Rambut Lurus Tanpa Ribet dengan 10 Rekomendasi Sampo Pelurus Rambut Berikut Ini (2021)

Rambut Lurus Tanpa Ribet dengan 10 Rekomendasi Sampo Pelurus Rambut Berikut Ini (2021)

Rambut tergerai lurus dan sehat adalah impian para wanita. Terlalu sering menggunakan alat pelurus rambut bukanlah pilihan yang bijak. Kamu perlu beralih dengan menggunakan sampo pelurus rambut sebagai salah satu cara untuk mendapatkan rambut lurus. Tapi, pakai sampo apa yang paling tepat? Yuk, langsung aja cek rekomendasinya nih!

Rambut Lurus Selalu Menjadi Idaman Wanita

Rambut lurus masih umum menjadi idaman kaum wanita. Karena itulah, trik meluruskan rambut di salon-salon pasti diminati. Banyak orang juga tertarik untuk mempelajari teknik meluruskan rambut yang bisa mereka lakukan sendiri di rumah.

Biasanya, orang melakukan smoothing maupun rebonding di salon. Kedua cara itu bisa membantu rambut keriting menjadi lebih lurus. Namun, teknik ini tidak bisa berhasil seratus persen jika tidak didampingi dengan pemeliharaan yang intens supaya rambut tidak rusak dan bentuknya tetap terjaga.

Yang penting, sebaiknya kamu menghindari pelurus rambut yang terbuat dari bahan kimia berbahaya dan pelurus yang menggunakan panas berlebihan karena kedua cara itu bisa merusak rambut. Akan terjadi rambut rontok, kering, dan rusak jika kamu meluruskan rambut memakai bahan kimia dan memanfaatkan panas dari catok. Yuk, cek risiko meluruskan rambut menggunakan catok yang ada di bawah ini.

Sebaiknya Hindari Alat Catok untuk Meluruskan Rambut karena Beberapa Risiko di Bawah ini

Rambut Menjadi Kering

Catok merupakan alat pelurus rambut yang memanfaatkan uap panas. Perlu diketahui, demi meluruskan rambut, catok harus mengisap seluruh kelembapan dalam rambutmu.

Cara kerja catok itu dapat berakibat buruk bagi rambut. Hal itu membuat catok dapat mengakibatkan rambut jadi kering. Tentunya rambut kering bakal terlihat kurang sedap dipandang mata.

Sifat catok pun tidak bisa meluruskan rambut dalam waktu yang lama. Ketika kamu mencuci rambut, rambutmu akan kembali ke kondisi awal. Sedangkan jika kamu terus-menerus mencatok, minyak alami pada rambutmu bakal jadi kering sehingga rambut malah semakin mudah patah.

Mengalami Kerontokan Rambut hingga Kebotakan

Pemakaian catok yang dilakukan berkali-kali juga berpotensi merontokkan rambut hingga membuat kulit kepala kita botak. Ini tentu sebuah efek yang menyeramkan, bukannya dapat rambut lurus tapi malah mendapat masalah baru.

Kerontokan terjadi karena rambut terlampau sering terkena panas dari alat catok maupun bahan kimia. Sehingga, akar rambut atau folikelnya menjadi rusak dan berujung pada rontok. Jika ini tidak ditindaklanjuti, bukantidak mungkin nantinya kepalamu jadi botak. Sama bahayanya dengan penggunaan bahan kimia untuk meluruskan rambut, karena zat tersebut bakal menggerus kekuatan kutikula pada rambut.

Ujung Rambut Bercabang

Jika kamu memakai pencatok rambut terlalu lama dan tidak disertai dengan pemeliharaan rambut yang tepat, efek lain yang mungkin terjadi adalah munculnya rambut bercabang. Ini dikarenakan lapisan batang pada rambut yang kian lemah. Selain itu, unsur kelembapan alami pada rambut juga semakin hilang.

Jika itu terjadi, maka bagian ujung rambut menjadi bercabang. Mencatok memang mampu meluruskan rambut dengan cepat, tapi tentunya kita tak ingin punya rambut bercabang, kan? Untuk itu, pemaksaan seperti ini yang umum dilakukan untuk meluruskan rambut sebaiknya dihindari.

Kulit Kepala Terasa Gatal

Tidak hanya berimbas pada kerusakan rambut secara visual, penggunaan catok dan bahan kimia untuk meluruskan rambut juga berdampak pada kesehatan kulit kepala. Jika kamu sering sekali mencatok rambut, kulit kepala akan jadi mudah gatal. Hal ini diakibatkan hilangnya kelembapan rambut akibat sering terpapar panas dan zat kimia.

