10 Rekomendasi Bantal Tidur yang Bikin Bugar Saat Bangun (2021)

10 Rekomendasi Bantal Tidur yang Bikin Bugar Saat Bangun (2021)

Bantal merupakan kebutuhan kita saat tidur. Seperti yang kita tahu, tidur nyenyak sangat diperlukan agar kita bisa senantiasa sehat. Agar tidur bisa lebih nyenyak maka kita butuh bantal tidur yang tepat. Simak tips memilih bantal tidur yang pas untuk menunjang kesehatan dan juga rekomendasinya dari kami!

Sejarah Awal Pemakaian Bantal Hingga Zaman Modern

Bantal merupakan alat yang kita gunakan untuk tidur. Sejarah pemakaian bantal berkembang seiring peradaban umat manusia saat mereka mencari cara agar bisa makin nyaman dalam beristirahat. Pemakaian bantal mulai mengubah cara tidur manusia. Dari yang tadinya tidak memakai alas sandaran untuk kepala hingga akhirnya memakai bantal yang bisa mengganjal kepala agar lebih nyaman saat tidur.

Pemakaian bantal di Mesir kuno mulai dilakukan pada tahun 1985 hingga 2055 sebelum masehi. Bentuk bantalnya kotak dan dibuat dari batu atau kayu. Kala itu bantal digunakan untuk pengawetan mayat. Bantal diletakkan di bawah kepala mayat karena kepala dianggap sebagai esensi kehidupan dan sakral.

Selanjutnya, bantal juga digunakan untuk ganjal tidur orang yang masih hidup. Bantal mulai digunakan untuk menjaga peredaran darah agar lancar dan juga untuk mengembalikan kekuatan tubuh.

Di Romawi dan Yunani kuno, bantal mulai dikreasikan agar lebih empuk. Bahan bantal pun mulai beragam, mulai dari bulu, jerami, hingga alang-alang. Namun, kala itu hanya masyarakat kelas atas saja yang memiliki dan memakai bantal. Pada abad ke 19 di Eropa, bantal mulai digunakan untuk semua kalangan. Hal ini terjadi usai Raja Henry VII dari Kerajaan Inggris sempat melarang semua orang memakai bantal kecuali wanita. Lelaki yang memakai bantal dianggap lemah. Namun, aturan tersebut menghilang seiring berjalannya zaman.

Di Cina, masyarakat memakai bantal dari aneka bahan juga. Masyarakat Cina memakai bahan seperti giok, porselen, kayu, bambu, hingga perunggu untuk bantal. Pada masa Dinasti Sui antara tahun 581 dan 618 bantal porselen populer digunakan. Masyarakat Cina juga sangat kreatif. Mereka membuat bentuk dengan memberi lukisan bergambar manusia, binatang, dan tanaman.

Di Asia, orang mulai memakai kapas dan kapuk untuk mengisi bantal agar tidur jadi lebih nyaman. Sementara itu, di Eropa, masyarakat memakai bulu angsa, jerami, hingga wol untuk mengisi bantalnya.

Pada abad ke 20, manusia sudah mulai lebih kreatif. Bantal kini bisa tercipta dari busa, latex, hingga silikon fiber. Aneka bahan ini menggantikan bahan isian bantal yang dulu karena dianggap lebih nyaman untuk digunakan.

Tips Penting Memilih Bantal agar Tidur Lebih Sehat

Sesuaikan dengan Posisi Tidur

Sebelum memilih bantal, kamu wajib menyesuaikan dengan posisi tidurmu. Ini supaya bantal bisa bikin kamu makin nyaman dan tidur jadi lebih maksimal.

Untuk kamu yang biasa tidur telentang maka kamu bisa memakai bantal dengan ukuran yang tipis. Ini perlu agar leher tidak terlalu condong ke depan. Pilih bantal dengan bagian bawah yang lebih tebal daripada bagian atas. Ini supaya bisa melindungi kepala dan leher secara keseluruhan.

Jika kamu lebih suka tidur dengan posisi tengkurap maka kamu bisa memakai jenis bantal yang paling tipis. Ini karena saat kita tidur tengkurap maka bisa memberi tekanan besar pada area punggung bawah. Agar tidak menutup jalur napas kita maka bantal tipis bisa jadi pilihan.

Nah, kalau kamu memiliki kebiasaan tidur dengan posisi menyamping, maka kamu bisa memilih bantal dengan isian padat dan besar. Bisa juga memilih yang lebar. Ini ahgar bisa mengisi jarak antara telinga dan bahu.

Pilih Isian Bantal yang Nyaman

Isian bantal bisa mempengaruhi kenyamanan tidur kita. Makin maju zaman, makin banyak pilihan isian bantal yang bisa kita pilih.

