Bebaskan Wajah dari Minyak Berlebih dengan 10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Melengkapi Tahapan Cleansing Kamu! (2022)

Bebaskan Wajah dari Minyak Berlebih dengan 10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Melengkapi Tahapan Cleansing Kamu! (2022)

Salah satu tahapan paling utama dalam skincare adalah cleansing. Kini, dengan dikenalnya tahapan double cleansing untuk membersihkan wajah dengan sempurna, muncul banyak sekali produk yang menunjang fungsi tersebut. Artikel ini akan membahas sekilas informasi seputar cleansing dan istilah-istilah yang kamu perlu ketahui sekaligus juga 10 rekomendasi produk facial foam terbaik.

Cleansing sebagai Step Penting dalam Rutinitas Skincare

Rutinitas skincare dimulai dari tahapan membersihkan wajah, baik dari sisa produk yang digunakan ataupun kotoran-kotoran yang menempel saat melakukan aktivitas. Tidak hanya sekedar membersihkan, tahapan cleansing menjadi penting karena dapat menghindarkan kita dari berbagai permasalahan kulit. Contohnya saja, skincare dan makeup, apabila tidak dibersihkan dengan sempurna akan menumpuk dan menutup pori. Hal ini bisa saja menjadi penyebab terjadinya jerawat.

Belum lagi, penumpukan sel-sel kulit mati dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti warna kulit tidak merata, tekstur kulit terasa gradakan dan masih banyak lagi masalah yang diakibatkan karena mengabaikan tahapan satu ini. Mengingat pentingnya tahapan ini, kamu harus mengetahui beberapa istilah seputar dunia cleansing. Selengkapnya, di bawah ini!

CleansingPedia, Kenali Istilah yang Kamu Wajib Tahu Seputar Cleansing

Double Cleansing

Istilah pertama yang wajib kamu ketahui adalah double cleansing. Bukan hanya sekali saja, cleansing sangatlah penting dan bahkan dibutuhkan dua tahap sekaligus, sehingga dinamakan double cleansing.

Double cleansing atau membersihkan wajah dengan dua tahap, berfungsi dalam mengangkat kotoran dan juga sisa produk secara menyeluruh. Tujuannya agar wajah terhindar dari berbagai permasalahan kulit, termasuk kusam, beruntusan, jerawat dan banyak lagi. Secara tidak langsung, rutin melakukan double cleansing juga akan berpengaruh pada naiknya tekstur muka menjadi lebih baik.

Tahapan pertama dalam double cleansing adalah membersihkan dengan menggunakan produk yang disebut first cleanser. Contohnya adalah oil cleanser, micellar water, cleansing balm. Tahapan selanjutnya, membersihkan dengan bantuan air, biasanya menggunakan berbagai tipe facial wash.

Oil Cleanser

Selanjutnya, kamu juga perlu tahu tentang oil cleanser. Oil cleanser, seperti disebutkan sebelumnya, digunakan pada tahapan awal dalam membersihkan muka. Sesuai namanya, jenis cleanser ini mengandung oil, biasanya produknya akan tampak seperti dua layer dikarenakan kandungan di dalamnya. Agar produk tercampur sempurna, pastikan kamu mengocok oil cleanser sebelum menggunakannya ya!

Meski bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit, oil cleanser dianggap cocok digunakan untuk pemilik kulit kering. Mengapa demikian? Hal ini karena oil cleanser akan meninggalkan efek melembabkan dan menghidrasi pada kulit kering setelah aplikasi. Kekurangannya, jenis ini biasanya memerlukan effort di mana pengguna harus membersihkan sisa oil cleanser dengan menggunakan air panas agar sisa produk terangkat sempurna.

Facial Foam

Terakhir, yaitu facial foam. Facial foam sebenarnya merupakan jenis facial wash dan digunakan pada tahapan kedua dalam cleansing. Berbeda dari jenis facial wash lain, tipe ini akan menghasilkan busa yang cukup banyak ketika diaplikasikan di wajah.

Penggunaan facial foam dianggap cocok untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat karena memang mampu mengangkat minyak berlebih dalam kulit. Beberapa orang dengan kulit kering cenderung kurang menyukai produk ini karena adanya sensasi kulit tertarik setelah pemakaian produk.

Lengkapi Rutinitas Skincare Harianmu dengan 10 Rekomendasi Facial Foam Terbaik!

Wardah Crystal Secret Foaming Cleanser

Rekomendasi pertama dari kami untuk produk facial foam terbaik adalah Wardah Crystal Secret Foaming Cleanser. Selain dari segi budget yang cukup terjangkau, facial foam Wardah menjadi salah satu yang terbaik juga dikarenakan oleh kandungan yang terdapat di dalamnya. Wardah Crystal Secret Foaming Cleanser mengandung beberapa ingredient utama, seperti edelweiss extract, natural AHA & PHA serta sustainable moistbeads.

