Bisa Membaca di Mana Saja dengan Buku Online, Ini 10 Rekomendasi Situs Penyedia Bacaan Gratis yang Bisa Anda Akses (2021)

Bisa Membaca di Mana Saja dengan Buku Online, Ini 10 Rekomendasi Situs Penyedia Bacaan Gratis yang Bisa Anda Akses (2021)

Buku tentunya sudah lama dikenal sebagai jendela dunia. Karena itu, Anda mesti memiliki banyak buku yang bisa Anda terus baca setiap saat untuk memperkaya wawasan. Nah, berikut ini BP-Guide akan mengulas dan memberikan rekomendasi situs penyedia buku online terbaik yang bisa Anda akses kapan saja dan di mana saja. Simak yah.

Kini Membaca Buku Dapat Dilakukan Kapan Saja dan di Mana Saja

Membaca buku adalah aktivitas yang sangat penting, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk pertumbuhan peradaban yang lebih baik. Sayangnya, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk membaca karena terlalu sibuk bekerja. Berkat bantuan dari teknologi yang terus berkembang, membaca buku sekarang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kini, kita bisa membaca buku secara online. Melalui laptop atau smartphone, Anda sudah bisa mengakses berbagai macam buku yang ingin Anda baca di internet.

Keunggulan Buku Online Dibanding Buku Cetak

Ukuran Fisik Kecil

Keunggulan dari buku online atau eBook dibandingkan dengan buku biasa adalah ukuran fisiknya yang kecil. eBook memiliki format digital yang dapat disimpan dalam berbagai ruang penyimpanan, seperti harddisk, flashdisk, CD/DVD, dan media penyimpanan lainnya. Anda dapat membawa ratusan judul buku di dalam saku Anda dengan bobot yang sangat ringan. Bandingkan jika Anda membawa buku cetak biasa, Anda akan mendapatkan kesulitan hanya dengan membawa beberapa buku saja.

Anti-Ribet, Mudah Dibawa

Ebook memiliki format digital, sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Format digital dapat disimpan di berbagai media penyimpanan, sehingga tidak memakan banyak tempat saat disimpan. Tidak seperti buku cetak, jika Anda menyimpannya di rumah tentunya membutuhkan rak buku. Semakin banyak koleksi buku Anda, maka semakin sempit pula rumah Anda. Berbeda dengan buku digital yang dapat Anda simpan ratusan hingga ribuan buku tanpa membuat rumah menjadi sempit.

Mudah Melakukan Pencarian dan Menandai Isi Buku

Jika Anda memiliki koleksi buku yang banyak, tentunya akan sangat repot saat mencari judul buku yang Anda butuhkan. Berbeda dengan buku digital, Anda tinggal menulis judul bukunya dan buku yang Anda cari akan segera ditemukan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menandai isi buku dengan mudah dan tidak perlu menggunakan alat tulis lainnya.

Dapat Dimanfaatkan oleh Orang yang Tidak Dapat Membaca

Buku cetak hanya diperuntukkan oleh orang yang bisa membaca saja. Namun, buku digital juga dapat dibaca oleh orang yang tidak bisa membaca sekalipun. Ebook dapat dibaca menggunakan text-to-speech synthesizer yang ada di komputer atau smartphone. Teknologi ini memungkinkan Anda hanya perlu mendengar tanpa harus membaca. Sehingga isi buku juga dapat diketahui oleh orang yang tidak bisa membaca.

Duplikasi Cukup Mudah dan Murah

Buku digital dapat diduplikasi dengan mudah dan murah. Jika Anda ingin menduplikasi buku cetak, Anda bisa memanfaatkan jasa fotokopi. Semakin tebal buku maka semakin mahal pula harganya. Sedangkan buku digital dapat Anda duplikasikan dengan mudah. Anda bisa membuat ratusan hingga ribuan copy tanpa harus mengeluarkan biaya.