Belakangan ini, isian bantal berupa dakron sangat populer. Teksturnya yang halus karena berasal dari serat plastik membuatnya nyaman untuk digunakan. Bantal dakron juga lebih enak digunakan ketimbang bantal dengan isian kapuk. Bantal dakron bisa menyesuaikan bentuk kepala. Isian ini juga unggul karena tidak berdebu dan isiannya tidak mudah berterbangan sehingga aman untuk penderita asma.

Pilihan lain untuk isian bantal adalah bulu angsa. Isian ini terkesan mewah dan elegan. Tekstur bantalnya lebih empuk. Selain itu, sirkulasi udara pada bantal bulu angsa juga lebih bagus. Ini bisa menjaga kelembapan serta suhu bantal sehingga lebih nyaman ditiduri. Pantas saja jika harganya jauh lebih mahal dibanding isian lainnya, ya.

Bantal berisi kapas silikon juga bisa jadi pilihan. Bantal semacam ini memiliki tekstur asli kapas namun asalnya dari serat buatan. Ini bisa memberikan kenyamanan yang maksimal. Harga isian ini lebih murah dan bisa mengalirkan udara lebih baik.

Isian lain untuk bantal adalah lateks. Bahan yang satu ini memiliki tekstur elastis. Ini cocok untuk kamu yang kerap sakit bahu dan merasa leher kaku. Bahan lateks bisa bikin kamu lebih rileks saat tidur. Tambahan lagi, bahan ini juga antibakteri dan tungau.

Memory foam juga bisa jadi isian bantal yang nyaman. Isian bantal yang satu ini hadir dengan fleksibilitas yang bagus. Sayangnya daya tahannya hanya sekitar 6 bulan. Bahan ini tidak bisa dicuci jadi harus rajin diganti jika sudah dipakai selama 3 hingga 6 bulan.

Pilih Ukurannya

Ukuran bantal juga bisa jadi acuan sebelum kamu membeli bantal. Ada banyak ukuran bantal tidur yang tersedia di pasaran. kamu bisa menyesuaikan Ukuran bantal dengan besar kecilnya tempat tidur kamu.

Umumnya bantal memiliki ukuran 20 inci hingga 26 inci. Ini cocok untuk tempat tidur berukuran kembar dan penuh. Nah, jika ukuran tempat tidur kamu lebih besar dari ini maka kamu bisa pilih ukuran bantal yang lebih besar.

Pilih Tingkat Kepadatan

Hal lain yang bisa jadi pertimbangan kamu saat memilih bantal adalah tingkat kepadatannya. Ini tergantung dari selera setiap individu. Ada yang lebih suka bantal tidak terlalu padat, dan ada juga yang lebih suka bantal yang sangat padat. Kepadatan ini bergantung dari banyaknya isian bantal.

Nah, pastikan saja kamu memilih bantal tidur yang bisa menyokong bagian tengkuk leher dengan sempurna. Baik bantalnya padat atau tidak, pastikan bantal bisa menyangga bagian kepala dan leher dengan nyaman, ya.

Ini Dia Rekomendasi Bantal Tidur untuk Kamu Gunakan

Willow Pillow Classic Memory Foam

Willow Pillow Classic Memory Foam merupakan rekomendasi pertama kami. Bantal tidur ini menarik karena bisa mengikuti lekuk kepala dan leher. Tidak hanya itu, bantal juga nyaman untuk tulang punggung karena jadi tidak mudah pegal. Ini cocok untuk mereka yang sering berbaring. Bantal bisa memberikan posisi terbaik pada tubuh.

Produk ini hadir dengan lubang udara yang besar. Ini membuat bantalnya lebih dingin. Ukuran bantal ini adalah 60 x 40 cm. Produk ini memiliki tinggi 11,5 cm. Berbentuk gelombang sehingga bisa dibilang sangat unik. Bantal ini bisa divacuum cleaner untuk membersihkannya.

Harga Rp. 315.000-1.170.000

The Luxe Dacron Fiber

The Luxe Dacron Fiber hadir dengan lapisan katun lembut. Bantal sudah dirancang dengan ukuran yang sesuai standar. Isiannya juga berkualitas bagus sehingga tidak mudah kempes. Isiannya berupa serat dakron fiber yang halus dan lembut. Ini membuatnya tidak hanya terasa empuk namun juga nyaman untuk digunakan dalam waktu lama.

Bantal ini ukurannya 48 x 64 cm. Berat bantalnya 800 gram. Produk ini tidak bergelombang. Bantal nyaman untuk berbagai posisi tidur.

Harga Rp. 63.000-72.000

Florence Pillow Lyocell Embossed

Florence Pillow Lyocell Embossed merupakan bantal dengan serat sintetis. Bahan seratnya dari selulosa atau serat pohon. Tekstur bantalnya lembut. Daya serap bantal juga tinggi sehingga tidak mudah berkerut. Produk ini bisa memberikan kenyamanan dan topangan ideal bagi tubuh utamanya bagian kepala dan leher. Bantal ini memiliki ukuran 37 x 100 cm.