Facial foam dari Wardah ini juga mengandung mild surfaktan. Adanya kandungan AHA dan PHA tak hanya membuat facial foam ini jago untuk membersihkan kotoran di muka, tetapi juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Dapatkan tampilan sebening kristal dan bebas kusam dengan pemakaian rutin ya!

Harga Rp. 22.000-32.000

Ponds Facial Foam Pure Bright

Setiap hari terpaksa terpapar polusi? Jika iya, mungkin kamu perlu menjadikan facial foam berikut ini masuk ke wishlist kamu. Rekomendasi kami berikutnya adalah Ponds Facial Foam Pure Bright, facial foam dengan teknologi D-TOXX (Deep Taking Out eXposed eXternal pollution), mengangkat kotoran sekaligus polusi yang menempel di wajah kamu.

Apa saja sih kandungannya? Untuk hero ingredient, beberapa yang terkandung di dalam Ponds Facial Foam Pure Bright antara lain Activated Charcoal, Japanese Green Tea dan ekstrak Moringa. Yuk bahas secara singkat manfaatnya!

Activated Charcoal berfungsi untuk menyerap minyak berlebih, sementara Japanese Green Tea merupakan antioksidan yang bagus untuk kulit. Ekstrak Moringa sendiri berperan sebagai anti polusi. Dengan kandungan tersebut, produk ini sangat bagus untuk kulit berminyak dan cocok digunakan di semua jenis kulit.

Harga Rp. 25.000-35.000

Ariul Smooth & Pure Cleansing Foam

Beralih ke produk Korea, selanjutnya rekomendasi kami untuk facial foam terbaik jatuh kepada Ariul. Ariul Smooth & Pure Cleansing Foam hadir dengan dua varian size, yaitu 50 mL dan 100 mL. Kabar baiknya, meski bukan lokal brand, produk satu ini cukup low budget lho! Penasaran?

Mendapatkan rating 3,9 di situs Female Daily, tentu ada beberapa catatan untuk produk ini yang perlu kamu tahu. Pertama, produk ini mengandung beberapa jenis acid, seperti stearic acid, lauric acid, myristic acid dan sebagainya. Kandungan ini membuat produk ini bakal lebih disukai kulit berminyak dibanding kulit kering. Di samping itu, facial foam Ariul ini memiliki bau lemon yang cukup menyengat untuk beberapa orang.

Meski begitu, facial ini bagus untuk membersihkan wajah hingga ke pori-pori kulit sehingga wajah terasa bersih dan segar setelah pemakaian.

Harga Rp. 13.000-25.000

Innisfree Bija Trouble Facial Foam

Masih dari Korea, satu lagi facial foam terbaiknya, yaitu dari brand Innisfree. Innisfree Bija Trouble Facial Foam, dikutip dari beberapa review di website Sociolla, merupakan facial foam yang cocok terutama untuk kulit yang sedang berjerawat.

Meski kurang cocok di sebagian kulit normal dan kering karena ada sensasi tertarik, produk ini berhasil mendapatkan bintang 4,5 di website tersebut dan lebih dari 60% pengguna setuju untuk repurchase produk ini. Innisfree Bija Trouble Facial Foam merupakan facial foam non-comedogenic yang memang berfungsi untuk deep cleansing pori-pori kulit.

Selain bersih, efek menyegarkan juga didapat setelah pemakaian produk. Kandungan utamanya adalah minyak Bija, yang berasal dari Jeju, Korea dan dikenal baik untuk meningkatkan kondisi kulit.

Harga Rp. 95.000-110.000

Nivea Sparkling Bright Whitening Facial Foam

Lagi cari facial foam, tapi ada nggak ya yang nggak bikin kulit jadi kering? Jawabannya tentu saja ada! Berikutnya, rekomendasi kami adalah Nivea Sparkling Bright Whitening Facial Foam.

Nivea Sparkling Bright Whitening Facial Foam merupakan facial foam dengan kandungan pencerah, seperti Rucinol, Licorice dan Vitamin C yang bekerja baik dalam menghambat pertumbuhan melanin. Dengan kandungan tersebut, tentu saja facial foam ini baik untuk kamu yang ingin menyamarkan tampilan noda hitam di wajah.

Tak hanya itu, formulasi produk dari Nivea menjadikan facial foam ini ringan, wanginya lembut dan mampu melembapkan wajah, sehingga cocok untuk kulit kering sekalipun.

Harga Rp. 13.000-28.000

Senka Perfect Whip Collagen-in Facial Foam

Diformulasikan untuk kulit kering, facial foam terbaik lainnya dihadirkan oleh brand Senka. Senka merupakan brand dengan beberapa jenis facial foam, salah satunya adalah Senka Perfect Whip Collagen yang hadir dalam dua kemasan size, 50 gram dan 120 gram.