Distribusi eBook Lebih Mudah dan Cepat dengan Jangkauan yang Lebih Luas

Akses dari buku cetak sangat terbatas, karena bergantung pada ketersediaan buku. Selain itu, pencarian buku yang Anda lakukan terbatas dari toko buku ke toko buku saja. Sedangkan buku digital memiliki akses yang lebih mudah dan luas. Anda bisa mencari buku apapun yang pernah ditulis di seluruh dunia. Anda juga dapat mengakses buku-buku yang sudah sudah tidak dicetak lagi.

Jenis Format eBook

Epub – Electronic Publication

EPUB atau electronic publication adalah format terbuka dari International Digital Publishing Forum. Format oleh Forum Open Digital ini mengacu pada standar XHTML dan XML. Anda bisa menemukan file dengan format EPUB ini di berbagai situs web, seperti IDPF, Adobe, Barnes, Noble, dan Apple. Versi terbaru dari format EPUB adalah versi Epub 3, namun belum digunakan secara luas. Anda bisa membaca buku EPUB menggunakan app buku di iPhone, iPad, Ipod dan Mac.

PDF – Portable Document Format

PDF atau Portable Document Format adalah format file yang dirancang oleh Adobe. Format ini dapat digunakan di semua platform komputer atau smartphone. Anda bisa membaca buku dalam format PDF menggunakan Adobe Acrobat Reader. File PDF juga memiliki fitur kata sandi untuk menjaga keamanan dari file. Selain itu, file PDF juga dilengkapi dengan fitur pencetakan yang dapat dibatasi.

MOBI

File MOBI adalah format yang dirancang untuk perangkat seluler atau eReader. Format ini memiliki fitur perlindungan hak cipta, sehingga dapat mencegah penyalinan dan penayangan secara ilegal. Format ini dapat dibuka atau dibaca menggunakan aplikasi Mobipocket. Aplikasi ini dapat mengkonversi berbagai format ke format MOBI, mulai dari Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt. File MOBI memiliki ukuran yang sangat kecil dan mendukung bookmark, catatan, koreksi, dan JavaScript.

PDB – Palm File Database

PDB atau Palm File Database adalah format file yang dirancang untuk sistem operasi Palm. Format ini dapat dibuka menggunakan aplikasi eReader. Format ini telah didukung oleh semua platform, seperti iPhone, Android, Windows, Macintosh, dan platform lainnya. Melalui file PDB dan eReader ini Anda bisa menandai setiap halaman dengan penanda. Selain itu, program ini juga dilengkapi dengan fitur bookmark dan catatan kaki.

10 Rekomendasi Situs Penyedia Buku Online Secara Gratis

Open Library

Sumber gambar commons.wikimedia.org

Open Library adalah perpustakaan online yang berdiri sejak tahun 2006. Situs yang berbasis di Amerika Serikat ini memiliki koleksi 20 juta judul yang dapat diakses tanpa biaya apapun. Selain buku-buku public domain, Anda juga bisa mengakses buku yang belum public domain. Beberapa buku tidak dapat diunduh, tetapi Anda bisa membacanya secara online. Saat batas waktu peminjaman telah berakhir, akses atas buku juga akan ditutup.

Gutenberg Project

Gutenberg Project adalah perpustakaan online yang berdiri sejak tahun 1971. Proyek buku digital ini dirancang oleh Michael Hart. Situs ini memiliki koleksi buku digital hingga 57.000 judul buku. Semua buku digital dapat Anda akses secara gratis. Beberapa buku juga telah menjadi public domain karena masa hak cipta dan hak gunanya sudah habis.

Storial.co

Sumber gambar www.storial.co

Storial.co adalah website yang menjadi wadah para penulis yang ingin berbagi karya tulisnya. Ratusan judul buku dan berbagai topik dapat Anda temukan di Storial secara gratis. Platform ini merupakan buatan anak bangsa yang diciptakan untuk meningkatkan literasi masyarakat Indonesia. Selain itu, tersedia pula aplikasi Storial untuk smartphone yang dapat diundung secara gratis.