Pembuatan minyak alami yang sering dihasilkan oleh rambut pun jadi terkendala karena adanya folikel rambut atau akar yang mati. Tentu saja, gatal pada kulit kepala membuat kamu jadi merasa tak nyaman. Bahkan kondisi ini bisa menjalar hingga wilayah dahi dan leher. Untuk itu, kurangilah penggunaan pelurus rambut seperti catokan dan bahan kimia yang berpotensi merusak rambut.

Timbul Reaksi Alergi

Ini salah satu efek yang tak kelihatan, namun berbahaya pada akhirnya. Alergi mungkin muncul terutama setelah ada penggunaan bahan kimia saat mencatok rambut. Awalnya mungkin kamu tidak menyadari, karena pengaruh alergi bahan kimia umumnya muncul setelah beberapa hari kamu mencatok rambut.

Bentuk alergi yang sering muncul adalah, terjadi iritasi pada kulit kepalamu dan kulit tubuhmu yang lain, misalnya terdapat warna kemerahan atau iritasi di sekitar mata. Kalau kamu sering mencatok dan muncul rasa gatal pada kulit kepala maupun rambut rontok, itu merupakan bentuk alergi yang sering terjadi. Kalau sudah begini, sebaiknya kamu berhenti mencatok dan periksa diri ke ahlinya jika kamu mempunyai alergi zat-zat kimia.

Nah, sekarang kita tahu bahwa penggunaan alat catok dan bahan kimia rentan terhadap kerusakan rambut. Kami merekomendasikan kamu untuk mengganti kedua cara tersebut dan mencoba menggunakan bahan alami yang dapat meluruskan rambut keriting. Periksa terlebih dahulu daftar bahan alami untuk meluruskan rambut berikut ini.

Bahan Alami yang Dipercaya Mampu Meluruskan Rambut Bergelombang

Susu Sapi Murni

Susu sapi murni dapat dimanfaatkan untuk membuat rambut keriting jadi lebih lurus. Mungkin kamu bertanya-tanya, kok bisa sih susu sapi melakukan hal itu? Yap, selain sehat untuk dikonsumsi dengan cara diminum, susu sapi ternyata juga dapat membantu meluruskan rambut. Soalnya, protein yang terkandung dalam susu tersebut akan menjadikan rambut tidak lagi kusut dan lurus ke bawah.

Cara pakainya pun mudah, pertama siapkan dulu susu satu gelas saja dengan air setengah gelas. Campurkanlah bahan-bahan itu dan aduk sampai rata, lalu semprotkanlah ke semua bagian kepalamu hingga rata, termasuk pada kulit kepala.

Tunggu dulu sampai maksimal 1 jam, lalu sisir rambut dengan sisir yang bergerigi longgar. Kemudian, barulah dibersihkan sisa susu yang menempel dengan menggunakan air dingin yang mengalir, misalnya air keran atau shower. Jika kamu melakukan tips ini secara rutin setidaknya seminggu dua kali, maka rambutmu dapat menjadi lurus dengan alami.

Pisang dan Minyak Zaitun

Sepertinya belum banyak diketahui bahwa pasangan minyak zaitun dan pisang dapat menjadi opsi untuk meluruskan rambutmu secara alami. Bahkan, kedua bahan ini mengandung zat yang efektif untuk menambah kualitas tekstur rambut, lho. Ini karena baik minyak zaitun maupun pisang mengandung vitamin E yang berfungsi melancarkan perkembangan rambut.

Selain itu, kandungan vitamin B dan potassium-nya juga memberikan nutrisi pada kulit kepala, sehingga rambutmu nggak hanya lurus tapi juga lebih sehat, dan kuat. Untuk hasil optimal, campurkanlah dengan minyak zaitun.

Bagaimana cara mempersiapkan masker pisang dan minyak zaitun? Mudah, pertama haluskanlah terlebih dulu pisang berjumlah 2 buah, pastikan memilih pisang yang telah matang, ya. Setelah halus, tambahkan 3 sendok makan minyak zaitun ke dalam pisang yang sudah halus itu. Aduk hingga kental dan rata, lalu oles ke batang rambutmu dan diamkan selama 30 menit hingga 1 jam.

Kalau sudah sampai waktunya, bilas rambut memakai air dan keramas sampai bersih. Kamu juga dapat menambahkan madu sebanyak 2 sendok makan jika menurutmu perlu. Tertarik mencoba?

