Mau Memancing Ala Profesional? Cobalah 10 Rekomendasi Reel Pancing Pioneer yang Populer dan Tips Merawat Reel Pancing dengan Benar

Mau Memancing Ala Profesional? Cobalah 10 Rekomendasi Reel Pancing Pioneer yang Populer dan Tips Merawat Reel Pancing dengan Benar

Dunia memancing memang tidak akan pernah sepi penggemar. Hobi yang konon mampu menghilangkan stres ini memang lebih banyak digeluti oleh kaum pria. Nah, jika Anda termasuk penggila hobi memancing, cobalah tengok beberapa reel pancing merek Pioneer ini. Dijamin, pasti pengen punya, deh!

Reel Pancing Pioneer Sudah Banyak Dikenal dan Digunakan para Pemancing Pro

Sumber gambar youtube.com

Alat pancing ternama “Pioneer” sudah dikenal dikenal banyak orang. Perusahaan tersebut berdiri pada 1942 dengan nama Hong Guan Tackle yang menjalankan usahanya sebagai toko dari perlengkapan memancing.

Seiring berjalannya waktu, usaha tersebut mengalami perkembangan sampai pada tahun 1997 Pioneer berhasil diluncurkan dan berkantor pusat di Singapura. Selain itu perusahaan tersebut memiliki berbagai cabang di berbagai negara, seperti Indonesia, Thailand dan Malaysia.

Perkembangan perusahaan tersebut semakin signifikan, bahkan telah berhasil mengekspor ke lebih dari 22 negara di dunia. Pioneer tak hanya menjual reel pancing saja tetapi juga menjual berbagai produk perlengkapan lain untuk memancing, seperti hook, finishing rod, line ataupun senar pancing dan umpan.

Anda dapat membeli reel pancing Pioneer sesuai dengan teknik memancing yang dikuasai. Pioneer mempunyai beragam produk unggulannya, seperti Altitude, Genesis dan Mustang dengan harga beragam.

Tips Merawat Reel

Jangan Melepas Spool dan Merendamnya di Air

Sumber gambar tahoesouth.com

Untuk membuat reel tetap dalam kondisi bagus, sebaiknya usahakan selalu dalam keadaan kering dan bersih. Apabila reel setelah digunakan memancing pada air laut/muara sebaiknya sesegera mungkin bersihkan dengan cara membilasnya dengan air bersih serta mencampurkan bersama cairan sabun. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari korosi air laut.

Cara membersihkan selain itu adalah dengan menyapukan air hangat pada bagian luar reel, kemudian keringkan dengan kain ataupun handuk sampai benar-benar kering. Usahakan ketika membersihkan reel tidak mencelupkan atau merendamnya ke dalam air hangat tersebut. Selain itu, ketika mencuci reel sebaiknya jangan melepaskan spool dan kencangkanlah drag untuk mencegah air masuk kedalamnya.

Lubrikasi Reel

Sumber gambar www.backpackerguide.nz

Reel Pancing Pioneer membutuhkan lubrikasi reel yang memiliki macam 2 jenis, yaitu grease dan oil. Keduanya memiliki konsentrasi yang berbeda, untuk grease lebih cenderung fat, kental seperti mentega, sedangkan oil lebih berupa cair. Hampir semua bearing menggunakan oil sedangkan semua gear lebih cenderung menggunakan grease.

Untuk mekanisme oneway roller bearing sebaiknya jangan pernah pergunakan pelumas grease karena kemungkinan dapat terjadi macet, tidak bekerja dan rollernya tidak berfungsi maksimal atau justru bisa berputar balik. Hal ini dikarenakan didalam roller bearing terdapat per per kecil dengan diameter 1/5 dari diameter ballpoint yang memiliki tingkat kelentruan tinggi dan tidak cocok dengan pelumas grease.

Selain itu, usahakan pada area pinion gear atau gigi nanas, sebaiknya jangan berikan terlalu banyak grease karena justru dapat membuat reel menjadi seret. Tak hanya itu saya, sebaiknya jangan membongkar bearing pada line roller karena bagian ini paling rentan macet.