Harga Rp. 108.000-259.000

Feather World Bantal Classic

Feather World Bantal Classic banyak digunakan di hotel dan berbagai tempat lainnya. Bantalnya mewah dan elegan. Ini karena bantalnya dari bulu angsa. Produk sudah berstandar internasional. Bantal ini dilapisi cover katun dengan kerapatan standar internasional 233TC. Bantal dijahit dengan jahitan double dan ditutup lagi dengan list exclusive. Ini membuat bantalnya aman dari debu dan tidak mudah rusak.

Produk ini hadir dengan tingkat kelembutan tinggi. Perawatan bantal sangat mudah cukup dijemur saja. Bantal juga bisa di dry cleaning. Produk ini ukurannya 48 x 74 cm.

Harga Rp. 359.000-567.000

Canon Pillow Bantal Tidur

Canon Pillow Bantal Tidur ini juga sayang untuk dilewatkan. Produk bantal yang satu ini bahannya berkualitas. Teksturnya halus dan lembut sehingga nyaman untuk tidur. Bantal yang satu ini bisa meningkatkan kualitas tidur dan bikin tidur lebih nyenyak. Ukuran bantalnya adalah 60 x 35 cm.

Harga Rp. 16.000-54.000

Willow Pillow Ergonomic 474 Knitting

Willow Pillow Ergonomic 474 Knitting terasa lebih nyaman karena bentuk bantalnya awet dan tidak mudah berubah. Bantal latex ini memiliki jangka waktu 5 tahun. Produknya sejuk karena ada banyak lubang untuk sirkulasi udara. Ini bikin kamu lebih nyaman tidur semalaman tanpa gerah.

Bantal keren ini tidak kempes karena terbuat dari karet alami sesuai cetakan. Produknya antibakteri dan antialergi karena memiliki pori-pori yang sangat kecil. Bantal buatan Belgia ini mudah dibersihkan.

Harga Rp. 350.000-649.000

Kingkoil Nanofiber Pillow

Kingkoil Nanofiber Pillow merupakan bantal dari nanofiber. Bantalnya nyaman digunakan dan bisa meningkatkan kualitas tidur. Produk ini bisa mengurangi rasa sakit pada leher, kepala, dan pundak. Bantal ini juga hadir dengan sirkulasi udara yang bagus sehingga kita bisa merasa tetap adem selama tidur. Selain itu, bantal juga bisa mengurangi bau yang tertinggal pada bantal.

Harga Rp. 383.000-527.000

Clarissa Bantal Nano Microfiber

Clarissa Bantal Nano Microfiber merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan kelembutan maksimal. Bahkan lembutnya hampir menyerupai bulu angsa. Kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dengan produk yang satu ini. Bantal cocok untuk kamu yangmemiliki kebiasaan tidur telentang dan menyamping. Produk ini bisa mengikuti lekukan leher dan kepala. Bantal tidak berbau, antijamur, tidak mudah berdebu, dan antimikroba. Ukuran bantalnya adalah 51 x 76 cm.

Harga Rp. 74.000-399.000

Dunlopillo Ergo Natural Latex Pillow

Dunlopillo Ergo Natural Latex Pillow bisa menjadi solusi untuk kamu yang tidurnya mendengkur. Bantal ini cocok juga untuk penderita asma dan alergi. Bantalnya lembut sehingga kita bisa tidur dengan lebih nyaman dan nyenyak.

Bentuk bantalnya bergelombang sehingga bisa menyesuaikan dengan kepala dan leher. Bantal dari lateks alami ini bersifat hypoallergenic dan antibakteri. Ukuran bantalnya adalah 60 x 40 x 11 cm.

Harga Rp. 320.000-896.000

King Koil Royale Pillow Bantal

King Koil Royale Pillow Bantal merupakan rekomendasi terakhir dari kami. Bantal yang satu ini bikin tidur jadi lebih lelap dan nyaman. Produk ini hadir dengan serat poliester fiber yang aman. Bantal bisa menunjang tidur agar keesokan paginya bisa bangun dengan lebih segar dan bugar.

Harga Rp. 214.000-225.000
From our editorial team

Bantal Tidur Harus Sering Diganti

Bantal tidur wajib untuk diganti. Jika kondisi bantal sudah mulai rusak dan terlalu tipis, maka ada baiknya kamu mengganti bantalmu. Bantal yang terlalu lama digunakan bisa menjadi sarang debu, minyak, sisa kulit mati, keringat, hingga air liur. Bantal semacam ini tentu bisa memicu berbagai penyakit seperti alergi dan jerawat. Tidak menutup kemungkinan juga, bantal bisa jadi sarang tungau. Gantilah bantal setiap 18 bulan sekali atau lebih agar kesehatan senantiasa terjaga.

Tag