7 Tips Tidur Nyenyak dan 9 Rekomendasi Produk yang Bantu Tidur Lebih Berkualitas (2021)

7 Tips Tidur Nyenyak dan 9 Rekomendasi Produk yang Bantu Tidur Lebih Berkualitas (2021)

Jangan sepelekan soal tidur, utamanya tidur malam. Setiap orang butuh setidaknya 7 hingga 8 jam untuk istirahat malam. Maksimalkan tidur malam kamu dengan tips tidur nyenyak dari BP-Guide. Miliki kualitas tidur terbaik dan bebaskan diri dari insomnia dengan rekomendasi produk yang kami pilihkan untuk kamu!

Banyak Orang Kesulitan Tidur Nyenyak

Tidur merupakan waktu kita untuk memaksimalkan istirahat di malam hari. Usai beraktivitas padat di pagi hingga sore hari, malamnya kita butuh istirahat total supaya tubuh bisa kembali segar keesokan paginya dan bisa beraktivitas dengan baik. Sayangnya, banyak orang mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari.

Penyebab sulit tidur bisa sangat beragam. Salah satunya adalah stres. Kesibukan dan berbagai permasalahan dalam seharian bikin kita stres. Kondisi ini akan mempengaruhi secara fisik, perilaku, hingga emosional. Saat kita dalam kondisi stres maka kita akan merasa gelisah sehingga tidur jadi kurang nyenyak.

Hal lain yang bikin susah tidur adalah faktor usia. Makin tua usia maka makin sulit kita tidur dengan nyenyak. Mereka yang usianya 50 tahun ke atas akan mulai sering terbangun di malam hari dan kurang bisa tidur dalam waktu lama.

Ritme tidur kita juga mempengaruhi tidur kita bisa nyenyak atau tidak. Ritme tidur berkaitan dengan siklus tidur. Makin rutin kita mencoba tidur di jam yang sama, maka kita makin tepat waktu untuk tidur dan makin nyenyak.

Kondisi medis juga bisa jadi penyebab kita sulit tidur nyenyak. Ada di antara kita yang memiliki masalah seperti asma, asam lambung, hingga berbagai kondisi lain yang bikin kita jadi sulit tidur.

Berbagai kesulitan tidur ini tentu harus segera diatasi. Jika tidak maka dampaknya buruk bagi kesehatan.

Pastikan Tidurmu Nyenyak agar Mendapat Manfaat Berikut

Sekadar tidur saja tidak bisa memberikan kita manfaat yang maksimal. Kita butuh tidur nyenyak karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.

Pertama, tidur nyenyak bikin ingatan jadi makin kuat. Kemampuan memori kita jadi lebih tajam dan lebih baik jika kita tidur nyenyak karena otak bisa istirahat dengan maksimal di malam hari. Mereka yang memiliki tidur kurang berkualitas di malam hari cenderung jadi lebih pelupa.

Selain itu, suasana hati kita juga bisa jadi lebih baik saat kita tidur dengan nyenyak. Karena tidur kita pulas, maka saat bangun mood jadi lebih baik sehingga pikiran lebih segar. Kita jadi lebih siap menghadapi hari dan menghadapi tantangan seharian dengan pikiran yang lebih jernih.

Tidur nyenyak juga membantu kita yang sedang sakit agar lebih cepat pulih. Saat kita tidur, nutrisi dalam tubuh kita akan melawan kuman dan penyakit dalam tubuh. Hasilnya, saat kita bangun, maka kondisi tubuh lebih segar dan jadi lebih terasa sehat. Ini sebabnya, banyak obat resep dokter yang menyebabkan kantuk. Tujuannya memang tidak lain dan tidak bukan agar kamu bisa tidur nyenyak sehingga sistem penyembuhan tubuh bisa bekerja dengan baik.

Tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus, kantung mata, hingga wajah kusam, bisa muncul karena kurangnya waktu istirahat kita. Ketika kita tidur malam maka tubuh akan bekerja membuang semua zat yang merugikan dan menggantikannya dengan berbagai zat yang dibutuhkan tubuh. Saat kita tidur, sel-sel kulit juga bisa beregenerasi sehingga bisa menghasilkan kulit yang tampak lebih awet muda dan bebas masalah penuaan dini.

