Punya Hobi Memancing? Inilah 10 Rekomendasi Alat Pancing Pioneer yang Wajib Kamu Miliki

Punya Hobi Memancing? Inilah 10 Rekomendasi Alat Pancing Pioneer yang Wajib Kamu Miliki

Memancing jadi hobi yang banyak diminati para lelaki. Hobi ini punya banyak manfaat, lho, apalagi bagi kamu yang punya segudang aktivitas di hari kerja. Segera segarkan otakmu dengan kegiatan memancing. Yuk, simak rekomendasinya dari BP-Guide!

Alat Pancing Adalah Salah Satu Faktor Kesuksesan dalam Memancing

Sumber gambar www.balikoltamda.com

Memancing dianggap salah satu kegiatan yang bisa membantu relaksasi dan melatih kesabaran. Memancing bisa dilakukan di berbagai tempat mulai dari tempat pemancingan hingga laut.Tentu saja, masing-masing tempat memiliki keunikan dan tantangan tersendiri yang juga akan membawa pengalaman berbeda bagi para pemancing.

Selain sebagai aktivitas untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, memancing juga bisa memberi kepuasan terlebih saat berhasil menangkap ikan dalam jumlah banyak. Kesuksesan memancing dipengaruhi beberapa faktor mulai dari posisi, waktu, dan juga alat pancing.

Meski tampak sepele, memilih alat pancing yang tepat bisa memberi dampak besar pada kemungkinan keberhasilan memancing. Alat pancing yang digunakan di masing-masing tempat bisa saja berbeda, apalagi jika ikan yang jadi sasaran juga termasuk dalam jenis yang kuat, besar, dan ganas.

Bila di tempat pemancingan cukup memakai alat pancing sederhana, maka di laut lepas Anda membutuhkan alat pancing yang punya level lebih tinggi. Hal-hal inilah yang menjadikan alat pancing sebagai salah satu faktor keberhasilan saat memancing.

Tips Memilih Alat Pancing yang Cocok untuk Kebutuhan

Pilih Alat Pancing yang Sesuai dengan Teknik Memancing Anda

Sumber gambar youtube.com

Masih banyak yang menganggap sepele kegiatan memancing karena sekilas tampak santai dan tidak memerlukan banyak teknik, hanya menunggu ikan menyambar umpan lalu menariknya. Padahal, ternyata tidak sesederhana itu. Ada teknik-teknik tertentu yang sebaiknya dipelajari terutama oleh pemancing pemula jika ingin sukses saat menangkap ikan sasaran.

Teknik-teknik ini dapat disesuaikan dengan alat pancing yang digunakan selain memperhatikan kondisi cuaca, lokasi memancing, serta umpan yang digunakan. Misalnya, jika ingin menggunakan teknik trolling, ada baiknya menggunakan alat pancing dengan kumparan khusus yang kuat diiringi joran.

Sementara, untuk teknik jigging saat memancing di laut lepas dengan kedalaman mulai dari 50-100 meter, dapat memakai metal lure dan joran dengan karakteristik kaku dan pendek.

Pilih Alat Pancing Sesuai dengan Spot Tempat yang Dituju

Sumber gambar happyholidays.ae

Memancing dapat dilakukan di berbagai tempat dan hal ini juga sesuai dengan tingkat kesulitan masing-masing. Anda bisa memilih beberapa spot mulai dari tempat pemancingan biasa hingga laut lepas. Tentu saja, alat pancing yang dibutuhkan juga harus disesuaikan. Biasanya, ikan-ikan yang berada di laut lepas akan memiliki perbedaan mulai dari tingkat keganasan, kekuatan, hingga bobot.

Untuk itu, perlu observasi yang benar sehubungan dengan alat pancing yang digunakan. Misalnya, jika Anda ingin memancing di sungai yang cukup deras, Anda bisa memakai alat pancing khusus yang disesuaikan dengan teknik fly fishing.

Umumnya, alat pancing ini memiliki lilitan benang spesial dengan ukuran yang lumayan panjang kemudian digunakan bersama umpan berbentuk serangga. Lain lagi dengan alat pancing untuk digunakan di pantai yang umumnya memakai alat pancing joran berukuran sekitar 450 sentimeter dan terdiri dari tiga sambungan yang disatukan.

Pilih Joran dan Reel yang Sesuai

Sumber gambar istockphoto.com

Jika alat pancing Anda mudah patah saat menangkap ikan yang memiliki bobot berat, bisa saja hal tersebut juga dipengaruhi oleh jenis joran serta reel yang dipakai. Oleh sebab itu, pilihlah joran dan reel yang disesuaikan dengan lokasi serta ikan sasaran.

