Hobi Memancing? Inilah 10 Rekomendasi Reel Pancing Daiwa dan Tips Merawatnya agar Lebih Awet

Hobi Memancing? Inilah 10 Rekomendasi Reel Pancing Daiwa dan Tips Merawatnya agar Lebih Awet

Seorang pemancing sejati pasti tidak asing lagi dengan merek reel pancing bernama Daiwa. Sebenarnya, reel pancing ini punya keunggulan apa sih? Daripada menerka-nerka, langsung aja kita cari tahu bersama BP-Guide, yuk!

Siapa yang Tidak Mengenal Kualitas Reel Pancing Daiwa?

Sumber gambar www.sundanceresort.com

Bila Anda seorang pemancing, tentu paham betul kaitan reel pancing dengan performa memancing Anda. Reel (penggulung benang) adalah satu bagian yang sangat penting. Sebagai penggulung benang, reel harus dari material yang ulet dan kuat. Satu brand top penghasil reel yang berkualitas adalah Daiwa. Anda tentu sangat kenal dengan brand ini. Pabrikan dari Jepang ini selalu memberikan reel yang terbaik untuk setiap kebutuhan memancing Anda.

Tips Merawat Reel Pancing

Cuci dan Bersihkan Setelah Digunakan

Sumber gambar youtube.com

Walau mungkin reel Anda terbuat dari material tahan karat, tetap saja bagian itu harus dicuci. Walau bearings-nya tidak korosi, ada pula bagian-bagian lain yang perlu dijaga dari kotoran. Cuci reel dengan air tawar (jangan direndam), gunakan sampo mobil atau sampo rambut yang lembut dan ber-pH netral. Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci piring, namun jangan memakai sabun cuci baju. Setelah selesai, segera keringkan dan simpan.

Teknik Penjemuran

Satu hal yang perlu Anda perhatikan setelah pencucian reel adalah penjemuran. Gunakan lap halus untuk membersihkan bagian-bagiannya. Putar reel satu atau dua kali untuk mengeluarkan sisa air yang masih ada di dalamnya. Kemudian angin-anginkan reel. Jika masih ada residu (bekas garam laut misalnya) bisa Anda bersihkan kembali. Untuk memastikannya kering betul, coba lakukan finishing dengan menggunakan hair dryer.

Gunakan WD 40

Sumber gambar youtube.com

Agar reel tetap dalam kondisi prima, setelah kering, jangan lupa lakukan pelumasan kembali. Anda bisa menggunakan oli mesin baru atau gemuk. Namun yang lebih efektif dengan menyemprotkan cairan anti karat WD 40. Tidak menyemprotkannya langsung, namun gunakan tisu atau kain halus yang telah disemprot WD40 untuk menyeka bagian-bagian reel. Harap diperhatikan untuk mengelap bagian senar, karena bisa membuat rusak.

10 Reel Pancing Daiwa Terbaik 2018 yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Daiwa Ryoga

Sumber gambar www.bukalapak.com

Reel pertama dari Daiwa yang harus Anda miliki adalah Daiwa Ryoga 1016hl Model 2018. Reel ini memiliki bobot 255 gram, sementara itu drag maksimum 6 kg. Kinerjanya halus karena memiliki bearing sebanyak 12. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai kesempatan memancing. Dapatkan Daiwa Ryoga 1016hl Model 2018 ini di Bukalapak dengan harga Rp 5.350.000.

Daiwa Revros MX

Sumber gambar tokopedia.com

Reel Daiwa memang memiliki harga lumayan bagi sebagian besar pemancing. Namun di balik harganya adalah kualitas material dan kinerja yang tidak bisa diragukan lagi. Kali ini Daiwa menawarkan Daiwa Revros MX. Reel ini impor dari Vietnam. Bobot reel ini 250 gram, lumayan ringan. Reel ini menggunakan 5 ball bearings (gotri), dengan rasio Gear 4.7:1. Sementara itu drag maksimumnya 4 kg. Anda bisa mendapatkan produk Daiwa Revros MX di Tokopedia dengan harga Rp 985.000.

Daiwa Phantom J

Sumber gambar tokopedia.com

Ukuran reel memang beragam. Semakin besar ukurannya, maka tentu saja semakin besar pula benang yang bisa dimuatkannya. Benang lebih panjang, namun kinerja anda juga lebih banyak. Anda bisa cepat capek. Sebagai satu solusi, sekarang banyak dipakai benang PE yang memungkinkan Anda memiliki reel kecil, sehingga Anda tetap nyaman memancing.

Jika reel telah ada dan Anda memerlukan joran, maka pilih saja Daiwa Phantom J. Reel pancing ini memiliki bobot 460 gram dengan 4 ball bearings dan gear ratio 4.9:1. Drag maksimumnya mencapai 9 kg. Anda tertarik untuk memiliki reel pancing Daiwa Phantom J? Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 1.350.000.