Tips Tidur Lebih Nyenyak

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara yang bisa diandalkan untuk tidur nyenyak. Usahakan mandi air hangat sebelum kamu tidur. Utamanya jika udara sedang dingin. Ini akan bisa bikin tubuh kamu jadi lebih hangat. Selain itu, mandi air hangat akan membantu melemaskan otot-otot tubuh. Dengan mandi air hangat, maka kita jadi bisa lebih rileks. Kondisi tubuh yang rileks akan memudahkan kita agar lebih cepat mengantuk sehingga tidur lebih nyenyak.

Kamu bisa berendam air hangat dulu. Gunakan sabun dengan busa agar berendam makin menyenangkan. Kamu juga bisa memakai bath bomb atau scrub mandi. Ini untuk membantu tubuh lebih segar usai mandi dan siap beristirahat dengan baik.

Bath Bomb Busa Sabun Bath Up Essential Oil 6 pcs

Gunakan saja Bath Bomb Busa Sabun Bath Up Essential Oil 6 pcs. Kamu bisa memakainya untuk berendam dalam air hangat. Bath bomb ini akan bikin kamu merasakan nikmatnya sensasi aroma terapi berendam dalam bathtube.

Dalam satu paket berisi 6 aroma yang berbeda dan semuanya bisa bikin rileks. Ada aroma teh hijau, mint, stroberi, mawar, lavender, dan jeruk. Aromanya sangat menyegarkan dan bikin kamu jadi merasa lebih bersih dan merasa seolah dimanjakan.

Sabun ini dibuat handmade dengan bahan organik sehingga tidak akan memberikan efek samping. Busanya begitu melimpah sehingga mood kita akan jadi membaik.

Harga Rp. 57.000-115.000

Hirup Aromaterapi

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa lebih rileks sebelum tidur adalah menghirup aromaterapi. Kamu bisa pilih jenis aromaterapi yang kamu inginkan. Ada jenis minyak aromaterapi yang bisa dicampur dengan air lalu disebarkan dengan aroma diffuser, lilin aromaterapi, essence stick, dan lain sebagianya. Aromanya juga bisa kamu sesuaikan dengan selera favoritmu. Utamakan wangi yang bisa menenangkan seperti melati atau lavender. Ini akan mempercepat kamu untuk tidur nyenyak.

Candle Lite Fresh Lavender Breeze

Candle Lite Fresh Lavender Breeze memiliki total waktu bakar hingga 75 jam. Kamu bisa menyalakan dan mematikan kapan saja kamu butuhkan. Lilin aromaterapi ini hadir dengan aroma kombinasi mahoni dan lavender yang sangat menenangkan dan menyegarkan. Wanginya bisa bikin rileks sehingga kita terbebas dari stres.

Lilin yang satu ini terbuat dari parafin berkualitas premium. Ada 3 sumbu pada lilin ini namun tidak akan cepat membuatnya habis. Dikemas dalam toples kaca berisi 510 gram, lilinnya tidak akan menimbulkan asap yang menyesakkan. Kamu bisa menempatkannya di kamar tidur, ruang keluarga, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 100.000-150.000

Atur Pencahayaan Ruangan

Kamu juga bisa mengatur pencahayaan ruangan untuk tidur lebih nyenyak. Dengan pencahayaan yang tepat maka tubuh bisa mengeluarkan hormon melatonin yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan mencegah terjadinya insomnia. Hindari cahaya ruangan yang terlalu terang.

Sebenarnya, tidur paling baik adalah tidak memakai lampu sama sekali. Namun, jika kamu tidak biasa dengan lampu yang mati sepenuhnya, kamu bisa gunakan lampu tidur khusus yang cahayanya bisa diatur. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan sedikit cahaya agar merasa lebih tenang dan juga bisa tidur lebih nyenyak.

Xiaomi Yeelight Bedside Lamp

Xiaomi Yeelight Bedside Lamp hadir dengan teknologi wireless controler. Dengan fitur kendali jarak jauh, kamu bisa lebih mudah mengendalikan lampu ini melalui bluetooth. Lampu ini bisa kamu letakkan di meja samping tempat tidurmu.

