

From our editorial team

Kerajinan Batok Kelapa Bisa Jadi Peluang Bisnis Menjanjikan

Dari artikel BP-Guide di atas, banyak sekali bukan jenis kerajinan yang bisa dibuat dari batok kelapa? Tampilannya yang estetik dan punya nilai guna tersendiri menjadikan kerajinan batok kelapa barang yang sangat layak dikoleksi. Selain itu, membuat kerajinan dari batok kelapa juga bisa jadi peluang bisnis menjanjikan lho!