Daiwa New Exist

Sumber gambar bukalapak.com

Reel Daiwa yang juga harus Anda lirik adalah Daiwa New Exist. Reel ini sangat cocok untuk memancing ikan mas atau sejenisnya. Spesifikasinya sangat cantik, menggunakan ball bearings jenis Magsealed Ball Bearings (MBB) pada kedua sisi drive gear-nya, dengan 13 Bearing System. Bodinya dari jenis Zaion Body dengan covering dari aluminium. Handelnya sangat ergonomis, karena dicetak dengan mesin secara presisi. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 7.280.000.

Daiwa New Certate

Sumber gambar tokopedia.com

Satu hal yang harus Anda perhatikan terhadap setiap reel Anda adalah perawatan rutin. Betapa pun parts dari reel Anda dari bahan pilihan yang tahan karat, namun tanpa perawatan yang bagus, reel Anda pun bisa terkena masalah.

Selanjutnya kali ini Daiwa membawa reel keren Reel Daiwa Certate 2510R-PE. Bobot reel ini 255 gram. Ball bearings-nya ada 10, menjamin kemulusan performanya. Sementara itu gear rasionya 5.6:1. Maksimun drag-nya 7 kg, dengan handle turn 84 cm. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 6.850.000.

Daiwa Morethan

Sumber gambar tokopedia.com

Memilih reel yang tepat untuk memancing memang perlu. Reel ukuran besar untuk memancing ikan ukuran besar, begitu pula sebaliknya. Walau Anda juga bisa menggunakan reel besar untuk memancing ikan kecil, namun itu tidak akan efisien.

Bagi Anda yang sedang mencari reel, coba reel istimewa Daiwa Morethan 3500. Reel ini memiliki bobot 435 kg, dengan ball bearings untuk mekaniknya berjumlah 12+1. Sementara itu gear rasionya 4.9:1 (83cm). Drag maksimumnya 8 kg, dengan kapasitas spool PE 2/300 m, 2.5/250 m. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 7.250.000.

Daiwa Legalis

Sumber gambar tokopedia.com

Memilih reel rasio juga penting dalam saat akan membeli sebuah reel. Reel rasio reguler yang biasa dipakai adalah 5:1 (dalam 1x putaran handel spool, maka Anda telah melakukan pemutaran spool sebanyak 5x). Reel cepat adalah 6:1.

Sedangkan reel lambat 4:1. Untuk Anda yang sedang mencari reel baru, coba menggunakan Daiwa Legalis LT 2500D-XH. Reel ini memiliki spesifikasi berat 205 gram, dengan drag maksimum 10 kg. Bearings-nya ada 5 buah, memiliki rasio gir 5.3:1. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.055.000.

Daiwa Freams J

Sumber gambar bukalapak.com

Anda memerlukan reel heavy duty? Coba pilih Daiwa Freams J. Reel Daiwa yang affordable ini memiliki spesifikasi mumpuni. Bodinya terbuat dari metal yang kuat. Untuk kestabilan terdapat fitur gyro balanced. Ada pula fitur infinite anti-reverse. Spoolnya kuat karena dibuat dari aluminium nitride lip dengan bantuan mesin. Beratnya 470 gram, dengan Gear Ratio: 4.9:1. Drag untuk reel ini adalah 9 kg maks. Anda bisa membeli reel ini di Tokopedia dengan harga 1.000.000.

Daiwa Exceller

Sumber gambar blibli.com

Salah satu part dari reel adalah bearings atau gotri. Bearings ini menjadi bantalan, sehingga reel berputar dengan lancar dan halus. Semakin banyak bearings, perputarannya juga semakin halus. Reel yang disukai umumnya memiliki bearings 5 atau lebih.

Parameter yang perlu Anda perhatikan juga adalah drag dari reel. Drag ini bisa diartikan sebagai daya tahan reel terhadap pergerakan ikan, dihitung dalam kg atau pounds. Semakin besar drag, maka ikan yang akan Anda tangkap umumnya semakin besar.

Untuk reel Daiwa yang keren, coba pilih Daiwa Exceller. Reel pancing ini memiliki rasio gear 5.6:1, dengan drag maksimum 6 kg. Reel yang juga dilengkapi Lifetime Bail Spring ini bisa Anda dapatkan di Blibli dengan harga Rp 1.190.000.

Daiwa Crossfire

Sumber gambar tokopedia.com

Koleksi terakhir reel Daiwa dalam list ini adalah Daiwa Crossfire. Reel pancing Daiwa yang sangat affordable ini memiliki spesifikasi yang juga tetap tangguh dibandingkan seri Daiwa lainnya dalam list ini. Reel ini memiliki bobot 165 gram dengan bodi yang kompak dan tangguh. Untuk memperlancar gerakan, ada 3 ball bearings. Gear rasionya 4.9:1. Reel ini memiliki fitur digigear, infinite anti-reverse, ABS, serta advanced Locomotive levelwind. Anda bisa mendapatkan Daiwa Crossfire di Tokopedia dengan harga Rp 300.000.

From our editorial team

Pastikan Gunakan Reel Pancing yang Tepat

Jangan salah, hobi memancing butuh peralatan yang maksimal, lho. Peralatan memancing haruslah disesuaikan dengan tempat di mana Anda akan memancing. Hal ini berkaitan dengan jenis ikan di laut dan sungai yang tentunya berbeda. Yuk, lengkapi reel pancing Anda segera!