Pepaya dan Madu

Selain pisang dan minyak zaitun, perpaduan pepaya dan madu juga bisa kamu coba untuk meluruskan rambut. Pepaya baik untuk rambut karena kaya dengan aneka mineral dan vitamin yang diperlukan untuk menumbuhkan rambut. Memang, aroma resep ini tidak terlalu wangi, namun tetap saja efektif sebagai bahan alami untuk meluruskan rambut.

Cara membuat masker rambut dari pepaya dan madu adalah sebagai berikut. Sediakan pepaya beberapa potong, tergantung panjang rambutmu. Minimal, gunakanlah satu potong pepaya. Kemudian, blender buah pepaya hingga lembut, lalu masukkan madu sebanyak dua sendok teh ke dalamnya.

Aduk-aduklah sampai kental, kemudian oles ke seluruh rambut hingga akar-akarnya. Jika sudah, tunggu selama satu hingga satu setengah jam, lalu bilas rambut memakai air dingin dan sampo hingga bersih. Melakukannya seminggu sekali akan membantu meluruskan rambut secara alami.

Lidah Buaya yang Dihangatkan

Sudah umum diketahui bahwa lidah buaya adalah tanaman yang efektif untuk membantu pemeliharaan rambut. Tanaman ini terbukti mampu meluruskan dan menghaluskan rambut. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan ketombe ataupun membasmi rambut rontok.

Cara menggunakan lidah buaya untuk meluruskan rambut adalah, persiapkan satu batang lidah buaya, lalu belah dan ambil gel di dalamnya. Kemudian, masukkanlah gel tanaman itu ke panci, diamkan hingga panasnya membuat gel menjadi cairan. Setelah cair, biarkan kira-kira sampai 1 jam hingga gel dingin.

Jika sudah dingin, saatnya mengoleskan gel lidah buaya di rambutmu. Oles hingga merata pada batang-batang rambut, lalu diamkan selama 30 sampai 40 menit. Kalau gel sudah kering, bilas rambutmu dengan air dan cuci bersih menggunakan sampo.

Santan dan Sari Lemon/Jeruk Nipis

Umumnya, santan digunakan sebagai bahan baku masakan. Tapi ternyata, santan juga bisa kamu manfaatkan untuk meluruskan rambut secara natural, lho.

Bagaimana membuat ramuannya? Gampang banget. Siapkan terlebih dahulu satu gelas air santan, lalu tambahkan air jeruk nipis atau sari buah lemon sebanyak dua sendok makan ke dalamnya. Kemudian simpan campuran itu ke dalam freezer hingga kental, dan jika sudah kental kamu dapat mengoleskannya ke rambut secara merata sembari dipijat perlahan. Selanjutnya, kamu cukup mendiamkan rambut sampai 30 menit. Lalu, keramasi rambut menggunakan sampo seperti biasa. Untuk hasil terbaik, kamu dapat mengulangi langkah tadi sekali dalam seminggu.


Ingin yang praktis? Berikut ini adalah 10 rekomendasi shampo pelurus rambut yang harus kamu coba agar rambutmu lurus dengan alami. Coba cek daftar berikut ini dan tentukan, mana yang kira-kira cocok dengan kondisi rambutmu?

Mau Rambut Lurus Tanpa Nyalon? Cek Dulu Rekomendasi Sampo Pelurus Rambut Ini

Pantene Silky Smooth Care

Memiliki rambut yang lurus, halus, dan gampang diatur adalah keinginan semua orang. Pasti kamu juga nggak mau kan setiap hari dibikin repot perkara rambut rusak? Untuk itu, coba deh sampo pelurus rambut satu ini.

Pantene Shampoo Silky Smooth Care direkomendasikan untuk kamu yang ingin memiliki rambut lurus dan lembut. Selain itu, Pantene Shampoo Silky Smooth Care juga akan memastikan kelembapan rambutmu tetap terjaga.

Dibuat menggunakan teknologi Keratin Damage Blockers, Pantene Shampoo Silky Smooth Care memiliki kandungan yang menjadikannya aman dipakai setiap hari.

Harga Rp. 20.000-29.900

Shiseido Sleekliner Shampoo

Rambutmu mudah mengembang seperti macan dan susah dirapikan? Kalau begitu, kamu perlu memakai Shiseido Sleekliner Shampoo 250 ml.