Buka Mekanisme Oneway Bearing Secara Berkala

Sumber gambar pixabay.com

Setelah aktivitas memancing Anda selesai, sebaiknya segera cuci reel dan bukalah mekanisme oneway bearing dengan cara melepaskan rotor terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan bagian ini sering ditemukan banyak garam dan tidak terjamah oleh air. Cara membersihkannya adalah dengan membuka one way clock/stopper level (bearing bamboo) dan usahakan tidak terkena minyak.

Selain itu, ketika memasang scrub pastikan bagian ini tidak terbalik. Anda dapat membersihkan bagian dalamnya dengan menggunakan kuas kecil dan pasanglah kembali seperti semula. Lakukan check per dan apabila ditemukan kemacetan segeralah mengganti baru. Urutan tahapan selanjutnya adalah bearing, pinnion gear dan rear protector.

Rekomendasi Reel Pancing Pioneer yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Pioneer Altitude Prestige ALT-4000

Sumber gambar blanja.com

Reel Pancing Pioneer Altitude Prestige ALT-4000 Drag dibuat khusus dengan menggunakan teknik casting. Teknik ini sering disebut juga dengan lure dan merupakan teknik melempar umpan buatan secara tepat untuk menuju spot yang diharapkan. Reel pancing ini terbuat dari bahan aluminium dengan gear rationya 5.2:1 dan max dragnya 6 kg.

Spool dari reel pancing ini adalah aluminium anodisa sedangkan bodinya aluminium dan rotor hibridnya dari bahan nilon. Untuk mesin potongan pinion giginya terbuat dari bahan kuningan yang memang didesain untuk menangani daya knob. Selain itu, reel pancing ini menggunakan teknologi Heavy Duty Micro Sensitive Multi Disc Drag System. Anda dapat membelinya di Blanja dengan harga Rp 840.000.

Pioneer Primo Pri 1000

Sumber gambar bukalapak.com

Reel Pioneer Primo PRI-1000 Spinning 9 BB Spool Aluminium memiliki 9 ball bearings dengan dual color anolized aluminium spool. Penggunaan bearing dalam reel ini ditujukan untuk mengurangi gesekan agar tenaga yang dihasilkan semakin maksimal.

Selain itu, pegangan kiri dan kanan reel ini dilengkapi dengan knob lembut yang nyaman untuk digunakan saat memancing. Reel pancing ini dilengkapi dengan mesin potong pinion gigi dengan bahan kuningan serta menerapkan sistem anti balik tak terbatas dan micro sensitive multi disc drag system. Anda dapat membelinya di Elevania dengan harga Rp 277.000.

Pioneer Golden Scythe 6000

Sumber gambar tokopedia.com

Reel Pancing Pioneer Golden Scythe 6000 memiliki kualitas yang dapat diandalkan dengan harga cukup terjangkau. Selain itu reel ini dilengkapi dengan 9+1 ball bearings sehingga spoolnya nyaman digunakan pada semua tempat memancing. Reel ini terbuat dari bahan aluminium yang disertai dengan handle dan knob yang lembut.

Tak hanya itu saja, reel ini juga dilengkapi 10 bantalan bola presisi, one way clutch, sistem anti maling tak terbatas dan kiri kanannya dapat ditukar dengan one touch handle soft knob. Reel pancing ini juga memiliki micro sensitive multi disk drag system, mesin potong pinion gigi kuningan serta sistem bail arm tebal. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 239.000.

Pioneer Sabre Twitch ST-6000

Sumber gambar bukalapak.com

Reel Pioneer Sabre Twitch Prestige ST-6000 merupakan seri memancing gulungan yang mampu membuat kinerja maksimal. Reel pancing ini telah melewati pengujian ekstensif, R&D dan lebih dari 12 tahun pengalaman memancing oleh tim Pioneer.

Torsi reel ini telah menggunakan rasio roda gigi yang telah dioptimalkan dan kecepatan sudah dikombinasikan kuat sehingga memberikan keuntungan dan kemudahan dalam memancing. Beratnya 600 gram dengan 9 bantalan bola presisi dan memiliki spool aluminium anodisa warna ganda.

Selain itu, reel pancing ini menerapkan teknologi CNC mesin potong pinion gigi dari bahan kuningan, mikro sistem tarik multi cakram sensitif, mesin CNC memotong pegangan daya dengan eva knob. Anda dapat membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 870.000.