Anda bisa menyesuaikan joran dengan reel, misalnya untuk tipe spinning reel maka joran yang sesuai adalah jenis underhead reel. Jenis ini biasanya cocok untuk teknik jigging.

Sementara, untuk baitcasting reel, maka Anda dianjurkan memilih joran dengan overhead reel. Alat ini memiliki bentuk seperti kumparan dengan gagang putar dan cocok untuk memancing ikan-ikan yang suka melawan dan ganas.

Rekomendasi Alat Pancing Pioneer yang Cocok untuk Berbagai Kebutuhan Anda

Pioneer Black Cat Pro 1000

Sumber gambar bukalapak.com

Kegiatan memancing tidak melulu berkesan membosankan. Anda bisa mengajak anggota keluarga untuk menikmati aktivitas ini bersama-sama. Jika membawa anak-anak, maka pastikan Anda menemani dan mengajarkan teknik memancing.

Selain itu, pilihlah lokasi serta teknik yang tidak sulit dipelajari. Kegiatan ini juga baik untuk membentuk ikatan Anda dengan anak-anak. Setelah mendapat ikan buruan, Anda bisa memasaknya bersama-sama dengan anggota keluarga. Seru, bukan?

Untuk memfasilitasi, Anda bisa membawa Pioneer Black Cat Pro 1000 ini. Fishing reel dengan bobot sekitar 250 gram ini dilengkapi dengan handle yang bisa dipindah ke bagian kiri atau kanan sesuai kebutuhan. Selain itu, reel ini juga dilengkapi dengan 6 ball bearings serta memiliki rasio gear 5,1:1. Alat ini bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 127.000.

Pioneer Black Cat 6000

Sumber gambar tokopedia.com

Kegiatan memancing umumnya memakan waktu cukup lama dan kadang-kadang jadi membosankan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membawa beberapa buku dan membacanya sembari menunggu ikan atau mahkluk laut lain menyambar umpan.

Selain membawa perlengkapan tambahan untuk mengusir kejenuhan, tentu saja Anda perlu melengkapi diri dengan alat pancing yang tepat, misalnya seperti Pioneer Black Cat 6000 ini.

Reel ini memiliki gear spool dengan karakteristik kuat dan besar. Didesain elegan lewat bodi nuansa hitam-emas, reel ini dilengkapi dengan 6 ball bearings, handle gravit serta spool bermaterial alumunium metal. Dapat dipesan di Shopee dengan harga Rp 145.000.

Pioneer Sledge Hammer SH 6000i

Sumber gambar tokopedia.com

Agar kegiatan memancing semakin maksimal, Anda bisa melengkapi diri dengan alat pancing Pioneer Sledge Hammer SH 6000i. Reel ini dapat digunakan untuk memancing ikan yang ada di dasar laut dengan kemampuan seret hingga bobot 6 kilogram. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan spool berbahan gravits serta 5 bearings. Bisa diperoleh di Tokopedia dengan harga Rp 115.000.

Pioneer Cyclone Prestige

Sumber gambar bukalapak.com

Liburan romantis bersama pasangan tidak melulu identik dengan restoran mewah terlebih jika Anda dan pasangan lebih suka kegiatan di luar ruang. Anda bisa mengajak pasangan untuk memancing di akhir pekan ini dan rasakan waktu berkualitas untuk saling mengobrol lebih dalam.

Tentu saja, jangan lupakan alat pancing agar Anda berdua lebih mudah menangkap buruan seperti Pioneer Cyclone Prestige ini. Reel pancing yang dilengkapi 10 plus 1 ball bearings ini terbuat dari bahan alumunium untuk bagian handle dan bodi.

Dilengkapi dengan teknologi aero rotor, reel ini juga diiringi dengan sistem micro sensitive multidisc drag serta machine cut main drive gear. Dapat diperoleh di Bukalapak seharga Rp 269.900.

Pioneer Aspire 5000

Sumber gambar bukalapak.com

Menjaga kondisi tetap prima selama melakukan hobi memancing sebaiknya tidak Anda lupakan. Apalagi jika Anda memutuskan memancing di laut lepas dengan cuaca yang mudah mengalami perubahan serta angin kencang yang berembus dingin. Lengkapi diri Anda dengan pakaian hangat seperti jaket parka dan juga jaket pelampung.

Selain itu, mudahkan penangkapan ikan buruan dengan alat pancing Pioneer Aspire 5000. Spool reel ini terbuat dari bahan alumunium metal serta bodi dan handle terbuat dari gravit. Selain itu, alat yang dilengkapi dengan knop handle berbahan karet ini juga didukung oleh 9 ball bearings, sistem one way, dan didesain elegan dalam warna perak keemasan. Alat ini dibanderol seharga Rp 205.000 di Bukalapak.