Nggak hanya untuk meluruskan rambut, sampo ini juga memiliki banyak manfaat lain, yaitu melembutkan rambut, mengatasi rambut yang sulit ditata, hingga memberi efek anti-frizz.

Teknologi Smoothness Retention yang digunakan dalam proses pembuatannya menjadikan sampo pelurus rambut ini berfungsi secara optimal, mulai dari bagian akar hingga batang terluar rambutmu.

Kamu cukup meratakannya pada kulit kepala serta rambut dalam keadaan basah, tambahkan air sedikit, lalu pijat-pijat dan cuci rambut menggunakan air. Atasi masalah rambut kusutmu dengan Shiseido Sleekliner Shampoo 250 ml.

Harga Rp. 350.000-483.500

Sunsilk Lively Straight Shampoo



Daripada menggunakan catokan, lebih baik pakai sampo pelurus rambut Sunsilk Lively Straight Shampoo. Sampo ini diproses menggunakan bahan minyak alami sehingga aman bagi rambut. Apalagi Sunsilk Lively Straight Shampoo merupakan kreasi pakar rambut Thomas Taw dari London, jadi dijamin rambutmu menjadi lurus dan lebih rapi jika memakai shampo ini secara rutin.

Dengan isi mencapai 340 ml, sampo Sunsilk ini dirancang menggunakan teknologi moisture-lock yang bekerja untuk menjaga kadar kelembapan pada rambut sehingga rambut akan terlihat lebih sehat, lembut, dan indah. Selain itu, dengan adanya straight lock technology di dalam sampo ini, rambutmu akan menjadi lurus dalam waktu yang lebih lama. Segera pakai sampo ini dan say bye bye pada rambut keringmu!

Harga Rp. 28.500-89.000

Sunsilk Soft & Smooth Shampoo

Masih dari brand Sunsilk, namun kali ini dengan formula yang berbeda. Sunsilk Soft & Smooth Shampoo hadir dengan moisture-lock technology dan kandungan 5 minyak alami yang mampu memberikan kelembapan alami rambutmu.

Dengan kemasan 340 ml, kamu bisa memiliki rambut yang sehat dan lembut sepanjang hari. Gunakanlah sampo ini secara rutin agar hasilnya semakin terasa pada rambutmu.

Harga Rp. 26.000-32.500

Matrix Biolage Smoothing Shampoo

Jangan sampai rambut kusut membuat hatimu menjadi suntuk. Saatnya menghaluskan dan meluruskan rambut keritingmu menggunakan Matrix Biolage Smoothing Shampoo. Terdapat teknologi terkini yang disertakan dalam pembuatan sampo pelurus rambut ini yang bakal bikin rambutmu lebih mudah diatur.

Matrix Biolage Smoothing Shampoo memanfaatkan serum berisi ekstrak bunga camelia yang berfungsi membuat rambut menjadi 97% lebih lembap. Kandungannya juga akan membantumu membenahi rambut kaku, keriting, dan berombak di setiap waktu. Tuh, cukup pakai sampo pelurus rambut ini tanpa perlu repot-repot ke salon!

Harga Rp. 185.000-199.306

CO.E Olive Shampoo

Siapa bilang meluruskan rambut perlu banyak uang dan hanya bisa dilakukan di salon? Sekarang ini, sudah banyak sampo pelurus rambut berkualitas yang dapat kamu coba di rumah. Salah satunya adalah CO.E Olive Shampoo ini.

Sampo yang dikembangkan di Korea Selatan ini berisi perpaduan vitamin E, minyak zaitun, dan pantheol yang dikenal efektif untuk menjadikan rambut lebih lembap, bernutrisi, sekaligus halus dan lurus.

Selain itu, CO.E Olive Shampoo juga membantu meningkatkan volume rambutmu, lho. Jadi, dengan menggunakan shampo pelurus rambut ini, rambutmu akan tampak sehat, lebat, dan tentunya gampang diatur.

Nggak perlu ragu untuk membeli CO.E Olive Shampoo, karena sampo ini dirancang untuk meluruskan semua jenis rambut. Nutrisi yang seimbang di dalamnya mengandung surfaktan yang rendah iritan. Penasaran ingin mencobanya?

Harga Rp. 30.000-45.900

Moist Diane Extra Smooth & Straight Shampoo

Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada rambut kusutmu! Sampo pelurus rambut satu ini dibuat menggunakan bahan-bahan yang aman, tanpa sulfat, silikon, paraben, dan pewarna kimia, sehingga aman digunakan untuk waktu yang lama.