Produk akan terintegrasi dengan smartwach Mi Band. Ini membuatnya bisa mati otomatis jika Mi Band mendeteksi kamu sudah tidur. Kamu bisa juga mengatur kecerahan cahaya sesuai kebutuhan, semisal kamu masih ingin membaca sebelum tidur atau melakukan aktivitas lainnya.

Harga Rp. 599.000-740.000

Jauhkan Gadget

Kamu perlu menjauhkan diri dari gadget sebelum tidur. Gadget merupakan penyebab paling umum mengapa orang jadi sulit tidur tepat waktu. Saat kita sudah mulai berbaring tidur namun masih memegang gadget, maka kita tidak akan tahu waktu berlalu begitu cepat sehingga tanpa terasa jam tidur yang seharusnya sudah terlewat.

Letakkan gadget di tempat yang jauh sehingga kamu tidak akan bisa menjangkaunya dari tempat tidur. Dengan begini, kamu tidak akan kecanduan gadget dan juga lebih cepat fokus untuk tidur.

Kao MegRhythm Steam Eye Mask

Kao MegRhythm Steam Eye Mask bisa kamu gunakan sebelum tidur. Produk ini hadir dengan teknologi inovasi dari Jepang yang bisa memberikan efek relaksasi pada mata dengan uap hangat yang dihasilkan. Cukup sobek garis putus-putus yang terdapat pada masker. Lalu, kamu bisa kaitkan tali pada telinga dan mulailah merasakan mata jadi lebih rileks. Gunakan sisi warna putih menghadap mata.

Produk ini bisa bikin mata yang seharian lelah melihat gadget jadi lebih rileks. Uniknya lagi ada aromaterapi juga pada produk ini. Ada wangi chamomile, lavender, dan mawar yang bisa kamu pilih. Kamu tidak perlu membersihkan masker secara rutin karena ini adalah produk sekali pakai.

Harga Rp. 13.900-62.000

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Gunakan pakaian khusus untuk tidur. Pakaian tidur alias piyama sudah didesain untuk mendukung kenyamanan kamu selama tidur. Memakai piyama juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Pertama, bisa melindungi kulit dari gesekan pakaian. Jika kamu tidak memakai pakaian khusus untuk tidur, bisa saja bahan pakaian yang kamu pakai menggesek kulitmu dan membuatnya jadi tergores atau luka. Apalagi jika bajunya berukuran kecil dan ketat, tentu kulit kamu merasa kurang nyaman.

Memakai piyama saat tidur juga bisa bikin kamu terhindar dari penyakit kulit. Ini karena pakaian yang sudah seharian kita kenakan beraktivitas tentu penuh bakteri. Jika tidak ganti sebelum tidur, bisa jadi kuman dan bakterinya terbawa hingga ke tempat tidur.

Dengan memakai piyama, maka sistem peredaran darah juga bisa lebih lancar. Piyama terbuat dari bahan yang dingin, lentur, dan ukurannya longgar. Dengan begini, udara bisa berganti di dalam pakaian sehingga kamu tidak mudah gerah saat tidur. Kamu juga bisa bergerak bebas karena bajunya tidak ketat sehingga aliran darah lancar dan tubuh bisa beristirahat secara maksimal.

FortKlass PP Piyama Satin Embos Sleepwear

FortKlass PP Piyama Satin Embos Sleepwear memiliki ukuran jumbo. Dengan lebar dada sampai 120 cm, modelnya klasik tanpa motif. Terdiri dari celana pendek dan atasan lengan pendek, kamu jadi makin nyaman memakainya semalaman. Ada banyak pilihan warna yang bisa kamu lirik.

Harga Rp. 30.000-53.700

Optimalkan Area Tidur

Optimalkan area tidurmu untuk mendapatkan kualitas tidur yang bagus. Mulai dari kasur, bantal, guling, selimut, hingga seprai perlu ditata dengan baik dan dipilih yang terbaik. Peralatan tidur tersebut akan membuatmu bisa tidur lebih nyenyak.

Untuk bantalnya, kamu bisa gunakan bantal kesehatan. Ini supaya kesehatan tulang dan otot tubuh bisa lebih terjaga. Sesuaikan ketebalan kasur dan juga pilih bahan kasur terbaik agar bisa membuat istirahat malam kamu lebih nyaman.