Pioneer Rexo RX-5000

Sumber gambar www.7seasproshopthai.com

Saat akan memancing, sebaiknya Anda mempersiapkan alat-alat pancing cadangan serta beberapa jenis umpan berbeda. Anda bisa menggandakan kail serta senar pancing ekstra, berjaga-jaga jika alat-alat pancing tersebut rusak kala memancing.

Selain itu, Anda bisa membawa alat pancing berkualitas misalnya seperti Pioneer Rexo RX-5000 ini. Fishing reel ini memiliki bobot sekitar 600 gram dilengkapi 10 ball bearings dan kapasitas maksimum seret mencapai 12,5 kilogram. Alat ini berbahan alumunium di bagian bodi serta karbon untuk kaver bodi juga dilengkapi dengan sistem infinite anti-reverse. Bisa dipesan di Bukalapak dengan harga Rp 1.375.000.

Pioneer Tuna Terror Saltwater

Sumber gambar tokopedia.com

Kegiatan di luar ruang memang mengasyikkan tapi terkadang juga bisa sangat menantang. Memancing misalnya, tampak tenang dan kegiatan yang santai tapi tetap tak luput dari risiko terluka atau cedera. Anda bisa saja terluka karena gigitan ikan atau goresan dari alat-alat pancing yang tajam. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membawa obat-obatan dan juga perlengkapan pertolongan pertama.

Selain itu, maksimalkan kegiatan memancing dengan alat Pioneer Tuna Terror Saltwater ini. Joran ini terdiri dari beberapa ukuran dan bisa diperoleh melalui Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 765.000 hingga Rp 877.000.

Pioneer Black Widow

Sumber gambar bukalapak.com

Jika Anda benar-benar pemula dalam kegiatan memancing, ada baiknya jika Anda bergabung dengan komunitas hobi memancing agar dapat belajar teknik hingga mempelajari alat-alat pancing. Selain dapat belajar, Anda juga bisa memperoleh kawan baru dan dapat pergi memancing bersama-sama serta membuat aktivitas jadi terasa lebih seru.

Lengkapi diri Anda dengan alat pancing yang mumpuni, seperti Pioneer Black Widow ini. Alat ini berbobot sekitar 500 gram dan terbuat dari bahan karbon serta dilengkapi 7 ring dan handle sepanjang 37 sentimeter. Bisa dipesan di Bukalapak seharga Rp 340.000.

Pioneer AvantGarde 3000

Sumber gambar www.bukalapak.com

Untuk menyiasati udara dingin yang sering dihadapi kala memancing terutama di laut lepas saat malam hari, ada baiknya jika Anda membawa minuman hangat dan menyimpannya di dalam termos. Anda bisa membuat minuman seperti jahe atau teh yang dapat membantu memberi kehangatan pada tubuh.

Selain itu, pastikan Anda membawa alat pancing yang bisa mendukung kegiatan memancing agar maksimal, misalnya Pioneer AvantGarde 3000 ini.

Fishing reel ini dilengkapi dengan 6 plus 1 ball bearings presisi dan sistem micro sensitive multidisc drag. Tak hanya itu saja, alat ini juga didukung dengan CNC machine cut alumunium handle dan gear berasio 5:1:1. Dapat dipesan di Bukalapak dengan harga Rp 285.000.

Pioneer Solitude Prestige 6000

Sumber gambar bukalapak.com

Cuaca memiliki pengaruh cukup besar pada kegiatan memancing. Salah satu cuaca yang tepat untuk memancing adalah saat hujan dengan intensitas ringan turun. Hujan dapat membantu Anda tersembunyi dari ikan sehingga lebih memudahkan umpan dimakan. Jika Anda memutuskan untuk memancing di hari hujan, jangan lupa untuk memakai jas hujan yang kokoh dan tak mudah ditembus air.

Selain itu, lengkapi juga perlengkapan memancing Anda dengan Pioneer Solitude Prestige 6000. Alat ini dilengkapi dengan 7 ball bearings presisim sistem infinite anti-reverse, sistem micro sensitive multidisc drag, CNC maching cut power alumunium spool, serta CNC machine cut brass pinion gear. Bisa dipesan seharga Rp 440.000 di Bukalapak.

From our editorial team

Pilihlah Alat Pancing Terbaik

Memiliki hobi memancing ada baiknya memiliki alat pancing yang dapat digunakan kapan pun Anda hendak memancing. Tentunya, kualitas alat pancing yang bagus akan menghasilkan tangkapan yang bagus pula. Jika Anda sedang menekuni hobi ini, segeralah untuk memiliki salah satu rekomendasinya dari BP-Guide.