Namanya Moist Diane Extra Smooth & Straight Shampoo, produk dari Jepang yang telah dirancang dengan manfaat komplet dan dibuat dengan minyak organik seperti minyak prune, quinoa, dan baobab.

Ketiga minyak itu bermanfaat untuk menjaga kelembapan seimbang pada rambut. Dipadukan dengan racikan bahan keratin, olefin, dan amino basic-based TEA-cocoyl glutamate yang bekerja optimal untuk menghaluskan, meluruskan, dan menjadikan rambut lebih mudah diatur.

Selain itu, kandungan cleasing complex-nya akan melenyapkan kotoran, debu, bakteri, dan keringat di kulit kepalamu. Nggak hanya meluruskan rambut, Moist Diane Extra Smooth & Straight Shampoo juga mampu menyembuhkan rambut yang rusak akibat paparan panas dan sinar UV yang berlebihan.

Rambut jadi lebih terhidrasi, tumbuh subur, indah, dan tidak gampang lepek. Duh, siapa sih yang nggak pengen punya rambut yang sesempurna itu?

Harga Rp. 97.500-105.000

Matrix Opti.Care Smooth Straight Shampoo

Sering mencatok atau meluruskan rambut dengan smoothing berpotensi merusak rambut. Ini saatnya kamu memakai Matrix Opti.Care Smooth Straight Shampoo untuk mengembalikan kesehatan rambutmu setelah smoothing. Sampo ini dibuat oleh para ahli rambut profesional menggunakan bahan shea butter dan biolage.

Jadi, nggak hanya meluruskan, sampo ini juga membantu merawat rambut setelah lurus. Dengan begitu, kelembapan rambut akan lebih terjaga sehingga rambut lebih sehat. Kandungan di dalamnya berfungsi untuk mengisi volume serta memperhalus tekstur pada rambutmu. Dijamin, rambut tidak mudah keriting dan terjaga dari kerusakan.

Harga Rp. 72.000-77.329

SYB Mahkota 3in1 Aloevera

Mungkin namanya masih asing di telingamu, tapi sampo pelurus rambut ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin menjaga keindahan rambut. SYB telah fokus menyediakan produk untuk perawatan wajah, tubuh, rambut, dan perawatan kulit yang berkualitas. Termasuk sampo satu ini, SYB Mahkota 3 in 1 Aloevera.

Dalam satu paketnya terdapat sampo berisi 100 ml, hair mask berisi 100 ml, serta conditioner berisi 100 ml. Tentunya, paket perawatan rambut SYB Mahkota 3in1 Aloevera ini bakal memudahkanmu untuk merawat rambut. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa saja sih kegunaan sampo ini?

SYB Mahkota 3in1 Aloevera mengandung nutrisi bagi rambut yang membantu menghaluskan dan meluruskan rambut. Selain itu, sampo ini juga mengatasi rambut bercabang, menumbuhkan rambut, serta mengembalikan rambut rusak ke kondisi sehat. Yakin, nggak mau coba?

Harga Rp. 45.900-50.900

Aussie Miracle Moist Shampoo

Sampo dan conditioner dalam Aussie Miracle Moist Shampoo ini terbukti ampuh meluruskan dan menyehatkan rambut. Brand asal Amerika Serikat berisi 360 mili ini diracik menggunakan minyak biji jojoba dan Australian aloe. Perpaduan kedua bahan alami tersebut dapat menjaga kelembapan rambut sekaligus menutrisinya agar tetap sehat dan kuat.

Kandungan di dalam samponya juga akan membuat sampo lebih bersih dan kuat. Tenang, siapapun kamu pasti bisa pakai sampo pelurus rambut ini karena Aussie Miracle Moist Shampoo cocok digunakan untuk segala jenis rambut! Nah, agar hasilnya optimal, pakai sampo pelurus rambut serta hair tonic setiap hari.

Harga Rp. 89.900-354.000
From our editorial team

Girls, Jangan Terlalu Sering Menggunakan Alat Catokan Rambut, Ya

Rambut lurus dan indah pasti jadi idaman para wanita. Namun, kamu perlu mengetahui bahwa terlalu sering menggunakan alat catokan rambut justru hanya akan membuat rambutmu semakin rusak. Kamu perlu membiasakan diri untuk menggunakan perawatan yang alami seperti menggunakan sampo dengan formula yang mampu meluruskan rambut. Hal ini dilakukan agar rambutmu tetap terjaga dan sehat berkilau.