Quantum Springbed Millennium Scandinavian

Quantum Springbed Millennium Scandinavian bisa jadi pilihan tempat tidur kamu. Produk ini dilengkapi dengan teknologi pegas pocket sehingga bisa menyediakan daya dukung optimal bagi tubuh. Teknologi ini juga akan menyerap guncangan dari orang yang tidur bersamamu sehingga kamu tidak mudah terbangun dengan guncangan. Pegasnya memiliki garansi 15 tahun lamanya.

Kasur ini perlu diputar saja setiap 3 bulan sekali untuk perawatan. Tingkat empuknya medium dengan bahan soft knits di bagian atas yang terasa nyaman dan lembut di kulit. Ada 3 lapisan busa sehingga bisa menciptakan sirkulasi udara yang baik pada tempat tidur.

Harga Rp. 2.032.000-4.225.000

Vito Bedcover Disperse Motif Cartoon

Vito Bedcover Disperse Motif Cartoon ini memiliki gambar yang tercetak jelas.Gambarnya berkualitas dan tidak mudah luntur. Produk ini memakai Computer Quilting Technology sehingga tahan lama digunakan. Jahitannya juga sangat rapi sehingga tidak mudah rusak.

Terbuat dari kain katun microtex, kainnya halus, lembut, dan tidak berbulu. Bagian bedcover berisi silikon dakron yang lembut dan empuk. Dalam satu paket berisi seprai, 2 sarung bantal, 2 sarung guling, 1 bed cover, dan 1 bantal hati. Ukuran seprainya 180 x 200 cm dan ukuran bed cover 230 x 220 cm.

Harga Rp. 234.000-407.000

Romance - Set 2 Bantal & 1 Guling

Romance - Set 2 Bantal & 1 Guling akan makin menunjang kenyamanan tidurmu. Dengan bahan fiber premium, bantal guling ini begitu lembut, empuk, dan nyaman digunakan. Dibalut kain katun jepang berkualitas ekspor, bantal guling ini bisa dijemur dan diangin-anginkan untuk perawatannya.

Ukuran bantalnya 45 x 65 cm dengan berat 600 gram. Sementara itu, ukuran gulingnya adalah 21 x 84 cm dengan berat 700 gram.

Harga Rp. 125.000-200.000

Hindari Konsumsi Kafein Sebelum Tidur

Pastikan kamu tidak mengonsumsi kafein sebelum tidur. Kopi dan aneka minuman berkafein sebaiknya dihindari 6 jam sebelum tidur. Ini karena tubuh akan membutuhkan waktu beberapa jam untuk memproses kafein.

Jika ingin cepat tidur, kami rekomendasikan mengonsumsi segelas susu hangat atau secangkir teh. Kamu bisa pilih teh rempah-rempah, teh chamomile, atau teh bahan lain yang bisa bikin tubuh jadi rileks. Dengan mengonsumsi minuman yang tepat maka kamu bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Enchantea Chamomile Flower Tea

Enchantea Chamomile Flower Tea ini akan cocok untuk kamu konsumsi sebelum tidur. Teh ini hadir dalam berbagai kemasan yaitu 10 gram, 25 gram, hingga kemasan boks 50 gram. Teh chamomile ini bisa membuat kamu lebih rileks dan cocok mengatasi gejala insomnia serta memperbaiki kualitas tidur. Teh ini juga bisa membantu mengatasi masalah pernapasan, meringankan sakit perut, dan mencegah komplikasi.

Harga Rp. 15.000-123.000
From our editorial team

Konsultasi dengan Psikolog

Tidur nyenyak akan menunjang kesehatan kamu. Namun, jika memang kamu menderita gangguan tidur yang cukup parah, maka kamu bisa mendatangi psikolog atau dokter untuk meminta pertolongan. Jika gangguan tidur serius tidak segera ditangani maka bisa berakibat fatal pada kesehatan fisik dan mental. Hindari mengonsumsi obat penenang atau obat tidur tanpa resep dokter. Sebaiknya konsultasi dulu dengan yang ahli agar kamu tidak salah minum obat dan agar kamu mendapatkan pertolongan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Tag