Pioneer Rogue

Sumber gambar bukalapak.com

Reel Pancing Pioneer Rogue merupakan 6 Bearing RG-1000 yang sengaja dirancang untuk memancing di pantai dan lepas pantai. Reel ini terbuat dari bahan aluminium dan menerapkan teknologi, desain canggih serta level drag reels yang lebih kuat dan tahan.

Reel ini nyaman digunakan right ataupun left handed serta dilengkapi dengan teknologi drag system micro sensitive multi disc, machine cut main drive gear dan arm system yang memiliki ketebalan cukup tinggi. Selain itu, pinion gear pada reel ini menggunakan bahan kuningan. Anda dapat membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 201.000.

Pioneer Kraken

Sumber gambar tokopedia.com

Reel Pioneer Kraken 3000 merupakan reel yang dapat dipergunakan memancing pada segala tempat dengan harga yang cukup terjangkau. Namun kualitasnya masih tetap maksimal. Reel pancing ini terdiri dari 5+1 ball bearings yang dapat membuat spoolnya terasa semakin nyaman serta dilengkapi dengan handle dan knob yang lembut. Selain itu, reel pancing ini dilengkapi dengan micro sensitive multi disc drag system. Anda dapat membeli reel ini di Tokopedia dengan harga Rp 120.000.

Pioneer Cyclone Prestige

Sumber gambar jd.id

Pioneer Cyclone Prestige memiliki cara kerja yang mudah digunakan yaitu cukup membuka bail arm dan mengarahkannya senar ketika digulung. Setelah itu umpan dapat dilempar sesuai dengan target yang dituju, lalu tutuplah kembali dan ulang teknik tersebut. Reel ini dilengkapi dengan knob untuk putaran yang dapat dipakai mengatur besaran ikan sesuai dengan harapan.

Pioneer Cyclone Prestige menggunakan 10+1 ball bearing dengan handle dan body terbuat dari full aluminium dan spoolnya aluminium anodized. Reel ini menerapkan teknologi aero rotor technology, infinite anj reserve system, micro sensitive multi disc drag system, machine cut brass pinion gear dan machine cut main drive gear. Anda dapat membeli reel pancing ini di Shopee dengan harga Rp 285.000.

Pioneer Black Cat Pro

Sumber gambar tokopedia.com

Reel Pancing Pionner Black Cat Pro 2000 merupakan salah satu reel pancing yang badak dan stabil. Reel pancing ini sangat digemari Castinger serta para pemancing di sungai/waduk/muara/laut. Kancing kawat dalam reel sangat tebal, spoolnya terbuat dari bahan metal, drag spoolnya sangat halus.

Untuk gigi dari drag spool berukuran besar dan kuat, sehingga tahan terhadap tarikan ikan-ikan besar. Untuk handlenya dapat dipindahkan sesuai keinginan, seperti ke arah bagian kiri ataupun kanan. Selain itu knop handelnya terbuat dari karet yang nyaman untuk dipakai. Anda dapat membeli reel pancing ini di Tokopedia dengan harga Rp 209.550.

Pioneer Argonaut

Sumber gambar bukalapak.com

Pioneer Argonaut merupakan reel pancing kualitas juara yang elegan dan cocok untuk digunakan memancing di kolam Galatama/Masteran/Casting Laut/Jigging. Reel pancing ini mempunyai gear spool yang besar dan kuat dengan spoolnya terbuat dari aluminium metal. Selain itu reel ini memiliki body dan warna reel elegan silver black. Anda dapat membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 132.000.

Pioneer Avalanche AL-2000

Sumber gambar bukalapak.com

Pioneer Avalanche AL-2000 merupakan reel pancing yang khusus dibuat dengan mempergunakan teknik casting. Teknik ini adalah melemparkan umpan buatan pada spot yang dituju. Spool pada reel pancing ini terbuat dari plastik yang nyaman dipergunakan. Pioneer Avalanche AL-2000 tersedia dalam dua warna dan dapat Anda beli di Bukalapak dengan harga Rp 108.000.

From our editorial team

Persiapkan Reel Terbaik Agar Hasil Tangkapan Semakin Melimpah

Pioneer menjadi salah satu merek reel pancing yang telah teruji dan banyak dicari oleh penggila hobi memancing. Terntunya, beragam jenis reel ini dapat disesuaikan dengan area yang menjadi tempat memancingmu nanti. Jenis reel yang digunakan akan sangat berpengaruh dengan hasil tangkapan Anda, lho.