Amazon Kindle

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Amazon Kindle adalah perpustakaan buku digital dari Amazon. Kindle Books diciptakan berdasarkan kecintaan Jeff Bezos atas buku dan aktivitas membaca buku. Anda bisa mendapatkan berbagai buku digital secara gratis. Selain membaca, Anda juga bisa menandai poin penting dengan berbagai warna. Tersedia pula Amazon Kindle dalam bentuk aplikasi yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store atau Apple Stroe.

ebookdirectory.com

Sumber gambar www.ebookdirectory.com

ebookdirectory.com adalah situs penyedia buku digital yang dapat diakses secara gratis. Berbagai judul buku dari berbagai topik dan genre tersedia di sini. Bahkan, koleksi buku digital yang dimiliki oleh ebookdirectory.com hingga mencapai 20.000 buku. Cara pencarian bukunya juga sangat praktis dan mudah, Anda tinggal menuliskan judul buku dan setelah itu buku yang Anda inginkan segera ditemukan.

Literature.org

Sumber gambar www.educationworld.com

Literature.org adalah perpustakaan online yang menyediakan buku digital secara gratis. Anda dapat mengunduhnya dalam berbagai format, seperti PDF, ePub atau Kindle. Bagi Anda pencinta karya sastra dari pengarang dunia, situs ini cocok untuk Anda karena menyediakan ribuan buku dari sastrawan ternama. Tampilan situsnya juga sangat simpel dan tidak akan membuat Anda pusing. Selain itu, desainnya juga tidak menampilkan gambar untuk menghemat kouta internet Anda.

Feedbooks

Sumber gambar www.livreshebdo.fr

Feedbooks adalah situs penyedia buku digital yang telah masuk ke dalam public domain. Tersedia ribuan buku dari berbagai genre dan disiplin keilmuan. Anda bisa mengunduh buku dari Feedbooks secara gratis dan dapat dibaca meskipun tidak terhubung ke dalam koneksi internet. Semua buku di situs Feedbooks telah dikategorikan berdasarkan judul, genre dan jenisnya, sehingga memudahkan Anda saat melakukan pencarian.

Manybooks.netac

Sumber gambar ritholtz.com

Manybooks.net adalah situs penyedia buku digital yang berdiri sejak tahun 2004. Tersedia lebih dari 33.000 buku yang dapat Anda akses dan download secara gratis. Beberapa buku ada yang tidak gratis, namun buku yang dijual juga dilengkapi dengan potongan harga yang menarik. Selain untuk pembaca, Manybooks.net juga menawarkan jasa mempromosikan buku penulis melalui review di Amazon atau Newsletter.

OAPEN Library

Sumber gambar www.oapen.org

OAPEN Library adalah situs penyedia buku digital tentang ranah sosial humaniora. Terdapat puluhan ribu buku berkualitas yang telah lolos uji baca oleh akademisi terpilih. OAPEN Library juga bekerja sama dengan berbagai penerbit untuk dapat menjaga kualitas buku-buku yang ditawarkan ke pembaca. Untuk kantor fisiknya, situs OAPEN Library berpusat di National Library di The Hague, Belanda.

Getfreeebooks.com

Sumber gambar www.youtube.com

Getfreeebooks.com adalah situs dowload buku digital secara gratis dan legal. Beragam kategori buku dari seluruh dunia tersedia di sini. Anda bisa mencari buku berdasarkan temanya. Buku-buku digital yang tersedia memiliki format PDF yang mudah untuk didownload dan dibaca. Berbagai buku dari fiksi hingga nonfiksi dan dari buku lama hingga buku terbaru ada di Getfreeebooks.com.

From our editorial team

Jadikan Membaca Sebagai Budaya dan Kebiasaan

Agar terus bisa berkembang setiap hari, maka Anda harus mendapatkan banyak hal-hal yang baru. Karena itu, jadikanlah membaca sebagai kebiasaan dan budaya yang terus Anda terapkan. Apalagi dengan adanya eBook dan sejumlah situs penyedia bacaan yang direkomendasikan BP-Guide di atas. Tentunya, Anda bisa memanfaatkan waktu yang sedikit untuk membaca dan meningkatkan kemampuan Anda.