Beberapa kandungan dalam produk ini antara lain 90% Beauty Serum dan Collagen, yang memberikan efek kenyal pada wajah. Senka Perfect Whip Collagen diformulasikan juga dengan bahan Aqua-In-Pool yang mampu melindungi kulit dari kerusakan. Ada juga Silk Cocoon Essence yang berfungsi untuk melembabkan.

Beberapa pengguna lebih setuju jika facial foam ini diperuntukkan bagi kulit berminyak dan berjerawat. Bahkan sebagian merasa penggunaan facial foam ini mampu meredakan radang jerawat. Meski begitu, pemilik kulit kering boleh juga kok cobain karena facial foam ini tidak menyebabkan sensasi kulit tertarik!

Harga Rp. 49.000-96.000

Kiehls Calendula Deep Cleansing Foaming Face Facial Wash

Ingin facial foam terbaik kamu hadir dalam big size? Jika iya, mungkin kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Kiehls Calendula Deep Cleansing Foaming Face Facial Wash. Facial foam ini hadir dengan 2 kemasan size, 75 mL dan 230 mL. Dibanderol cukup mahal dibandingkan merk lain, facial foam dengan ekstrak Calendula ini menawarkan fungsi melembapkan sekaligus menenangkan dan mengangkat sisa kotoran di kulit.

Nggak heran, pengguna di situs Female Daily kebanyakan setuju jika facial foam ini cocok untuk berbagai jenis kulit termasuk kulit sensitif. Tekstur produknya sendiri seperti gel kekuningan yang akan berubah menjadi busa saat terkena air.

Harga Rp. 155.000-535.000

Pigeon Teens Facial Foam

Sebagian orang lebih merasa nyaman untuk menggunakan produk yang dibuat khusus untuk kulit remaja karena dianggap lebih gentle. Untuk itu, rekomendasi facial foam berikutnya dari kami adalah Pigeon Teens Facial Foam.

Diformulasikan untuk kulit remaja, facial foam halal ini memiliki kandungan ekstrak Jojoba dan Chamomile yang dapat melembapkan sekaligus berperan sebagai anti iritasi. Pigeon Teens Facial Foam juga sudah non-comedogenic dan non-acnegenic, mengandung pH balance yang cocok untuk semua jenis kulit.

Harga Rp. 12.000-30.000

You Dazzling Glow Up Facial Foam

Selanjutnya dalam list facial foam terbaik kami, ada You Dazzling Glow Up Facial Foam. Facial foam dengan hero ingredients menarik, meliputi Rice Ferment Filtrate, Tranexamic Acid, Niacinamide dan Tocopherol.

Kaya akan antioksidan dan agen pencerah, facial foam ini menawarkan berbagai fungsi yang pasti akan kamu suka. Dapatkan tampilan kulit bercahaya, minyak terkontrol dan tentu saja lembap dengan You Dazzling Glow Up Facial Foam.

Harga Rp. 26.000-31.500

Biore Skin Caring Facial Foam Bright & Oil Clear

Terakhir, kami merekomendasikan Biore Skin Caring Facial Foam Bright & Oil Clear sebagai salah satu facial foam terbaik yang perlu kamu coba. Sesuai namanya, produk ini menawarkan fungsi untuk mengencangkan pori dan memperbaiki kulit yang kusam agar cerah alami. Dilengkapi dengan SPT, yaitu Skin Purifying Technology yang mampu mengangkat kotoran dan minyak pada wajah.

Apakah produk ini sesuai klaimnya? Sensasi yang dirasakan saat menggunakan produk ini adalah menyegarkan dengan wanginya. Tekstur produk cukup unik karena mengandung butiran scrub kecil yang berperan sebagai eksfoliator.

Butiran scrub tersebut menunjang fungsi yang ditawarkan produk yaitu mencerahkan kulit kusam. Terdapat juga dua varian lain, yaitu Mild Smooth dan Acne Care yang keduanya tanpa butiran scrub.

Harga Rp. 23.000-26.500
From our editorial team

Facial Foam, Busa Banyak untuk Kamu dengan Masalah Minyak Berlebih di Wajah

Meski bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan tergantung preferensi masing-masing, facial foam merupakan facial wash dengan busa lebih banyak yang diperuntukkan untuk mengangkat minyak berlebih pada kulit. Oleh karena itu, facial foam cenderung lebih cocok bagi mereka dengan jenis kulit berminyak dan berjerawat. Jika kamu sudah menggunakan banyak jenis skincare dan kulitmu masih saja memproduksi minyak berlebih, bisa jadi kamu belum menggunakan tipe facial wash yang tepat. Yuk, ganti facial wash kamu dengan tipe foam untuk bebaskan kulit dari minyak berlebihan.